Materi UKG GPO Kisi Kisi PPG - Kisi Kisi PPG IPS

Kisi Kisi PPG IPS

Diposting pada: 2018-05-06, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi PPG
Bagikan ke WhatsApp

KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)

Mapel / Keahlian : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

No.

Kompetensi Inti

Kompetensi Mapel / Keahlian

Indikator Esensial

1.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Membandingkan corak kehidupan masyarakat praaksara

2.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Membandingkan peralatan yang digunakan dalam berbagai masa pra-aksara

3.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Membandingkan budaya yang membedakan jaman pra-aksara dan sesudahya

4.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Mengkonstruksi kehidupan kerajaan Hindu awal

5.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Membedakan kehidupan masyarakat berdasar peralaan yang digunakan

6.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menganalisis keadaan ekonomi masa praaksara

7.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Membandingkan hunting, fishing dan foodgathering

8.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Membandingkan palaeolith, mesolith dan neolith

9.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menjelaskan keadaan sosial pada masa Hindu

10.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menganalisis peradaban pada masa Hindu

11.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menjelaskan keadaan sosial pada masa Buddha

12.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Membandingkan antara kebudayaan Hindu dan Buddha

13.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menjelaskan relief yang dominan pada jaman Hindu dan Buddha

14.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Membedakan karakteristik budaya Hindu dan Buddha

15.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Bentuk-bentuk peninggalan jaman Hindu

16.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Bentuk-bentuk peninggalan jaman Buddha

17.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menganalisis situs-situs peninggalan Hindu Budha di Indonesia

18.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menjelaskan peranan perdagangan dan maritim bagi persebaran Islam

19.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Mengidentifikasi bentuk-bentuk peninggalan masa Islam

20.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menyimpulkan makna kebudayaan pada masa islam

 

No.

Kompetensi Inti

Kompetensi Mapel / Keahlian

Indikator Esensial

21.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Membandingkan asal usul bangsa/penduduk Indonesia

22.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menganalisis pendapat yang menentang tentang asal usul bangsa Indonesia

23.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menganalisis pendapat yang mendukung asal-usul bangsa Indonesia

24.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Memahami berbagai jenis lembaga sosial

25.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menjelaskan bentuk-bentuk interaksi sosial budaya dalam pembangunan

26.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menganalisis fungsi keragaman sosial budaya, dalam pembangunan

27.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menganalisis peran kelembagaan sosial budaya dalam pembangunan

28.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menganalisis bentuk-bentuk perubahan sosial.

29.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menjelaskan perubahan sosial asosiatif

30.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menjelasakan perubahan sosial dalam bentuk disasosiatif

31.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menganalisis berbagai akibat dari hubungan sosial

32.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menentukan upaya pengendalian penyimpangan sosial dalam kehidupan masyarakat

33.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menganalisis latar belakang terjadinya perubahan sosial

34.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menentukan berbagai faktor penyebab terjadinya perubahan sosial

35.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menganalisis orde baru dan dampak reformasi terhadap perkembangan demokrasi di

36.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menganalisis pelaksanaan Pemerintahan dan kehidupan masyarakat masa Reformasi

37.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Memberi contoh jenis-jenis kegiatan produksi

38.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Mengidentifikasi sumber daya produksi yang berasal dari alam

39.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Mengidentifikasi jenis-jenis faktor produksi tenaga kerja

40.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menentukan jenis faktor produksi modal

41.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Mengidentifikasi bentuk kegiatan produksi yang memiliki fungsi distribusi

42.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Mengidentifikasi kegiatan konsumsi oleh rumah tangga, perusahaan, atau negara

 

No.

Kompetensi Inti

Kompetensi Mapel / Keahlian

Indikator Esensial

43.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menganalisis dampak dari adanya kelangkaan (scarcity)

44.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Membedakan motif dan prinsip ekonomi

45.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan barang dan jasa

46.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menjelaskan keterkaitan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan harga barang

47.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Mengidentifikasi konsep merkantilisme dalam perdagangan internasional

48.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Memberi contoh tindakan yang menggunakan prinsip ekonomi

49.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menjelaskan posisi disiplin Geografi dalam IPS terpadu

50.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Mengklasifikasikan jenis-jenis peta

51.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menghitung skala peta

52.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menganalisis dampak letak dan iklim terhadap musim di Indonesia

53.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Mengidentifikasi dampak iklim di Indonesia terhadap kehidupan sosial ekonomi

54.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Mengidentifikasi flora dan fauna di Indonesia berdasarkan tipe asiatis, australia, dan tipe peralihan dengan pembagian wilayah Weber dan Wallacea

55.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menjelaskan dampak dari letak astronomis Indonesia

56.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menghitung tingkat pertumbuhan, kepadatan, kelahiran dan kematian penduduk

57.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menganalisis masalah kependudukan di Indonesia

58.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Mengidentifikasi dampak letak geografis Indonesia terhadap kehidupan sosial ekonomi

59.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Mengidentifikasi potensi SDA bagi pembangunan

60.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Mengidentifikasi bentuk muka bumi terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat

61.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menganalisis langkah-langkah dalam penelitian kuantitatif

62.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Membedakan hipotesis penelitian, tujuan penelitian, dan batasan masalah

63.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Mengidentifikasi jenis analisis kuantitatif yang sesuai

64.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Mengidentifikasi syarat-syarat analisis kuantitatif dengan statistika parametrik

 

No.

Kompetensi Inti

Kompetensi Mapel / Keahlian

Indikator Esensial

65.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Membedakan statistika deskriptif dan statistika inferensial

66.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Mengidentifikasi jenis-jenis data kuantitatif

67.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Mengidentifikasi ciri-ciri penelitian kualitatif

68.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Menganalisis langkah-langkah analisis kualitatif

69.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Mengidentifikasi ciri-ciri penelitian studi kasus

70.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

Mengidentifikasi ciri-ciri penelitian naratif

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Materi Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini