Materi UKG GPO Kisi Kisi PPG - Kisi Kisi PPG Guru Kelas SD

Kisi Kisi PPG Guru Kelas SD

Diposting pada: 2018-05-06, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi PPG

KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)

Mapel / Keahlian : Guru Kelas SD

No.

Kompetensi Inti

Kompetensi Mapel / Keahlian

Indikator Esensial

1.

Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.

Menerapkan konsep relasi dan fungsi linear dalam pemecahan masalah

Menganalisis konsep aljabar dalam pemecahan masalah

2.

Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.

Melatih konsep sistem persamaan linear dalam pemecahan masalah

Menerapkan konsep aljabar dalam pemecahan masalah

3.

Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.

Membedakan konsep sistem persamaan linear dalam pemecahan masalah

Menerapkan persamaam linear dalam pemecahan masalah

4.

Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.

Menggunakan konsep persamaan/pertidaksamaan kuadrat dalam pemecahan masalah

Menerapkan konsep persamaan kuadrat dalam pemecahan masalah

5.

Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.

Menerapkan Konsep sudut secara kontektual

Menerapkan konsep sudut dalam kehidupan sehari- hari

6.

Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.

Memecahkan masalah yang berkaitan dengan Sifat- sifat bangun datar

Memecahkan masalah geometri dan pengukuran

7.

Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.

Menentukan bayangan titik-titik terhadap transformasi geometri sederhana (translasi, refleksi, rotasi, dilatasi)

Menerapkan masalah geometri dan pengukuran

8.

Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.

Menganalisis masalah yang berkaitan dengan Pengukuran panjang, luas, keliling, volume, suhu, berat, kecepatan, dan debit

Menerapkan masalah pengukuran luas permukaan dalam kehidupan sehari-hari

9.

Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan statistika

Menerapkan masalah yang berkaitan dengan statistika

10.

Mampu menggunakan matematisasi horizontal dan vertikal untuk menyelesaikan masalah matematika dan masalah dalam dunia nyata.

Memecahkan matematisasi horizontal untuk menyelesaikan masalah matematika sosial dalam dunia nyata.

Memecahkan masalah yang berkaitan dengan matematika sosial

11.

Mampu menggunakan matematisasi horizontal dan vertikal untuk menyelesaikan masalah matematika dan masalah dalam dunia nyata.

Menggunakan matematisasi vertikal untuk menyelesaikan masalah dalam dunia nyata.

Menggunakan logika/penalaran untuk menyelesaikan masalah sehari-hari

12.

Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menguji pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika

Menggunakan bilangan untuk memecahkan masalah sehari-hari

13.

Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menguji pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi kecepatan

Menyelesaikan masalah pengukuran kecepatan

14.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa.

Mengemukakan hakikat pemerolehan bahasa melalui ilustrasi kasus

15.

Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Menentukan penggunaan huruf kapital yang benar dalam kalimat

16.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Menerapkan penggunaan tanda baca yang benar melalui sajian kalimat

17.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)

Menjelaskan menyimak sebagai sebuah keterampilan berbahasa

Halaman 1 dari total 4

No.

Kompetensi Inti

Kompetensi Mapel / Keahlian

Indikator Esensial

18.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)

Menerapkan teknik pembelajaran menyimak melalui ilustrasi

19.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)

Mendefinisikasikan keterampilan membaca di kelas tinggi dan rendah

20.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)

Membedakan jenis-jenis membaca melalui sebuah kasus

21.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)

Menjelaskan perbedaan menulis permulaan dan lanjutan

22.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)

Mengaplikasikan keterampilan menulis permulaan dan menulis lanjutan melalui ilustrasi

23.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Mendeskripsikan jenis-jenis sastra Indonesia

Memparafrasekan puisi menjadi prosa

24.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Mendeskripsikan latar waktu yang terkandung di dalam cerita

Mengisi puisi yang rumpang

25.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

menentukan karakter tokohnya berdasarkan sajian tampilan drama

Mendeskripsikan latar waktu yang terkandung di dalam cerita

26.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Mendeskripsikan jenis-jenis sastra Indonesia

Mendeskripsikan kalimat kritikan secara santun yang terdapat di dalam cerita

27.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Mendeskripsikan latar waktu yang terkandung di dalam cerita

Menganalisis apa yang disimak

28.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

menentukan karakter tokohnya berdasarkan sajian tampilan drama

Menguasai teknik menyimak

29.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar.

Menganalisis prinsip-prinsip HAM dalam pelaksanaan demokrasi.

30.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar.

Menganalisis prinsip-prinsip HAM dalm dunia pendidikan.

31.

Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar.

Menganalisis prinsip-prinsip HAM.

Menganalisis penegakan hukum di Indonesia dalam bidang pertahanan dan keamanan.

32.

Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar.

Menganalisis prinsip-prinsip HAM.

Penerapan penegakan hukum di Indonesia

33.

Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar.

Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia

Menganalisis asas-asas kewarganegaraan yang dianut di Indonesia.

34.

Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar.

Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia

Menerapkan asas-asas kewarganegaraan yang dianut di Indonesia

35.

Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar.

Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia

Memberikan pengertian tentang nilai dalam konteks pendidikan kewarganegaraan.

36.

Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar.

Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia

Menunjukkan sifat positif dalam menghargai kebudayaan nasional

37.

Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar.

Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia

Membangun nilai-nilai kewarganegaraan Indonesia

38.

Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar.

Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia

Membangun nilai-nilai kewarganegaraan Indonesia

39.

Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar.

Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia

Menganalisis moral warga negara melalui pendidikan kewarganegaraan yang berlandaskan UUD 1945

 

No.

Kompetensi Inti

Kompetensi Mapel / Keahlian

Indikator Esensial

40.

Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar.

Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia

Menganalisis moral warga negara melalui pendidikan kewarganegaraan yang berlandaskan UUD 1945

41.

Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar.

Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia

Menganalisis moral warga negara melalui pendidikan kewarganegaraan yang berlandaskan UUD 1945

42.

Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar.

Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia

Menganalisis moral warga negara melalui pendidikan kewarganegaraan yang berlandaskan UUD 1945

43.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Mengetahui gejala alam baik secara langsung maupun tidak langsung.

Menelaah beberapa gejala alam biotik.

44.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Mengetahui gejala alam baik secara langsung maupun tidak langsung.

Merancang penelitian tentang gejala alam biotik

45.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum ilmu pengetahuan alam dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari.

Meningkatkan perawatan/ pemeliharaan lingkungan alam sekitar

46.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum ilmu pengetahuan alam dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari.

Melakukan observasi beberapa gejala alam biotik

47.

Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum ilmu pengetahuan alam dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari.

Menerapkan ilmu pengetahuan alam dengan cara ikut melestarikan lingkungan alam.

Melakukan observasi beberapa gejala alam biotik

48.

Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum ilmu pengetahuan alam dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari.

Menerapkan ilmu pengetahuan alam dengan cara ikut menjaga, lingkungan alam sekitar.

Menyusun laporan hasil observasi beberapa gejala alam biotik.

49.

Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum ilmu pengetahuan alam dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari.

Menerapkan ilmu pengetahuan alam dengan cara ikut menjaga, lingkungan alam sekitar.

Menilai hasil observasi beberapa gejala alam biotik.

50.

Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum ilmu pengetahuan alam dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari.

Melakukan observasi beberapa gejala alam abiotik.

Menganalisis beberapa gejala alam abiotik.

51.

Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum ilmu pengetahuan alam dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari.

Melakukan observasi beberapa gejala alam abiotik atau biotik.

Merancang penelitian tentang gejala alam abiotik atau biotik.

52.

Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum ilmu pengetahuan alam dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari.

Melakukan observasi beberapa gejala alam abiotik.

Melakukan observasi tentang gejala alam abiotik.

53.

Menganalisis hukum-hukum IPA yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari

Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum IPA dalam bernagai situasi kehidupan sehari-hari.

Hukum IPA yang digunakan dalam kegiatan sehari- hari

54.

Menganalisis hukum-hukum IPA yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari

Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum IPA dalam bernagai situasi kehidupan sehari-hari.

Menelaah beberapa gejala alam abiotik atau biotik

55.

Menganalisis hukum-hukum IPA yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari

Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum IPA dalam bernagai situasi kehidupan sehari-hari.

Menerapkan IPA dengan cara menjaga kesehatan tubuh

56.

Menganalisis hukum-hukum IPA yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari

Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum IPA dalam bernagai situasi kehidupan sehari-hari.

Hukum IPA dalam berbagai situasi kehidupan sehari- hari

57.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan IPS.

Menganalisis masalah-masalah sosial dan permasalahan dalam IPS

58.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan IPS.

Menganalisis masalah-masalah sosial dan permasalahan dalam IPS

59.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan IPS.

Menegaskan fokus utama kajian pembelajaran IPS di SD

60.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan IPS.

Menegaskan fokus utama kajian pembelajaran IPS di SD

61.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS.

Mengidentifikasi karakteristik pembelajaran IPS

62.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS.

Mengidentifikasi karakteristik pembelajaran IPS

 

No.

Kompetensi Inti

Kompetensi Mapel / Keahlian

Indikator Esensial

63.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS.

Mengidentifikasi karakteristik pembelajaran IPS

64.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS.

Mengidentifikasi karakteristik pembelajaran IPS

65.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS.

Menganalisis nilai kegunaan mempelajari sejarah Indonesia bagi siswa

66.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS.

Menganalisis nilai kegunaan mempelajari sejarah Indonesia bagi siswa

67.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS.

Menganalisis nilai kegunaan mempelajari sejarah Indonesia bagi siswa

68.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS.

Menemukan makna Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari

69.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS.

Mengaplikasikan materi, struktur, dan konsep keilmuan dalam masyarakat

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Materi Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini