Materi UKG GPO Kisi-Kisi Pretest UKG - Kisi Kisi Pretest UKG IPA SMP

Kisi Kisi Pretest UKG IPA SMP

Diposting pada: 2017-08-24, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi-Kisi Pretest UKG
Bagikan ke WhatsApp

Kisi Kisi Pretest UKG IPA SMP

No. deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis
1 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya Membedakan berbagai aspek perkembangan peserta didik berdasarkan ciri-cirnya pedagogik
2 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual Mengidentifi kasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu menentukan kesulitan belajar pedagogik
3 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik Menerapkan berbagai pendekatan,strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu. Mengelompokkan  keterampilan proses dasar dan keterampilan proses terpadu pedagogik
4 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu. (0) Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan Mengidentifikasi pengalaman belajar IPA sesuai  dengan pendekatan saintifik pedagogik
5 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu. (0) Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran. Menentukan  tujuan pembelajaran yang sesuai dengan materi ajar IPA pedagogik
6 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan Mengidentifikasi prinsip-prinsip penyusunan RPP yang sesuai dengan Permendikbud nomor 103 tahun 2014 pedagogik
7 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan dilapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan. Menentukan alat dan bahan yang tepat untuk malaksanakan kegiatan belajar di laboratorium sesuai topik IPA pedagogik
8 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. Menentukan media pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran pedagogik
9 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu Menentukan  bentuk TIK yang sesuai  topik  IPA  dan sarana prasarana di sekolah pedagogik
10 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi perbedaan kemampuan aspek keterampilan untuk mencapai prestasi secara optimal pedagogik
11 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam per Menerapkan teknik bertanya dalam penyusunan rancangan pembelajaran atau dalam proses pembelajaran. pedagogik
12 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. Menjelaskan aspek-aspek proses belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran IPA pedagogik
13 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. Menentukan kemampuan berpikir dan dimensi pengetahuan butir soal ranah pengetahuan mata pelajaran IPA pedagogik
14 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar. Mengevaluasi data hasil analisis penilaian proses belajar aspek sikap menurut Permendikbud nomor 104 tahun 2014 pedagogik
15 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar Mempraktikan  penentuan ketuntasan belajar untuk setiap kompetensi dasar mata pelajaran IPA pedagogik
16 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan. Menyusun laporan hasil penilaian dan evaluasi hasil belajar IPA pedagogik
17 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Menjelaskan manfaat PTK pedagogik
18 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. Membuat rancangan penelitian tindakan kelas pedagogik
19 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Menjelaskan prosedur pengukuran berbagai besaran turunan profesional
20 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan mulai dari sel hingga organisme profesional
21 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Mengidentifikasi komponen penyusun sel profesional
22 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Membedakan struktur sel prokariotik dan eukariotik profesional
23 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Membedakan struktur bakteri, arkaebakteria, dan jamur profesional
24 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Mengklasifikasikan zat berdasarkan  sifatnya profesional
25 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Menganalisis transformasi energi yang terjadi pada suatu benda profesional
26 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Menjelaskan tahapan proses respirasi  sampai menghasilkan energi profesional
27 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup profesional
28 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Menentukan sifat asam basa dari bahan-bahan kimia sehari-hari menggunakan indikator alam atau  buatan (3) profesional
29 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Mendeskripsikan dampak pencemaran bagi manusia profesional
30 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Menghitung kalor yang dilepaskan atau diperlukan oleh suatu benda profesional
31 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Menjelaskan gejala-gejala yang menyertai reaksi kimia (3) profesional
32 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Mengidentifikasi penyebab terjadinya pemanasan global (3) profesional
33 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Mengidentifikasi jaringan meristem pada tumbuhan profesional
34 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Mengidentifikasi jaringan dasar pada tumbuhan profesional
35 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Menerapkan Hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari profesional
36 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Menganalisis keuntungan mekanik pesawat sederhana profesional
37 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Mendeskripsikan hubungan antar tulang yang membentuk berbagai persendian profesional
38 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Menjelaskan mekanisme gerak pada sistem gerak manusia profesional
39 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Menentukan metode pemisahan campuran  yang tepat untuk memisahkan suatu campuran profesional
40 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Menentukan nama-nama organ penyusun sistem pencernaan makanan beserta fungsinya profesional
41 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Menjelaskan proses eksresi profesional
42 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Menjelaskan sifat-sifat bahan dan pemanfaatannya  dalam kehidupan  sehari-hari profesional
43 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Menerapkan hukum Archimedes dalam pemecahan permasalahan kehidupan sehari-hari. profesional
44 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami proses berpikir IPA dalam mempelajari proses dan gejala alam Membuat kesimpulan dari data percobaan profesional
45 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Mengidentifikasi berbagai gangguan atau penyakit pada sistem reproduksi manusia profesional
46 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Mengelompokkan   zat aditif alami dan buatan yang digunakan pada suatu produk makanan profesional
47 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Menjelaskan struktur dan fungsi kromosom, Gen, DNA, dan RNA profesional
48 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Menerapkan hukum Mendel I dan II secara teoritis dalam persilangan profesional
49 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Menjelaskan pengertian dan prinsip dasar bioteknologi profesional
50 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel membedakan partikel molekul unsur dan molekul senyawa profesional
51 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Menjelaskan penerapan hukum-hukum IPA dalam teknologi terutama yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Menjelaskan penerapan prinsip bunyi pada alat musik profesional
52 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Menerapkan hukum pembiasan snellius dalam permasalahan sehari-hari profesional
53 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Menjelaskan sifat bayangan pada lensa profesional
54 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Menjelaskan penerapan hukum-hukum IPA dalam teknologi terutama yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Menjelaskan penerapan prinsip pembentukan bayangan pada lensa kacamata profesional
55 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Menjelaskan pengaruh rotasi dan revolusi Bumi bagi kehidupan di Bumi profesional
56 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam bidang pangan profesional
57 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Menyebutkan contoh  teknologi ramah lingkungan profesional
58 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Menjelaskan interaksi antar muatan listrik profesional
59 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel Menjelaskan konsep kemagnetan profesional
60 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA Memahami hubungan antar berbagai cabang IPA, dan hubungan IPA dengan matematika dan teknologi. Menjelaskan hubungan antar konsep dalam keterpaduan IPA profesional


Print BeritaPrint PDFPDF

Materi Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini