Materi UKG GPO Kisi Kisi PPG - Kisi Kisi PPG Autis

Kisi Kisi PPG Autis

Diposting pada: 2018-05-06, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi PPG

KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)

Mapel / Keahlian : Autis

No.

Kompetensi Inti

Kompetensi Mapel / Keahlian

Indikator Esensial

1.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai konsep pengembangan interaksi dan komunikasi sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak

Menjelaskan konsep pengembangan komunikasi bagi anak autis

2.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai konsep pengembangan interaksi dan komunikasi sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak

Mengidentifikasi karakteristik interaksi anak autis

3.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai konsep pengembangan interaksi dan komunikasi sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak

Mengidentifikasi karateristik komunikasi anak autis

4.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai konsep pengembangan interaksi dan komunikasi sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak

Menjelaskan manfaat pengembangan interaksi sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak autis

5.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai konsep pengembangan interaksi dan komunikasi sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak

Menjelaskan manfaat pengembangan komunikasi sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak autis

6.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran pengembangan interaksi dan komunikasi anak autis

Menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran pengembangan interaksi pada anak autis.

7.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran pengembangan interaksi dan komunikasi anak autis

Menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran pengembangan komunikasi pada anak autis

8.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran pengembangan interaksi dan komunikasi anak autis

Menggunakan teknik pembelajaran pengembangan interaksi anak autis

9.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran pengembangan interaksi dan komunikasi anak autis

Menggunakan teknik pembelajaran pengembangan komunikasi anak autis

10.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran pengembangan interaksi dan komunikasi anak autis

Menggunakan prosedur pembelajaran pengembangan interaksi anak autis

11.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran pengembangan interaksi dan komunikasi anak autis

Menggunakan prosedur pembelajaran pengembangan komunikasi anak autis

12.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi pengembangan interaksi dan komunikasi anak autis untuk pengembangan diri anak autis

Memilih materi pengembangan interaksi yang relevan dengan kebutuhan pengembangan diri anak autis

13.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi pengembangan interaksi dan komunikasi anak autis untuk pengembangan diri anak autis

Memilih materi pengembangan komunikasi yang relevan dengan kebutuhan pengembangan diri anak autis.

14.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi pengembangan interaksi dan komunikasi anak autis untuk pengembangan diri anak autis

Menjelaskan model pembelajaran pengembanagn interaksi yang relevan dengan kebutuhan pengembangan diri anak autis

15.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi pengembangan interaksi dan komunikasi anak autis untuk pengembangan diri anak autis

Menjelaskan model pembelajaran pengembanagn komunikasi yang relevan dengan kebutuhan pengembangan diri anak autis

16.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi pengembangan interaksi dan komunikasi anak autis untuk pengembangan diri anak autis

Menjelaskan contoh media pengembangan interaksi bagi anak autis

17.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai konsep keterampilan vokasional sederhana.

Menjelaskan pengertian keterampilan vokasional sederhana

18.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai konsep keterampilan vokasional sederhana.

Menjelaskan tujuan pembelajaran keterampilan vokasional sederhana

19.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menerapkan prinsip-prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional sederhana.

Menggunakan prinsip-prinsip pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak autis

20.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menerapkan prinsip-prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional sederhana.

Menggunakan teknik pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak autis

 

No.

Kompetensi Inti

Kompetensi Mapel / Keahlian

Indikator Esensial

21.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menerapkan prinsip-prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional sederhana.

Menggunakan prosedur pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak autis

22.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menerapkan prinsip-prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional sederhana.

Melatihkan ketepatan waktu kehadiran pada tempat kerja

23.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menerapkan prinsip-prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional sederhana.

Melatihkan keterampilan mengikuti rutinitas pekerjaan

24.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menerapkan prinsip-prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional sederhana.

Melatihkan keterampilan memahami ketuntasan pekerjaan

25.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menerapkan prinsip-prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional sederhana.

Melatihkan keterampilan keselamatan kerja

26.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menerapkan prinsip-prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional sederhana.

Melatihkan ketrampilan menjaga kebersihan diri saat bekerja

27.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menerapkan prinsip-prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional sederhana.

Melatihkan keterampilan menjaga kerapihan saat bekerja

28.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menerapkan prinsip-prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional sederhana.

Melatihkan berpakaian dengan rapi ke tempat bekerja dan bersolek

29.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Mempraktekkan materi sekurang-kurangnya tiga bidang keterampilan vokasional sederhana.

Menentukan pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak autis

30.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Mempraktekkan materi sekurang-kurangnya tiga bidang keterampilan vokasional sederhana.

Melakukan pengembangan keterampilan vokasional sederhana bagi anak autis

31.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Mempraktekkan materi sekurang-kurangnya tiga bidang keterampilan vokasional sederhana.

Menentukan jenis evaluasi yang cocok dengan bidang pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak autis

32.

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif

Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus

Mampu merumuskan refleksi tehadap kinerja diri sendiri

33.

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif

Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus

Mampu mengklasifikasikan hasil kinerja sendiri secara terus menerus

34.

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif

Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka meningkatkan keprofesionalan

Mampu merencanakan perbaikan dalam rangka meningkatkan keprofesionalan

35.

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif

Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka meningkatkan keprofesionalan

Mampu melaksanakan perbaikan dalam rangka meningkatkan keprofesionalan

36.

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif

Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan

Mampu merumuskan masalah PTK dalam pembelajaran pengembangan diri

37.

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif

Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan

Mampu menyusun proposal PTK dalam pembelajaran pengembangan diri

38.

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif

Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan

Mampu menyusun laporan hasil PTK dalam pembelajaran pengembangan diri

39.

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif

Mengikuti kemajuan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni dengan belajar dari berbagai sumber

Mampu memilih berbagai sumber yang berkaiatan dengan pengembangan ilmu

40.

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi

Memanfaatkan media interaktif dalam berkomunikasi (penggunaan sosial media dalam berkomunikasi)

41.

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri

Mampu menggunakan perangkat lunak pengolah kata (word processor).

42.

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri

Mampu menggunakan perangkat lunak pengolah presentasi

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Materi Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini