Materi UKG GPO Kisi-Kisi Pretest UKG - Kisi Kisi Pretest UKG Matematika SMP

Kisi Kisi Pretest UKG Matematika SMP

Diposting pada: 2017-08-24, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi-Kisi Pretest UKG

Kisi Kisi Pretest UKG Matematika SMP

No. deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis
1 Menguasai karakteristik siswa dari aspek fisik,moral, spiritual, sosial, kultural,emosional, dan intelektual. Memahami karakteristik siswa usia SMP/MTs yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. Membedakan berbagai aspek perkembangan  siswa berdasarkan ciri-cirinya pedagogik
2 Menguasai karakteristik siswa dari aspek fisik,moral, spiritual, sosial, kultural,emosional, dan intelektual. Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran yang diampu Menentukan kesulitan belajar pedagogik
3 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran yang diampu Merancang kegiatan pembelajaran sesuai  karakteristik mapel matematika SMP/MTs pedagogik
4 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu. Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu. Memilih  pengalaman belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran mapel matematika SMP/MTs pedagogik
5 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu. Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran. Mengklasifikasikan materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan pedagogik
6 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. Merancang pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. pedagogik
7 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan dilapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan. Melaksanakan  pembelajaran yang mendidik di kelas, laboratorium, maupun lapangan   sesuai  rambu-rambu  kurikulum yang berlaku pedagogik
8 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik siswa dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. Menggunakan  media pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa dan mapel matematika SMP/MTs untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh pedagogik
9 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu. Memilih media teknologi informasi dan komunikasi  yang sesuai untuk membantu proses pembelajaran matematika SMP/MTs pedagogik
10 Memfasilitasi pengembangan potensi siswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong siswa mencapai prestasi secara optimal. Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi perbedaan kemampuan aspek keterampilan untuk mencapai prestasi belajar optimal siswa pedagogik
11 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan siswa Berkomunikasi secara efektif, empatik,dan santun dengan siswa dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal Memberikan tanggapan terhadap respon siswa SMP/MTs dalam interaksi pembelajaran matematika SMP/MTs dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun pedagogik
12 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. Menentukan  aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mapel matematika SMP/MTs pedagogik
13 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Menentukan instrumen evaluasi proses dan hasil belajar pedagogik
14 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar. Menentukan prosedur evaluasi proses dan hasil belajar pedagogik
15 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar Mengkonstruksikan hasil penilaian dan evaluasi dengan KKM yang sudah ditentukan pedagogik
16 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. Menggunakan informasi hasil penilaiandan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan. Merancang program remedial  dengan menggunakan  hasil penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran pedagogik
17 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. pedagogik
18 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. Merumuskan masalah di kelas terkait  mapel matematika SMP/MTs yang dapat dipecahkan dengan PTK pedagogik
19 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan bilangan, hubungan diantara bilangan, berbagai sistem bilangan dan teori bilangan. Menerapkan operasi pada bilangan dan aturannya pada berbagai konteks permasalahan. (0) profesional
20 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan bilangan, hubungan diantara bilangan, berbagai sistem bilangan dan teori bilangan. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  pola bilangan profesional
21 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan bilangan, hubungan diantara bilangan, berbagai sistem bilangan dan teori bilangan. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  deret bilangan profesional
22 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan bilangan, hubungan diantara bilangan, berbagai sistem bilangan dan teori bilangan. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep dan sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar profesional
23 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan pengukuran dan penaksiran Menentukan hasil taksiran dari operasi beberapa bilangan profesional
24 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan pengukuran dan penaksiran Menaksir dan  menghitung luas bangun datar  tak beraturan profesional
25 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan logika matematika. Menerapkan prinsip silogisme dalam menarik kesimpulan profesional
26 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep-konsep geometri. Menganalisis bangun datar berdasarkan  sifat-sifatnya profesional
27 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep-konsep geometri. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat bangun datar profesional
28 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep-konsep geometri. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  luas bangun datar profesional
29 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep-konsep geometri. Menganalisis bangun ruang berdasarkan sifat-sifatnya profesional
30 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep-konsep geometri. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume  bangun ruang profesional
31 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep-konsep geometri. Mengidentifikasi macam transformasi  geometri pada suatu pernyataan geometris profesional
32 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep-konsep geometri. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras profesional
33 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep-konsep statistika dan peluang. Menjelaskan pengertian ruang sampel dan kejadian profesional
34 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep-konsep statistika dan peluang. Menerapkan konsep peluang kejadian untuk menyelesaikan masalah. profesional
35 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep-konsep statistika dan peluang. Menentukan ukuran pemusatan yang tepat untuk mewakili suatu populasi. profesional
36 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep-konsep statistika dan peluang. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  konsep statistika profesional
37 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan pola dan fungsi. Membedakan relasi dan fungsi profesional
38 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan pola dan fungsi. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi kuadrat profesional
39 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep-konsep aljabar. Menentukan model matematika dari masalah nyata profesional
40 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep-konsep aljabar. Melakukan operasi bentuk aljabar profesional
41 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep-konsep aljabar. Menggunakan konsep persamaan linear satu variable dalam menyelesaikan  masalah nyata profesional
42 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep-konsep aljabar. Menggunakan konsep pertidaksamaan linear satu variable dalam menyelesaikan  masalah nyata profesional
43 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep-konsep aljabar. Mengidentifikasi sifat-sifat persamaan kuadrat profesional
44 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep-konsep aljabar. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat profesional
45 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep-konsep aljabar. Menganalsis sifat-sifat  pada persamaan garis lurus profesional
46 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menjelaskan sejarah dan filsafat matematika. Mengidentifikasi karakteristik pembelajaran matematika SMP/MTs  yang sesuai dengan aliran filsafat matematikanya profesional
47 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Mampu menggunakan alat peraga, alat ukur, alat hitung, piranti lunak komputer, model matematika, dan model statistika. Mengidentifikasi penggunaan alat peraga yang sesuai dengan KD dan materi pembelajaran matematika SMP/MTs yang dipelajari siswa profesional
48 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Mampu menggunakan alat peraga, alat ukur, alat hitung, piranti lunak komputer, model matematika, dan model statistika. Menganalisis penggunaan piranti yang berhubungan dengan komputer/TIK dalam pengelolaan pembelajaran matematika SMP/MTs profesional
49 Memahami standar kompetensi mata pelajaran yang diampu. Memahami standar kompetensi mata pelajaran yang diampu. Menganalisis keterkaitan antara  SKL, KI, KD mapel matematika SMP/MTs profesional
50 Memahami standar kompetensi mata pelajaran yang diampu. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Menganalisis indikator pencapaian pada suatu KD Matematika SMP/MTs profesional
51 Memahami standar kompetensi mata pelajaran yang diampu. Memahami tujuan pembelajaran yang diampu. Mengidentifikasi tujuan pembelajaran matematika SMP/MTs pada suatu KD matematika SMP/MTs profesional
52 Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara reatif Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan siswa Menentukan materi pembelajaran  pada kegiatan memecahkan masalah matematika  yang sesuai dengan  tingkat perkembangan siswa SMP/MTs profesional
53 Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara reatif Mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif Menentukan materi pembelajaran yang dapat mengoptimalkan kemampuan siswa dengan kecepatan belajar beragam dalam pembelajaran matematika SMP/MTs profesional
54 Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara reatif Mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif Meyusun bahan ajar matematika yang kontekstual dengan tingkat perkembangan siswa SMP/MTs dan perkembangan jaman profesional
55 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. (0) Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan Menentukan kegiatan peningkatan keprofesionalan  yang didasarkan  hasil refleksi dan terkait dengan pengelolaan pembelajaran matematika SMP/MTs profesional
56 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. (0) Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. Menentukan masalah dalam pembelajaran matematika SMP/MTs untuk bahan  penelitian tindakan kelas profesional
57 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. (0) Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. Menjelaskan cara-cara menindaklanjuti hasil penelitian tindakan kelas untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran matematika SMP/MTs profesional
58 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. (0) Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber. Mengidentifikasi kegiatan up to date  yang berhubungan dengan perkembangan pembelajaran matematika SMP/MTs profesional
59 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi. Mengidentifikasi kegiatan  memanfaatkan TIK untuk berkomunikasi yang terkait dengan  pengelolaan pembelajaran matematika SMP/MTs profesional
60 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri Memanfaatkan teknologi Menentukan kegiatan memanfaatkan internet untuk penelusuran sumber belajar yang diperlukan dalam pengembangan diri yang  terkait dengan pengelolaan pembelajaran matematika SMP/MTs profesional


Print BeritaPrint PDFPDF

Materi Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini