Materi UKG GPO Kisi Kisi Pretest UKG SMA - Kisi Kisi Pretest UKG TIK KKPI SMA

Kisi Kisi Pretest UKG TIK KKPI SMA

Diposting pada: 2017-08-25, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi Pretest UKG SMA

Kisi Kisi Pretest UKG TIK KKPI SMA

No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis
1 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengoperasikan computer personal dan periferalnya Menyiapkan penyalaan komputer profesional
2 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengoperasikan computer personal dan periferalnya Mengoperasikan penyalaan komputer sampai dapat digunakan profesional
3 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengoperasikan computer personal dan periferalnya Mengelola sumber daya PC profesional
4 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengoperasikan computer personal dan periferalnya Mengoperasikan PC yang tersambung ke jaringan lokal profesional
5 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengoperasikan computer personal dan periferalnya Memasang scanner, printer profesional
6 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengoperasikan computer personal dan periferalnya Memasang dan menyiapkan penggunaan peripheral profesional
7 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengoperasikan computer personal dan periferalnya Melakukan isntalasi periferal yang ada sampai dengan kondisi siap pakai sesuai user manual profesional
8 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengoperasikan computer personal dan periferalnya Melakukan pemilihan opsi customization dan konfigurasi peripheral sesuai kebutuhan pemakaian melalui tools yang digunakan profesional
9 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengoperasikan computer personal dan periferalnya Melakukan deaktivasi peralatan yang ada profesional
10 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Merakit, menginstalasi, men-setup, memelihara dan melacak serta memecahkan masalah (troubleshooting) pada komputer personal. Memasang seluruh perangkat keras  sistem komputer profesional
11 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Merakit, menginstalasi, men-setup, memelihara dan melacak serta memecahkan masalah (troubleshooting) pada komputer personal. Menginstalasi sistem operasi windows dan linux profesional
12 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Merakit, menginstalasi, men-setup, memelihara dan melacak serta memecahkan masalah (troubleshooting) pada komputer personal. Melakukan setup pada sistem operasi windows dan linux profesional
13 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Merakit, menginstalasi, men-setup, memelihara dan melacak serta memecahkan masalah (troubleshooting) pada komputer personal. Mengidentifikasi gejala-gejala kerusakan komputer profesional
14 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Merakit, menginstalasi, men-setup, memelihara dan melacak serta memecahkan masalah (troubleshooting) pada komputer personal. Memperbaiki kerusakan (troubleshooting) komputer personal profesional
15 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Melakukan pemrograman komputer dengan salah satu bahasa pemrograman berorientasi objek Mengidentifikasi diagram alur dan algoritma pemrograman profesional
16 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Melakukan pemrograman komputer dengan salah satu bahasa pemrograman berorientasi objek Mengidentifikasi Tipe, Nama dan Nilai profesional
17 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Melakukan pemrograman komputer dengan salah satu bahasa pemrograman berorientasi objek Membuat program dengan perulangan profesional
18 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengolah kata (word processing) dengan komputer personal Mengidentifikasi anatomi dan fungsi perangkat lunak pengolah kata profesional
19 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengolah kata (word processing) dengan komputer personal Membuat dokumen baru dengan menggunakan program pengolah kata profesional
20 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengolah kata (word processing) dengan komputer personal Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata profesional
21 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengolah kata (word processing) dengan komputer personal Membuat dokumen dengan melibatkan tabel, gambar, dan diagram profesional
22 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengolah kata (word processing) dengan komputer personal Membuat Object Linking and Embedding profesional
23 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengolah kata (word processing) dengan komputer personal Membuat karya-karya menggunakan program pengolah kata profesional
24 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengolah lembar kerja (spreadsheet) dan grafik dengan komputer personal Mengidentifikasi perangkat lunak lembar kerja beserta fungsi ikon dan menunya profesional
25 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengolah lembar kerja (spreadsheet) dan grafik dengan komputer personal Membuat lembar kerja dengan menggunakan program lembar kerja profesional
26 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengolah lembar kerja (spreadsheet) dan grafik dengan komputer personal Mampu mengedit, mengelola dan mencetak lembar kerja profesional
27 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengolah lembar kerja (spreadsheet) dan grafik dengan komputer personal Mampu menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka profesional
28 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengolah lembar kerja (spreadsheet) dan grafik dengan komputer personal Mampu menganalisis pengambilan keputusan dengan perangkat lunak lembar kerja profesional
29 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengelola pangkalan data (data base) dengan komputer personal atau komputer server Mengidentifikasi prinsip dasar database profesional
30 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengelola pangkalan data (data base) dengan komputer personal atau komputer server Mengidentifikasi pemeliharaan database. profesional
31 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengelola pangkalan data (data base) dengan komputer personal atau komputer server Mengidentifikasi tabel yang meliputi perancangan, Properties, View dan Wizard profesional
32 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengelola pangkalan data (data base) dengan komputer personal atau komputer server Mengidentifikasi Form yang meliputi perancangan, Properties dan Wizard profesional
33 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengelola pangkalan data (data base) dengan komputer personal atau komputer server Mengidentifikasi queri yang meliputi perancangan, operator, parameter dan fungsi yang terdapat dalam queri profesional
34 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengelola pangkalan data (data base) dengan komputer personal atau komputer server Mengidentifikasi Report yang meliputi perancangan dan modifikasi profesional
35 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengelola pangkalan data (data base) dengan komputer personal atau komputer server Mengidentifikasi anatomi dan fungsi perangkat lunak presentasi profesional
36 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengelola pangkalan data (data base) dengan komputer personal atau komputer server Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi profesional
37 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengelola pangkalan data (data base) dengan komputer personal atau komputer server Mampu mengedit, mengelola dan mencetak dokumen presentasi profesional
38 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengelola pangkalan data (data base) dengan komputer personal atau komputer server Membuat animasi dalam presentasi profesional
39 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengelola pangkalan data (data base) dengan komputer personal atau komputer server Mampu memperindah presentasi profesional
40 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengelola pangkalan data (data base) dengan komputer personal atau komputer server Membuat karya menggunakan program presentasi profesional
41 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Membuat media grafis dengan menggunakan perangkat lunak publikasi Mengidentifikasi anatomi program membuat grafis profesional
42 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Membuat media grafis dengan menggunakan perangkat lunak publikasi Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis profesional
43 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Membuat media grafis dengan menggunakan perangkat lunak publikasi Membuat grafis dengan berbagai variasi warna, bentuk, dan ukuran profesional
44 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Membuat media grafis dengan menggunakan perangkat lunak publikasi Melakukan entry data (grafis) dengan menggunakan image scanner profesional
45 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Membuat media grafis dengan menggunakan perangkat lunak publikasi Mengoperasikan periferal web profesional
46 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Membuat media grafis dengan menggunakan perangkat lunak publikasi Mengoperasikan software web design, 2D animation dan FTP. profesional
47 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Membuat dan memelihara jaringan komputer (kabel dan nirkabel) Memahami prinsip-prinsip komunikasi data. profesional
48 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Membuat dan memelihara jaringan komputer (kabel dan nirkabel) Memahami multi user acces profesional
49 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Membuat dan memelihara jaringan komputer (kabel dan nirkabel) Mengoperasikan PC dalam satu jaringan profesional
50 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Membuat dan memelihara jaringan komputer (kabel dan nirkabel) Mem-back-up dan Me-Restore software profesional
51 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Membuat dan memelihara jaringan komputer (kabel dan nirkabel) Menginstalasi perangkat jaringan local (local Area Network) profesional
52 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Membuat dan memelihara jaringan komputer (kabel dan nirkabel) Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang tersambung jaringan profesional
53 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Membuat dan memelihara jaringan komputer (kabel dan nirkabel) Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang koneksi profesional
54 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Membuat dan memelihara situs laman (web) Mengenal perangkat keras dan fungsinya untuk keperluan akses web browser profesional
55 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Membuat dan memelihara situs laman (web) Mengidentifikasi macam-macam web browser profesional
56 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Membuat dan memelihara situs laman (web) Memahami perintah dasar web browser profesional
57 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Membuat dan memelihara situs laman (web) Memahami penamaan dan aturan penulisan alamat di web. profesional
58 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Membuat dan memelihara situs laman (web) Membuat web dasar profesional
59 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Menggunakan sarana telekomunikasi (telephone, mobilephone, faximile) Mengidentifikasi jenis-jenis sarana telekomunikasi berdasarkan fungsinya profesional
60 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Menggunakan sarana telekomunikasi (telephone, mobilephone, faximile) Menjelaskan manfaat penggunaan berbagai sarana telekomunikasi profesional
61 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Menggunakan sarana telekomunikasi (telephone, mobilephone, faximile) Memahami cara pemanfaatan perangkat telekomunikasi profesional
62 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Membuat dan menggunakan media komunikasi, termasuk pemrosesan gambar, audio dan video Mengoperasikan perangkat lunak multimedia profesional
63 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Membuat dan menggunakan media komunikasi, termasuk pemrosesan gambar, audio dan video Mengoperasikan periferal perekam suara profesional
64 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Membuat dan menggunakan media komunikasi, termasuk pemrosesan gambar, audio dan video Mengoperasikan periferal perekam gambar profesional
65 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Membuat dan menggunakan media komunikasi, termasuk pemrosesan gambar, audio dan video Mengoperasikan perangkat lunak penyunting audio profesional
66 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Membuat dan menggunakan media komunikasi, termasuk pemrosesan gambar, audio dan video Mengoperasikan perangkat lunak penyunting video profesional
67 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Membuat dan menggunakan media komunikasi, termasuk pemrosesan gambar, audio dan video Mengoperasikan perangkat lunak efek visual profesional
68 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Membuat dan menggunakan media komunikasi, termasuk pemrosesan gambar, audio dan video Menerapkan program grafis dan multimedia untuk presentasi grafis profesional
69 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam disiplin atau materi pembelajaran lain dan sebagai media komunikasi Mengidentifikasi web browser profesional
70 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam disiplin atau materi pembelajaran lain dan sebagai media komunikasi Memahami perintah dasar web browser profesional
71 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam disiplin atau materi pembelajaran lain dan sebagai media komunikasi Memahami penamaan alamat internet (URL), alamat surat (e-mail) dan aturan penulisan alamat di internet profesional
72 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam disiplin atau materi pembelajaran lain dan sebagai media komunikasi Membuat surat elektronik (e-mail) profesional
73 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mendesain dan mengelola lingkungan pembelajaran/sumber daya dengan memperhatikan standar kesehatan dan keselamatan Mengidentifikasi syarat-syarat Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam menggunakan perangkat TIK. profesional
74 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mendesain dan mengelola lingkungan pembelajaran/sumber daya dengan memperhatikan standar kesehatan dan keselamatan Memahami ketentuan penggunaan TIK profesional
75 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mendesain dan mengelola lingkungan pembelajaran/sumber daya dengan memperhatikan standar kesehatan dan keselamatan Menerapkan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak TIK profesional
76 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengoperasi-kan perangkat keras dan perangkat lunak pendukung pembelajaran Mengidentifikasi alat input, alat pemroses dan alat output dari komputer profesional
77 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengoperasi-kan perangkat keras dan perangkat lunak pendukung pembelajaran Mampu memasang/mengganti komponen Personal Computer (PC): hardisk, memori, soundcard, dll profesional
78 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengoperasi-kan perangkat keras dan perangkat lunak pendukung pembelajaran Mengidentifikasi sistem operasi dari komputer profesional
79 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengoperasi-kan perangkat keras dan perangkat lunak pendukung pembelajaran Melakukan manajemen file profesional
80 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengoperasi-kan perangkat keras dan perangkat lunak pendukung pembelajaran Melakukan setting periferal profesional
81 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Mengoperasi-kan perangkat keras dan perangkat lunak pendukung pembelajaran Mengidentifikasi aplikasi perangkat lunak profesional
82 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Memahami EULA (End User Licence Agreement) dan keterbatasan serta keluasan penggunaan perangkat lunak secara legal Mengidentifikasi aturan-aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat lunak TIK profesional
83 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (0) Memahami EULA (End User Licence Agreement) dan keterbatasan serta keluasan penggunaan perangkat lunak secara legal Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak TIK profesional
84 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya. Mampu mengemukakan karakteristik psikologi perkembangan pada tahapan operasi formal menurut pandangan Piaget pedagogik
85 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu. Disajikan kasus PD seperti  sulit berkonsentrasi, suka mengganggu, tatapan mata selalu berpindah,  ketika PBM berlangsung, Peserta ujian (PU) mampu mengidentifikasi kesulitan belajar dari PD tersebut. pedagogik
86 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu. Diilustrasikan sebuah pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru, PU mampu menentukan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang digunakan oleh guru tersebut. pedagogik
87 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu. PU mampu menjelaskan ciri yang terdapat dalam model pembelajaran, pendekatan, metode, dan atau strategi pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran pedagogik
88 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu. Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu. Disajikan sebuah tujuan pembelajaran, PU mampu menentukan pengalaman belajar yang paling awal diberikan sesuai dengan tujuan tersebut. pedagogik
89 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu. Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu. PU mampu menentukan pengalaman belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran pedagogik
90 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu. Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran. Disajikan ilustrasi tujuan pembelajaran dan pengalaman belajar, PU mampu menentukan materi pembelajaran yang susuai dengan ilustrasi tersebut. pedagogik
91 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. Disajikan sebuah komponen RPP yang rumpang, PU mampu menunjukkan bagian yang tepat untuk mengisi bagian rumpang tersebut. pedagogik
92 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. Disajikan sebuah indikator pembelajaran yang mengandung kesalahan, PU mampu mengoreksi kesalah yang terdapat dalam indikator tersebut pedagogik
93 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. PU mampu mengidentifikasi unsur-unsur yang termuat dalam  kegiatan  pembelajaran dalam penulisan RPP. pedagogik
94 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan. Disajikan gambar/ilustrasi PD yang sedang memperbaiki komputer tanpa mencabut kabel listrik, PU mampu menemukan kekeliruan  tersebut. pedagogik
95 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. Disajikan ilustrasi tentang pembelajaran, PU mampu menunjukkan media yang tepat yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran tersebut. pedagogik
96 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. PU mampu  menjelaskan konsep media dan atau sumber belajar sebagai salah satu piranti pencapaian tujuan pembelajaran secara utuh pedagogik
97 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu. Dilustrasikan sebuah slide  yang kurang baik yang akan digunakan untuk menjelaskan sebuah proses kegiatan praktik untuk materi tertentu, PU mampu merevisi kekeliruan yang terdapat dalam slide power point tersebut. pedagogik
98 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu. PU mampu mengidentifikasi kegunaan berbagai media pembelajaran. pedagogik
99 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu. PU mampu menjelaskan penggunaan e-learning dalam pembelajaran pedagogik
100 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal. Diilustrasikan peserta didik yang baru saja menyelesaikan Laporan Kegiatan Praktiknya, PU mampu menyarankan dengan tepat kegiatan selanjutnya yang dapat dilakukan yang berkaitan dengan hasil laporan PD tersebut. pedagogik
101 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal. PU mampu memilih kegiatan yang paling interaktif dalam pelaksanaan pembelajaran pedagogik
102 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam Diilustrasikan sebuah kelas yang PD-nya membolos lebih dari 50%, PU mampu memilih nasihat yang santun yang dapat membuat PD tidak lagi membolos pada hari yang lain. pedagogik
103 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. Disajikan sebuah ilustrasi hasil proyek dari sebuah kelompok belajar, PU mampu mengidentifikasi aspek penilaian yang akan digunakan untuk menilai hasil proyek PD tersebut. pedagogik
104 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. PU dapat menjelaskan kriteria yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan bahan untuk penulisan indikator soal pedagogik
105 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Disajikan sebuah indikator soal, PU dapat menunjukkan soal yang sesuai dengan indikator tersebut pedagogik
106 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. PU dapat menjelaskan konsep pengukuran, penilaian, dan evaluasi pedagogik
107 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar. Disajikan data hasil penilaian proses dan penilaian hasil belajar seorang PD, PU mampu menentukan Nilai Rapor PD berdasarkan data tersebut. pedagogik
108 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar. PU mampu mengemukakan prinsip penyusunan instrumen penilaian pedagogik
109 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar. PU dapat menjelaskan konsep dasar penilaian. pedagogik
110 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar Disajikan dalam bentuk Tabel, hasil penilaian sejumlah PD, PU mampu menunjukkan PD yang belum tuntas dalam pembelajaran tersebut. pedagogik
111 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan. Disajikan data hasil penilaian yang memuat sejumlah siswa yang tuntas dan tidak tuntas, PU mampu memilih disain yang tepat untuk kegiatan remedial berdasarkan data tersebut. pedagogik
112 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Disajikan ilustrasi PBM dari kegiatan Awal hingga ke akhir, PU dapat menunjukkan kegiatan refleksi  yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut. pedagogik
113 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. Disajikan ilustrasi kesenjangan antara harapan dan kenyataan, PU mampu merumuskan masalah PTK sesuai dengan ilustrasi tersebut. pedagogik


Print BeritaPrint PDFPDF

Materi Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini