Materi UKG GPO Kisi-Kisi Pretest UKG - Kisi Kisi Pretest UKG Tunarungu SLB PLB

Kisi Kisi Pretest UKG Tunarungu SLB PLB

Diposting pada: 2017-08-23, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi-Kisi Pretest UKG
Bagikan ke WhatsApp

Berikut Kisi Kisi Pretest UKG Tunarungu SLB PLB

No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis
1 Menguasai karakteristik peserta didikdari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa usia sekolah dasar, yang berkaitan dengan aspek fisik, mental, intelektual, emosional dan sosial, moral, dan latar belakang Mengidentifikasi karakteristik anak berkebutuhan khusus. pedagogik
2 Menguasai karakteristik peserta didikdari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Melakukan identifikasi dan asesmen potensi peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa usia sekolah dasar Melakukan identifikasi potensi yang dimiliki anak Tunanetra. pedagogik
3 Menguasai karakteristik peserta didikdari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Melakukan identifikasi dan asesmen kemampuan awal peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa usia sekolah dasar Melakukan identifikasi kemampuan awal anak tunanetra pedagogik
4 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Memilih berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik bagi anak berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa Menguraikan prinsip-prinsip umum pembelajaran pada anak tunanetra. pedagogik
5 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dan menyenangkan dalam berbagai mata pelajaran bagi anak berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa. Menguraikan perbedaan antara pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran. pedagogik
6 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menerapkan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum untuk peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa Menjelaskan prinsip khusus pengembangan kurikulum bagi anak tunanetra. pedagogik
7 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menentukan tujuan mata pelajaran sekolah dasar luar biasa Mengidentifikasi komponen-komponen perumusan tujuan mata pelajaran. pedagogik
8 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menentukan tujuan mata pelajaran program kekhususan pada tingkat sekolah dasar luar biasa Menentukan langkah-langkah prumusan program pengembangan diri. pedagogik
9 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan semua mata pelajaran satuan pendidikan sekolah dasar luar biasa Menetapkan pengalaman belajar bagi anak tunanetra pedagogik
10 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan semua mata pelajaran program kekhususan pada satuan pendidikan sekolah dasar luar biasa Menyusun langkah-langkah program pengembangan diri anak  tunanetra. pedagogik
11 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Memilih materi/bahan ajar mata pelajaran umum dan program kekhususan sekolah dasar luar biasa yang relevan dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran Menetapkan program pengembangan diri yang sesuai dengan karakteristik anak tunanetra pedagogik
12 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik Menerapkan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus yang mendidik termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa Mampu melaksanakan penerapan prinsip modifikasi pembelajaran yang mendidik sesuai karakteristiki anak tunanetra jenjang SDLB. pedagogik
13 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik Mengembangkan rencana pembelajaran individual Mampu merencanakanpengembangan model  pembelajaran individual yang sesuai dengan karakteristik anak tunanetra jenjang SDLB. pedagogik
14 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa dan mata pelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh Mampu mempersiapkan/ menyediakan media pembelajaran adaptif yang sesuai dengan karakteristik anak tunanetra jenjang SDLB. pedagogik
15 Memanfaatkan teknologi informasidan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran Mampu memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaransesuaikarakteristik anak tunanetra jenjang SDLB pedagogik
16 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki Menggunakan berbagai jenis dan manfaat fasilitas bagi pengembangan dan aktualisasi potensi peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa Mampu memilih berbagai jenis fasilitas sekolah untuk pengembangan aktualisasi potensi anak tunanetra jenjang SDLB pedagogik
17 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik berkebutuhan khusus mengaktualisasikan potensi dan mencapai prestasi belajar secara optimal Mampu menyiapkan/ menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong anak tunanetra jenjang SDLB dalam mengaktualisasikan potensi dan mencapai prestasi belajar secara optimal pedagogik
18 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal dari (a) enyiapan kondisi psikologis peserta didik, (b) memberikanpertanyaan atau tugas sebagai unda Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik tunanetra dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal dalam memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk m pedagogik
19 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Menggunakan prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran Mampu menggunakan instrumen penilaian sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan kemampuan belajar anak tunanetra jenjang SDLB melalui prinsip-prinsip penilaian pedagogik
20 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Mampumelakukanpenilaiandenganlangkahdan prosedur yang benar pedagogik
21 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar Mampu mengevaluasi  ketercapaian  target mutu  yang telah  ditetapkan  dalam KTSP. pedagogik
22 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan/atau pengayaan Mampu merencanakan program pembelajaran remedial pedagogik
23 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Mampu mengidentifikasi informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pedagogik
24 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan Mampu melaksanakan perbaikan pembelajaran yang telah dilaksananakan pedagogik
25 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menerapkan bidang-bidang pengembangan program kekhususan sesuai dengan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus TKLB/RALB, yang meliputi Dasar-dasar Tulisan Braille, Orientasi dan Mobilitas, Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama, Bina Diri, Bina Ger Mengemukakan pengembangan sensori motor untuk Pra membaca Braille profesional
26 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menerapkan bidang-bidang pengembangan program kekhususan sesuai dengan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus TKLB/RALB, yang meliputi Dasar-dasar Tulisan Braille, Orientasi dan Mobilitas, Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama, Bina Diri, Bina Ger Mengidentifikasi pengembangan sensori motor untuk latihan Pra membaca Braille profesional
27 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menerapkan bidang-bidang pengembangan program kekhususan sesuai dengan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus TKLB/RALB, yang meliputi Dasar-dasar Tulisan Braille, Orientasi dan Mobilitas, Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama, Bina Diri, Bina Ger Menyusun program pengembangan sensorimotor  anak tuanetra profesional
28 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menerapkan bidang-bidang pengembangan program kekhususan sesuai dengan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus TKLB/RALB, yang meliputi Dasar-dasar Tulisan Braille, Orientasi dan Mobilitas, Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama, Bina Diri, Bina Ger Merancang asesmen sensorimotor untuk anak tunanetra profesional
29 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menerapkan bidang-bidang pengembangan program kekhususan sesuai dengan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus TKLB/RALB, yang meliputi Dasar-dasar Tulisan Braille, Orientasi dan Mobilitas, Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama, Bina Diri, Bina Ger mengemukakan pengembangan Konsep pada anak tunanetra profesional
30 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menerapkan bidang-bidang pengembangan program kekhususan sesuai dengan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus TKLB/RALB, yang meliputi Dasar-dasar Tulisan Braille, Orientasi dan Mobilitas, Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama, Bina Diri, Bina Ger Merancang asesmen pengembangan konsep anak tunanetra profesional
31 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menerapkan bidang-bidang pengembangan program kekhususan sesuai dengan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus TKLB/RALB, yang meliputi Dasar-dasar Tulisan Braille, Orientasi dan Mobilitas, Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama, Bina Diri, Bina Ger Mengidentifikasi program pengembangan konsep pada anak tunanetra profesional
32 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menerapkan bidang-bidang pengembangan program kekhususan sesuai dengan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus TKLB/RALB, yang meliputi Dasar-dasar Tulisan Braille, Orientasi dan Mobilitas, Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama, Bina Diri, Bina Ger menyusun program pengembangan konsep pada anak tunanetra profesional
33 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menerapkan bidang-bidang pengembangan program kekhususan sesuai dengan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus TKLB/RALB, yang meliputi Dasar-dasar Tulisan Braille, Orientasi dan Mobilitas, Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama, Bina Diri, Bina Ger Memahami Dasar Braille Indonesia profesional
34 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menerapkan bidang-bidang pengembangan program kekhususan sesuai dengan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus TKLB/RALB, yang meliputi Dasar-dasar Tulisan Braille, Orientasi dan Mobilitas, Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama, Bina Diri, Bina Ger Memahami tulisan Braille Matematika profesional
35 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menerapkan bidang-bidang pengembangan program kekhususan sesuai dengan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus TKLB/RALB, yang meliputi Dasar-dasar Tulisan Braille, Orientasi dan Mobilitas, Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama, Bina Diri, Bina Ger Memahami Tulisan Braille Musik profesional
36 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menerapkan bidang-bidang pengembangan program kekhususan sesuai dengan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus TKLB/RALB, yang meliputi Dasar-dasar Tulisan Braille, Orientasi dan Mobilitas, Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama, Bina Diri, Bina Ger Memahami Tulisan Braille Inggris profesional
37 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menerapkan bidang-bidang pengembangan program kekhususan sesuai dengan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus TKLB/RALB, yang meliputi Dasar-dasar Tulisan Braille, Orientasi dan Mobilitas, Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama, Bina Diri, Bina Ger Memahami Tulisan Singkat profesional
38 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menguasai konsep orientasi mobilitas sebagai sarana pemenuhan kebutuhan orientasi dan mobilitas anak berkebutuhan khusus Mengemukakan Konsep Pengembangan Orientasi Mobilitas Sosial dan komunikasi profesional
39 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menguasai konsep orientasi mobilitas sebagai sarana pemenuhan kebutuhan orientasi dan mobilitas anak berkebutuhan khusus Menjelaskan tujuan pengembangan kemampuan orientasi dan mobilitas profesional
40 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menguasai konsep orientasi mobilitas sebagai sarana pemenuhan kebutuhan orientasi dan mobilitas anak berkebutuhan khusus Menjelaskan ruang lingkup Program Pengembangan Orientasi Mobilitas Sosial dan komunikasi profesional
41 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menguasai konsep orientasi mobilitas sebagai sarana pemenuhan kebutuhan orientasi dan mobilitas anak berkebutuhan khusus Merancang asesmen Orientasi dan Mobilitas profesional
42 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pembelajaran orientasi mobilitas Mengemukakan prinsip orientasi dan mobilitas profesional
43 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pembelajaran orientasi mobilitas Mengemukakan teknik pembelajaran orientasi dan mobilitas (3) profesional
44 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menguasai materi orientasi mobilitas Melakukan bepergian dengan teknik pendamping awas di lingkungan dekat sekolah (6) profesional
45 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menguasai materi orientasi mobilitas Melakukan Bepergian dengan teknik melindungi diri di lingkungan sekolah profesional
46 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menguasai materi orientasi mobilitas Melakukan orientasi ruang profesional
47 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menguasai materi orientasi mobilitas Melakukan Penggunaan teknik tongkat di lingkungan terbatas (3) profesional
48 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menguasai materi orientasi mobilitas Melakukan Teknik tongkat di lingkungan sekitar sekolah profesional
49 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menguasai materi orientasi mobilitas Melakukan  Teknik tongkat di lingkungan perumahan profesional
50 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menguasai materi orientasi mobilitas Penggunaan teknik tongkat dilingkungan perkotaan profesional
51 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menguasai materi orientasi mobilitas Penggunaan teknik  tongkat di pusat perbelanjaan profesional
52 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menguasai materi orientasi mobilitas Memelihara kesehatan pribadi profesional
53 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menguasai materi orientasi mobilitas Merawat dan memelihara pakaian. profesional
54 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menguasai materi orientasi mobilitas Menggunakan kompor (minyak, gas, kayu bakar, arang, briket) profesional
55 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menguasai materi orientasi mobilitas Menyiapkan makanan profesional
56 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menguasai materi orientasi mobilitas Menggunakan etika di meja makan profesional
57 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menguasai materi orientasi mobilitas Menjelaskan kesiapan peserta didik untuk belajar membaca dan menulis Braille profesional
58 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menguasai materi orientasi mobilitas Menjelaskan dan mensimulasikan penggunaan media baca-tulis awal bagi peserta didik low vision profesional
59 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menguasai materi orientasi mobilitas Menjelaskan dan mensimulasikan tatacara bergaul dengan etika yang benar profesional
60 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menguasai materi orientasi mobilitas Mengelolaan keuangan profesional
61 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menguasai materi orientasi mobilitas Manajemen kerja profesional
62 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menguasai materi orientasi mobilitas Menggunakan waktu profesional
63 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menguasai materi orientasi mobilitas Reproduksi manusia profesional
64 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus Mampu merumuskan refleksi tehadap kinerja diri sendiri profesional
65 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus Mampu mengklasifikasikan hasil kinerja sendiri secara terus menerus profesional
66 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka meningkatkan keprofesionalan Mampu merencanakan perbaikan dalam rangka meningkatkan keprofesionalan profesional
67 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka meningkatkan keprofesionalan Mampu melaksanakan perbaikan dalam rangka meningkatkan keprofesionalan profesional
68 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan Mampu merumuskan masalah PTK  dalam pembelajaran pengembangan diri profesional
69 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan Mampu menyusun proposal PTK dalam pembelajaran pengembangan diri profesional
70 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan Mampu menyusun laporan hasil PTK dalam pembelajaran pengembangan diri profesional
71 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif Mengikuti kemajuan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni dengan belajar dari berbagai sumber Mampu memilih berbagai sumber yang berkaiatan dengan pengembangan ilmu profesional
72 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi Mampu mengoperasikan operating system (OS) pada PC profesional
73 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi Memanfaatkan media interaktif dalam berkomunikasi (penggunaan sosial media dalam berkomunikasi) profesional
74 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri Mampu menggunakan perangkat lunak pengolah kata (word processor). profesional
75 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri Mampu menggunakan perangkat lunak pengolah presentasi profesional
76 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pembelajaran orientasi mobilitas mengemukakan prosedur pembelajaran orientasi dan mobilitas profesional


Print BeritaPrint PDFPDF

Materi Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini