Materi UKG GPO Kisi-Kisi Pretest UKG - Kisi Kisi Pretest UKG IPS SLB

Kisi Kisi Pretest UKG IPS SLB

Diposting pada: 2017-08-23, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi-Kisi Pretest UKG

Berikut Kisi Kisi Pretest UKG IPS

No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis
1 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik,moral, spiritual, sosial, kultural,emosional, dan intelektual. Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya. Menganalisis kecerdasan intelektual, emosional, moral dan spiritual. pedagogik
2 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. Menjelaskan prinsip-prinsip penilaian. pedagogik
3 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu. Menjelaskan minat belajar siswa. pedagogik
4 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. Menentukan indikator pencapaian kompetensi yang tepat untuk ranah pengetahuan/keterampilan/sikap. pedagogik
5 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik,moral, spiritual, sosial, kultural,emosional, dan intelektual. Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu. Memanfaatkan potensi kognitif yang dimiliki oleh peserta didik dalam mendukung pembelajaran IPS SMP yang mampu menjadikan pembelajar yang tangguh. pedagogik
6 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu. Guru dapat memberi contoh teori belajar. pedagogik
7 Memfasilitasi pengembangan potensi  peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal. Menentukan berbagai kegiatan pembelajaran. pedagogik
8 Memfasilitasi pengembangan potensi  peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Menentukan teknik dan instrumen TES yang tepat sesuai dengan aspek yang akan dinilai. pedagogik
9 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang baik. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu. Menjelaskan pendekatan, strategi, dan metode pembelajaran. pedagogik
10 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu. pedagogik
11 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. Guru dapat menyusun rancangan pembelajaran yang baik. pedagogik
12 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Menjelaskan berbagai bentuk teknik dan instrumen non-tes pedagogik
13 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata. Menganalisis contoh penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPS. pedagogik
14 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata  pelajaran yang diampu. Guru dapat mengembangkan model pembelajaran dalam IPS. pedagogik
15 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Penyusunan rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. Mengembangkan RPP sesuai dengan ketentuan yang ada (Permendikbud 103, Tahun 2014 tentang Pembelajaran). pedagogik
16 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar. Mendeskripsikan makna ketuntasan belajar. pedagogik
17 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Mengembangkan  instrumen penilaian. Mengembangkan instrumen soal tes yang shahih dan andal (valid and reliable). pedagogik
18 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Menentukan teknik dan instrumen NON-TES yang tepat sesuai dengan aspek yang akan dinilai. pedagogik
19 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu. Menganalisis pengembangan multimedia untuk presentasi. pedagogik
20 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Mengembangkan  instrumen penilaian dan evaluasi proses dan  hasil belajar. Melakukan analisis kualitatif butir soal. pedagogik
21 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Mengembangkan  instrumen penilaian dan evaluasi proses dan  hasil belajar. Melakukan analisis kuantitatif butir soal. pedagogik
22 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar. Menggunakan informasi hasil penilaian belajar siswa. pedagogik
23 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Memahami konsep dasar geografi. profesional
24 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Memanfaatkan peta, atlas dan globe dalam pembelajaran IPS. profesional
25 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Menganalisis keterkaitan letak astronomis dengan musim. profesional
26 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Menganalisis dampak musim di Indonesia  bagi kehidupan. profesional
27 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Menjelaskan proses pembentukan bumi. profesional
28 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Guru dapat menbedakan sebaran fauna di Indonesia. profesional
29 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Mengidentifikasi karakteristik penduduk di suatu wilayah profesional
30 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Menjelaskan gejala bencana alam di Indonesia. profesional
31 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Menganalisis pola pikir keilmuan dalam IPS. profesional
32 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Mengemukakan kegunaan ilmu sejarah. profesional
33 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Menerangkan fungsi peninggalan kebudayaan megalithikum pada masa praaksara. profesional
34 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Menjelaskan perkembangan sistem pemerintahan, sosial, ekonomi dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan Majapahit. profesional
35 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Menganalisis karakteristik  kehidupan masyarakat, pemerintahan dan kebudayaan pada masa kerajaan-kerajaan Islam  di Indonesia. profesional
36 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Menganalisis faktor-faktor penyebab munculnya kebangkitan dan kesadaran nasional bangsa Indonesia. profesional
37 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Menjelaskan gagasan perumusan dasar negara dalam sidang BPUPKI. profesional
38 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Menganalisis perbedaan fungsi candi di India dengan di Indonesia. profesional
39 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Memahami konsep penelitian sejarah. profesional
40 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Menjelaskan motif, prinsip,  dan permasalahan ekonomi. profesional
41 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Guru dapat menjelaskan kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi. profesional
42 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Mengidentifikasi karakteristik berbagai sistem perekonomian. profesional
43 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Menjelaskan faktor-faktor penentu permintaan dan penawaran. profesional
44 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Menjelaskan berbagai macam proses terjadinya perdagangan internasional. profesional
45 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Menjelaskan konsep elastisitas permintaan. profesional
46 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Menguraikan pemanfaatan uang dan bank dalam kegiatan masyarakat. profesional
47 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Menjelaskan konsep, faktor-faktor yang mempengaruhi, dan bentuk-bentuk interaksi sosial dan proses sosial. profesional
48 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Memberikan contoh peran lembaga sosial. profesional
49 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Menguraikan konsep perubahan sosial. profesional
50 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Menjelaskan konsep masalah-masalah sosial. profesional
51 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Menganalisis dampak modernisasi dan globalisasi. profesional
52 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai konsep dan pola pikir keilmuan dalam bidang IPS. Menganalisis konsep dan potensi keberagaman budaya dan pewarisan budaya di Indonesia. profesional
53 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Menganalisis sosialisasi sebagai bagian dari interaksi sosial. profesional
54 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar  mata  pelajaran yang diampu. Menganalisis perubahan sosial dan budaya profesional
55 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir mata pelajaran IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global. Guru dapat mengkaji kompetensi dasar IPS. profesional
56 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir mata pelajaran IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global. Menjelaskan konsep pembelajaran tematik terpadu. profesional
57 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir mata pelajaran IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global. Menjelaskan tema-tema dalam IPS terpadu. profesional
58 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menunjukkan manfaat mata pelajaran IPS. Menunjukkan manfaat mapel IPS. profesional
59 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai konsep dan pola pikir keilmuan dalam bidang IPS. Mengembangkan kajian materi dalam pembelajaran IPS. profesional
60 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai konsep dan pola pikir keilmuan dalam bidang IPS. Menganalisis penggunaan tema dalam pembelajaran IPS. profesional
61 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai konsep dan pola pikir keilmuan dalam bidang IPS. Menganalisis tema sesuai aturan yang berlaku. profesional
62 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir mata pelajaran IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global. Mengembangkan bahan ajar IPS terpadu. profesional
63 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir mata pelajaran IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global. Mengembangkan materi IPS Terpadu. profesional
64 Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif. Mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. Menjelaskan proses pembentukan konsep. profesional
65 Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif. Mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. Mengidentifikasi langkah-langkah pembelajaran yang mengembangkan keterampilan berpikir siswa. profesional
66 Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif. Mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. Menganalisis aspek sikap yang dapat dikembangkan dari konsep-konsep dalam IPS. profesional
67 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. Menjelaskan tahapan PTK. profesional
68 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai konsep dan pola pikir keilmuan dalam bidang IPS. Merumuskan strategi pengembangan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS. profesional
69 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan  dengan melakukan tindakan reflektif. Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus. Guru dapat menjelaskan manfaat PKB bagi karirnya. profesional
70 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan  dengan melakukan tindakan reflektif. Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan. Mengembangkan dirinya secara profesional sesuai tuntutan PKB. profesional
71 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan  dengan melakukan tindakan reflektif. Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan. Melakukan analisis data dengan teknik deskriptif. profesional
72 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai konsep dan pola pikir keilmuan dalam bidang IPS. Mengidentifikasi karakteristik IPS terpadu. profesional
73 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber. Mendeskripsikan karakteristik penelitian kuantitatif. profesional
74 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. Melakukan analisis dengan teknik ANOVA. profesional
75 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. Manganalisis proses analisis data kualitatif. profesional
76 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber. Mendeskripsikan karakteristik penelitian kualitatif. profesional
77 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. Mendeskripsikan langkah-langkah analisis data kualitatif. profesional
78 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan. Menganalisis karakteristik dari beberapa metode penelitian kualitatif. profesional
79 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan. Menganalisis karakteristik dari beberapa metode penelitian kuantitatif. profesional
80 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan. Menulis butir instrumen kuisioner sesuai kaidah. profesional


Print BeritaPrint PDFPDF

Materi Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini