Materi UKG GPO Kisi Kisi Pretest UKG SMK - Kisi Kisi Pretes UKG Bahasa Indonesia SMK

Kisi Kisi Pretes UKG Bahasa Indonesia SMK

Diposting pada: 2017-08-25, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi Pretest UKG SMK

Berikut Kisi Kisi Pretes UKG Bahasa Indonesia SMK

No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis
1 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. Mengidentifikasikan karakteristik perkembangan sosial-emosional peserta didik. pedagogik
2 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu. Menganalisis kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik pedagogik
3 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yag mendidik dalam pembelajaran bahasa. pedagogik
4 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu. Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu. Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran  (0) pedagogik
5 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu. Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran. menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan KI-KD pedagogik
6 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar Mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan. pedagogik
7 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. Memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. pedagogik
8 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan yang mendidik Memanfaatkan TIK dalam pembelajaran pedagogik
9 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal. Menentukan  model pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi optimal pedagogik
10 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal. Melakukan komunikasi secara efektif pedagogik
11 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. Mengidentifikasi aspek penilaian keterampilan pedagogik
12 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Menyusun instrumen  pengetahuan pedagogik
13 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar. Menentukan pencapaian kompetensi pedagogik
14 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar Menganalisis ketercapaian KKM pedagogik
15 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. Merancang pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. pedagogik
16 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan. Merancang  program remedial berdasarkan hasil penilaian pedagogik
17 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Menjelaskan tujuan dan sasaran pembelajaran reflektif pedagogik
18 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. membuat desain penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. pedagogik
19 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Memahami  konsep,  teori,  dan  materi  berbagai  aliran  linguistik  yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. Menjelaskan konsep, teori, dan materi aliran struktural yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. profesional
20 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Memahami  konsep,  teori,  dan  materi  berbagai  aliran  linguistik  yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. Pengembangan metode pembelajaran bahasa berdasarkan aliran fungsional. profesional
21 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Menjelaskan konsep hakikat bahasa. profesional
22 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. Mengidentifikasi jenis-jenis pemerolehan bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, dan pragmatik). profesional
23 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia. Menjelaskan kedudukan bahasa Indonesia. profesional
24 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia. Menjelaskan fungsi Bahasa Indonesia. profesional
25 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia. Mengidentifikasi ragam Bahasa Indonesia. profesional
26 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) Mengaplikasi prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan (berbicara dan menyimak) dan tertulis (membaca dan menulis). profesional
27 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara deskrit: menyimak, berbicara, membaca, menulis. (3) profesional
28 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis. profesional
29 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa berdasarkan konteks (akademis, formal, vokasional). profesional
30 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan produktif. profesional
31 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan reseptif. profesional
32 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis produktif. profesional
33 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis reseptif. profesional
34 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai  kaidah  bahasa  Indonesia  sebagai  rujukan  penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mengidentifikasi kaidah  bahasa  Indonesia profesional
35 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Menguasai  kaidah  bahasa  Indonesia  sebagai  rujukan  penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Menerapkan kaidah bahasa Indonesia sebagai  rujukan  penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. (3) profesional
36 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Memahami teori dan genre sastra Indonesia. Menjelaskan teori dan genre puisi  Indonesia (1) profesional
37 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Memahami teori dan genre sastra Indonesia. Menjelaskan teori dan genre prosa Indonesia profesional
38 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. Mengapresiasi puisi Indonesia profesional
39 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. Menulis puisi Indonesia profesional
40 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. Mengapresiasi prosa Indonesia profesional
41 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. Menulis prosa Indonesia profesional
42 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. Mengapresiasi teks drama Indonesia profesional
43 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. Mementaskan naskah drama sederhana Indonesia profesional
44 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. Membuat kritik sastra Indonesia profesional
45 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Memahami tujuan pembelajaran yang diampu. Merumuskan  indikator dan atau tujuan mata pembelajaran bahasa. profesional
46 Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif. Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. Menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan KI-KD. profesional
47 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. Merumuskan masalah dalam pembelajaran bahasa. profesional
48 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri. Memanfaatkan jaringan komunikasi on-line untuk mendukung komunitas profesi  sebagai penunjang PKB. profesional


Print BeritaPrint PDFPDF

Materi Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini