Materi UKG GPO Kisi Kisi PPG - Kisi Kisi PPG TIK

Kisi Kisi PPG TIK

Diposting pada: 2018-05-06, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi PPG
Bagikan ke WhatsApp

KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)

Mapel / Keahlian : TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)

No.

Kompetensi Inti

Kompetensi Mapel / Keahlian

Indikator Esensial

1.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengidentifikasi dan mengoperasikan komputer PC

Melakukan peritah-perintah umum untuk tujuan tertentu menggunakan tombol kombinasi (keyboard shortcut)

2.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengidentifikasi dan mengoperasikan komputer PC

Menyimpulkan karakteristik dari perangkat lunak aplikasi

3.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengidentifikasi dan mengoperasikan komputer PC

Mengelola sumber daya PC

4.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengidentifikasi dan mengoperasikan komputer PC

Mengoperasikan penyalaan komputer sampai dapat digunakan

5.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengidentifikasi dan mengoperasikan komputer PC

Mengenali berbagai macam peripheral dan mengetahui fungsinya

6.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengidentifikasi dan mengoperasikan komputer PC

Melakukan instalasi periferal yang ada sampai dengan kondisi siap pakai sesuai user manual

7.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengidentifikasi dan mengoperasikan komputer PC

Melakukan pemilihan opsi customization dan konfigurasi peripheral sesuai kebutuhan pemakaian melalui tools yang digunakan

8.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat lunak pengolah kata

Mengurutkan langkah-langkah dalam pembuatan tabel

9.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat lunak pengolah kata

Mengurutkan langkah-langkah dalam pembuatan header

10.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat lunak pengolah kata

Mengurutkan langkah-langkah untuk menambahkan numbering/bullets

11.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat lunak pengolah kata

Mengidentifikasi anatomi dan fungsi perangkat lunak pengolah kata

12.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat lunak pengolah kata

Membuat dokumen baru dengan menggunakan program pengolah kata

13.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat lunak pengolah kata

Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata

14.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat lunak pengolah kata

Membuat dokumen dengan melibatkan tabel, gambar, dan diagram

15.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat lunak pengolah kata

Mampu membuat atau menggunakan fitur mail merge

16.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan lembar sebar (spread sheet)

Mengurutkan langkah-langkah untuk menyisipkan simbol (%, IDR, USD, dsb) pada aplikasi lembar sebar

17.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan lembar sebar (spread sheet)

Menerapkan fungsi aritmatika pada proses perhitungan

18.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan lembar sebar (spread sheet)

Menerapkan fungsi logika pada proses perhitungan

19.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan lembar sebar (spread sheet)

Menganalisis hasil yang akan muncul jika melakukan format wraptext

20.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan lembar sebar (spread sheet)

Menganalis hasil yang akan muncul jika melakukan format cell number dengan kategori fraction

 

No.

Kompetensi Inti

Kompetensi Mapel / Keahlian

Indikator Esensial

21.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan lembar sebar (spread sheet)

Mengidentifikasi perangkat lunak lembar sebar beserta fungsi ikon dan menunya

22.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan lembar sebar (spread sheet)

Mampu mengedit, mengelola dan mencetak lembar sebar

23.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan lembar sebar (spread sheet)

Membuat lembar kerja dengan melibatkan formula, grafik, dan gambar

24.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan lembar sebar (spread sheet)

Mampu menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka

25.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan lembar sebar (spread sheet)

Mampu menganalisis pengambilan keputusan dengan perangkat lunak lembar sebar

26.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan lembar sebar (spread sheet)

Melakukan penyisipan lembar kerja yang baru pada lembar sebar yang aktif dengan menggunakan tombol shortcut

27.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat lunak basis data

Mengetahui dan memahami konsep basis data yang meliputi data, basis data, tabel, record, field

28.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat lunak basis data

Memilih tipe relasi pada database nilai siswa

29.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat lunak basis data

Menentukan jumlah field pada tabel biodata siswa

30.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat lunak basis data

Menganalisis proses yang terjadi ketika memilih tipe data lookup wizard pada sebuah field

31.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat lunak basis data

Menganalis proses yang terjadi ketika memilih design view pada object tabel

32.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat lunak basis data

Mengetahui kegunaan shortcut-shortcut pada aplikasi basis data

33.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat lunak basis data

Mengidentifikasi prinsip dasar database

34.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat lunak basis data

Mengidentifikasi tabel yang meliputi perancangan, Properties, View dan Wizard

35.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat lunak basis data

Mengidentifikasi Form yang meliputi perancangan, Properties dan Wizard

36.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat lunak basis data

Mengidentifikasi queri yang meliputi perancangan, operator, parameter dan fungsi yang terdapat dalam queri

37.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat lunak basis data

Mengidentifikasi Report yang meliputi perancangan atau modifikasi

38.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat lunak presentasi.

Mengetahui kegunaan shortcut-shortcut pada perangkat lunak presentasi

39.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat lunak presentasi.

Menyimpulkan animasi emphasis

40.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat lunak presentasi.

Menyimpulkan kegiatan pengaturan header/footer

41.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat lunak presentasi.

Mengurutkan langkah-langkah untuk memperjelas focus pada slide presentasi

42.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat lunak presentasi.

Mengidentifikasi anatomi dan fungsi perangkat lunak presentasi

 

No.

Kompetensi Inti

Kompetensi Mapel / Keahlian

Indikator Esensial

43.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat lunak presentasi.

Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi

44.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat lunak presentasi.

Membuat bahan presentasi

45.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat lunak presentasi.

Mampu mengedit, mengelola dan mencetak dokumen presentasi

46.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat lunak presentasi.

Membuat animasi dalam presentasi

47.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat lunak presentasi.

Mampu memperindah presentasi

48.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam disiplin atau materi pembelajaran lain dan sebagai media komunikasi

Mengenal perangkat keras dan fungsinya untuk keperluan akses internet

49.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam disiplin atau materi pembelajaran lain dan sebagai media komunikasi

Mengidentifikasi web browser

50.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam disiplin atau materi pembelajaran lain dan sebagai media komunikasi

Memahami penamaan alamat internet (URL), alamat surat (e-mail) dan aturan penulisan alamat di internet

51.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam disiplin atau materi pembelajaran lain dan sebagai media komunikasi

Menggunakan internet untuk mencari dan dan memperoleh informasi

52.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam disiplin atau materi pembelajaran lain dan sebagai media komunikasi

Membuat surat elektronik (e-mail)

53.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam disiplin atau materi pembelajaran lain dan sebagai media komunikasi

Berkomunikasi menggunakan email

54.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam disiplin atau materi pembelajaran lain dan sebagai media komunikasi

Memahami ketentuan penggunaan informasi yang diperoleh menggunakan TIK sebagai media komunikasi

55.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memahami EULA (End User Licence Agreement) dan keterbatasan serta keluasan penggunaan perangkat lunak secara legal

Mengidentifikasi perkembangan perangkat keras dan lunak

56.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memahami EULA (End User Licence Agreement) dan keterbatasan serta keluasan penggunaan perangkat lunak secara legal

Mengidentifikasi aturan-aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat lunak TIK

57.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Memahami EULA (End User Licence Agreement) dan keterbatasan serta keluasan penggunaan perangkat lunak secara legal

Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak TIK

58.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Melakukan pemrograman komputer dengan salah satu bahasa pemrograman

Mengidentifikasi perintah dasar bahasa pemrograman

59.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Melakukan pemrograman komputer dengan salah satu bahasa pemrograman

Mengidentifikasi Tipe data/Nama dan Nilai

60.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Melakukan pemrograman komputer dengan salah satu bahasa pemrograman

Membuat program dengan percabangan

61.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Melakukan pemrograman komputer dengan salah satu bahasa pemrograman

Mengidentifikasi diagram alur pemrograman

62.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Merakit, menginstalasi, men-setup, memelihara dan melacak serta memecahkan masalah (trouble­shooting) pada komputer personal dan jaringan computer

Menjelaskan Komunikasi Data Antar Komputer Dalam LAN

63.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Merakit, menginstalasi, men-setup, memelihara dan melacak serta memecahkan masalah (trouble­shooting) pada komputer personal dan jaringan computer

Menggambarkan siklus proses informasi

 

No.

Kompetensi Inti

Kompetensi Mapel / Keahlian

Indikator Esensial

64.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Merakit, menginstalasi, men-setup, memelihara dan melacak serta memecahkan masalah (trouble­shooting) pada komputer personal dan jaringan computer

Memahami Sistem Operasi UNIX/LINUX

65.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Merakit, menginstalasi, men-setup, memelihara dan melacak serta memecahkan masalah (trouble­shooting) pada komputer personal dan jaringan computer

Memahami perintah dasar berbasis teks

66.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Merakit, menginstalasi, men-setup, memelihara dan melacak serta memecahkan masalah (trouble­shooting) pada komputer personal dan jaringan computer

Mengidentifikasi gejala-gejala kerusakan komputer

67.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Merakit, menginstalasi, men-setup, memelihara dan melacak serta memecahkan masalah (trouble­shooting) pada komputer personal dan jaringan computer

Memperbaiki kerusakan (troubleshoot-ing) komputer personal

68.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Merakit, menginstalasi, men-setup, memelihara dan melacak serta memecahkan masalah (trouble­shooting) pada komputer personal dan jaringan computer

Menginstalasi perangkat jaringan local (local Area Network)

69.

Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Merakit, menginstalasi, men-setup, memelihara dan melacak serta memecahkan masalah (trouble­shooting) pada komputer personal dan jaringan computer

Mendiagnosis permasalahan pengopera-sian PC yang tersambung jaringan

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Materi Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini