Materi UKG GPO Kisi-Kisi Pretest UKG - Kisi Kisi Pretest UKG Tunagrahita SLB PLB

Kisi Kisi Pretest UKG Tunagrahita SLB PLB

Diposting pada: 2017-08-23, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi-Kisi Pretest UKG
Bagikan ke WhatsApp

Berikut Kisi Kisi Pretest UKG Tunagrahita SLB PLB

No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis
1 Menguasai karakteristik peserta didikdari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa usia sekolah dasar, yang berkaitan dengan aspek fisik, mental, intelektual, emosional dan sosial, moral, dan latar belakang Menentukan prosedur identifikasi anak berkebutuhan khusus. pedagogik
2 Menguasai karakteristik peserta didikdari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Melakukan identifikasi dan asesmen potensi peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa usia sekolah dasar Melakukan identifikasi potensi yang dimiliki anak berkebutuhan khusus. pedagogik
3 Menguasai karakteristik peserta didikdari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Melakukan identifikasi dan asesmen kemampuan awal peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa usia sekolah dasar Melakukan identifikasi kemampuan awal anak tunagrahita pedagogik
4 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Memilih berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik bagi anak berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa Menguraikan prinsip-prinsip umum pembelajaran pada anak tunagrahita pedagogik
5 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dan menyenangkan dalam berbagai mata pelajaran bagi anak berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa. Menguraikan perbedaan antara pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran. pedagogik
6 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menerapkan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum untuk peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa Menjelaskan prinsip khusus pengembangan kurikulum bagi anak tunagrahita. pedagogik
7 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menentukan tujuan mata pelajaran sekolah dasar luar biasa Mengidentifikasi komponen-komponen perumusan tujuan mata pelajaran. pedagogik
8 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menentukan tujuan mata pelajaran sekolah dasar luar biasa   Menentukan langkah-langkah prumusan program pengembangan diri. pedagogik
9 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan semua mata pelajaran satuan pendidikan sekolah dasar luar biasa Menetapkan pengalaman belajar bagi anak tunagrahita. pedagogik
10 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan semua mata pelajaran program kekhususan pada satuan pendidikan sekolah dasar luar biasa Menyusun langkah-langkah program pengembangan diri anak  tunagrahita. pedagogik
11 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan semua mata pelajaran program kekhususan pada satuan pendidikan sekolah dasar luar biasa Menetapkan program pengembangan diri yang sesuai dengan karakteristik anak tunagrahita pedagogik
12 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik Menerapkan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus yang mendidik termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa Mampu melaksanakan penerapan prinsip modifikasi pembelajaran yang mendidik sesuai karakteristiki anak tunagrahita jenjang SDLB. pedagogik
13 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik Mengembangkan rencana pembelajaran individual Mampu merencanakanpengembangan model  pembelajaran individual yang sesuai dengan karakteristik anak tunagrahita jenjang SDLB. pedagogik
14 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa dan mata pelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh Mampu mempersiapkan/ menyediakan media pembelajaran adaptif yang sesuai dengan karakteristik anak tunagrahita jenjang SDLB. pedagogik
15 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki Menggunakan berbagai jenis dan manfaat fasilitas bagi pengembangan dan aktualisasi potensi peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa Mampu memilih berbagai jenis fasilitas sekolah untuk pengembangan aktualisasi potensi anak berkebutuhan Khusus jenjang SDLB pedagogik
16 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik berkebutuhan khusus mengaktualisasikan potensi dan mencapai prestasi belajar secara optimal Mampu melaksanakan/ menerapkan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong anak berkebutuhan Khusus jenjang SDLB dalam mengaktualisasikan potensi dan mencapai prestasi belajar secara optimal pedagogik
17 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik berkebutuhan Khusus dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal dalam memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta did pedagogik
18 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Mampu menggunakan instrumen penilaian sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan kemampuan belajar anak berkebutuhan Khusus jenjang SDLB melalui prinsip-prinsip penilaian pedagogik
19 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Mampumelakukan penilaiandenganlangkahdan prosedur yang benar pedagogik
20 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Mampu mengevaluasi  ketercapaian  target mutu  yang telah  ditetapkan  dalam KTSP. pedagogik
21 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan/atau pengayaan Mampu merencanakan program pembelajaran remedial pedagogik
22 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Mampu mengidentifikasi informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pedagogik
23 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan Mampu melaksanakan perbaikan pembelajaran yang telah dilaksananakan pedagogik
24 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai konsep bina diri sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak Menjelaskan tujuan utama pembelajaran bina diri bagi siswa tunagrahita jenjang SDLB profesional
25 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai konsep bina diri sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak Mendeskripsikan hakikat pengembangan diri bagi tunagrahita profesional
26 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai konsep bina diri sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak Mendeskripsikan ruang lingkup program pengembangan diri. profesional
27 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai konsep bina diri sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak Menguraikan prinsip-prinsip program pengembangan diri. profesional
28 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai konsep bina diri sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak Memberi contoh program pengembangan diri. profesional
29 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai konsep bina diri sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak Mendeskripsikan konsep dasar interaksi sosial profesional
30 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai konsep bina diri sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak Menjelaskan perkembangan interaksi sosial anak tunagrahita profesional
31 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai konsep bina diri sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak 10Memberi contoh aplikasi pendekatan perilaku pada pengembangan diri siswa tunagrahita profesional
32 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai konsep bina diri sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak Memberi contoh aplikasi teori psikologi tentang terapi permainan profesional
33 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai konsep bina diri sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak Mendeskripsikan manfaat bermain bagi anak tunagrahita. profesional
34 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina diri Menggunakan prinsip-prinsip pembelajaran bina diri pada siswa tunagrahita jenjang SDLB. profesional
35 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina diri Mendeskripsikan pendekatan dalam peningkatan kemampuan komunikasi anak tunagrahita. profesional
36 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina diri Mengembangkan model pembelajaran bina diri yang relevan dengan kebutuhan pengembang-an diri anak tunagrahita. profesional
37 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina diri Menentukan program pengembangan diri yang relevan dengan kebutuhan pengembang-an diri anak tunagrahita. profesional
38 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina diri Menyusun program pembelajaran aritmetika profesional
39 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina diri Menyusun program pembelajaran perilaku adaptif. profesional
40 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri untuk pengembangan diri anak berkebutuhan khusus Mengidentifikasi perilaku adaptif anak tunagrahita. profesional
41 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri untuk pengembangan diri anak berkebutuhan khusus Mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi anak tunagrahita profesional
42 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri untuk pengembangan diri anak berkebutuhan khusus Mendeskripsikan pembelajaran Keterampilan Bahasa profesional
43 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri untuk pengembangan diri anak berkebutuhan khusus Menguraikan prinsip-prinsip permainan bahasa profesional
44 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri untuk pengembangan diri anak berkebutuhan khusus Menguraikan tipe-tipe permainan bahasa profesional
45 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri untuk pengembangan diri anak berkebutuhan khusus Memberi contoh permainan bahasa untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak tunagrahita profesional
46 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri untuk pengembangan diri anak berkebutuhan khusus Menjelaskan pengembangan kemampuan ekspresif dan reseptif anak tunagrahita profesional
47 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri untuk pengembangan diri anak berkebutuhan khusus Menghubungkan aspek keterampilan berbicara yang dikembangkan dalam permainan bahasa profesional
48 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri untuk pengembangan diri anak berkebutuhan khusus Mendeskripsikan konsep dasar komunikasi profesional
49 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri untuk pengembangan diri anak berkebutuhan khusus Mengidentifikasi Hambatan-hambatan Komunikasi dan Bahasa Pada Anak Tunagrahita profesional
50 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri untuk pengembangan diri anak berkebutuhan khusus Menguraikan perkembangan komunikasi anak tunagrahita profesional
51 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri untuk pengembangan diri anak berkebutuhan khusus Memberi contoh komunikasi verbal pada anak tunagrahita profesional
52 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri untuk pengembangan diri anak berkebutuhan khusus Memberi contoh komunikasi non verbal pada anak tunagrahita profesional
53 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri untuk pengembangan diri anak berkebutuhan khusus Memberi contoh merawat diri bagi tunangahita profesional
54 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri untuk pengembangan diri anak berkebutuhan khusus Memberi contoh mengurus diri bagi tunagrahita profesional
55 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri untuk pengembangan diri anak berkebutuhan khusus Memberi contoh menjaga keselamatan diri bagi tunagrahita profesional
56 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri untuk pengembangan diri anak berkebutuhan khusus Mengidentifikasi hambatan-hambatan interaksi sosial anak tunagrahita profesional
57 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri untuk pengembangan diri anak berkebutuhan khusus Mendeskripsikan tatacara sosialisasi pada anak tunagrahita profesional
58 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai konsep keterampilan vokasional sederhana. Menyusun program pembelajaran vokasional bagi anak tunagrahita. profesional
59 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai konsep keterampilan vokasional sederhana. Mengevaluasi program vokasional bagi anak tunagrahita. profesional
60 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai konsep keterampilan vokasional sederhana. Mengembangkan program kemitraan dalam pengembangan pembelajaran vokasional bagi anak tunagrahita. profesional
61 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menerapkan prinsip-prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran  keterampilan vokasional sederhana. Menggunakan prinsip-prinsip pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak tunagrahita. profesional
62 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menerapkan prinsip-prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran  keterampilan vokasional sederhana. Menggunakan teknik pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak tunagrahita. profesional
63 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Mempraktekkan materi sekurang-kurangnya tiga bidang keterampilan vokasional sederhana. Menentukan strategi pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak berkebutuhan khusus jenjang SDLB. profesional
64 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Mempraktekkan materi sekurang-kurangnya tiga bidang keterampilan vokasional sederhana.   Mampu menentukan materi-materi pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak tunagrahita jenjang SDLB profesional
65 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Mempraktekkan materi sekurang-kurangnya tiga bidang keterampilan vokasional sederhana.   Mampu menentukan strategi pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak tunagrahita jenjang SDLB profesional
66 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Mempraktekkan materi sekurang-kurangnya tiga bidang keterampilan vokasional sederhana. Mampu menentukan jenis evaluasi yang cocok dengan bidang pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak tunagrahita jenjang SDLB profesional
67 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Mempraktekkan materi sekurang-kurangnya tiga bidang keterampilan vokasional sederhana. Mampu melaksanakan evaluasi dengan  instrumen penilaian yang cocok dengan bidang pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak tunagrahita jenjang SDLB. profesional
68 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus Mampu merumuskan refleksi tehadap kinerja diri sendiri profesional
69 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus Mampu mengklasifikasikan hasil kinerja sendiri secara terus menerus profesional
70 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka meningkatkan keprofesionalan Mampu melaksanakan perbaikan dalam rangka meningkatkan keprofesionalan profesional
71 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan Mampu merumuskan masalah PTK  dalam pembelajaran pengembangan diri profesional
72 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan Mampu menyusun proposal PTK dalam pembelajaran pengembangan diri profesional
73 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan Mampu menyusun laporan hasil PTK dalam pembelajaran pengembangan diri profesional
74 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif Mengikuti kemajuan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni dengan belajar dari berbagai sumber Mampu memilih berbagai sumber yang berkaiatan dengan pengembangan ilmu profesional
75 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi Mampu mengoperasikan operating system (OS) pada PC. profesional
76 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi Memanfaatkan media interaktif dalam berkomunikasi (penggunaan sosial media dalam berkomunikasi) profesional
77 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri Mampu menggunakan perangkat lunak pengolah kata (word processor). profesional
78 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri Mampu menggunakan perangkat lunak pengolah presentasi profesional
79 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi Mampu berkomunikasi dengan memanfaatkan jaringan internet (penggunaan email). profesional


Print BeritaPrint PDFPDF

Materi Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini