Materi UKG GPO Kisi-Kisi Pretest UKG - Kisi Kisi Pretest UKG Guru Kelas SD Kelas Bawah

Kisi Kisi Pretest UKG Guru Kelas SD Kelas Bawah

Diposting pada: 2017-08-24, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi-Kisi Pretest UKG
Bagikan ke WhatsApp

Kisi Kisi Pretest UKG Guru Kelas SD Kelas Bawah

No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis
1 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual Memahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. Menjelaskan implikasi prinsip-prinsip perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik terhadap pendidikan pedagogik
2 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual Memahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. Membedakan berbagai aspek perkembangan  peserta didik berdasarkan ciri-cirinya pedagogik
3 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI Menentukan kesulitan belajar pedagogik
4 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI Menentukan faktor penyebab kesulitan belajar pedagogik
5 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam lima mata pelajaran SD/MI Merancang kegiatan pembelajaran sesuai  pendekatan pembelajaran yang dipilih pedagogik
6 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan lima mata pelajaran SD/MI Memilih  pengalaman belajar yang sesuai dengan lima mata pelajaran SD/MI kelas I s.d. kelas III (1) pedagogik
7 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. Memilih materi lima mata pelajaran SD/MI yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran. Menentukan materi pembelajaran yang esensial sesuai  dengan  kompetensi dasar yang telah ditentukan pedagogik
8 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. Merancang pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. pedagogik
9 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan Melaksanakan  pembelajaran yang mendidik di kelas, laboratorium, maupun lapangan   sesuai  rambu-rambu  kurikulum yang berlaku pedagogik
10 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan lima mata pelajaran SD/MI untuk mencapai tujuan pembelajaran  secara utuh. Menggunakan  media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan lima mata pelajaran SD/MI untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh (1) pedagogik
11 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam  pembelajaran. Mengidentifikasi jenis-jenis media  teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran pedagogik
12 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi belajar secara optimal. Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi perbedaan kemampuan aspek pengetahuan untuk mencapai prestasi belajar optimal peserta didik pedagogik
13 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran  untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya Melaksanakan pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan kreativitas untuk mencapai prestasi belajar optimal peserta didik pedagogik
14 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. Berkomunikasi scr efektif, empatik, & santun dg peserta didik dg bhs yg khas dlm interaksi pembelajaran yg terbangun scr siklikal dr (a) penyiapan kondisi psikologis , (b) memberikan pertanyaan/tgs sbg undangan u/ merespons, (c) respons , (d) reaksi guru, dst Memberikan tanggapan terhadap respon peserta didik dalam interaksi pembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun pedagogik
15 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Menentukan aspek-aspek proses dan  hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan  karakteristik lima mata pelajaran SD/MI. Menentukan  aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI kelas I s.d kelas III (1) pedagogik
16 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Mengembangkan  instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Menentukan instrumen evaluasi proses dan hasil belajar pedagogik
17 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Mengembangkan  instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Memvalidasi instrumen yang akan digunakan pedagogik
18 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar Menentukan teknik evaluasi proses dan hasil belajar pedagogik
19 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar Menerapkan teknik evaluasi proses dan hasil belajar pedagogik
20 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar. Mengkonstruksikan hasil penilaian dan evaluasi dengan KKM yang sudah ditentukan pedagogik
21 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan. Merancang program remedial  dengan menggunakan  hasil penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran pedagogik
22 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. pedagogik
23 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI. Mengidentifikasi permasalahan Pembelajaran di kelas terkait  lima mata pelajaran SD/MI yang dapat dipecahkan dengan PTK. pedagogik
24 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI. Merumuskan masalah di kelas terkait  lima mata pelajaran SD/MI yang dapat dipecahkan dengan PTK pedagogik
25 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan  bahasa. Menjelaskan tahapan pemerolehan bahasa anak profesional
26 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia. Menyebutkan fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia profesional
27 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia. Mengidentifikasi ragam bahasa Indonesia profesional
28 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mengidentifikasi kaidah bahasa Indonesia (fonologi=ejaan dan lafal sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar) profesional
29 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Menerapkan kaidah bahasa Indonesia semantik (makna kata, hubungan makna=polisemi, sinonim, antonim, hiponim, homograf, homofon, denotasi, konotasi, majas sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar) profesional
30 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Menerapkan kaidah bahasa Indonesia sintaksis (tata kalimat sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar) profesional
31 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mengidentifikasi isi wacana (konten IPS) profesional
32 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mengidentifikasi jenis wacana (konten IPS) profesional
33 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mengidentifikasi fakta yang terdapat dalam  wacana profesional
34 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis) profesional
35 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis reseptif. Membaca (Membaca  Menulis Permulaan), membaca teks, membaca nyaring. profesional
36 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). Memahami teori dan genre sastra Indonesia. Membedakan sastra lama dan sastra baru profesional
37 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). Memahami teori dan genre sastra Indonesia. Menjelaskan genre sastra Indonesia profesional
38 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara reseptif dan produktif. Mengidentifikasi unsur instrinsik puisi profesional
39 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara reseptif dan produktif. Menulis cerita pendek profesional
40 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. Menentukan hasil operasi hitung campuran yang melibatkan tiga atau lebih  pada bilangan bulat. profesional
41 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. Memprediksi pola-pola bilangan sederhana profesional
42 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 500 sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban profesional
43 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. Membandingkan dua pecahan (lebih dari, sama dengan, kurang dari) berikut representasinya dalam bentuk gambar profesional
44 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. Membandingkan dua bilangan pecahan desimal (lebih dari, sama dengan, kurang dari) profesional
45 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. Menentukan untung atau rugi yang melibatkan nilai pecahan uang profesional
46 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. Menaksir hasil perhitungan dengan strategi pembulatan satuan, pembulatan puluhan, dan pembulatan ratusan profesional
47 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. Membaca, mendeskripsikan dan menginterpretasikan data yang ditampilkan dalam bentuk tabel atau diagram batang. profesional
48 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. Menentukan rata-rata, median, atau modus suatu kumpulan data dengan dengan menggunakan statistik sederhana profesional
49 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. Menentukan konversi satuan berat, waktu, dan panjang. profesional
50 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. Mengidentikasi berbagai jenis dan besar sudut profesional
51 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) Mampu menggunakan matematisasi   horizontal dan vertikal untuk  menyelesaikan masalah matematika dan masalah dalam dunia nyata Menunjukkan hasil rotasi dan pencerminan suatu bangun datar dengan menggunakan gambar profesional
52 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) Mampu menggunakan matematisasi   horizontal dan vertikal untuk  menyelesaikan masalah matematika dan masalah dalam dunia nyata Menggunakan gambar atau representasi lain secara tepat untuk menyelesaikan masalah matematika atau masalah dalam dunia nyata yang melibatkan operasi hitung (tambah, kurang, kali, bagi) atau relasi (lebih besar, lebih kecil sama dengan) pada bilangan pecah profesional
53 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) Mampu menggunakan pengetahuan konseptual,  prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hari Menggunakan sifat-sifat operasi hitung (assosiatif atau distributif) untuk melakukan operasi hitung dua bilangan atau lebih secara lebih cepat dalam menyelesaikan masalah matematika maupun masalah  terkait yang ada dalam kehidupan sehari-hari. profesional
54 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) Mampu menggunakan pengetahuan konseptual,  prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hari Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan operasi hitung campuran, bilangan berpangkat dan akar, FPB dan KPK profesional
55 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) Mampu menggunakan pengetahuan konseptual,  prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hari Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat dan bilangan pecahan sederhana profesional
56 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) Mampu menggunakan pengetahuan konseptual,  prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hari Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan perbandingan profesional
57 Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) Mampu menggunakan pengetahuan konseptual,  prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hari Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan strategi gambar atau model matematika sederhana profesional
58 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA). Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. Mendeskripsikan daur hidup hewan profesional
59 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA). Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. Mendeskripsikan perkembangbiakan tanaman profesional
60 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA). Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. Mengubah satuan dalam besaran fisika profesional
61 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA). Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. Membedakan jenis-jenis rangkaian listrik profesional
62 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA). Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. Menjelaskan berbagai peristiwa alam profesional
63 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn) Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan perilaku yang mendukung kegiatan pembelajaran PKn. Mengidentifikasi macam-macam norma dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat sekitar profesional
64 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn) Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan perilaku yang mendukung kegiatan pembelajaran PKn. Mendeskripsikan perilaku kebersamaan dalam keberagaman dalam interaksi dengan sesama teman di sekolah dan masyarakat profesional
65 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn) Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan perilaku yang mendukung kegiatan pembelajaran PKn. Mengidentifikasi contoh perilaku kebersamaan dalam keberagaman budaya dalam masyarakat  berbangsa dan bernegara profesional
66 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn) Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan perilaku yang mendukung kegiatan pembelajaran PKn. Mengidentifikasi kegiatan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sesuai dengan kompetensi dasar profesional
67 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn) Menguasai konsep dan prinsip kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta bela negara. Mengidentifikasi konsep kepribadian nasional berdasarkan kebhinekaan budaya daerah profesional
68 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn) Menguasai konsep dan prinsip kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta bela negara. Mengidentifikasi  sikap dan perilaku cinta tanah air serta bela negara berdasarkan karakter masyarakat Indonesia profesional
69 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn) Menguasai konsep dan prinsip  perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar Mengidentifikasi konsep perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar profesional
70 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn) Menguasai konsep dan prinsip  perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar Mengidentifikasi prinsip perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar profesional
71 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn) Menguasai konsep dan prinsip  perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar Mendeskripsikan perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar secara kontekstual profesional
72 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn) Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia. Menjelaskan konsep  nilai, moral, dan norma  kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia profesional
73 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn) Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia. Mengidentifikasi contoh sikap dan perilaku berdasarkan moral kewarganegaraan secara kontekstual profesional
74 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn) Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia. Mendeskripsikan contoh sikap dan perilaku masyarakat yang cinta tanah air sebagai pendukung NKRI profesional
75 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. Memahami tujuan pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI Menentukan tujuan pembelajaran sesuai IPK lima mata pelajaran SD/MI kelas I s.d kelas III (1) profesional
76 Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu Memilih materi lima mata pelajaran SD/MI yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. Menentukan ruang lingkup materi/bahan ajar sesuai dengan IPK lima mata pelajaran SD/MI  kelas I s.d kelas III (1) profesional
77 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus. Memilih bahan refleksi yang tepat untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru profesional
78 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan  keprofesionalan. Mengetahui konsep dan prosedur penelitian tindakan kelas profesional
79 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi. Menggunakan email untuk mengirim dokumen literatur pembelajaran matematika SD, kelas I dan s.d III (1) profesional
80 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi  untuk pengembangan diri. Menggunakan mesin pencari untuk mencari referensi penelitian tindakan kelas. profesional


Print BeritaPrint PDFPDF

Materi Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini