Materi UKG GPO Kisi Kisi Pretest UKG SMA - Kisi Kisi Pretes UKG Matematika SMA

Kisi Kisi Pretes UKG Matematika SMA

Diposting pada: 2017-08-25, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi Pretest UKG SMA
Bagikan ke WhatsApp

Berikut Kisi Kisi Pretes UKG Matematika SMA

NO deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis
1 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik,moral, spiritual, sosial, kultural,emosional, dan intelektual. Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. Menentukan karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, dan sosial-emosional pedagogik
2 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. Menggunakan kata kerja yang tepat untuk merumuskan indikator sesuai dengan kompetensi dasar pedagogik
3 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik Berkomunikasi secara efektif, empatik,dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal Berkomunikasi secara empatik dan santun dengan peserta didik agar mau terlibat aktif dalam proses pembelajaran pedagogik
4 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. Menggunakan informasi hasil penilaiandan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan. (0) Menentukan program remedial yang sesuai berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi. pedagogik
5 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan logika matematika. Menentukan ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi dan ingkarannya profesional
6 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep-konsep statistika dan peluang. Menjelaskan pengertian ruang sampel dan kejadian profesional
7 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan pola dan fungsi. Menggunakan pola bilangan dalam barisan atau deret untuk menyelesaikan masalah profesional
8 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep-konsep kalkulus dan geometri analitik. Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri profesional
9 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan trigonometri. Menjelaskan konsep enam perbandingan trigonometri, fungsi trigonometri, dan inversnya. profesional
10 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan vektor dan matriks. Dapat menggunakan konsep proyeksi dalam memecahan masalah vektor. profesional
11 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami standar kompetensi mata pelajaran yang diampu. Menganalisis kompetensi dasar (KD) dari suatu KI pada pelajaran matematika profesional
12 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan. Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan proses pembelajaran. profesional
13 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik,moral, spiritual, sosial, kultural,emosional, dan intelektual. Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu Mengidentifikasi penyebab kesulitan siswa dalam meyajikan atau menuangkan gagasan dalam bahasa lisan maupun tulis pedagogik
14 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan dilapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan. (0) Mencontohkan suatu pembelajaran yang mendidik dan tidak mendidik dengan memperhatikan keamanan pedagogik
15 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Menentukan aspek-aspek proses danhasil belajar yang penting untuk dinilaidan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. Menentukan teknik penilaian proses dan hasil belajar pada  peristiwa  kegiatan pembelajaran pedagogik
16 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Menentukan komponen pembelajaran  yang perlu diperbaiki berdasarkan hasil refleksi pembelajaran satu kompetensi dasar (KD) matematika pedagogik
17 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan logika matematika. Menerapkan modus ponens, modus tollens dan prinsip silogisme dalam menarik kesimpulan (0) profesional
18 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep-konsep statistika dan peluang. Menentukan ukuran pemusatan yang tepat untuk mewakili suatu populasi. profesional
19 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan pola dan fungsi. Menerapkan konsep komposisi fungsi dan invers fungsi dalam menyelesaikan masalah nyata. profesional
20 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep-konsep kalkulus dan geometri analitik. Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri yang sederhana profesional
21 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan trigonometri. Mengidentifikasi sifat-sifat grafik fungsi trigonometri. profesional
22 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan vektor dan matriks. Dapat melakukan operasi hitung perkalian pada matriks. profesional
23 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami tujuan pembelajaran yang diampu. Dapat menetapkan indikator-indikator yang tepat untuk suatu kompetensi dasar matematika profesional
24 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. Merancang penyelesaian masalah dalam rangka penelitian tindakan kelas profesional
25 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Menerapkan berbagai pendekatan,strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu Menggunakan secara terpadu berbagai strategi, pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam pembelajaran matematika pedagogik
26 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. Memilih sumber belajar yang sesuai untuk tujuan pembelajaran yang telah ditentukan (1) pedagogik
27 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Mengembangkan instrumen penilaiandan evaluasi proses dan hasil belajar. Menyusun instrumen penilaian untuk suatu indikator. pedagogik
28 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu (0) Mendeskripsikan karakteristik Penelitian Tindakan Kelas pedagogik
29 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan logika matematika. Menerapkan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor (0) profesional
30 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep-konsep statistika dan peluang. Memahami prosedur menentukan median pada data berkelompok profesional
31 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep-konsep aljabar. Menentukan model matematika dari masalah nyata profesional
32 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep dan proses matematika diskrit. Dapat memilih prinsip permutasi atau kombinasi dalam menyelesaikan masalah diskrit profesional
33 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan trigonometri. Menggunakan sifat maksimum/minimum fungsi untuk penyelesaian masalah. profesional
34 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan vektor dan matriks. Dapat menentukan determinan suatu matriks ordo 2 x 2 dan 3 x 3 profesional
35 Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif. Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. (0) Memilih masalah untuk penelitian tindakan kelas profesional
36 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber. Menelaah konteks sebagai pemicu proses pembelajaraan profesional
37 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu. Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu (0) Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang akan dicapai pedagogik
38 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu. Mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengoptimalkan pembelajaran matematika pedagogik
39 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar. Menyusun alat penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu seperti yang tertulis dalam RPP. pedagogik
40 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan bilangan, hubungan di antara bilangan,berbagai sistem bilangan dan teori bilangan. Menganalisis hubungan berbagai jenis dan bentuk bilangan. profesional
41 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep-konsep geometri. Menerapkan konsep luas bangun datar dalam menyelesaikan masalah pada kehidupan sehari-hari profesional
42 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep-konsep statistika dan peluang. Memilih representasi yang tepat  dalam penyajian data. profesional
43 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep-konsep aljabar. Mengaplikasikan konsep barisan dan deret aritmetika /geometri dalam menyelesaikan masalah nyata profesional
44 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep dan proses matematika diskrit. Menggunakan hukum De’ Morgan untuk menyelesaikan masalah profesional
45 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan trigonometri. Menerapkan identitas trigonometri dalam penyelesaian masalah. profesional
46 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menjelaskan sejarah dan filsafat matematika. Mengidentifikasi manfaat sejarah matematika untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran matematika profesional
47 Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif. Mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. Mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif profesional
48 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi Melakukan pengiriman dan penerimaan pesan atau dokumen menggunakan email profesional
49 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu. Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran Memilih materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran pedagogik
50 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal Menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik antarpeserta didik. pedagogik
51 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar (0) Menentukan kriteria ketuntasan belajar pada suatu kompetensi tertentu pedagogik
52 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan pengukuran dan penaksiran Menentukan hasil taksiran dari operasi beberapa bilangan profesional
53 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep-konsep geometri. Mengidentifikasi suatu pernyataan geometris sesuai dengan aksioma dan teorema yang berlaku profesional
54 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep-konsep statistika dan peluang. Dapat menggunakan konsep statistika dalam penyelesaian masalah. profesional
55 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan konsep-konsep aljabar. Menggunakan diskriminan untuk menyelesaikan masalah persamaan kuadrat profesional
56 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan trigonometri. Memahami satuan pengukuran sudut. profesional
57 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menggunakan trigonometri. Menggunakan konsep-konsep trigonometri untuk penyelesaian masalah. profesional
58 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Mampu menggunakan alat peraga, alat ukur, alat hitung, piranti lunak komputer, model matematika, dan model statistika. Menggunakan alat peraga matematika profesional
59 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus. Dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan refleksi atas kinerja sendiri. profesional
60 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri. Dapat memanfaatkan internet untuk penelusuran sumber belajar, baik artikel maupun buku. profesional


Print BeritaPrint PDFPDF

Materi Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini