Materi UKG GPO Kisi Kisi PPG - Kisi Kisi PPG Tunarungu

Kisi Kisi PPG Tunarungu

Diposting pada: 2018-05-06, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi PPG
Bagikan ke WhatsApp

KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)

Mapel / Keahlian : Tunarungu

No.

Kompetensi Inti

Kompetensi Mapel / Keahlian

Indikator Esensial

1.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai konsep bina diri sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak

Menjelaskan pengertian PKPBI

2.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai konsep bina diri sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak

Menjelaskan tujuan PKPBI

3.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai konsep bina diri sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak

Menjelaskan pengertian metode verbal dalam pembelajaran anak tunarungu

4.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai konsep bina diri sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak

Menjelaskan pengertian metode manual dalam pembelajaran anak tunarungu

5.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai konsep bina diri sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak

Menjelaskan pengertian metode komtal dalam pembelajaran anak tunarungu

6.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran PKPBI

Menjelaskan prinsip umum pembelajaran PKPBI.

7.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran PKPBI

Menjelaskan prinsip khusus pembelajaran PKPBI

8.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran PKPBI

Menerapkan prinsip umum dan khusus pembelajaran PKPBI

9.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran PKPBI

Menerapkan pendekatan visual dalam pembelajaran anak tunarungu.

10.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran PKPBI

Menerapkan pendekatan auditori dalam pembelajaran anak tunarungu.

11.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran PKPBI

Menerapkan pendekatan taktil auditori dalam pembelajaran anak tunarungu

12.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran PKPBI

Menerapkan pendekatan taktil visual dalam pembelajaran anak tunarungu

13.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran PKPBI

Menerapkan pendekatan taktil kinestetik dalam pembelajaran anak tunarungu

14.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran PKPBI

Menerapkan prosedur pembelajaran deteksi bunyi

15.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran PKPBI

Menerapkan prosedur pembelajaran diskriminasi bunyi

16.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran PKPBI

Menerapkan prosedur pembelajaran identifikasi bunyi

17.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran PKPBI

Menerapkan posedur pembelajaran komprehensi bunyi

18.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran PKPBI

Menyusun perencanaan pembelajaran bunyi pada anak tunarungu

19.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran PKPBI

Melaksanakan penilaian pembelajaran bunyi pada anak tunarungu

20.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran PKPBI

Menerapkan model pembelajaran komunikasi pada anak tunarungu

 

No.

Kompetensi Inti

Kompetensi Mapel / Keahlian

Indikator Esensial

21.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran PKPBI

Menerapkan model pembelajaran bahasa pada anak tunarungu.

22.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran PKPBI

Menerapkan model pembelajaran membaca ujaran pada anak tunarungu

23.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran PKPBI

Menerapkan model pembelajaran bicara pada anak tunarungu

24.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran PKPBI

enerapkan teknik latihan prawicara

25.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran PKPBI

Menerapkan teknik pembentukan fonem

26.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran PKPBI

Menerapkan teknik penngemblengan intonasi

27.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran PKPBI

Menerapkan teknik pengembangan

28.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi PKPBI

Mengidentifikasi ruang lingkup materi deteksi bunyi

29.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi PKPBI

Mengidentifikasi ruang lingkup materi diskriminasi bunyi

30.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi PKPBI

Mengidentifikasi ruang lingkup materi identifikasi bunyi

31.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi PKPBI

Mengidentifikasi ruang lingkup materi komprhensi bunyi.

32.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi PKPBI

Mengidentifikasi ruang lingkup materi prawicara

33.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi PKPBI

Mengidentifikasi ruang lingkup materi pembentukkan fonem

34.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi PKPBI

Mengidentifikasi ruang lingkup materi penggemblengan intonasi.

35.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai materi PKPBI

Mengidentikasi ruang lingkup materi pengembangan

36.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai konsep keterampilan vokasional sederhana

Menjelaskan pengertian keterampilan vokasional sederhana bagi anak tunarungu

37.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai konsep keterampilan vokasional sederhana

Menjelaskan tujuan pembelajaran vokasional tunarungu

38.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menerapkan prinsip-prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional sederhana.

Menggunakan prinsip-prinsip pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak tunarungu.

39.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menerapkan prinsip-prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional sederhana.

Menggunakan teknik pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak tunarungu.

40.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menerapkan prinsip-prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional sederhana.

Menggunakan prosedur pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak tunarungu.

41.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Mempraktekkan materi sekurang-kurangnya tiga bidang keterampilan vokasional sederhana

Menentukan strategi pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak berkebutuhan khusus jenjang SDLB.

42.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

Memilih materi mata pelajaran SDLB/MILB yang sesuai dengan tingkat karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus

Mampu melaksanakan pembelajaran dengan materi pelajaran yang sesuai dengan potensi kecerdasan anak tunarungu jenjang SDLB

 

No.

Kompetensi Inti

Kompetensi Mapel / Keahlian

Indikator Esensial

43.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

Mengolah materi mata pelajaran SDLB/MILB secara integratif dan kreatif sesuai dengan karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus

Mampu menyusun materi pelajaran yang integratif dan kreatif,sesuai dengan kemampuan dan karakteristik anak tunarungu jenjang SDLB

44.

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif

Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus

Mampu merumuskan refleksi tehadap kinerja diri sendiri

45.

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif

Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus

Mampu mengklasifikasikan hasil kinerja sendiri secara terus menerus

46.

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif

Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka meningkatkan keprofesionalan

Mampu merencanakan perbaikan dalam rangka meningkatkan keprofesionalan

47.

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif

Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka meningkatkan keprofesionalan

Mampu melaksanakan perbaikan dalam rangka meningkatkan keprofesionalan

48.

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif

Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan

Mampu merumuskan masalah PTK dalam pembelajaran pengembangan diri

49.

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif

Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan

Mampu menyusun proposal PTK dalam pembelajaran pengembangan diri

50.

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif

Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan

Mampu menyusun laporan hasil PTK dalam pembelajaran pengembangan diri

51.

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif

Mengikuti kemajuan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni dengan belajar dari berbagai sumber

Mampu memilih berbagai sumber yang berkaiatan dengan pengembangan ilmu

52.

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi

Mampu mengoperasikan operating system (OS) pada PC.

53.

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi

Memanfaatkan media interaktif dalam berkomunikasi (penggunaan sosial media dalam berkomunikasi)

54.

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri

Mampu menggunakan perangkat lunak pengolah kata (word processor).

55.

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri

Mampu menggunakan perangkat lunak pengolah presentasi

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Materi Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini