Materi UKG GPO Kisi-Kisi Pretest UKG - Kisi Kisi Pretest UKG Seni Budaya Seni Rupa SMP

Kisi Kisi Pretest UKG Seni Budaya Seni Rupa SMP

Diposting pada: 2017-08-24, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi-Kisi Pretest UKG
Bagikan ke WhatsApp

Kisi Kisi Pretest UKG Seni Budaya Seni Rupa SMP

No. deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis
1 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial, emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial ¬budaya. Menentukan karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, dan sosial-emosional pedagogik
2 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu Mengidentifikasi ciri-ciri peserta didik yang mengalami kesulitan belajar pedagogik
3 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu Melaksanakan langkah-langkah  mengatasi kesulitan belajar pedagogik
4 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu Mengidentifikasi berbagai strategi pembelajaran dan ciri-cirinya pedagogik
5 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu. Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu. Mengidentifikasi ciri-ciri model  pembelajaran pedagogik
6 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu. Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran Memahami prinsip-prinsip memilih  materi pembelajaran pedagogik
7 Menyelenggarakan  pembelajaran yang mendidik Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. Memahami regulasi tentang  rancangan pembelajaran pedagogik
8 Menyelenggarakan  pembelajaran yang mendidik Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan Menjelaskan kriteria minimal guru professional dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, di laboratorium, dan di lapangan pedagogik
9 Menyelenggarakan  pembelajaran yang mendidik Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan Mensimulasikan berbagai peran guru dalam pembelajaran di kelas, di laboratorium, dan di lapangan sesuai standar keamanan yang dipersyaratkan pedagogik
10 Menyelenggarakan  pembelajaran yang mendidik Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan Menguraikan konsep belajar mengajar sesuai keterampilan abad 21. pedagogik
11 Menyelenggarakan  pembelajaran yang mendidik Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan Merancang pembelajaran sesuai keterampilan abad 21 pedagogik
12 Menyelenggarakan  pembelajaran yang mendidik Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. Merancang penggunaan media pembelajaran dan pemanfaatan sumber belajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu. pedagogik
13 Menyelenggarakan  pembelajaran yang mendidik Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. Menggunakan media pembelajaran dan pemanfaatan sumber belajar sesuai hasil rancangan. pedagogik
14 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu. Menjelaskan pentingnya mengembangkan digital literacy skills secara global pedagogik
15 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu. Merancang pengembangan digital literacy skills dalam pembelajaran, secara bertahap. pedagogik
16 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal. Menjelaskan pentingnya keterampilan belajar kritis dan inovasi untuk mendukung peserta didik mencapai prestasi optimal pedagogik
17 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam per Membangun iklim kelas (classroom climate) yang menyenangkan dan memotivasi peserta didik pada awal pembelajaran melalui berbagai variasi kegiatan warming-up (pemanasan) dengan pendekatan komunikatif pedagogik
18 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam per Menerapkan prinsip-prinsip dan strategi komunikasi efektif antara guru dan peserta didik yang sesuai dengan nilai-nilai budaya kesantunan bangsa Indonesia pada proses pembelajaran pedagogik
19 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam per Mengarahkan peserta didik untuk menyajikan atau mengkomunikasikan hasil pembelajaran dengan pendekatan saintifik secara runtut, jelas, padat dan relevan pedagogik
20 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam per Melakukan kegiatan refleksi untuk menilai penerapan prinsip dan strategi komunikasi yang membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran pedagogik
21 Menyelenggarakan  penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. Mendeskripsikan secara jelas, tepat dan rinci sistem penilaian acuan pedagogik
22 Menyelenggarakan  penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. Menjabarkan secara jelas dan rinci aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam sistem penilaian proses dan hasil belaja pedagogik
23 Menyelenggarakan  penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Mengidentifikasi teknik dan bentuk instrumen penilaian hasil belajar yang tepat dan sesuai untuk materi pelajaran yang diampu, baik untuk ranah sikap, pengetahuan maupun keterampilan pedagogik
24 Menyelenggarakan  penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar yang tepat dan sesuai untuk materi pelajaran yang diampu baik untuk ranah sikap, pengetahuan maupun keterampilan pedagogik
25 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar Menganalisis hasil penilaian pembelajaran pedagogik
26 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan Menganalisis hasil penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang sulit sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk keperluan remedial dan pengayaan. pedagogik
27 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan Merancang langkah-langkah perbaikan pedagogik
28 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan Mengembangkan diri secara terus  menerus untuk meningkatan profesionalisme sebagai pendidik pedagogik
29 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. Memahami teori penelitian tin dakan kelas pedagogik
30 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. Melakukan   refleksi terhadap proses dan hasil pelaksanaan tindakan dan hasilnya untuk memperbaiki rencana tindakan pada siklus berikutnya untuk meningkatkan hasil yang lebih baik. pedagogik
31 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Menguraikan keteknikan dalam menggambar benda alam geometris dan organis profesional
32 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Mengggambar benda alam geometris sesuai dengan karakter objek profesional
33 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Menggambar benda alam organis sesuai dengan karakter objek profesional
34 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Menguraikan keteknikan dalam menggambar flora profesional
35 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Menggambar beragam bentuk flora sesuai dengan karakter objek profesional
36 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Menguraikan keteknikan dalam menggambar beragam jenis fauna profesional
37 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Menggambar beragam jenis fauna sesuai dengan karakter objek profesional
38 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Menguraikan fungsi dan manfaat gambar ragam hias profesional
39 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Menguraikan corak, teknik, dan bahan dalam menggambar ragam hias profesional
40 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Menganalisa beragam motif ragam hias tradisonal dan modern profesional
41 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Mengembangkan motif hias corak geometris maupun organis profesional
42 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Menciptakan motif hias corak geomtris maupun organis profesional
43 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Menerapkan motif hias pada berbagai bahan sesuai dengan fungsi benda profesional
44 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Menguraikan keteknikan dan bahan dalam menggambar model manusia profesional
45 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Menggambar model manusia sesuai dengan proporsi dan posisi model menggunakan beragam bahan dan keteknikan profesional
46 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Menguraikan konsep gambar ilustrasi profesional
47 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Menguraikan beragam keteknikan dan bahan dalam menggambar ilustrasi profesional
48 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Membuat beragam gambar ilustrasi manual sesuai dengan fungsinya profesional
49 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Mengoperasikan software grafis untuk membuat gambar ilustrasi digital profesional
50 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Membuat gambar ilustrasi dengan teknik digital profesional
51 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Menguraikan konsep seni lukis profesional
52 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Menguraikan keteknikan, alat, dan bahan dalam melukis profesional
53 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Membuat karya seni lukis bercorak realis dan dekoratif profesional
54 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Menguraikan konsep seni patung profesional
55 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Menguraikan beragam keteknikan, bahan, dan alat dalam membuat karya patung profesional
56 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Membuat karya seni patung figural dan non figural profesional
57 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Menguraikan konsep seni grafis profesional
58 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Menguraikan beragam keteknikan, alat, dan bahan dalam membuat karya grafis profesional
59 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Membuat karya seni grafis dengan teknik cetak tinggi dan cetak rendah profesional
60 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Menguraikan konsep pameran karya seni rupa profesional
61 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Menyusun kebutuhan pameran karya seni rupa profesional
62 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan materi seni rupa pada pembelajaran seni budaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku Melaksanakan pameran karya seni rupa profesional
63 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu-ilmu yang relevan dengan materi seni rupa pada pembelajaran Seni Budaya. Menguraikan essensi pembelajaran seni budaya meliputi tujuan, manfaat, dan karakter mata pelajaran seni budaya profesional
64 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu-ilmu yang relevan dengan materi seni rupa pada pembelajaran Seni Budaya. Menguraikan  beragam jenis unsur rupa profesional
65 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu-ilmu yang relevan dengan materi seni rupa pada pembelajaran Seni Budaya. Mengidentifikasi karakteristik unsur-unsur rupa profesional
66 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu-ilmu yang relevan dengan materi seni rupa pada pembelajaran Seni Budaya. Menguraikan teori warna profesional
67 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu-ilmu yang relevan dengan materi seni rupa pada pembelajaran Seni Budaya. Mengeksplorsi beragam bahan untuk memvisualisasikan unsur-unsur rupa profesional
68 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu-ilmu yang relevan dengan materi seni rupa pada pembelajaran Seni Budaya. Menguraikan prinsip-prinsip pengorganisasian unsur rupa profesional
69 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu-ilmu yang relevan dengan materi seni rupa pada pembelajaran Seni Budaya. Mengkomposisi unsur rupa secara kreatif dan estetik sesuai dengan prinsip pengorganisasian unsur rupa profesional
70 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu-ilmu yang relevan dengan materi seni rupa pada pembelajaran Seni Budaya. Mengidentifikasi karakteristik alat dan bahan untuk membuat karya seni rupa profesional
71 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu-ilmu yang relevan dengan materi seni rupa pada pembelajaran Seni Budaya. Menguraikan perkembangan kemampuan menggambar sesuai dengan usia anak profesional
72 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu-ilmu yang relevan dengan materi seni rupa pada pembelajaran Seni Budaya. Menguraikan tipologi seni rupa anak profesional
73 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu-ilmu yang relevan dengan materi seni rupa pada pembelajaran Seni Budaya. Menguraikan sejarah seni rupa Indonesia profesional
74 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu-ilmu yang relevan dengan materi seni rupa pada pembelajaran Seni Budaya. Mengapresiasi karya seni rupa secara lisan maupun tertulis profesional
75 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu-ilmu yang relevan dengan materi seni rupa pada pembelajaran Seni Budaya. Menguraikan gaya/corak/aliran dalam karya seni rupa profesional
76 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu-ilmu yang relevan dengan materi seni rupa pada pembelajaran Seni Budaya. Menganalis karakteristik karya seni rupa sesuai dengan gaya/corak/aliran profesional


Print BeritaPrint PDFPDF

Materi Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini