Materi UKG GPO Kisi Kisi Pretest UKG SMA - Kisi Kisi Pretest UKG Geografi SMA

Kisi Kisi Pretest UKG Geografi SMA

Diposting pada: 2017-08-25, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi Pretest UKG SMA

Kisi Kisi Pretest UKG Geografi SMA

No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis
1 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai hakikat struktur keilmuan, ruang lingkup, dan objek geografi. Menjelaskan konsep geografi profesional
2 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai hakikat struktur keilmuan, ruang lingkup, dan objek geografi. Menerapkan prinsip geografi berdasarkan fenomena yang terjadi profesional
3 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai hakikat struktur keilmuan, ruang lingkup, dan objek geografi. Menganalisis fenomena geosfer dengan menggunakan pendekatan geografi profesional
4 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam Mengidentifikasi persebaran fauna di Indonesia profesional
5 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam Mengidentifikasi persebaran flora di dunia profesional
6 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam Mengidentifikasi fungsi wilayah konservasi profesional
7 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam Menjelaskan  potensi barang tambang profesional
8 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam Mengidentifikasi sebaran barang tambang profesional
9 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam Menganalisis masalah lingkungan hidup profesional
10 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam Menjelaskan prinsip-prinsip mitigasi bencana (3) profesional
11 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam Mengidentifikasi sebaran daerah rawan bencana profesional
12 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam Mengidentifikasi faktor penyebab bencana profesional
13 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam Menjelaskan potensi fisik wilayah Indonesia profesional
14 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam Menganalisis faktor yang mempengaruhi ketahanan pangan profesional
15 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam Mengidentifikasi persebaran  bentuk energi alternatif profesional
16 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya. Menganalisis gaya belajar peserta didik pedagogik
17 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik Menerapkan langkah-langkah pendekatan saintifik dalam pembelajaran pedagogik
18 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik Menjelaskan  langkah-langkah model-model  pembelajaran berbasis masalah pedagogik
19 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik Menerapkan langkah-langkah pembelajaran yang menggunakan model-model pembelajaran berbasis masalah pedagogik
20 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam Mengidentifikasi jenis – jenis batuan penyusun lithosfer dalam pemanfaatannya oleh manusia profesional
21 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi Menjelaskan dampak vulkanisme terhadap kehidupan profesional
22 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi Mendeskripsikan tentang seisme terhadap kegidupan profesional
23 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam Menjelaskan proses pembentukan tanah profesional
24 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi Mengidentifikasi ciri-ciri lapisan atmosfer profesional
25 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai hakikat struktur keilmuan, ruang lingkup, dan objek geografi. Menghitung temperatur berdasarkan ketinggian tempat profesional
26 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi Menentukan zona berdasarkan klasifikasinya profesional
27 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi Menganalisa dampak perubahan cuaca dibidang transportasi profesional
28 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai hakikat struktur keilmuan, ruang lingkup, dan objek geografi. Mengidentifikasi pola pemukiman di desa profesional
29 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai hakikat struktur keilmuan, ruang lingkup, dan objek geografi. Menjelaskan dampak interaksi desa profesional
30 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam Mengidentifikasi permasalahan permukiman di kota (3) profesional
31 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam Menentukan alih fungsi lahan di pinggiran kota profesional
32 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam Memutuskan pusat pertumbuhan terhadap perkembangan teknologi ekonomi profesional
33 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam Mengidentifikasi karakteristik wilayah dan pewilayahan profesional
34 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam Menentukan pembangunan wilayah berkelanjutan profesional
35 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik Menyusun rancangan pembelajaran di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan Menjelaskan kegiatan inti pedagogik
36 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik Menyusun rancangan pembelajaran di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan Mengidentifikasi materi pembelajaran yang menunjang ketercapaian KD dalam menyusun RPP pedagogik
37 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik Menyusun rancangan pembelajaran di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan Mengidentifikasi komponen RPP pedagogik
38 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu Menentukan teknik penilaian hasil belajar pedagogik
39 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu Menentukan penilaian proses dan hasil belajar pedagogik
40 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar Penentuan standar isi, proses dan penilaian dalam kurikulum 2013 pedagogik
41 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar Menentukan penilaian dengan observasi, penilaian diri, penilaian antar teman dan jurnal pedagogik
42 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik Melaksanakanpembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam kurikulum 13 pedagogik
43 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam Membandingkan dampak pola aliran sungai terhadap erosi dan sedimentasi profesional
44 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam Menganalisis potensi air tanah berdasarkan kondisi morfologi tanah profesional
45 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam Menentukan kharakteristik laut berdasarkan klasifikasinya profesional
46 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi Menjelaskan  sifat fisik air laut dengan kondisi perairan laut di suatu wilayah profesional
47 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai hakikat struktur keilmuan, ruang lingkup, dan objek geografi. Membandingkan persebaran penduduk antar wilayah di Indonesia profesional
48 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi Menghitung pertumbuhan penduduk di suatu wilayah profesional
49 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai hakikat struktur keilmuan, ruang lingkup, dan objek geografi. Mencontohkan perubahan penduduk yang disebabkan oleh gerakan penduduk 2 profesional
50 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai hakikat struktur keilmuan, ruang lingkup, dan objek geografi. Mengidentifikasi permasalahan penelitian geografi profesional
51 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai hakikat struktur keilmuan, ruang lingkup, dan objek geografi. Memilih pokok permasalahan geografi profesional
52 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai hakikat struktur keilmuan, ruang lingkup, dan objek geografi. Menentukan teknik pengumpulan data geografi profesional
53 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai hakikat struktur keilmuan, ruang lingkup, dan objek geografi. Menerapkan pendekatan geografi untuk mengkaji gejala geosfer profesional
54 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai hakikat struktur keilmuan, ruang lingkup, dan objek geografi. Mengidentifikasi permasalahan sumber data kependudukan profesional
55 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai hakikat struktur keilmuan, ruang lingkup, dan objek geografi. Menjelaskan kharakteristik kependudukan negara berkembang profesional
56 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi Menjelaskan bentuk-bentuk kearifan lokal dalam pemanfaatan sumberdaya alam bidang pariwisata 3 profesional
57 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi Mengidentifikasi kharakteristik negara berkembang profesional
58 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. Mengidentifikasi permasalahan pembelajaran yang dapat diselesaikan dengan PTK pedagogik
59 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. Memberi contoh tahapan siklus PTK pedagogik
60 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. Menentukan judul penelitian yang sesuai untuk PTK pedagogik
61 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. Menemukan perbedaan PTK dengan penelitian formal lainnya pedagogik
62 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi Menentukan skala peta dari jarak sebenarnya profesional
63 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi Menentukan jenis proyeksi yang digunakan pada peta profesional
64 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi Menjelaskan cara yang digunakan dalam menentukan arah dan lokasi profesional
65 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi Menjelaskan cara-cara penggambaran relief  pada peta profesional
66 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi Menganalisis unsur-unsur intepretasi pada suatu obyek profesional
67 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi Menjelaskan jenis citra penginderaan jauh berdasar spektrum yang digunakan profesional
68 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi Menjelaskan tahapan-tahapan dalam penafsiran citra penginderaan jauh profesional
69 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi Menyebutkan tahapan dan manfaat pengolahan citra digital profesional
70 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri Menjelaskan pemanfaatan penginderaan jauh pada berbagai bidang profesional
71 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri Menganalisis manfaat SIG pada berbagai bidang profesional
72 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri Menjelaskan tahapan dalam sistem informasi geografis profesional
73 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi Menganalisis pemanfaatan fungsi analisa spasial SIG pada berbagai aplikasi profesional
74 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi Menunjukkan teori terjadinya tata surya yang di kemukakan oleh beberapa ahli. profesional
75 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi Menjelaskan akibat yang ditimbulkan oleh fenomena pergerakan lempeng bumi profesional
76 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi Menunjukan fenomena yang terjadi sebagai akbat rotasi dan revolusi bumi profesional
77 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. Menjelaskan fungsi media pembelajaran pedagogik
78 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. Menentukan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi pelajaran pedagogik
79 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. Penerapan TIK dalam pembelajaran pedagogik
80 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. Menjelaskan kriteria pemilihan media pedagogik


Print BeritaPrint PDFPDF

Materi Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini