Materi UKG GPO Kisi Kisi Pretest UKG SMA - Kisi Kisi Pretes UKG Bahasa Indonesia SMA
Kisi Kisi Pretes UKG Bahasa Indonesia SMA
Diposting pada: 2017-08-25, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi Pretest UKG SMA
Bagikan ke WhatsApp
Print
PDF
Bagikan ke WhatsApp
Kisi Kisi Pretes UKG Bahasa Indonesia SMA sebagai berikut
No | deskripsi kompetensi inti | deskripsi guru mapel / keahlian | deskripsi indikator | Jenis |
1 | Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. | Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | Mengidentifikasikan karakteristik perkembangan sosial-emosional peserta didik. | pedagogik |
2 | Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. | Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik | pedagogik |
3 | Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. | Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu. | Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yag mendidik dalam pembelajaran bahasa. | pedagogik |
4 | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu. | Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu. | Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran (0) | pedagogik |
5 | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu. | Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran. | menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan KI-KD | pedagogik |
6 | Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. | Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar | Mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan. | pedagogik |
7 | Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. | Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. | Memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. | pedagogik |
8 | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik. | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan yang mendidik | Memanfaatkan TIK dalam pembelajaran | pedagogik |
9 | Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. | Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal. | Menentukan model pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi optimal | pedagogik |
10 | Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. | Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal. | Melakukan komunikasi secara efektif | pedagogik |
11 | Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. | Mengidentifikasi aspek penilaian keterampilan | pedagogik |
12 | Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Menyusun instrumen pengetahuan | pedagogik |
13 | Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar. | Menentukan pencapaian kompetensi | pedagogik |
14 | Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. | Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar | Menganalisis ketercapaian KKM | pedagogik |
15 | Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. | Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. | Merancang pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. | pedagogik |
16 | Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. | Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan. | Merancang program remedial berdasarkan hasil penilaian | pedagogik |
17 | Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. | Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. | Menjelaskan tujuan dan sasaran pembelajaran reflektif | pedagogik |
18 | Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. | Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. | membuat desain penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. | pedagogik |
19 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | Menjelaskan konsep, teori, dan materi aliran struktural yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | profesional |
20 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | Pengembangan metode pembelajaran bahasa berdasarkan aliran fungsional. | profesional |
21 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. | Menjelaskan konsep hakikat bahasa. | profesional |
22 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. | Mengidentifikasi jenis-jenis pemerolehan bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, dan pragmatik). | profesional |
23 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia. | Menjelaskan kedudukan bahasa Indonesia. | profesional |
24 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia. | Menjelaskan fungsi Bahasa Indonesia. | profesional |
25 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia. | Mengidentifikasi ragam Bahasa Indonesia. | profesional |
26 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) | Mengaplikasi prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan (berbicara dan menyimak) dan tertulis (membaca dan menulis). | profesional |
27 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) | Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara deskrit: menyimak, berbicara, membaca, menulis. (3) | profesional |
28 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) | Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis. | profesional |
29 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) | Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa berdasarkan konteks (akademis, formal, vokasional). | profesional |
30 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) | Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan produktif. | profesional |
31 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) | Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan reseptif. | profesional |
32 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) | Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis produktif. | profesional |
33 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) | Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis reseptif. | profesional |
34 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | Mengidentifikasi kaidah bahasa Indonesia | profesional |
35 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | Menerapkan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. (3) | profesional |
36 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami teori dan genre sastra Indonesia. | Menjelaskan teori dan genre puisi Indonesia (1) | profesional |
37 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami teori dan genre sastra Indonesia. | Menjelaskan teori dan genre prosa Indonesia | profesional |
38 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. | Mengapresiasi puisi Indonesia | profesional |
39 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. | Menulis puisi Indonesia | profesional |
40 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. | Mengapresiasi prosa Indonesia | profesional |
41 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. | Menulis prosa Indonesia | profesional |
42 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. | Mengapresiasi teks drama Indonesia | profesional |
43 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. | Mementaskan naskah drama sederhana Indonesia | profesional |
44 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. | Membuat kritik sastra Indonesia | profesional |
45 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | Memahami tujuan pembelajaran yang diampu. | Merumuskan indikator dan atau tujuan mata pembelajaran bahasa. | profesional |
46 | Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif. | Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. | Menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan KI-KD. | profesional |
47 | Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. | Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. | Merumuskan masalah dalam pembelajaran bahasa. | profesional |
48 | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri. | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri. | Memanfaatkan jaringan komunikasi on-line untuk mendukung komunitas profesi sebagai penunjang PKB. | profesional |


Materi Lainnya
- Kisi Kisi Pretest UKG Antropologi SMA
- Modul UKKS PENGELOLAAN PESERTA DIDIK BARU
- Kisi Kisi Pretest UKG Guru Kelas TK
- Kisi Kisi PPG Bahasa Indonesia
- Kisi Kisi Pretes UKG PPKN SMK