Materi UKG GPO Kisi-Kisi Pretest UKG - Kisi Kisi Pretest UKG Seni Budaya Musik SMP

Kisi Kisi Pretest UKG Seni Budaya Musik SMP

Diposting pada: 2017-08-24, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi-Kisi Pretest UKG
Bagikan ke WhatsApp

Kisi Kisi Pretest UKG Seni Budaya Musik SMP

No. deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis
1 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni musik Mendemonstrasikan berbagai macam teknik pernafasan dalam bernyanyi profesional
2 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni musik Melatih cara memproduksi nada dengan baik profesional
3 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni musik Menerapkan ilmu harmoni dalam teknik vokal 2 suara atau lebih. profesional
4 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni musik Mendemonstrasikan teknik dasar  bermain musik perkusi profesional
5 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni musik Mendemonstrasikan teknik dasar bermain macam alat musik melodis profesional
6 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni musik Mengidentifikasi berbagai macam bentuk bentuk penyajian musik profesional
7 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni musik Mengidentifikasi teknik penulisan musik ansambel pada partitur profesional
8 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni musik Mengidentifikasi unsur-unsur musik profesional
9 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni musik Merancang menyanyi lagu secara unisono profesional
10 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni musik Merancang bermain instrumen musik sederhana secara perorangan dan kelompok profesional
11 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni musik Melatih teknik gaya bernyanyi dalam berbagai jenis irama dan lagu secara perorangan profesional
12 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni musik Menerapkan langkah-langkah latihan vokal dalam praktek menyanyi profesional
13 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni musik Melatih teknik dan gaya dalam bernyanyi secara vokal grup profesional
14 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni musik Mengidentifikasi karakteristik lagu daerah profesional
15 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni musik Melatih teknik dan gaya bermain musik dalam berbagai irama dan lagu profesional
16 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni musik Mengevaluasi praktek menyanyi profesional
17 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni musik Mengevaluasi praktek memainkan alat musik modern profesional
18 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni musik Mengevaluasi memainkan instrumen musik tradisional profesional
19 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni musik Membuat aransemen musik modern untuk vokal grup profesional
20 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni musik Menerapkan harmoni SATB profesional
21 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis  materi,   struktur,  konsep,  dan  pola  pikir  ilmu-ilmu  yang relevan dengan pembelajaran Seni Musik (analisis) Mengidentifikasi ritme/ketukan profesional
22 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis  materi,   struktur,  konsep,  dan  pola  pikir  ilmu-ilmu  yang relevan dengan pembelajaran Seni Musik (analisis) Mengidentifikasi tangga nada profesional
23 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis  materi,   struktur,  konsep,  dan  pola  pikir  ilmu-ilmu  yang relevan dengan pembelajaran Seni Musik (analisis) Mengidentifikasi bentuk  nilai not dan tanda diam profesional
24 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis  materi,   struktur,  konsep,  dan  pola  pikir  ilmu-ilmu  yang relevan dengan pembelajaran Seni Musik (analisis) Mengidentifikasi birama profesional
25 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis  materi,   struktur,  konsep,  dan  pola  pikir  ilmu-ilmu  yang relevan dengan pembelajaran Seni Musik (analisis) Mendemonstrasikan sistem penulisan notasi angka/balok profesional
26 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis  materi,   struktur,  konsep,  dan  pola  pikir  ilmu-ilmu  yang relevan dengan pembelajaran Seni Musik (analisis) Mendemonstrasikan sistem penulisan notasi musik tradisi profesional
27 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis  materi,   struktur,  konsep,  dan  pola  pikir  ilmu-ilmu  yang relevan dengan pembelajaran Seni Musik (analisis) Menerapkan intonasi yang baik pada praktek menyanyi profesional
28 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis  materi,   struktur,  konsep,  dan  pola  pikir  ilmu-ilmu  yang relevan dengan pembelajaran Seni Musik (analisis) Menerapkan phrasering dengan baik profesional
29 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis  materi,   struktur,  konsep,  dan  pola  pikir  ilmu-ilmu  yang relevan dengan pembelajaran Seni Musik (analisis) Menerapkan iringan pada praktek menyanyi perseorangan dan kelompok profesional
30 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis  materi,   struktur,  konsep,  dan  pola  pikir  ilmu-ilmu  yang relevan dengan pembelajaran Seni Musik (analisis) Menentukan iringan lagu menyanyi secara unisono dan kelompok profesional
31 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis  materi,   struktur,  konsep,  dan  pola  pikir  ilmu-ilmu  yang relevan dengan pembelajaran Seni Musik (analisis) Mengidentifikasi aspek-aspek penilaian menyanyi secara unisono profesional
32 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis  materi,   struktur,  konsep,  dan  pola  pikir  ilmu-ilmu  yang relevan dengan pembelajaran Seni Musik (analisis) Mengevaluasi pementasan profesional
33 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis  materi,   struktur,  konsep,  dan  pola  pikir  ilmu-ilmu  yang relevan dengan pembelajaran Seni Musik (analisis) Menunjukkan cara menproduksi nada pada rekorder profesional
34 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis  materi,   struktur,  konsep,  dan  pola  pikir  ilmu-ilmu  yang relevan dengan pembelajaran Seni Musik (analisis) Menyusun akor dari berbagai tangga nada profesional
35 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis  materi,   struktur,  konsep,  dan  pola  pikir  ilmu-ilmu  yang relevan dengan pembelajaran Seni Musik (analisis) Membedakan berbagai jenis tanda birama profesional
36 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis  materi,   struktur,  konsep,  dan  pola  pikir  ilmu-ilmu  yang relevan dengan pembelajaran Seni Musik (analisis) Membedakan berbagai jenis tanda tempo dan dinamik profesional
37 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis  materi,   struktur,  konsep,  dan  pola  pikir  ilmu-ilmu  yang relevan dengan pembelajaran Seni Musik (analisis) Menerapkan tanda ulang dalam membuat aransemen profesional
38 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis  materi,   struktur,  konsep,  dan  pola  pikir  ilmu-ilmu  yang relevan dengan pembelajaran Seni Musik (analisis) Menunjukkan simbol-simbol akor profesional
39 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis  materi,   struktur,  konsep,  dan  pola  pikir  ilmu-ilmu  yang relevan dengan pembelajaran Seni Musik (analisis) Mendemontrasikan gerak aba-aba (conducting) profesional
40 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial, emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial ¬budaya. Menentukan karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, dan sosial-emosional pedagogik
41 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu Mengidentifikasi ciri-ciri peserta didik yang mengalami kesulitan belajar pedagogik
42 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu Melaksanakan langkah-langkah mengatasi kesulitan belajar pedagogik
43 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu Mengidentifikasi berbagai strategi pembelajaran dan ciri-cirinya pedagogik
44 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu. Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu. Mengidentifikasi ciri-ciri model pembelajaran pedagogik
45 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu. Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran Memahami prinsip-prinsip memilih materi pembelajaran pedagogik
46 Menyelenggarakan  pembelajaran yang mendidik Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. Memahami regulasi tentang rancangan pembelajaran pedagogik
47 Menyelenggarakan  pembelajaran yang mendidik Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan Menjelaskan kriteria minimal guru professional dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, di laboratorium, dan di lapangan pedagogik
48 Menyelenggarakan  pembelajaran yang mendidik Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan Mensimulasikan berbagai peran guru dalam pembelajaran di kelas, di laboratorium, dan di lapangan sesuai standar keamanan yang dipersyaratkan pedagogik
49 Menyelenggarakan  pembelajaran yang mendidik Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan Menguraikan konsep belajar mengajar sesuai keterampilan abad 21. pedagogik
50 Menyelenggarakan  pembelajaran yang mendidik Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan Merancang pembelajaran sesuai keterampilan abad 21 pedagogik
51 Menyelenggarakan  pembelajaran yang mendidik Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. Merancang penggunaan media pembelajaran dan pemanfaatan sumber belajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu. pedagogik
52 Menyelenggarakan  pembelajaran yang mendidik Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. Menggunakan media pembelajaran dan pemanfaatan sumber belajar sesuai hasil rancangan. pedagogik
53 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu. Menjelaskan pentingnya mengembangkan digital literacy skills secara global pedagogik
54 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu. Merancang pengembangan digital literacy skills dalam pembelajaran, secara bertahap. pedagogik
55 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal. Menjelaskan pentingnya keterampilan belajar kritis dan inovasi untuk mendukung peserta didik mencapai prestasi optimal pedagogik
56 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam permain Membangun iklim kelas (classroom climate) yang menyenangkan dan memotivasi peserta didik pada awal pembelajaran melalui berbagai variasi kegiatan warming-up (pemanasan) dengan pendekatan komunikatif pedagogik
57 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam permain Menerapkan prinsip-prinsip dan strategi komunikasi efektif antara guru dan peserta didik yang sesuai dengan nilai-nilai budaya kesantunan bangsa Indonesia pada proses pembelajaran pedagogik
58 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam permain Mengarahkan peserta didik untuk menyajikan atau mengkomunikasikan hasil pembelajaran dengan pendekatan saintifik secara runtut, jelas, padat dan relevan. pedagogik
59 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam permain Melakukan kegiatan refleksi untuk menilai penerapan prinsip dan strategi komunikasi yang membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran pedagogik
60 Menyelenggarakan  penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. Mendeskripsikan secara jelas, tepat dan rinci sistem penilaian acuan pedagogik
61 Menyelenggarakan  penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. Menjabarkan secara jelas dan rinci aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam sistem penilaian proses dan hasil belajar pedagogik
62 Menyelenggarakan  penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Mengidentifikasi teknik dan bentuk instrumen penilaian hasil belajar yang tepat dan sesuai untuk materi pelajaran yang diampu, baik untuk ranah sikap, pengetahuan maupun keterampilan pedagogik
63 Menyelenggarakan  penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar yang tepat dan sesuai untuk materi pelajaran yang diampu baik untuk ranah sikap, pengetahuan maupun keterampilan pedagogik
64 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar Menganalisis hasil penilaian pembelajaran pedagogik
65 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan Menganalisis hasil penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang sulit sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk keperluan remedial dan pengayaan. pedagogik
66 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan Merancang langkah-langkah perbaikan pedagogik
67 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan Mengembangkan diri secara terus  menerus untuk meningkatan profesionalisme sebagai pendidik pedagogik
68 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. Memahami teori penelitian tin dakan kelas pedagogik
69 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. Melakukan   refleksi terhadap proses dan hasil pelaksanaan tindakan dan hasilnya untuk memperbaiki rencana tindakan pada siklus berikutnya untuk meningkatkan hasil yang lebih baik. pedagogik


Print BeritaPrint PDFPDF

Tulisan Terkait

KISI-KISI UP UKM PPG KEPERAWATAN

KISI-KISI UP UKM PPG KEPERAWATAN

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG KEPERAWATAN CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL ...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi PPG Autis

Kisi Kisi PPG Autis

KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) Mapel / Keahlian : Autis No. Kompetensi Inti Kompetensi Mapel / Keahlian Ind...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG BAHASA JAWA

KISI-KISI UP UKM PPG BAHASA JAWA

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG BAHASA JAWA CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL ...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Pretest UKG Tunarungu SLB PLB

Kisi Kisi Pretest UKG Tunarungu SLB PLB

Berikut Kisi Kisi Pretest UKG Tunarungu SLB PLB No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis ...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Pretest UKG Matematika SLB

Kisi Kisi Pretest UKG Matematika SLB

Berikut Kisi Kisi Pretest UKG Matematika SLB No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis ...Baca selengkapnya...



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini

Soal Terbaru

Soal Pedagogik PPG Aqidah Akhlak MI

Soal Pedagogik PPG Aqidah Akhlak MI

Soal Pedagogik PPG UKG Aqidah Akhlak ...Baca selengkapnya...
Soal Pedagogik PPG SKI MI

Soal Pedagogik PPG SKI MI

Soal Pedagogik PPG UKG SKI ...Baca selengkapnya...
Soal Pedagogik PPG UKG Bahasa Indonesia

Soal Pedagogik PPG UKG Bahasa Indonesia

Latihan Soal Pedagogik PPG Bahasa Indonesia ...Baca selengkapnya...
Soal Pedagogik PPG UKG Prakarya SMP

Soal Pedagogik PPG UKG Prakarya SMP

Simulasi Soal Pedagogik PPG UKG Prakarya ...Baca selengkapnya...
Soal Pedagogik PPG UKG Seni Budaya

Soal Pedagogik PPG UKG Seni Budaya

Soal Pedagogik PPG UKG Seni Budaya ...Baca selengkapnya...