Materi UKG GPO Kisi-Kisi Pretest UKG - Kisi Kisi Pretest UKG Bahasa Sunda

Kisi Kisi Pretest UKG Bahasa Sunda

Diposting pada: 2017-08-24, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi-Kisi Pretest UKG
Bagikan ke WhatsApp

Kisi Kisi Pretest UKG Bahasa Sunda

No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis
1 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosio-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. Mengidentifikasi kemampuan berbahasa  Sunda peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, dan latar belakang sosial budaya. pedagogik
2 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu Menemukan potesi peserta didik dalam pembelajaran bahasa Sunda. pedagogik
3 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu. Mengorganisir bekal ajar awal peaserta didik dalam pembelajaran bahasa Sunda. pedagogik
4 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu. Merinci kesulitan belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Sunda. pedagogik
5 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran yang diampu. Menjelaskan suatu teori dan prinsip-prinsip  belajar dalam pembelajaran bahasa Sunda. pedagogik
6 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu. Menentukan penerapan pendekatan komunikatif dan saintifik dalam pembelajaran bahasa Sunda. pedagogik
7 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu. Menentukan fase-fase model pembelajaran (discovery learning, problem based learning, dan atau projeck based learning) dalam pembelajaran  bahasa Sunda. pedagogik
8 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu Memahami prinsip-prinsip  pengembangan kurikulum. Menjelaskan prinsip pengembangan kurikulum. pedagogik
9 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu Menentukan tujuan  pembelajaran yang diampu.  Merumuskan tujuan pembelajaran bahasa Sunda berdasarkan KD. pedagogik
10 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran. Menunjukkan materi pembelajaran bahasa Sunda sesuai dengan tujuan pembelajaran. pedagogik
11 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik. Menunjukkan  urutan penyampaian materi pembelajaran bahasa Sunda sesuai dengan pendekatan saintifik. pedagogik
12 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian. Membuat  indikator penilaian pembelajaran bahasa Sunda. pedagogik
13 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian. Mengkonstruksi instrumen penilaian pembelajaran bahasa Sunda sesuai indikator. pedagogik
14 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Memahami prinsip prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik. Mengidentifikasi prinsip-prinsip penyusunan RPP pembelajaran bahasa Sunda. pedagogik
15 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran Mengidentifikasi  komponen-komponen RPP pembelajaran bahasa Sunda. pedagogik
16 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. Menentukan urutan kegiatan inti dalam pembelajaran bahasa Sunda dengan lengkap pedagogik
17 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.  Memilih media pembelajaran guna melatih keterampilan siswa dalam pembelajaran bahasa Sunda. pedagogik
18 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.  Memilih sumber pembelajaran guna melatih keterampilan siswa dalam pembelajaran bahasa Sunda. pedagogik
19 Memanfaatkan teknologi informasidan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu. Mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengoptimalkan pembelajaran bahasa Sunda. pedagogik
20 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal. Merancang suatu kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal. pedagogik
21 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dan santun, secara lisan, tulisan, dan/atau bentuk lain.  Memilih tehnik bertanya yang tepat dalam suasana pembelajaran yang menyenangkan. pedagogik
22 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik Berkomunikasi secara efektif, empatik,dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didikuntuk ambil bagian dalam permainan:melalui bujukan dan contoh, (b) Menstimulus keterampilan berbicara peserta didik dalam pembelajaran bahasa Sunda. pedagogik
23 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yangdiampu. Mengidentifikasi  prinsip-prinsip penilaian autentik dalam pembelajaran bahasa Sunda. pedagogik
24 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yangdiampu. Mengidentifikasi penilaian proses pembelajaran bahasa Sunda. pedagogik
25 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yangdiampu. Mengidentifikasi  penilaian hasil pembelajaran  bahasa Sunda. pedagogik
26 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Menunjukkan prosedur penilaian autentik dalam pembelajaran bahasa Sunda. pedagogik
27 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Mengembangkan  Instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Merancang instrumen pembelajaran bahasa Sunda. pedagogik
28 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan. Menentukan hasil penilaian autentik dalam pembelajaran bahasa Sunda. pedagogik
29 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran Menggunakan      informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar Menerapkan informasi hasil penilaian untuk menentukan ketuntasan belajar bahasa Sunda. pedagogik
30 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran Menggunakan       informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan. Menentukan program remedial pembelajaran bahasa Sunda berdasarkan informasi hasil penilaian. pedagogik
31 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran Menggunakan       informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan. Menentukan program pengayaan pembelajaran bahasa Sunda berdasarkan informasi hasil penilaian. pedagogik
32 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan. Menjelaskan komponen-komponen hasil penilaian pembelajaran bahasa Sunda kepada orang tua. pedagogik
33 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa Sunda. Menentukan hakikat (ciri internal) bahasa Sunda profesional
34 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa Sunda. Menentukan identitas (ciri ekternal) bahasa Sunda profesional
35 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa Sunda. Mengidentifikasi ciri khas bahasa Sunda profesional
36 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa Sunda. Mengidentifikasi ciri-ciri bahasa anak profesional
37 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Sunda. Menentukan kedudukan bahasa Sunda dari dulu hingga sekarang profesional
38 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Sunda. Mengidentifikasi fungsi bahasa Sunda sebagai bahasa daerah profesional
39 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Sunda. Menentukan ciri bahasa Sunda lulugu profesional
40 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Sunda. Mentukan kosakata bahasa Sunda wewengkon profesional
41 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Sunda. Mengidentifikasi ciri ragam bahasa Sunda ragam  halus profesional
42 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Sunda. Membedakan bahasa Sunda halus dan  bahasa kasar profesional
43 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai kaidah bahasa Sunda sebagai rujukan penggunaan bahasa Sunda yang baik dan benar. Membedakan ucapan bunyi bahasa Sunda. profesional
44 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai kaidah bahasa Sunda sebagai rujukan penggunaan bahasa Sunda yang baik dan benar. Menentukan pola- pola bunyi bahasa Sunda. profesional
45 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai kaidah bahasa Sunda sebagai rujukan penggunaan bahasa Sunda yang baik dan benar. Menentukan  struktur kecap asal bahasa Sunda. profesional
46 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai kaidah bahasa Sunda sebagai rujukan penggunaan bahasa Sunda yang baik dan benar. Mengidenrifikasi  kecap rundayan bahasa Sunda profesional
47 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai kaidah bahasa Sunda sebagai rujukan penggunaan bahasa Sunda yang baik dan benar. Mengidenrifikasi  kecap rajekan bahasa Sunda profesional
48 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai kaidah bahasa Sunda sebagai rujukan penggunaan bahasa Sunda yang baik dan benar. Mengidenrifikasi kecap kantetan bahasa Sunda profesional
49 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai kaidah bahasa Sunda sebagai rujukan penggunaan bahasa Sunda yang baik dan benar. Mengidentifikasi kecap wancahan bahsas sunda profesional
50 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai kaidah bahasa Sunda sebagai rujukan penggunaan bahasa Sunda yang baik dan benar. Mengidentifikasi  kelompok kata (frasa) bahasa Sunda profesional
51 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai kaidah bahasa Sunda sebagai rujukan penggunaan bahasa Sunda yang baik dan benar. Membedakan  indung kalimah dan  seler kalimah bahasa Sunda profesional
52 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai kaidah bahasa Sunda sebagai rujukan penggunaan bahasa Sunda yang baik dan benar. Mengidentifikasi  kalimah salancar   bahasa Sunda profesional
53 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai kaidah bahasa Sunda sebagai rujukan penggunaan bahasa Sunda yang baik dan benar. Mengidentifikasi  kalimah ngantet  bahasa Sunda profesional
54 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai kaidah bahasa Sunda sebagai rujukan penggunaan bahasa Sunda yang baik dan benar. Membedakan fungsi kalimah bahasa Sunda profesional
55 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai kaidah bahasa Sunda sebagai rujukan penggunaan bahasa Sunda yang baik dan benar. Menentukan Istilah budaya dalam bahasa Sunda profesional
56 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai kaidah bahasa Sunda sebagai rujukan penggunaan bahasa Sunda yang baik dan benar. Mengidentifikasi  babasan bahasa   Sunda profesional
57 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai kaidah bahasa Sunda sebagai rujukan penggunaan bahasa Sunda yang baik dan benar. Mengidentifikasi paribasa bahasa Sunda profesional
58 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai kaidah bahasa Sunda sebagai rujukan penggunaan bahasa Sunda yang baik dan benar. Menentukan  pakeman basa (idiom) lain dalam bahasa Sunda profesional
59 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai kaidah bahasa Sunda sebagai rujukan penggunaan bahasa Sunda yang baik dan benar. Membedakan    bentuk aksara Sunda profesional
60 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai kaidah bahasa Sunda sebagai rujukan penggunaan bahasa Sunda yang baik dan benar. Membedakan bentuk angka dalam aksara Sunda profesional
61 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai kaidah bahasa Sunda sebagai rujukan penggunaan bahasa Sunda yang baik dan benar. Membedakan tanda vokalisasi dalam aksara  Sunda. profesional
62 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memiliki keterampilan berbahasa Sunda (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) Mengidentifikasi aktivitas menyimak yang baik profesional
63 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memiliki keterampilan berbahasa Sunda (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) Mengidentifikasi karakteristik  pembicara bahasa Sunda profesional
64 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memiliki keterampilan berbahasa Sunda (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) Membedakan beragam teks (wacana) bahasa Sunda. profesional
65 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memiliki keterampilan berbahasa Sunda (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) Menemukan isi teks (wacana) narasi bahasa Sunda profesional
66 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memiliki keterampilan berbahasa Sunda (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) Menemukan isi teks (wacana) deskripsi bahasa Sunda profesional
67 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memiliki keterampilan berbahasa Sunda (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) Menemukan isi teks (wacana) eksposisi bahasa Sunda profesional
68 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memiliki keterampilan berbahasa Sunda (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) Menemukan isi teks (wacana) argumentasi bahasa Sunda profesional
69 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memiliki keterampilan berbahasa Sunda (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) Menemukan isi teks (wacana) percakapan bahasa Sunda profesional
70 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memiliki keterampilan berbahasa Sunda (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) Menemukan isi teks (auto)biografi bahasa Sunda. profesional
71 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami teori dan genre sastra Sunda. Mengidentifikasi   bentuk mantra profesional
72 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami teori dan genre sastra Sunda. Mengidentifikasi  bentuk rumpaka kawih profesional
73 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami teori dan genre sastra Sunda. Mengidentifikasi bentuk kakawihan profesional
74 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami teori dan genre sastra Sunda. Mengidentifikasi bentuk dan jenis sisindiran profesional
75 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami teori dan genre sastra Sunda. Mengidentifikasi bentuk dan isi pupujian profesional
76 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami teori dan genre sastra Sunda. Mengidentifikasi bentuk guguritan profesional
77 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami teori dan genre sastra Sunda. Mengidentifikasi bentuk pupuh profesional
78 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami teori dan genre sastra Sunda. Mengidentifikasi  bentuk cerita pantun profesional
79 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami teori dan genre sastra Sunda. Mengidentifikasi wangun wawacan (0) profesional
80 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami teori dan genre sastra Sunda. Mengidentifikasi  bentuk dan jenis dongeng profesional
81 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami teori dan genre sastra Sunda. Mengidentifikasi bentuk carita wayang profesional
82 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami teori dan genre sastra Sunda. Mengidentifikasi bentuk carpon profesional
83 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami teori dan genre sastra Sunda. Mengidentifikasi bentuk cerita novel profesional
84 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami teori dan genre sastra Sunda. Mengidentifikasi bentuk cerita drama profesional
85 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Mampu mengapresiasi  karya sastra Sunda,   secara reseptif dan produktif. Menemukan unsur-unsur intrinsik mantra profesional
86 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Mampu mengapresiasi  karya sastra Sunda,   secara reseptif dan produktif. Menemukan unsur- unsur intrinsik  rumpaka kawih profesional
87 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Mampu mengapresiasi  karya sastra Sunda,   secara reseptif dan produktif. Menemukan  unsur-unsur intrinsik kakawihan profesional
88 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Mampu mengapresiasi  karya sastra Sunda,   secara reseptif dan produktif. Menemukan unsur-unsur bentuk dan  jenis sisindiran profesional
89 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Mampu mengapresiasi  karya sastra Sunda,   secara reseptif dan produktif. Menemukan unsur- unsur intrinsik pupujian profesional
90 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Mampu mengapresiasi  karya sastra Sunda,   secara reseptif dan produktif. Menemukan unsur-unsur   intrinsik guguritan sekar ageung profesional
91 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Mampu mengapresiasi  karya sastra Sunda,   secara reseptif dan produktif. Menemukan unsur  unsur intrinsik guguritan sekar alit profesional
92 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Mampu mengapresiasi  karya sastra Sunda,   secara reseptif dan produktif. Menemukan unsur-unsur intrinsik cerita  pantun profesional
93 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Mampu mengapresiasi  karya sastra Sunda,   secara reseptif dan produktif. Menemukan unsur-unsur  intrinsik  wawacan profesional
94 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Mampu mengapresiasi  karya sastra Sunda,   secara reseptif dan produktif. Menemukan unsur-unsur intrinsik dongeng profesional
95 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Mampu mengapresiasi  karya sastra Sunda,   secara reseptif dan produktif. Menemukan unsur-unsur intrinsik carita wayang profesional
96 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Mampu mengapresiasi  karya sastra Sunda,   secara reseptif dan produktif. Menemukan unsur-unsur intrinsik carpon profesional
97 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Mampu mengapresiasi  karya sastra Sunda,   secara reseptif dan produktif. Menemukan unsur- unsur intrinsik novel profesional
98 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Mampu mengapresiasi  karya sastra Sunda,   secara reseptif dan produktif. Menemukan unsur- unsur intrinsik cerita  drama profesional
99 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/ bidang pengem-bangan yang diampu Memahami standar kompetensi mata pelajaran yang diampu. Menentukan standar kompetensi dari kurikulum mata pelajaran bahasa dan sastra Sunda. profesional


Print BeritaPrint PDFPDF

Materi Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini