Materi UKG GPO Kisi-Kisi Pretest UKG - Kisi Kisi Pretest UKG Guru Kelas TK

Kisi Kisi Pretest UKG Guru Kelas TK

Diposting pada: 2017-08-24, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi-Kisi Pretest UKG

Kisi Kisi Pretest UKG Guru Kelas TK

No. deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis
1 Mengorganisasikan aspek perkembangan sesuai dengan karakteristik anak usia dini Mengelompokkan anak usia dini sesuai dengan kebutuhan pada berbagai aspek perkembangan Mengelompokkan anak usia dini sesuai dengan aspek perkembangan kebutuhan  kognitif pedagogik
2 Mengorganisasikan aspek perkembangan sesuai dengan karakteristik anak usia dini Mengidentifikasi kemampuan awal anak usia dini dalam berbagai bidang pengembangan Melakukan deteksi kemampuan awal anak usia dini dalam aspek  fisik-motorik pedagogik
3 Menganalisis teori bermain sesuai aspek dan tahapan perkembangan, kebutuhan, potensi, bakat, dan minat anak Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip bermain sambil belajar yang mendidik yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di PAUD Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip bermain sambil belajar yang mendidik yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di PAUD pedagogik
4 Menganalisis teori bermain sesuai aspek dan tahapan perkembangan, kebutuhan, potensi, bakat, dan minat anak Menelaah teori pembelajaran dalam konteks bermain dan belajar yang sesuai dengan kebutuhan aspek perkembangan anak usia dini Menelaah teori belajar Piaget, Vigotsky, John Dewey, JJ. Roseau, Frobel, sesuai dengan prinsip-prinsip bermain sambil belajar yang mendidik yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di PAUD pedagogik
5 Menganalisis teori bermain sesuai aspek dan tahapan perkembangan, kebutuhan, potensi, bakat, dan minat anak Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik bermain sambil belajar yang bersifat holistik, sesuai kebutuhan anak usia dini, dan bemakna, yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di PAUD Menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran anak usia dini pedagogik
6 Merancang kegiatan pengembangan anak usia dini berdasarkan kurikulum Membuat rancangan kegiatan bermain dalam bentuk program tahunan, semester, mingguan, dan harian Menyusun program semester sesuai dengan kebutuhan AUD pedagogik
7 Merancang kegiatan pengembangan anak usia dini berdasarkan kurikulum Membuat rancangan kegiatan bermain dalam bentuk program tahunan, semester, mingguan, dan harian Menyusun RPPM sesuai dengan kebutuhan AUD pedagogik
8 Merancang kegiatan pengembangan anak usia dini berdasarkan kurikulum Membuat rancangan kegiatan bermain dalam bentuk program tahunan, semester, mingguan, dan harian Menyusun RPPH sesuai dengan kebutuhan AUD pedagogik
9 Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik Memilih prinsip-prinsip pengembangan yang mendidik dan menyenangkan Menentukan prinsip-prinsip pembelajaran anak usia dini yang mendidik dan menyenangkan pedagogik
10 Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik Memilih prinsip-prinsip pengembangan yang mendidik dan menyenangkan Merancang kegiatan pengembangan yang mendidik dan lengkap dalam kelas (in door) pedagogik
11 Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik Merancang kegiatan pengembangan yang mendidik dan lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, maupun luar kelas Merancang kegiatan pengembangan yang mendidik dan lengkap di luar kelas (out door) pedagogik
12 Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik Menerapkan kegiatan bermain yang bersifat holistik, autentik, dan bermakna Menerapkan kegiatan bermain yang bersifat holistik, autentik, dan bermakna (kontekstual) pedagogik
13 Memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik Memilih teknologi informasi dan komunikasi serta bahan ajar yang sesuai dengan kegiatan pengembangan anak usia dini Mengidentifikasi teknologi informasi dan komunikasi yang sesuai dengan kegiatan pengembangan anak usia dini pedagogik
14 Memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik Memilih teknologi informasi dan komunikasi serta bahan ajar yang sesuai dengan kegiatan pengembangan anak usia dini Menyusun bahan ajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan yang mendidik pedagogik
15 Memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan yang mendidik Memanfaatkan  teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan proses pembelajaran yang mendidik pedagogik
16 Mengembangkan potensi anak usia dini untuk pengaktualisasian diri Memilih sarana kegiatan dan sumber belajar pengembangan anak usia dini Mengidentifikasi kebutuhan sarana kegiatan belajar pengembangan anak usia dini pedagogik
17 Mengembangkan potensi anak usia dini untuk pengaktualisasian diri Memilih sarana kegiatan dan sumber belajar pengembangan anak usia dini Mengidentifikasi kebutuhan sumber belajar pengembangan anak usia dini pedagogik
18 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun Memilih berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik dan santun dengan anak usia dini. Mengidentifikasi teknik berkomunikasi yang efektif, empatik dan santun dengan anak usia dini. pedagogik
19 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun Memilih berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik dan santun dengan anak usia dini. Menentukan teknik komunikasi efektif  yang efektif, empatik dan santun dengan  orang tua pedagogik
20 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun Memilih berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik dan santun dengan anak usia dini. Menentukan teknik komunikasi efektif  yang efektif, empatik dan santun  dengan rekan sejawat pedagogik
21 Menentukan lingkup sasaran asesmen proses dan hasil pembelajaran pada anak usia dini Memilih pendekatan, metode dan teknik asesmen proses dan hasil kegiatan pengembangan pada anak usia dini Menetapkan kriteria pemilihan pendekatan, metode, dan teknik asesmen pembelajaran anak usia dini pedagogik
22 Menentukan lingkup sasaran asesmen proses dan hasil pembelajaran pada anak usia dini Memilih pendekatan, metode dan teknik asesmen proses dan hasil kegiatan pengembangan pada anak usia dini merancang instrumen dan rubrik asesmen  di PAUD. pedagogik
23 Menentukan lingkup sasaran asesmen proses dan hasil pembelajaran pada anak usia dini Menentukan tingkat capaian perkembangan anak usia dini Merumuskan kritera BB, MB, BSH, dan BSB dalam asesmen  pembelajaran anak usia dini pedagogik
24 Menyelenggarakan dan membuat laporan penilaian, evaluasi proses dan hasil belajar anak usia dini Melaksanakan penilaian, evaluasi proses dan hasil belajar anak usia dini melaksanakan asesmen  proses dan hasil belajar Anak Usia Dini pedagogik
25 Menyelenggarakan dan membuat laporan penilaian, evaluasi proses dan hasil belajar anak usia dini Membuat laporan penilaian, evaluasi proses dan hasil belajar Membuat laporan asesmen anak usia dini pedagogik
26 Melakukan tindakan reflektif, korektif dan inovatif dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil pengembangan anak usia dini Meningkatkan kualitas pengembangan anak usia dini melalui penelitian tindakan kelas Menjelaskan prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) pedagogik
27 Melakukan tindakan reflektif, korektif dan inovatif dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil pengembangan anak usia dini Melakukan penelitian tindakan kelas Melakukan Penelitian Tindakan Kelas pedagogik
28 Menggunakan hasil penilaian, pengembangan dan evaluasi program untuk kepentingan pengembangan anak usia din Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk kesinambungan belajar anak usia dini Memberikan contoh penerapan informasi hasil penilaian untuk tindak lanjut pengembangan anak usia dini pedagogik
29 Menggunakan hasil penilaian, pengembangan dan evaluasi program untuk kepentingan pengembangan anak usia din Melaksanakan program remedial dan pengayaan Merancang program pemberian bantuan dan pengembangan kepada peserta didik pedagogik
30 Menggunakan hasil penilaian, pengembangan dan evaluasi program untuk kepentingan pengembangan anak usia din Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Memberikan contoh pengembangan kualitas pembelajaran berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi pedagogik
31 Mengembangkan materi, struktur, dan konsep bidang keilmuan yang mendukung serta sejalan dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak usia dini Menelaah konsep dasar keilmuan bidang matematika, sains, bahasa, studi sosial, seni dan agama yang sesuai dengan kebutuhan, tahapan perkembangan dan psikomotorik anak usia dini. Menjelaskan konsep dasar agama dan moral sesuai dengan kebutuhan, tahapan perkembangan dan psikomotorik anak usia dini. profesional
32 Mengembangkan materi, struktur, dan konsep bidang keilmuan yang mendukung serta sejalan dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak usia dini Menelaah konsep dasar keilmuan bidang matematika, sains, bahasa, studi sosial, seni dan agama yang sesuai dengan kebutuhan, tahapan perkembangan dan psikomotorik anak usia dini. Menjelaskan konsep dasar sosial emosional sesuai dengan kebutuhan, tahapan perkembangan dan psikomotorik anak usia dini. profesional
33 Mengembangkan materi, struktur, dan konsep bidang keilmuan yang mendukung serta sejalan dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak usia dini Menelaah konsep dasar keilmuan bidang matematika, sains, bahasa, studi sosial, seni dan agama yang sesuai dengan kebutuhan, tahapan perkembangan dan psikomotorik anak usia dini. Menjelaskan konsep dasar kognitif sesuai dengan kebutuhan, tahapan perkembangan dan psikomotorik anak usia dini. profesional
34 Mengembangkan materi, struktur, dan konsep bidang keilmuan yang mendukung serta sejalan dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak usia dini Menelaah konsep dasar keilmuan bidang matematika, sains, bahasa, studi sosial, seni dan agama yang sesuai dengan kebutuhan, tahapan perkembangan dan psikomotorik anak usia dini. Menjelaskan konsep Dasar Bahasa sesuai dengan kebutuhan, tahapan perkembangan dan psikomotorik anak usia dini. profesional
35 Mengembangkan materi, struktur, dan konsep bidang keilmuan yang mendukung serta sejalan dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak usia dini Menelaah konsep dasar keilmuan bidang matematika, sains, bahasa, studi sosial, seni dan agama yang sesuai dengan kebutuhan, tahapan perkembangan dan psikomotorik anak usia dini. Menjelaskan  konsep dasar fisik motorik sesuai dengan kebutuhan, tahapan perkembangan dan psikomotorik anak usia dini. profesional
36 Mengembangkan materi, struktur, dan konsep bidang keilmuan yang mendukung serta sejalan dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak usia dini Menelaah konsep dasar keilmuan bidang matematika, sains, bahasa, studi sosial, seni dan agama yang sesuai dengan kebutuhan, tahapan perkembangan dan psikomotorik anak usia dini. Menjelaskan Konsep dasar Seni sesuai dengan kebutuhan, tahapan perkembangan dan psikomotorik anak usia dini. profesional
37 Mengembangkan materi, struktur, dan konsep bidang keilmuan yang mendukung serta sejalan dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak usia dini Menelaah konsep dasar keilmuan bidang matematika, sains, bahasa, studi sosial, seni dan agama yang sesuai dengan kebutuhan, tahapan perkembangan dan psikomotorik anak usia dini. Menjelaskan tahap perkembangan anak profesional
38 Mengembangkan materi, struktur, dan konsep bidang keilmuan yang mendukung serta sejalan dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan konsep dasar keilmuan sebagai alat, aktivitas dan konten dalam pengembangan anak usia dini Memberikan contoh perkembangan agama dan moral anak usia 4 -6 tahun. (0) profesional
39 Mengembangkan materi, struktur, dan konsep bidang keilmuan yang mendukung serta sejalan dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan konsep dasar keilmuan sebagai alat, aktivitas dan konten dalam pengembangan anak usia dini Memberikan contoh  perkembangan motorik kasar  anak usia 4 - 6tahun (0) profesional
40 Mengembangkan materi, struktur, dan konsep bidang keilmuan yang mendukung serta sejalan dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan konsep dasar keilmuan sebagai alat, aktivitas dan konten dalam pengembangan anak usia dini Memberikan contoh perkembangan motorik halus anak usia 4 - 6 tahun (0) profesional
41 Mengembangkan materi, struktur, dan konsep bidang keilmuan yang mendukung serta sejalan dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan konsep dasar keilmuan sebagai alat, aktivitas dan konten dalam pengembangan anak usia dini Memberikan contoh perkembangan perilaku kesehatan dan perilaku keselamatan anak usia 4 - 6 tahun. (0) profesional
42 Mengembangkan materi, struktur, dan konsep bidang keilmuan yang mendukung serta sejalan dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan konsep dasar keilmuan sebagai alat, aktivitas dan konten dalam pengembangan anak usia dini Memberikan contoh  lingkup perkembangan berpikir logis anak usia 4 -6  tahun. (0) profesional
43 Mengembangkan materi, struktur, dan konsep bidang keilmuan yang mendukung serta sejalan dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan konsep dasar keilmuan sebagai alat, aktivitas dan konten dalam pengembangan anak usia dini Memberikan contoh perkembangan mengungkapkan bahasa anak usia 4 - 5 tahun. (0) profesional
44 Mengembangkan materi, struktur, dan konsep bidang keilmuan yang mendukung serta sejalan dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan konsep dasar keilmuan sebagai alat, aktivitas dan konten dalam pengembangan anak usia dini Memberikan contoh lingkup perkembangan keaksaran anak usia 4 - 5 tahun. (0) profesional
45 Mengembangkan materi, struktur, dan konsep bidang keilmuan yang mendukung serta sejalan dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan konsep dasar keilmuan sebagai alat, aktivitas dan konten dalam pengembangan anak usia dini Menetapkan  indikator tingkat pencapaian perkembangan anak  usia 4 - 6 tahun dalam bidang agama dan moral profesional
46 Mengembangkan materi, struktur, dan konsep bidang keilmuan yang mendukung serta sejalan dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan konsep dasar keilmuan sebagai alat, aktivitas dan konten dalam pengembangan anak usia dini Menetapkan indikator tingkat pencapaian perkembangan anak  usia 4 - 6 tahun dalam bidang motorik halus profesional
47 Mengembangkan materi, struktur, dan konsep bidang keilmuan yang mendukung serta sejalan dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan konsep dasar keilmuan sebagai alat, aktivitas dan konten dalam pengembangan anak usia dini Menetapkan indikator tingkat pencapaian perkembangan anak  usia 4 - 6 tahun dalam berpikir logis profesional
48 Mengembangkan materi, struktur, dan konsep bidang keilmuan yang mendukung serta sejalan dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan konsep dasar keilmuan sebagai alat, aktivitas dan konten dalam pengembangan anak usia dini Menetapkan indikator tingkat pencapaian perkembangan anak  usia 4 - 6 tahun dalam mengungkapkan bahasa (0) profesional
49 Mengembangkan materi, struktur, dan konsep bidang keilmuan yang mendukung serta sejalan dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan konsep dasar keilmuan sebagai alat, aktivitas dan konten dalam pengembangan anak usia dini Menetapkan indikator tingkat pencapaian perkembangan anak  usia 4 - 6 tahun dalam bidang keaksaraan (2) profesional
50 Mengembangkan materi, struktur, dan konsep bidang keilmuan yang mendukung serta sejalan dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan konsep dasar keilmuan sebagai alat, aktivitas dan konten dalam pengembangan anak usia dini Mengembangkan indikator tingkat pencapaian perkembangan anak  usia 4 - 6 tahun dalam perilaku sosial profesional
51 Mengembangkan materi, struktur, dan konsep bidang keilmuan yang mendukung serta sejalan dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan konsep dasar keilmuan sebagai alat, aktivitas dan konten dalam pengembangan anak usia dini Menetapkan indikator tingkat pencapaian perkembangan anak  usia 4 - 6 tahun aspek ketertasikan dalam bidang seni. profesional
52 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Merumuskan tujuan setiap kegiatan pengembangan Merumuskan tujuan  kegiatan pengembangan secara kreatif dalam bidang agama dan moral bagi anak  usia 4 - 6 tahun profesional
53 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Merumuskan tujuan setiap kegiatan pengembangan Merumuskan tujuan  kegiatan pengembangan secara kreatif   dalam bidang motorik kasar bagi anak  usia 4 - 6 tahun profesional
54 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Merumuskan tujuan setiap kegiatan pengembangan Merumuskan tujuan  kegiatan pengembangan  dalam bidang motorik halus secara kreatif bagi anak  usia 4 - 6 tahun profesional
55 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Merumuskan tujuan setiap kegiatan pengembangan Merumuskan tujuan  kegiatan pengembangan secara kreatif    dalam bidang kesehatan dan perilaku keselamatan bagi anak  usia 4 - 6 tahun profesional
56 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Merumuskan tujuan setiap kegiatan pengembangan Merumuskan tujuan  kegiatan pengembangan secara kreatif   dalam bidang belajar dan pemecahan masalah bagi anak  usia 4 - 6 tahun profesional
57 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Merumuskan tujuan setiap kegiatan pengembangan Merumuskan tujuan  kegiatan pengembangan secara kreatif   dalam berpikir logis  bagi anak  usia 4 - 6 tahun profesional
58 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Merumuskan tujuan setiap kegiatan pengembangan Merumuskan tujuan  kegiatan pengembangan  secara kreatif dalam berpikir simbolik bagi anak  usia 4 - 6 tahun profesional
59 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Merumuskan tujuan setiap kegiatan pengembangan Merumuskan tujuan  kegiatan pengembangan secara kreatif   dalam memahami bahasa  bagi anak  usia 4 - 6 tahun profesional
60 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Merumuskan tujuan setiap kegiatan pengembangan Merumuskan tujuan  kegiatan pengembangan secara kreatif  dalam mengungkapkan bahasa  bagi anak  usia 4 - 6 tahun profesional
61 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Menganalisis perkembangan anak usia dini dalam setiap bidang pengembangan. Memilih bentuk kegiatan pengembangan aspek keaksaran  bagi anak usia 4 -6 tahun profesional
62 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Menganalisis perkembangan anak usia dini dalam setiap bidang pengembangan. Memilih bentuk kegiatan pengembangan aspek kesadaran diri  bagi anak usia 4 -6 tahun profesional
63 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Menganalisis perkembangan anak usia dini dalam setiap bidang pengembangan. Memilih bentuk kegiatan pengembangan aspekrasa tanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain  bagi anak usia 4 -6 tahun profesional
64 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Merumuskan tujuan setiap kegiatan pengembangan Merumuskan tujuan  kegiatan pengembangan   dalam berperilaku sosial bagi anak  usia 4 - 6 tahun profesional
65 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Menganalisis perkembangan anak usia dini dalam setiap bidang pengembangan. Memilih bentuk kegiatan pengembangan aspek nilai agama dan moral  bagi anak usia 4 -6 tahun profesional
66 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Menganalisis perkembangan anak usia dini dalam setiap bidang pengembangan. Memilih bentuk kegiatan pengembangan aspek motorik kasar bagi anak usia 4 -6 tahun profesional
67 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Menganalisis perkembangan anak usia dini dalam setiap bidang pengembangan. Memilih bentuk kegiatan pengembangan aspek motorik halus  bagi anak usia 4 -6 tahun profesional
68 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Menganalisis perkembangan anak usia dini dalam setiap bidang pengembangan. Memilih bentuk kegiatan pengembangan aspek kesehatan dan perilaku keselamatan  bagi anak usia 4 -6 tahun profesional
69 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Menganalisis perkembangan anak usia dini dalam setiap bidang pengembangan. Memilih bentuk kegiatan pengembangan aspek Belajar dan pemecahan masalah  bagi anak usia 4 -6 tahun profesional
70 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Menganalisis perkembangan anak usia dini dalam setiap bidang pengembangan. Memilih bentuk kegiatan pengembangan aspek berpikir logis  bagi anak usia 4 -6 tahun profesional
71 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Memilih materi berbagai kegiatan pengembangan sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini memilih materi kegiatan pengembangan motorik halus sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini profesional
72 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Memilih materi berbagai kegiatan pengembangan sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini memilih materi kegiatan pengembangan kesehatan dan perilaku keselamatan sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini profesional
73 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Memilih materi berbagai kegiatan pengembangan sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini memilih materi kegiatan pengembangan belajar dan pemecahan masalah sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini profesional
74 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Memilih materi berbagai kegiatan pengembangan sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini memilih materi kegiatan pengembangan memahami bahasa  sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini profesional
75 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Memilih materi berbagai kegiatan pengembangan sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini memilih materi kegiatan pengembanganrasa tanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini profesional
76 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Memilih materi berbagai kegiatan pengembangan sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini memilih materi kegiatan pengembangan ketertarikan dalam bidang seni sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini profesional
77 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini Merancang kegiatan pengembangan nilai agama dan moral profesional
78 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini Merancang kegiatan pengembangan motorik kasar profesional
79 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini Merancang kegiatan pengembangan motorik halus profesional
80 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini Merancang kegiatan pengembangan kesehatan dan perilaku keselamatan profesional
81 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini Merancang kegiatan pengembangan berpikir simbolik profesional
82 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini Merancang kegiatan pengembangan tanggung jawab diri dan orang lain profesional
83 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini Merancang kegiatan pengembangan perilaku prososial profesional
84 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini Melaksanakan  kegiatan pengembangan motorik kasar  secara kreatif. profesional
85 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini Melaksanakan kegiatan pengembangan motorik halus  secara kreatif. profesional
86 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini Melaksanakan kegiatan pengembangan berpikir logis secara kreatif. profesional
87 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini Melaksanakan kegiatan pengembangan berpikir simbolik secara kreatif. profesional
88 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini Melaksanakan kegiatan pengembangan memahami bahasa secara kreatif. profesional
89 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini Melaksanakan kegiatan pengembangan mengungkapkan bahasa  secara kreatif. profesional
90 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini Mengevaluasi  kegiatan pengembangan nilai agama dan moral profesional
91 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini Mengevaluasi  kegiatan pengembangan motorik kasar profesional
92 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini Mengevaluasi kegiatan pengembangan motorik halus profesional
93 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini Mengevaluasi kegiatan pengembangan berpikir simbolik profesional
94 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini Mengevaluasi kegiatan pengembangan mengungkapkan bahasa profesional
95 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus. Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri profesional
96 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus. Menganalisis hasil Penilaian Kinerja (PK) profesional
97 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus. Menarik kesimpulan hasil penilaian kinerja guru (PK Guru) profesional
98 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan Memberikan contoh Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dalam meningkatkan kemampiuan profesional Pengembangan Diri:Kegiatan kolektif guru profesional
99 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan Memberikan contoh Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dalam meningkatkan kemampiuan profesional Karya Inovatif profesional
100 Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini Mengorganisasikan kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini Melaksanakan kegiatan pengembangan perilaku prososial secara kreatif. profesional


Print BeritaPrint PDFPDF

Materi Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini