Materi UKG GPO Kisi Kisi Pretest UKG SMA - Kisi Kisi Pretest UKG Kewirausahaan SMA

Kisi Kisi Pretest UKG Kewirausahaan SMA

Diposting pada: 2017-08-25, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi Pretest UKG SMA
Bagikan ke WhatsApp

Kisi Kisi Pretest UKG Kewirausahaan SMA

No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis
1 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual Mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosio-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya terkait dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran Membedakan karakter peserta didik berdasarkan tingkat fisik terkait dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran pedagogik
2 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual Mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosio-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya terkait dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran Mengidentifikasikan karakter peserta didik berdasarkan tingkat intelektual terkait dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajar pedagogik
3 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual Mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosio-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya terkait dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran Menentukan karakter peserta didik berdasarkan tingkat moral dan spiritual terkait dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran pedagogik
4 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual Mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosio-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya terkait dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran Menentukan karakter peserta didik berdasarkan tingkat sosial terkait dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran pedagogik
5 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu agar dapat memberikan perlakuan yang tepat dalam pencapaian kompetensi atau tujuan pembelajaran Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu agar dapat memberikan perlakuan yang tepat dalam pencapaian kompetensi atau tujuan pembelajaran pedagogik
6 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik Menentukan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran  yang mendidik secara kreatif sesuai mata pelajaran yang diampu Memilih pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran  yang mendidik secara kreatif sesuai mata pelajaran yang diampu pedagogik
7 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik Menentukan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran  yang mendidik secara kreatif sesuai mata pelajaran yang diampu Menentukan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran  yang mendidik secara kreatif sesuai mata pelajaran yang diampu pedagogik
8 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu Menggali  pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu Memilih pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu pedagogik
9 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu Mengidentifikasikan materi pembelajaran yang diampu terkait pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran Mengidentifikasikan materi pembelajaran yang diampu terkait pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran pedagogik
10 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu Mengidentifikasikan materi pembelajaran yang diampu terkait pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran Mengkategorikan materi yang dipilih berdasarkan jenisnya (fakta, konsep, prosedural dan metakognitif) pedagogik
11 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik Menjabarkan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran sesuai mapel yang diampu Menyebutkan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran sesuai mapel yang diampu pedagogik
12 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik Menggolongkan komponen-komponen rancangan pembelajaran Mengaitkan kurikulum dengan rancangan pembelajaran pedagogik
13 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik Mengurutkan tahapan dalam merancang pembelajaran Menjelaskan tahapan dalam merancang pembelajaran pedagogik
14 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik Mengurutkan tahapan dalam merancang pembelajaran Menguraikan komponen rancangan pembelajaran baik  didalam kelas, labolatorium maupun di lapangan pedagogik
15 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan Memecahkan masalah yang ada dalam melaksanakan pembelajaran yang mendidik, baik dikelas, di labolatorium dan lapangan pedagogik
16 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu Menemukan teknologi informasi dan komunikasi yang tepat dalam pembelajaran pedagogik
17 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu Memilih ragam teknologi informasi dan komunikasi sesuai karakteristik dan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran pedagogik
18 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu Menjabarkan prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu pedagogik
19 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu Menganalisis aspek-aspek penting penilaian dan evaluasi dalam proses dan hasil belajar pedagogik
20 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu Merinci aspek penting dalam penilaian dan evaluasi pembelajaran sesuai tujuan penilaian dalam mata pelajaran yang diampu pedagogik
21 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu Menetapkan  aspek penting dalam penilaian dan evaluasi pembelajaran sesuai karakteristik mata pelajaran yang diampu pedagogik
22 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Mengembangkan  instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Mengemukakan metode penilaian dan jenis instrumen penilaian  yang sesuai dengan tuntutan ranah pembelajaran pedagogik
23 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Mengembangkan  instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Merumuskan indikator penilaian dan evaluasi proses dan hasl belajar sesuai karakteristik mata pelajaran yang diampu pedagogik
24 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar Menilai  proses pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar yang diperoleh sesuai tujuan pembelajaran pada mata pelajaran yang diampu pedagogik
25 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar Menganalisis hasil penilaian dan evaluasi pada mata pelajaran yang diampu pedagogik
26 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar Merumuskan ketuntasan hasil belajar berdasarkan informasi hasil penilaian pada mata pelajaran yang diampu pedagogik
27 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan  Pengayaan Mengemukakan program remidial dan pengayaan sebagai bagian dari tindak lanjut hasil pembelajaran pedagogik
28 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan Menemukan komponen penyebab keberhasilan dan atau kegagalan dalam pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran yang diampu pedagogik
29 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu Menyusun rencana penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mapel yang diampu pedagogik
30 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu pedagogik
31 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami konsep kewirausahaan dalam menjalankan sebuah wirausaha Menguraikan  pengertian kewirausahaan profesional
32 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami konsep kewirausahaan dalam menjalankan sebuah wirausaha Menentukan karakteristik wirausaha profesional
33 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Memahami konsep kewirausahaan dalam menjalankan sebuah wirausaha Mengkatagorikan ciri sikap dan perilaku wirausaha profesional
34 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menyajikan konsep kewirausahaan berdasarkan pengalaman keberhasilan tokoh-tokoh wirausaha Mengidentifikasi kegagalan seseorang berdasarkan karakteristik wirausaha profesional
35 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menyajikan konsep kewirausahaan berdasarkan pengalaman keberhasilan tokoh-tokoh wirausaha Mengidentifikasi keberhasilan seseorang berdasarkan karakteristik wirausaha profesional
36 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menyajikan konsep kewirausahaan berdasarkan pengalaman keberhasilan tokoh-tokoh wirausaha Menganalisis  factor kegagalan wirausaha profesional
37 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menyajikan konsep kewirausahaan berdasarkan pengalaman keberhasilan tokoh-tokoh wirausaha Menganalisis factor keberhasilan wirausaha profesional
38 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menyajikan konsep kewirausahaan berdasarkan pengalaman keberhasilan tokoh-tokoh wirausaha Menguraikan pengertian sikap dan perilaku kerja prestatif profesional
39 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menyajikan konsep kewirausahaan berdasarkan pengalaman keberhasilan tokoh-tokoh wirausaha Mengkatagorikan ciri-ciri sikap dan perilaku kerja prestatif profesional
40 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menyajikan konsep kewirausahaan berdasarkan pengalaman keberhasilan tokoh-tokoh wirausaha Menjelaskan pola kerja prestatif profesional
41 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menganalisis sikap dan perilaku wirausaha dalam menjalankan sebuah usaha Menumbuhkan semangat wirausaha profesional
42 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menganalisis sikap dan perilaku wirausaha dalam menjalankan sebuah usaha Menumbuhkan komitmen wirausaha profesional
43 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menganalisis sikap dan perilaku wirausaha dalam menjalankan sebuah usaha Menumbuhkan jiwa kepemimpinan profesional
44 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menyajikan hasil analisa sikap dan perilaku wirausaha Membuat analisa sikap dan perilaku wirausaha dengan SWOT profesional
45 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menyajikan hasil analisa sikap dan perilaku wirausaha Merencanakan strategi usaha berdasarkan analisa SWOT profesional
46 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menganalisis peluang usaha Merumuskan visi dan misi usaha profesional
47 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menganalisis peluang usaha Merumuskan ide usaha profesional
48 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menganalisis peluang usaha Menganalisis sumber peluang usaha profesional
49 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menciptakan peluang usaha Menyusun visi dan misi usaha profesional
50 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menciptakan peluang usaha Menentukan ide dan peluang usaha profesional
51 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menciptakan peluang usaha Mengembangkan peluang usaha profesional
52 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha berdasarkan pengamatan peluang usaha Mengidentifikasikan aspek organisasi dalam usaha profesional
53 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha berdasarkan pengamatan peluang usaha Mengidentifikasikan aspek permodalan profesional
54 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha berdasarkan pengamatan peluang usaha Mengidentifikasikan aspek produksi dalam usaha profesional
55 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha berdasarkan pengamatan peluang usaha Mengidentifikasikan aspek administrasi dalam usaha profesional
56 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha berdasarkan pengamatan peluang usaha Mengidentifikasikan aspek pemasaran dalam usaha profesional
57 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha berdasarkan pengamatan peluang usaha Mengidentifikasikan resiko usaha profesional
58 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menyusun aspek perencanaan usaha Menentukan aspek organisasi dalam usaha profesional
59 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menyusun aspek perencanaan usaha Menentukan aspek produksi dalam usaha profesional
60 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menyusun aspek perencanaan usaha Menentukan aspek administrasi dalam usaha profesional
61 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menyusun aspek perencanaan usaha Menentukan aspek pemasaran dalam usaha profesional
62 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menyusun aspek perencanaan usaha Menentukan cara mengatasi resiko profesional
63 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menyusun aspek perencanaan usaha Mempersiapkan pendirian usaha profesional
64 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Membuat  proposal usaha Menguraikan pentingnya proposal usaha profesional
65 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Membuat  proposal usaha Menerapkan sistimatika penyusunan proposal usaha profesional
66 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Membuat  proposal usaha Menyusun proposal usaha profesional
67 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menganalisis hasil usaha Mengevaluasi hasil usaha profesional
68 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menganalisis hasil usaha Menindak lanjuti hasil usaha profesional
69 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menyajikan hasil evaluasi usaha Menyusun laporan hasil usaha profesional
70 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menyajikan hasil evaluasi usaha Menilai rasio keuangan profesional
71 Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menyajikan hasil evaluasi usaha Menyusun strategi pengembangan usaha profesional


Print BeritaPrint PDFPDF

Materi Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini