Materi UKG GPO Kisi-Kisi Pretest UKG - Kisi Kisi Pretest UKG Bahasa Jawa

Kisi Kisi Pretest UKG Bahasa Jawa

Diposting pada: 2017-08-23, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi-Kisi Pretest UKG
Bagikan ke WhatsApp

Kisi Kisi Pretest UKG Bahasa Jawa sebagai berikut

No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis
1 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menerapkan paramasastra Jawa tembung dwipurwa dalam kalimat bahasa Jawa profesional
2 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menerapkan tembung dwilingga dalam kalimat bahasa Jawa (3) profesional
3 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menerapkan paramasastra Jawa tembung dalam kesantunan berbahasa di sekolah profesional
4 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menerapkan paramasastra Jawa tembung kriya dalam kesantunan berbahasa di masyarakat profesional
5 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menerapkan contoh wangsalan sehari-hari dalam kehidupan di sekolah profesional
6 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menjelaskan tatacara penulisan naskah sesorah profesional
7 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Memaknai salah satu wangsalan profesional
8 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menjelaskan salah satu kawruh bahasa Jawa profesional
9 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menyebutkan berbagai jenis tembang Jawa secara tepat profesional
10 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menyebutkan kawruh dalam seni pewayangan profesional
11 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar menyebutkan  jenis tembang profesional
12 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menjelaskan kawruh basa yang layak diajarkan profesional
13 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Mengaplikasikan cangkriman jarwodhosok dalam kehidupan keluarga profesional
14 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menjawab salah satu cangkriman dalam bentuk tembang yang memuat kesantunan bahasa dalam masyarakat profesional
15 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Membuat parikan yang memuat unggah-ungguh bahasa Jawa profesional
16 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Memberi contoh parikan yang memuat unggah-ungguh berbahasa Jawa profesional
17 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menciptakan parikan yang memuat pendidikan karakter profesional
18 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menjelaskan kegunaan tanda baca dalam aksara Jawa profesional
19 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Membaca aksara Jawa dengan tepat profesional
20 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Membaca aksara Jawa sesuai dengan kaidah penulisan aksara Jawa yang baik dan benar profesional
21 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menyebutkan ciri-ciri geguritan yang bagus profesional
22 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menyebutkan salah satu cerpenis Jawa yang pernah mendapatkan hadiah sastra Rancage profesional
23 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menyebutkan salah satu penggurit yang karyanya pernah mendapat hadiah sastra Jawa profesional
24 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menyebutkan salah satu hadiah sastra Jawa yang masih bertahan sampai tahun ini profesional
25 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menjelaskan makna bagian tembang kinanti profesional
26 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menjelaskan makna bagian tembang kinanti yang memuat budi pekerti luhur profesional
27 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Membedakan makna peribasan, bebasan, dan saloka profesional
28 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Memberi contoh pepindhan dan tembung entar yang memuat etika Jawa profesional
29 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menjelaskan makna wangsalan dalam budaya Jawa profesional
30 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menyebutkan salah satu judul cerita pendek wayang yang layak dijadikan bahan ajar profesional
31 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Mengidentifikasi makna salah satu adegan wayang kulit yang memuat budi pekerti profesional
32 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Mengidentifikasi makna salah satu adegan wayang kulit lakon baratayuda yang memuat budi pekerti profesional
33 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Mengidentifikasi makna salah satu folklor Jawa tentang cangkriman profesional
34 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menjelaskan makna salah satu tradisi lisan Jawa yang dapat membentuk karakter siswa profesional
35 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menjelaskan  asal-usul salah satu tradisi lisan berupa cerita rakyat profesional
36 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menjelaskan arti sengkalan dalam bahasa Jawa profesional
37 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menjelaskan contoh tradisi lisan yang disebut isbat profesional
38 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menyebutkan makna ungkapan kultural orang Jawa yang sudah menjadi tradisi lisan profesional
39 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menyebutkan makna tembang macapat pangkur yang dapat diteladani oleh siswa profesional
40 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Mengidentisikasi makna pesan teks tentang upacara tradisional Jawa profesional
41 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menjelaskan nilai-nilai budi luhur dalam adat tacara mitoni bagi orang Jawa profesional
42 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Mengidentifikasi nilai-nilai sopan santun yang terdapat dalam tradisi budaya manten orang Jawa profesional
43 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Mengidentifikasi syarat-syarat pokok menjadi seorang pranatacara yang bagus profesional
44 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menjelaskan urutan menjadi pranatacara yang handal dalam ritual supitan profesional
45 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menyebutkan syarat tulisan jurnalistik tentang berita bahasa Jawa profesional
46 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menyebutkan syarat sesorah berbahasa Jawa yang bagus profesional
47 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menjelaskan cerita wayang dalam berbagai acara kejawen profesional
48 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menjelaskan ubarampe dalam ritual kejawen profesional
49 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menjelaskan tugas apa saja dalam sesorah profesional
50 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Memberi makna istilah kejawaan dalam sebuah kalimat/frasa profesional
51 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menyebutkan jenis tembang macapat profesional
52 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menjelaskan pengetahuan tentang budaya Jawa profesional
53 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Menguasai dasar-dasar bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa yang baik dan benar Menjelaskan proses pembentukan kata dalam bahasa Jawa profesional
54 Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Jawa sebagai rujukan penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar Mengidentifikasi berbagai novel Jawa yang memiliki ajaran luhur Mengidentifikasi makna novel-novel Jawa yang memuat ajaran budipekerti profesional
55 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial, emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial ¬budaya. Menentukan karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, dan sosial-emosional pedagogik
56 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu Mengidentifikasi ciri-ciri peserta didik yang mengalami kesulitan belajar pedagogik
57 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu Mengidentifikasi berbagai strategi pembelajaran dan ciri-cirinya pedagogik
58 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu Mengidentifikasi ciri-ciri model pembelajaran pedagogik
59 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran Memahami prinsip-prinsip memilih  materi pembelajaran pedagogik
60 Menyelenggarakan  pembelajaran yang mendidik Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan Memahami regulasi tentang rancangan pembelajaran pedagogik
61 Menyelenggarakan  pembelajaran yang mendidik Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan Menjelaskan kriteria minimal guru professional dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, di laboratorium, dan di lapangan pedagogik
62 Menyelenggarakan  pembelajaran yang mendidik Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan Mensimulasikan berbagai peran guru dalam pembelajaran di kelas, di laboratorium, dan di lapangan sesuai standar keamanan yang dipersyaratkan pedagogik
63 Menyelenggarakan  pembelajaran yang mendidik Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan Menguraikan konsep belajar mengajar sesuai keterampilan abad 21 pedagogik
64 Menyelenggarakan  pembelajaran yang mendidik Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan Merancang pembelajaran sesuai keterampilan abad 21 pedagogik
65 Menyelenggarakan  pembelajaran yang mendidik Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh Merancang penggunaan media pembelajaran dan pemanfaatan sumber belajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu pedagogik
66 Menyelenggarakan  pembelajaran yang mendidik Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh Menggunakan media pembelajaran dan pemanfaatan sumber belajar sesuai hasil rancangan pedagogik
67 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu Menjelaskan pentingnya mengembangkan digital literacy skills secara global pedagogik
68 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu Merancang pengembangan digital literacy skills dalam pembelajaran, secara bertahap pedagogik
69 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal Menjelaskan pentingnya keterampilan belajar kritis dan inovasi untuk mendukung peserta didik mencapai prestasi optimal pedagogik
70 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam Membangun iklim kelas (classroom climate) yang menyenangkan dan memotivasi peserta didik pada awal pembelajaran melalui berbagai variasi kegiatan warming-up (pemanasan) dengan pendekatan komunikatif pedagogik
71 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam Mengarahkan peserta didik untuk menyajikan atau mengkomunikasikan hasil pembelajaran dengan pendekatan saintifik secara runtut, jelas, padat dan relevan pedagogik
72 Menyelenggarakan  penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu Mendeskripsikan secara jelas, tepat dan rinci sistem penilaian acuan pedagogik
73 Menyelenggarakan  penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu Menjabarkan secara jelas dan rinci aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam sistem penilaian proses dan hasil belajar pedagogik
74 Menyelenggarakan  penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Mengidentifikasi teknik dan bentuk instrumen penilaian hasil belajar yang tepat dan sesuai untuk materi pelajaran yang diampu, baik untuk ranah sikap, pengetahuan maupun keterampilan pedagogik
75 Menyelenggarakan  penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar yang tepat dan sesuai untuk materi pelajaran yang diampu baik untuk ranah sikap, pengetahuan maupun keterampilan pedagogik
76 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan Menganalisis hasil penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang sulit sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk keperluan remedial dan pengayaan pedagogik
77 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu Memahami teori penelitian tindakan kelas pedagogik
78 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu Melakukan   refleksi terhadap proses dan hasil pelaksanaan tindakan dan hasilnya untuk memperbaiki rencana tindakan pada siklus berikutnya untuk meningkatkan hasil yang lebih baik pedagogik


Print BeritaPrint PDFPDF

Materi Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini