Materi UKG GPO Kisi Kisi PPG - Kisi Kisi PPG Matematika

Kisi Kisi PPG Matematika

Diposting pada: 2018-05-06, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi PPG
Bagikan ke WhatsApp

KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)

Mapel / Keahlian : Matematika

No.

Kompetensi Inti

Kompetensi Mapel / Keahlian

Indikator Esensial

1.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

20.1 Menggunakan bilangan, hubungan di antara bilangan, berbagai sistem bilangan dan teori bilangan.

Menentukan operasi pada bilangan berpangkat

2.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

20.2 Menggunakan pengukuran dan penaksiran.

Menentukan hasil taksiran dari operasi beberapa bilangan rasional

3.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

20.3 Menggunakan logika matematika.

Menerapkan prinsip silogisme dalam menarik kesimpulan

4.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

20.4 Menggunakan konsep-konsep geometri.

Menerapkan konsep luas bangun datar dalam menyelesaikan masalah pada kehidupan sehari-hari

5.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

20.5 Menggunakan konsep-konsep statistika dan peluang.

Menghitung peluang suatu kejadian

6.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

20.5 Menggunakan konsep-konsep statistika dan peluang.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep ukuran pemusatan

7.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

20.6 Menggunakan pola dan fungsi.

Menerapkan konsep fungsi linear dua variabel untuk menyelesaikan masalah

8.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

20.7 Menggunakan konsep-konsep aljabar.

Menggunakan konsep pertidaksamaan linear satu variabel dalam menyelesaikan masalah nyata

9.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

20.7 Menggunakan konsep-konsep aljabar.

Menentukan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua peubah

10.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

20.7 Menggunakan konsep-konsep aljabar.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat

11.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

20.7 Menggunakan konsep-konsep aljabar.

Menyelesaikan masalah program linear

12.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

20.12 Menjelaskan sejarah dan filsafat matematika.

Menyebutkan ahli matematika dan temuannya

13.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

20.13 Mampu menggunakan alat peraga, alat ukur, alat hitung, piranti lunak komputer, model matematika, dan model statistika.

Memilih alat ukur untuk membantu pembelajaran matematika

14.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

20.13 Mampu menggunakan alat peraga, alat ukur, alat hitung, piranti lunak komputer, model matematika, dan model statistika.

Menyebutkan langkah-langkah penggunaan suatu alat peraga

15.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

20.13 Mampu menggunakan alat peraga, alat ukur, alat hitung, piranti lunak komputer, model matematika, dan model statistika.

Menganalisis penggunaan piranti yang berhubungan dengan komputer atau teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan pembelajaran matematika

16.

Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu.

21.1 Memahami standar kompetensi mata pelajaran yang diampu.

Menganalisis keterkaitan antara standar kompetensi lulusan, kompetensi inti, dan kompetensi dasar mata pelajaran matematika

17.

Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu.

21.2 Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu.

Menentukan indikator-indikator yang tepat untuk suatu kompetensi dasar matematika

18.

Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu.

21.3 Memahami tujuan pembelajaran yang diampu.

Menentukan tujuan pembelajaran matematika pada suatu kompetensi dasar matematika

19.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.

22.1 Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Menentukan materi pembelajaran pada kegiatan memecahkan masalah matematika yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa

20.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.

22.2 Mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Menentukan materi pembelajaran yang dapat mengoptimalkan kemampuan siswa dengan kecepatan belajar beragam dalam pembelajaran matematika

 

No.

Kompetensi Inti

Kompetensi Mapel / Keahlian

Indikator Esensial

21.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.

22.2 Mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Meyusun bahan ajar matematika yang kontekstual dan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa dan perkembangan zaman

22.

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.

23.1 Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus.

Menentukan kegiatan-kegiatan refleksi atas kinerja sendiri

23.

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.

23.2 Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan.

Menentukan tindak lanjut hasil refleksi dalam rangka peningkatan proses pembelajaran

24.

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.

23.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.

Merancang langkah-langkah penyelesaian masalah dalam rangka penelitian tindakan kelas

25.

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.

23.4 Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber.

Menelaah konteks sebagai pemicu proses pembelajaraan

26.

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri.

24.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikas

Mengidentifikasi kegiatan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi yang terkait dengan pembelajaran matematika

27.

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri.

24.2 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri.

Menentukan kegiatan pemanfaatakan internet untuk penelusuran sumber belajar yang di perlukan dalam pengembangan diri yang terkait dengan pengelolaan pembelajaran matematika

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Materi Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini