Materi UKG GPO Kisi Kisi PPG - Kisi Kisi PPG Penjasorkes

Kisi Kisi PPG Penjasorkes

Diposting pada: 2018-05-06, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi PPG

KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)

Mapel / Keahlian : Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan

No.

Kompetensi Inti

Kompetensi Mapel / Keahlian

Indikator Esensial

1.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran penjasorkes

1.1 Menjelaskan dimensi filosofis pendidikan jasmani termasuk etika sebagai aturan dan profesi.

1.1.2 Menjelaskan pengertian pendidikan olahraga.

2.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran penjasorkes

1.1 Menjelaskan dimensi filosofis pendidikan jasmani termasuk etika sebagai aturan dan profesi.

1.1.3 Menjelaskan pengertian pendidikan kesehatan.

3.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran penjasorkes

1.1 Menjelaskan dimensi filosofis pendidikan jasmani termasuk etika sebagai aturan dan profesi.

1.1.4 Menjelaskan landasan filosofis pendidikan jasmani, pendidikan olahraga dan pendidikan kesehatan.

4.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran penjasorkes

1.1 Menjelaskan dimensi filosofis pendidikan jasmani termasuk etika sebagai aturan dan profesi.

1.1.5 Menganalisis perbedaan dan persamaan pendidikan jasmani, pendidikan olahraga dan pendidikan kesehatan.

5.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran penjasorkes

1.2 Menjelaskan perspektif sejarah pendidikan jasmani.

1.2.1 Mengaplikasikan perspektif sejarah pendidikan jasmani dalam pengembangan sikap peserta didik .

6.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran penjasorkes

1.3 Menjelaskan dimensi anatomi manusia, secara struktur dan fungsinya.

1.3.1 Menjelaskan caara kerja organ vital tubuh dan jaringannya.

7.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran penjasorkes

1.3 Menjelaskan dimensi anatomi manusia, secara struktur dan fungsinya.

1.3.2 Menerapkan prinsip kerja organ vital tubuh dalam melakukan pembelajaran penjasorkes.

8.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran penjasorkes

1.3 Menjelaskan dimensi anatomi manusia, secara struktur dan fungsinya.

1.3.3 Mengaplikasikan pengetahuan tentang ilmu urai tubuh untuk pengembangan sikap peserta didik.

9.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran penjasorkes

1.4 Menjelaskan aspek kinesiologi dan kinerja fisik manusia.

1.4.1 Menjelaskan pengertian tentang kinesiologi.

10.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran penjasorkes

1.4 Menjelaskan aspek kinesiologi dan kinerja fisik manusia.

1.4.2 Menjelaskan berbagai hukum gerak.

11.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran penjasorkes

1.4 Menjelaskan aspek kinesiologi dan kinerja fisik manusia.

1.4.3 Menjelaskan prinsip gerak untuk efisiensi kinerja tubuh.

12.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran penjasorkes

1.5 Menjelaskan aspek fisiologis manusia dan efek dari kinerja latihan.

1.5.1 Menjelaskan prinsip kerja alat gerak tubuh manusia.

13.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran penjasorkes

1.5 Menjelaskan aspek fisiologis manusia dan efek dari kinerja latihan.

1.5.2 Menerapkan prinsip sistem energi tubuh dalam melakukan pembelajaran penjasorkes.

14.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran penjasorkes

1.6 Menjelaskan aspek psikologi pada kinerja manusia, termasuk motivasi dan tujuan, kecemasan dan stress, serta persepsi diri.

1.6.1 Menjelaskan konsep psikologi.

15.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran penjasorkes

1.6 Menjelaskan aspek psikologi pada kinerja manusia, termasuk motivasi dan tujuan, kecemasan dan stress, serta persepsi diri.

1.6.2 Mengidentifikasi gejala psikologis peserta didik dan tindakannya.

16.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran penjasorkes

1.6 Menjelaskan aspek psikologi pada kinerja manusia, termasuk motivasi dan tujuan, kecemasan dan stress, serta persepsi diri.

1.6.3 Menerapkan prinsip psikologi olahraga dalam memberi tindakan terhadap gejala gangguan psikologi peserta didik di (motivasi, orientasi diri, kecemasan dan stress, serta persepsi diri).

17.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran penjasorkes

1.7 Menjelaskan aspek sosiologi dalam kinerja diri, termasuk dinamika sosial; etika dan perilaku moral, dan budaya,suku, dan perbedaan jenis kelamin.

1.7.1 Menjelaskan konsep sosiologi.

18.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran penjasorkes

1.7 Menjelaskan aspek sosiologi dalam kinerja diri, termasuk dinamika sosial; etika dan perilaku moral, dan budaya,suku, dan perbedaan jenis kelamin.

1.7.2 Mengidentifikasi gejala-gejala sosiologis peserta didik.

19.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran penjasorkes

1.7 Menjelaskan aspek sosiologi dalam kinerja diri, termasuk dinamika sosial; etika dan perilaku moral, dan budaya,suku, dan perbedaan jenis kelamin.

1.7.3 Menerapkan prinsip sosiologi olahraga dalam memberi tindakan terhadap gejala gangguan sosial peserta didik di (dinamika sosial; etika dan perilaku moral, dan budaya, suku, dan perbedaan jenis kelamin).

 

No.

Kompetensi Inti

Kompetensi Mapel / Keahlian

Indikator Esensial

20.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran penjasorkes

1.8 Menjelaskan teori perkembangan gerak, termasuk aspek-aspekyang mempengaruhinya.

1.8.1 Menyebut tahap-tahap perkembangan gerak.

21.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran penjasorkes

1.8 Menjelaskan teori perkembangan gerak, termasuk aspek-aspekyang mempengaruhinya.

1.8.2 Menyebut aspek-aspek yang mempengaruhi perkembangan gerak.

22.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran penjasorkes

1.8 Menjelaskan teori perkembangan gerak, termasuk aspek-aspekyang mempengaruhinya.

1.8.3 Mengevaluasi pola gerak dasar dan teknik keterampilan ideal peserta didik.

23.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran penjasorkes

1.9 Menjelaskan teori belajar gerak, termasuk keterampilan dasar dan kompleks dan hubungan timbal balik di antara domain kognitif, afektif dan psikomotorik.

1.9.1 Menjelaskan konsep belajar gerak peserta didik.

24.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran penjasorkes

1.9 Menjelaskan teori belajar gerak, termasuk keterampilan dasar dan kompleks dan hubungan timbal balik di antara domain kognitif, afektif dan psikomotorik.

1.9.2 Mengevaluasi pola gerak dasar dan teknik keterampilan dalam pembelajaran penjasorkes.

25.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran penjasorkes

1.9 Menjelaskan teori belajar gerak, termasuk keterampilan dasar dan kompleks dan hubungan timbal balik di antara domain kognitif, afektif dan psikomotorik.

1.9.3 Menerapkan prinsip belajar gerak, dalam melakukan pembelajaran penjasorkes.

26.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran penjasorkes

1.9 Menjelaskan teori belajar gerak, termasuk keterampilan dasar dan kompleks dan hubungan timbal balik di antara domain kognitif, afektif dan psikomotorik.

1.9.4 Menerapkan tahap-tahap belajar gerak dalam pembelajaran penjasorkes.

27.

Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu

2.1 Memahami standar kompetensi mata pelajaran yang diampu.

2.1.1 Mengidentifikasi landasan yuridis kompetensi mata pelajaran penjasorkes

28.

Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu

2.1 Memahami standar kompetensi mata pelajaran yang diampu.

2.1.2 Menganalisis kompetensi inti mata pelajaran penjasorkes.

29.

Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu

2.2 Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu.

2.2.2 Mengidentifikasi kompetensi dasar mata pelajaran penjasorkes.

30.

Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu

2.3 Memahami tujuan pembelajaran yang diampu.

2.3.1 Menjelaskan prinsip perumusan tujuan pembelajaran.

31.

Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu

2.3 Memahami tujuan pembelajaran yang diampu.

2.3.2 Mengidentifikasi indikator pencapaian kompetensi.

32.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

3.1 Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

3.1.1 Menganalisis karakteristik peserta didik sesuai dengan tingkat perkembangannya.

33.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

3.1 Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

3.1.2 Mengidentifikasi materi pembelajaran untuk pengembangan pola gerak dasar.

34.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

3.1 Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

3.1.3 Memilih materi pembelajaran penjasorkes untuk pengembangan pola gerak dasar.

35.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

3.1 Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

3.1.4 Mengidentifikasi materi pembelajaran penjasorkes dalam lingkup aktivitas permainan dan olahraga bola besar.

36.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

3.1 Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

3.1.5 Memilih materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas permainan dan olahraga bola besar.

37.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

3.1 Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

3.1.6 Mengidentifikasi materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas permainan dan olahraga bola kecil.

38.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

3.1 Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

3.1.7 Memilih materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas permainan dan olahraga bola kecil.

39.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

3.1 Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

3.1.8 Mengidentifikasi materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas atletik.

40.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

3.1 Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

3.1.9 Memilih materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas atletik.

41.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

3.1 Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

3.1.10 Mengidentifikasi materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas bela diri.

42.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

3.1 Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

3.1.11 Memilih materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas bela diri.

43.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

3.1 Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

3.1.12 Mengidentifikasi materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas pengembangan kebugaran jasmani.

44.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

3.1 Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

3.1.13 Memilih materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas pengembangan kebugaran jasmani.

 

No.

Kompetensi Inti

Kompetensi Mapel / Keahlian

Indikator Esensial

45.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

3.1 Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

3.1.14 Mengidentifikasi materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas senam.

46.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

3.1 Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

3.1.15 Memilih materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas senam.

47.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

3.1 Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

3.1.16 Mengidentifikasi materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas gerak berirama (ritmik).

48.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

3.1 Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

3.1.17 Memilih materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas gerak berirama (ritmik).

49.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

3.1 Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

3.1.18 Mengidentifikasi materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas air.

50.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

3.1 Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

3.1.19 Memilih materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas air.

51.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

3.1 Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

3.1.20 Mengidentifikasi materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup pertolongan pertama pada kegawatdaruratan.

52.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

3.1 Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

3.1.21 Memilih materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup pertolongan pertama pada kegawatdaruratan.

53.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

3.1 Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

3.1.22 Mengidentifikasi materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup pengembangan budaya hidup sehat.

54.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

3.1 Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

3.1.23 Memilih materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup pengembangan budaya hidup sehat.

55.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

3.2 Mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

3.2.1 Menerapkan prinsip dan prosedur pemodifikasian materi pembelajaran penjasorkes.

56.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

3.2 Mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

3.2.2 Memodifikasi materi pembelajaran penjasorkes sesuai dengan karakteristik peserta didik.

57.

Mengembangkankeprofesionalan secara berkelanjutandengan melakukan tindakan reflektif

4.1 Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus.

4.1.1 Menjelaskan kompetensi profesi yang harus dimiliki guru.

58.

Mengembangkankeprofesionalan secara berkelanjutandengan melakukan tindakan reflektif

4.1 Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus.

4.1.2 Melakukan penilaian kinerja secara mandiri (self assessment).

59.

Mengembangkankeprofesionalan secara berkelanjutandengan melakukan tindakan reflektif

4.2 Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan.

4.2.1 Menjelaskan cara melakukan tindakan reflektif dengan penilaian mandiri (self assessment).

60.

Mengembangkankeprofesionalan secara berkelanjutandengan melakukan tindakan reflektif

4.2 Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan.

4.2.2 Menjelaskan prosedur pemanfaatan hasil penilaian kinerja mandiri.

61.

Mengembangkankeprofesionalan secara berkelanjutandengan melakukan tindakan reflektif

4.3 Melakukan penelitian tindakan kelas Untuk peningkatan keprofesionalan.

4.3.1 Menganalisis permasalahan pembelajaran untuk dilakukan penelitian tindakan kelas.

62.

Mengembangkankeprofesionalan secara berkelanjutandengan melakukan tindakan reflektif

4.3 Melakukan penelitian tindakan kelas Untuk peningkatan keprofesionalan.

4.3.2 Mengidentifikasi tahap dan prosedur Penelitian Tindakan Kelas.

63.

Mengembangkankeprofesionalan secara berkelanjutandengan melakukan tindakan reflektif

4.3 Melakukan penelitian tindakan kelas Untuk peningkatan keprofesionalan.

4.3.3 Memilih solusi permasalahan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas.

64.

Mengembangkankeprofesionalan secara berkelanjutandengan melakukan tindakan reflektif

4.4 Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber.

4.4.1 Menganalisis media informasi yang efektif untuk peningkatan keprofesionalan berkelanjutan.

65.

Mengembangkankeprofesionalan secara berkelanjutandengan melakukan tindakan reflektif

4.4 Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber.

4.4.2 Menjelaskan berbagai informasi terkini sesuai dengan bidang profesinya.

66.

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri.

5.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi.

5.1.1 Memanfaatkan perangkat TIK dalam pengembangan pembelajaran.

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Materi Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini