Materi UKG GPO Kisi-Kisi Pretest UKG - Kisi Kisi Pretest UKG Guru Kelas SD Kelas Atas

Kisi Kisi Pretest UKG Guru Kelas SD Kelas Atas

Diposting pada: 2017-08-24, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi-Kisi Pretest UKG
Bagikan ke WhatsApp

Kisi Kisi Pretest UKG Guru Kelas SD Kelas Atas sebagai berikut

No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis
1 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual Memahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. Menjelaskan implikasi prinsip-prinsip perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik terhadap pendidikan pedagogik
2 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual Memahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. Membedakan berbagai aspek perkembangan  peserta didik berdasarkan ciri-cirinya pedagogik
3 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI Menentukan kesulitan belajar pedagogik
4 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI Menentukan faktor penyebab kesulitan belajar pedagogik
5 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam lima mata pelajaran SD/MI Merancang kegiatan pembelajaran sesuai  pendekatan pembelajaran yang dipilih pedagogik
6 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan lima mata pelajaran SD/MI Memilih  pengalaman belajar yang sesuai dengan lima mata pelajaran SD/MI kelas IV s.d kelasV1 pedagogik
7 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. Memilih materi lima mata pelajaran SD/MI yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran. Menentukan materi pembelajaran yang esensial sesuai  dengan  kompetensi dasar yang telah ditentukan pedagogik
8 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Merancang pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. pedagogik
9 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan Melaksanakan  pembelajaran pembelajaran yang mendidik di kelas, laboratorium, maupun lapangan   sesuai  rambu-rambu  kurikulum yang berlaku pedagogik
10 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan lima mata pelajaran SD/MI untuk mencapai tujuan pembelajaran  secara utuh. Menggunakan  media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan    lima mata pelajaran SD/MI kelas IV s.d kelas VIuntuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh pedagogik
11 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam  pembelajaran. Mengidentifikasi jenis-jenis media  teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran pedagogik
12 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi belajar secara optimal. Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi perbedaan kemampuan aspek pengetahuan untuk mencapai prestasi belajar optimal peserta didik pedagogik
13 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi belajar secara optimal. Melaksanakan pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan kreativitas untuk mencapai prestasi belajar optimal peserta didik pedagogik
14 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. Berkomunikasi scr efektif, empatik, & santun dg peserta didik dg bhs yg khas dlm interaksi pembelajaran yg terbangun scr siklikal dr (a) penyiapan kondisi psikologis , (b) memberikan pertanyaan/tgs sbg undangan u/ merespons, (c) respons , (d) reaksi guru, Memberikan tanggapan terhadap respon peserta didik dalam interaksi pembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun pedagogik
15 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Menentukan aspek-aspek proses dan  hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan  karakteristik lima mata pelajaran SD/MI. Menentukan  aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI kelas 4 s.d kelas 6. pedagogik
16 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Mengembangkan  instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Menentukan instrumen evaluasi proses dan hasil belajar pedagogik
17 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Mengembangkan  instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Memvalidasi instrumen yang akan digunakan pedagogik
18 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar Menentukan teknik evaluasi proses dan hasil belajar pedagogik
19 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar Menerapkan teknik evaluasi proses dan hasil belajar pedagogik
20 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar. Mengkonstruksikan hasil penilaian dan evaluasi dengan KKM yang sudah ditentukan pedagogik
21 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan. Merancang program remedial  dengan menggunakan  hasil penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran pedagogik
22 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. pedagogik
23 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI. Mengidentifikasi permasalahan Pembelajaran di kelas terkait  lima mata pelajaran SD/MI yang dapat dipecahkan dengan PTK. pedagogik
24 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI. Merumuskan masalah di kelas terkait  lima mata pelajaran SD/MI yang dapat dipecahkan dengan PTK pedagogik
25 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan  bahasa. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa profesional
26 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia. Menerapkan ragam bahasa Indonesia dalam pembelajaran profesional
27 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Menerapkan kaidah bahasa Indonesia (morfologi=tata bentukan dan tata istilah sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar) profesional
28 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Menerapkan kaidah bahasa Indonesia semantik (makna kata, hubungan makna=polisemi, sinonim, antonim, hiponim, homograf, homofon, denotasi, konotasi, majas sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar) profesional
29 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Menerapkan kaidah bahasa Indonesia sintaksis (tata kalimat sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar) profesional
30 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis) profesional
31 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis reseptif. Membaca, membaca teks, membaca nyaring. profesional
32 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). Memahami teori dan genre sastra Indonesia. Membedakan sastra lama dan sastra baru profesional
33 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). Memahami teori dan genre sastra Indonesia. Menjelaskan genre sastra Indonesia profesional
34 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara reseptif dan produktif. Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi profesional
35 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika). Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. Menentukan relasi (lebih dari, kurang dari, atau sama dengan) antara dua pecahan dengan penyebut berbeda. profesional
36 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika). Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. Menggunakan KPK dan FPB dalam penjumlahan atau pengurangan dua pecahan atau lebih dengan penyebut berbeda. profesional
37 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika). Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. Menentukan untung atau rugi yang melibatkan perbandingan dan bilangan pecah dalam bentuk persen. profesional
38 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika). Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. Menginterpretasikan data yang ditampilkan dalam bentuk tabel,  diagram batang, atau diagram lingkaran. profesional
39 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika). Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. Menentukan rata-rata, median, atau modus suatu kumpulan data  dengan menggunakan statistik sederhana. profesional
40 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika). Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. Menerapkan hubungan antara waktu, jarak, dan kecepatan profesional
41 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika). Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. Menentukan luas daerah bangun datar (persegi, persegi panjang, belah ketupat, jajargenjang, layang-layang, trapesium, segitiga, lingkaran, gabungan bangun datar) profesional
42 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika). Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. Menunjukkan hasil rotasi dan pencerminan suatu poligon dengan menggunakan gambar profesional
43 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika). Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. Menentukan volume bangun ruang (kubus, balok, limas, prisma, silinder dan gabungan bangun ruang) profesional
44 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika). Mampu menggunakan pengetahuan konseptual,  prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hari Menyelesaikan masalah matematika atau masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan operasi hitung campuran, bilangan berpangkat dan akar, FPB dan KPK profesional
45 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika). Mampu menggunakan pengetahuan konseptual,  prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hari Menyelesaikan masalah  matematika atau masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat dan bilangan pecahan profesional
46 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika). Mampu menggunakan pengetahuan konseptual,  prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hari Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan waktu, jarak dan kecepatan profesional
47 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA). Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat. profesional
48 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA). Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. Menjelaskan pembentukan makanan pada tumbuhan hijau profesional
49 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA). Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. Mendeskripsikan jenis-jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia profesional
50 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA). Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. Mengidentifikasi perubahan wujud benda profesional
51 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA). Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. Membedakan campuran homogen dari campuran heterogen profesional
52 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA). Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. Menentukan suatu hasil pengukuran profesional
53 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA). Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. Menjelaskan pemanfaatan gaya dalam pesawat sederhana profesional
54 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA). Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. Menjelaskan perubahan energi profesional
55 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA). Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. Menentukan perbedaan waktu di suatu tempat profesional
56 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA). Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi keseimbangan lingkungan profesional
57 Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPS). Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan IPS. Menganalisis hakekat mempelajari ilmu Pengetahuan Sosial profesional
58 Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPS). Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan IPS. Menentukan kajian materi pembelajaran IPS yang meningkatkan pemahaman pengetahuan IPS profesional
59 Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPS). Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan IPS. Menganalsis aktivitas pembelajaran yang meningkatkan keterampilan IPS profesional
60 Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPS). Mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS. Menjelaskan konsep-konsep pada materi pembelajaran IPS profesional
61 Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPS). Memahami cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global. Menjelaskan nilai-nilai ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinekaan dan dinamika kehidupan global profesional
62 Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPS). Memahami cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global. Menganalisis aktivitas pembelajaran yang meningkatkan sikap menghargai perbedaan keanekaragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia profesional
63 Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPS). Memahami fenomena interaksi perkembangan  ilmu pengetahuan, teknologi, seni, kehidupan agama, dan perkembangan masyarakat serta saling ketergantungan global Mengidentifikasi fenomena interaksi IPTEK dan perkembangan masyarakat dalam ketergantungan global profesional
64 Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPS). Memahami fenomena interaksi perkembangan  ilmu pengetahuan, teknologi, seni, kehidupan agama, dan perkembangan masyarakat serta saling ketergantungan global Menganalisis penyebab  interaksi IPTEK, seni dan agama terhadap perkembangan masyarakat profesional
65 Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPS). Memahami fenomena interaksi perkembangan  ilmu pengetahuan, teknologi, seni, kehidupan agama, dan perkembangan masyarakat serta saling ketergantungan global Menganalisis dampak  interaksi IPTEK, seni dan agama terhadap perkembangan masyarakat profesional
66 Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn). Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan perilaku yang mendukung kegiatan pembelajaran PKn. Menganalisis contoh perilaku kebersamaan dalam keberagaman budaya dalam masyarakat  berbangsa dan bernegara profesional
67 Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn). Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan perilaku yang mendukung kegiatan pembelajaran PKn. Menganalisis kegiatan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan secara tematik sesuai dengan karakteristik mata pelajaran profesional
68 Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn). Menguasai konsep dan prinsip kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta bela negara. Menganalisis prinsip kepribadian nasional berdasarkan kebhinekaan budaya daerah profesional
69 Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn). Menguasai konsep dan prinsip kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta bela negara. Mendeskripsikan demokrasi konstitusional Indonesia sesuai dengan semangat kebangsaan profesional
70 Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn). Menguasai konsep dan prinsip kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta bela negara. Menganalisis contoh  sikap dan perilaku cinta tanah air serta bela negara berdasarkan karakter masyarakat Indonesia profesional
71 Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn). Menguasai konsep dan prinsip  perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar Mendeskripsikan prinsip penegakan hukum yang adil dan benar profesional
72 Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn). Menguasai konsep dan prinsip  perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar Menganalisis contoh perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar secara kontekstual profesional
73 Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn). Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia. Menjelaskan konsep  moral  kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia profesional
74 Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn). Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia. Menganalisis contoh perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar secara kontekstual profesional
75 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. Memahami tujuan pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI Menganalisis aktivitas pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran di SD/MI kelas IV s.d kelas VI. profesional
76 Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu Memilih materi lima mata pelajaran SD/MI yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. Menentukan ruang lingkup materi/bahan ajar sesuai dengan IPK lima mata pelajaran SD/MI  kelas IV s.d kelas IV. profesional
77 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus. Memilih bahan refleksi yang tepat untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru profesional
78 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan  keprofesionalan. Mengetahui konsep dan prosedur penelitian tindakan kelas profesional
79 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi. Menggunakan webblog untuk mengirim dokumen literatur pembelajaran matematika SD, kelas IV dan s.d VI. (1) profesional
80 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi  untuk pengembangan diri. Menggunakan situs Learning Management System (LMS) untuk mengikuti pelatihan online bagi guru SD kelas IV s.d kelas VI. profesional


Print BeritaPrint PDFPDF

Materi Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini