Materi UKG GPO Kisi Kisi Pretest UKKS - Kisi Kisi Pretest UKKS

Kisi Kisi Pretest UKKS

Diposting pada: 2017-09-02, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi Pretest UKKS
Bagikan ke WhatsApp

Berikut ini Kisi Kisi UKKS (Uji Kompetensi Kepala Sekolah :

KISI-KISI UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH

DIMENSI

KOMPETENSI

INDIKATOR

Manajerial

Menyusun perencanaan

Merumuskan visi sekolah/madrasah

 

sekolah/madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan

Membedakan rumusan visi dan misi

 

Merumuskan misi sekolah/madrasah

 

Membedakan rumusan misi dan tujuan sekolah/madrasah

 

 

Merumuskan tujuan sekolah/madrasah

 

 

Membedakan rumusan visi dan tujuan sekolah/madrasah

 

 

Menyusun rencana kerja sekolah/madrasah

 

 

Menyusun perencanaan evaluasi program sekolah/ madrasah

 

 

Mengarahkan perencanaan evaluasi program

 

Memimpin sekolah/madrasah dalam rangka

Menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman sekolah/madrasah

 

pendayagunaan sumber daya secara optimal

Memaksimalkan sumberdaya sekolah/madrasah dalam perencanaan dan pelaksanaan program

 

Menciptakan budaya dan iklim sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif bagi

Mengaitkan budaya sekolah/madrasah dengan pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif.

 

pembelajaran peserta didik

Mengarahkan tumbuhnya iklim yang memotivasi timbulnya prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan psikologis peserta didik

 

 

Mencerahkan peserta didik untuk berkompetisi secara sehat dalam meningkatkan prestasi belajar

 

Mengelola guru dan staf

Menganalisis kebutuhan guru dan staf

 

dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal

Menugaskan guru dan staf sesuai dengan kompetensi yang dimiliki

 

Melatih guru dan staf dalam peningkatan keprofesian berkelanjutan

 

Menerapkan prinsip penghargaan dan pembinaan untuk meningkatkan motivasi kerja guru dan staf

DIMENSI

KOMPETENSI

INDIKATOR

 

Mengelola sarana dan

Menganalisis kebutuhan sarana prasarana

 

prasarana sekolah/ madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal

Menganalisis kebijakan program tertulis mengenai pengelolaan sarana prasarana

 

Memaksimalkan penggunaan sarana prasarana yang ada di lingkungan sekolah/madrasah

 

 

Memaksimalkan pemeliharaan dan pendayagunaan sarana prasarana dengan memperhatikan kesehatan dan keamanan lingkungan

 

Mengelola peserta didik

Menyeleksi peserta didik baru (PPDB)

 

dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan, dan pengembangan kapasitas peserta didik

Melaksanakan PPDB secara objektif, transparan, akuntabel, dan tidak diskriminatif

 

Melaksanakan orientasi peserta didik baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan

 

Mengarahkan peserta didik sesuai kompetensi, bakat, dan minat

 

Mengelola keuangan

Menyusun RKAS

 

sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien

Melaksanakan pengelolaan keuangan sekolah/madrasah secara transparan dan akuntabel

 

Mengevaluasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/madrasah (RKAS)

 

Mengelola ketatausahaan

Membuat daftar urut kepangkatan pegawai

 

sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah/madrasah

menerapkan pelayanan operasional standar ketatausahaan sekolah/madrasah

 

Melakukan monitoring, mengevaluasi, dan pelaporan

Menganalisis kinerja sekolah/madrasah melalui Evaluasi Diri Sekolah/madrasah

 

pelaksanaan program kegiatan sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya

Melaksanakan tindak lanjut hasil monitoring dan evaluasi program sekolah/madrasah

 

KISI-KISI UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH

DIMENSI

KOMPETENSI

INDIKATOR

Usaha Pengembangan Sekolah

Mengembangkan organisasi sekolah/madrasah sesuai dengan kebutuhan

Menganalisis tugas dan fungsi sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif

 

 

Merancang struktur organisasi sekolah/ madrasah sesuai hasil analisis tugas dan fungsi

 

 

Melaksanakan rincian tugas dan fungsi pengembangan struktur organisasi

 

 

Mengevaluasi keterlaksanaan tugas dan fungsi sesuai dengan struktur organisasi

 

Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah/ madrasah menuju organisasi

Mengembangkan perangkat yang menunjang organisasi pembelajar

 

pembelajar yang efektif

Mengembangkan suasana belajar yang kondusif bagi seluruh warga sekolah/madrasah

 

 

Merumuskan prinsip-prinsip evaluasi pengembangan perangkat organisasi pembelajar

 

Mengelola hubungan sekolah/madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian

Menggali bentuk dukungan masyarakat / stakeholder dalam penyelenggaraan pendidikan

 

dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/madrasah

Membangun kemitraan dalam pengembangan sekolah/madrasah

 

 

Menggali sumber daya yang berasal dari masyarakat/ pemangku kepentingan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan

 

Mengelola proses pencapaian 8 SNP sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional

Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu kepada standar isi

 

 

Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran yang mengacu kepada standar proses

 

 

Mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran yang mengacu kepada standar penilaian

 

 

Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar kompetensi lulusan

DIMENSI

KOMPETENSI

INDIKATOR

 

Mengelola unit layanan khusus sekolah/

Merumuskan tujuan layanan khusus

 

madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran kegiatan peserta didik di sekolah/madrasah

Menyusun program unit layanan khusus sekolah

 

Mensinergikan unit layanan khusus sekolah dengan pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah

 

 

Mengevaluasi program unit layanan khusus sekolah

 

Mengelola sistem informasi pendidikan di

Menyusun program Sistem Informasi Sekolah (SIS)

 

sekolah/ madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan

Meningkatkan peran warga sekolah dalam memberdayakan Sistem Informasi Sekolah (SIS)

 

Menggunakan Sistem Informasi Sekolah (SIS) dalam membantu pengambilan keputusan

 

Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan

Menerapkan pemanfaatan teknologi informasi dalam pengolahan data

 

manajemen sekolah/madrasah

Menerapkan pemanfaatan teknologi informasi dalam penyampaian informasi sekolah

 

 

Memfasilitasi guru dalam merancang model pembelajaran berbasis ICT

 

 

Memfasilitasi guru dalam mengevaluasi model pembelajaran berbasis ICT

KISI-KISI UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH

DIMENSI

KOMPETENSI

INDIKATOR

Kepemimpinan

Mengembangkan strategi dalam

Memecahkan masalah peningkatan prestasi belajar.

Pembelajaran

peningkatan prestasi akademik seluruh siswa secara berkelanjutan

Melaksanakan program peningkatan prestasi belajar.

 

Menilai pelaksanaan program peningkatan prestasi belajar.

 

Membangun kultur pembelajaran yang

Menganalisis lingkungan belajar yang kondusif

 

progresif dan kondusif di sekolah agar hasil belajar siswa dapat mencapai target optimal

Mendukung iklim pembelajaran akademis

 

Memaksimalkan pembiasaan positif seluruh warga sekolah agar menjadi komunitas pembelajar

 

Melibatkan pemangku kepentingan dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran

Mengarahkan warga sekolah dalam mengatasi permasalahan pembelajaran

 

 

Menganalisis komitmen warga sekolah untuk melakukan hal yang terbaik

 

 

Menjalin jejaring sekolah untuk optimalisasi proses dan hasil pembelajaran

 

Melibatkan pemangku kepentingan dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran

Menetapkan harapan-harapan yang tinggi bagi warga sekolah dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya

 

 

Memfasilitasi warga sekolah untuk melakukan eksperimentasi, prakarsa moral dan hal-hal baru dalam pembelajaran

 

Meningkatkan hasil belajar warga sekolah

Melakukan pengembangan kurikulum yang berkelanjutan

 

melalui peningkatan mutu proses pembelajaran secara berkelanjutan

Memaksimalkan peran organisasi profesi untuk meningkatkan profesionalisme warga sekolah

KISI-KISI UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH

DIMENSI

KOMPETENSI

INDIKATOR

Kewirausahaan

Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah/ madrasah

Merancang inovasi untuk pengembangan sekolah/ madrasah

 

 

Menciptakan gagasan kreatif dalam pengembangan sekolah

 

Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi

Merancang strategi dalam membangun budaya kerja keras

 

pembelajar yang efektif

Menerapkan strategi untuk membangun budaya kerja keras

 

 

Membangun etos kerja untuk mencapai keberhasilan sekolah

 

Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses

Menunjukkan keinginan yang kuat untuk sukses

 

dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/ madrasah

Melakukan upaya-upaya positif untuk mencapai target yang ditetapkan

 

Pantang menyerah dan selalu mencari solusiterbaik dalam menghadapi kendala

Memperhitungkan risiko yang muncul akibat upaya yang dilakukan

 

yang dihadapi sekolah/madrasah

Merumuskan alternatif solusi dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah

 

Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa sekolah/

Membangun kemandirian dalam mengelola sumber daya sekolah

 

madrasah sebagai sumber belajar peserta didik

Menggunakan peluang untuk memaksimalkan kegiatan sekolah

KISI-KISI UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH

DIMENSI

KOMPETENSI

INDIKATOR

Supervisi

Merencanakan program

Menyusun program supervisi akademik

 

supervisi akademik dalam

Merumuskan tahapan teknik supervisi akademik.

 

rangka peningkatan profesionalisme guru

Menjabarkan tujuan supervisi akademik pada masing-masing lingkup pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran

 

 

Menggunakan pendekatan supervisi akademik yang efektif

 

 

Menyusun prosedur monitoring dan evaluasi supervisi akademik

 

 

Merumuskan kriteria pencapaian tujuan supervisi akademik (output)

 

Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru

Melaksanakan supervisi akademik yang didasarkan pada kebutuhan dan masalah nyata yang dihadapi oleh guru

 

dengan menggunakan pendekatan dan teknik

Membangun hubungan dengan guru dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan supervisi berdasarkan prinsip-prinsip supervisi akademik

 

supervisi yang tepat

Menggunakan pendekatan dan teknik supervisi akademik yang tepat dan sesuai dengan tujuan supervisi akademik

 

 

Memecahkan masalah pengembangan pembelajaran supervisi akademik

 

 

Menggunakan teknologi informasi untuk mendukung keefektifan supervisi akademik

 

Menindaklanjuti hasil

Merumuskan kriteria pencapaian dampak supervisi akademik (outcome)

 

supervisi akademik terhadap guru dalam

Mengembangkan    instrumen pengukuran pencapaian hasil langsung

(output) supervisi akademik

 

rangka peningkatan

Melakukan analisis hasil evaluasi untuk kepentingan tindak lanjut

 

profesionalisme guru

Mengembangkan program tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi supervisi akademik

 

 

Menentukan langkah-langkah supervisi klinis

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Materi Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini