Materi UKG GPO Kisi Kisi PPG - Kisi Kisi PPG Pendidikan Luar Biasa

Kisi Kisi PPG Pendidikan Luar Biasa

Diposting pada: 2018-05-06, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi PPG

KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)

Mapel / Keahlian : Pendidikan Luar Biasa

No.

Kompetensi Inti

Kompetensi Mapel / Keahlian

Indikator Esensial

1.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai konsep orientasi dan mobilitas sebagai sarana pemenuhan kebutuhan orientasi dan mobilitas anak berkebutuhan khusus

Menerapkan penggunaan teknik pra tongkat di lingkungan rumah dan sekolah

2.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik dan prosedural pembelajaran orientasi mobilitas

Menggunakan teknik tongkat dalam pembelajaran orientasi dan mobilitas

3.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik dan prosedural pembelajaran orientasi mobilitas

Menggunakan prinsip-prinsip prinsip-prinsip kekongkritan dan aktivitas dalam pembelajaran orientasi dan mobilitas

4.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik dan prosedural pembelajaran orientasi mobilitas

Menggunakan strategi layanan terpadu dalam pembelajaran orientasi dan mobilitas

5.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai prinsip, teknik dan prosedural pembelajaran orientasi mobilitas

Menggunakan ananalisis tugas dalam pembelajaran ketrampilan tertentu dalam orientasi dan mobilitas.

6.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai materi orientasi dan mobilitas

mengaplikasikan teknik pendampingan bepergian bagi peserta didik tunanetra

7.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai materi orientasi dan mobilitas

menganalisa metode dalam mengajarkan keterampilan orientasi dan mobilitas pada peserta didik tunanetra

8.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai materi orientasi dan mobilitas

mengevaluasi pembelajaran keterampilan orientasi dan mobilitas pada peserta didik tunanetra

9.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

pengembangan komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama: Menguasai konsep PKPBI sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar komunikasi peserta didik berkebuthan khusus

menerapkan konsep dan prinsip dalam pembelajaran PKPBi bagi peserta didik tunarungu

10.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai prinsip, teknik, dan prosedural pembelajaran PKPBI

Menerapkan teknik dan prosedur khusus Pembelajaran PKPBI pada peserta didik tunarungu

11.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai prinsip, teknik, dan prosedural pembelajaran PKPBI

menerapkan teknik identifikasi bunyi dan irama

12.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai prinsip, teknik, dan prosedural pembelajaran PKPBI

menerapkan teknik diskriminasi bunyi dan irama

13.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai prinsip, teknik, dan prosedural pembelajaran PKPBI

menggunakan teknik komprehensi bunyi dan irama

14.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai prinsip, teknik, dan prosedural pembelajaran PKPBI

menggunakan prosedur Pembelajaran PKPBI pada peserta didik tunarungu

15.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai materi PKPBI

menyusun materi dan mengaplikasikan analisis tugas dalam pembelajaran PKPBI.

16.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai materi PKPBI

mengaplikasikan metode multisensory dalam pembelajaran PKPBI

17.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai model pembelajaran PKPBI

merancang dan menerapkan model Pembelajaran PKPBI yang relevan dengan kebutuhan peserta didik tunarungu

18.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

.menguasai aplikasi materi pembelajaran PKPBI

menerapkan pembelajaran inovasi dalam pembelajaran PKPBI dengan pendekatan saintifik

19.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai pendekatan pembelajaran PKPBI pada siswa tunarungu

menerapkan pendekatan MMR dalam pengembangan PKPBI

20.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai aplikasi strategi pembelajaran komunikasi PKPBI

mengaplikasikan strategi Pembelajaran komunikasi pada peserta didik

 

No.

Kompetensi Inti

Kompetensi Mapel / Keahlian

Indikator Esensial

21.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai konsep pengembangan bina diri sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak berkebutuhan khusus

merumuskan Konsep, tujuan fungsional, ruang lingkup pembelajaran pengembangan bina diri bagi peserta didik tunagrahita

22.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai prinsip, teknik, dan prosedural pembelajaran pengembangan bina diri

menggunakan prinsip- prinsip pembelajaran pengembangan bina diri pada peserta didik tunagrahita

23.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai prinsip, teknik, dan prosedural pembelajaran pengembangan bina diri

menggunakan tehnik pembelajaran pengembangan bina diri pada peserta didik tunagrahita

24.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai prinsip, teknik, dan prosedural pembelajaran pengembangan bina diri

menggunakan .prosedur pembelajaran pengembangan bina diri pada peserta didik tunagrahita

25.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai materi pengembangan bina diri

merancang dan menerapkan pembelajaran merawat diri dengan tepat pada peserta didik tunagrahita dengan pendekatan saintifik

26.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai materi pengembangan bina diri

merancang dan menerapkan pembelajaran mengurus diri dengan tepat pada peserta didik tunagrahitadengan pendekatan saintifik

27.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai model pembelajaran pengembangan bina diri

merancang dan menerapkan pembelajaran menolong diri dengan tepat pada peserta didik tunagrahitadengan pendekatan saintifik

28.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai model pembelajaran pengembangan bina diri

. menerapkan model pembelajaran yang berbasis analisis tugas dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran kehidupan sehari-hari.

29.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai materi pengembangan bina diri yang menjadi prioritas dengan kebutuhan anak tunagrahita

menentukan materi pengembangan bina diri yang fungsional sesuai kebutuhan peserta didik tunagrahita

30.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai prinsip pembelajaran adaptif bagi anak tunagrahita

mengaplikasikan prinsip pembelajaran adaptif yang sesuai bagi peserta didik tunagrahita

31.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai metode/media pembelajaran bagi peserta didik tunagrahita

menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik tunagrahita

32.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai metode/media pembelajaran bagi peserta didik tunagrahita

menerapkan media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan metode pembelajaran peserta didik tunagrahita

33.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Menguasai konsep pengembangan diri dan gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak berkebutuhan khusus

menjelaskan ruang lingkup, tujuan fungsional pembelajaran pengembangan bina diri dan gerak bagi peserta didik tunadaksa

34.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai prinsip, teknik dan prosedural pembelajaran bina diri dan gerak

menggunakanprinsip-prinsip pembelajaran pengembangan bina diri dan gerak pada peserta didik tunadaks

35.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai prinsip, teknik dan prosedural pembelajaran bina diri dan gerak

menggunakan prosedur pembelajaran pengembangan bina diri dan gerak pada peserta didik tunadaksa

36.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai prinsip, teknik dan prosedural pembelajaran bina diri dan gerak

menggunakan teknik pembelajaran pengembangan bina diri dan gerak pada peserta didik tunadaksa

37.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai prinsip, teknik dan prosedural pembelajaran bina diri dan gerak

menggunakan prosedur pembelajaran pengembangan bina diri dan gerak pada peserta didik tunadaksa

38.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai materi bina diri dan gerak

membedakan pola dan koreksi gerak dalam pembelajaran pengembangan bina diri dan gerak pada peserta didik tunadaksa

39.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai materi bina diri dan gerak

membedakan fungsi pola gerak dalam pengembangan pembelajaran bina gerak pada peserta didik tunadaksa

40.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai konsep pengembangan pribadi san sosial sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar peserta didik tunalaras

mendeskripsikan ruang lingkup, tujuan fungsional pembelajaran pengembangan bina pribadi dan sosial peserta didik tunalaras

41.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai prinsip, teknik dan prosedural pembelajaran pengembangan pribadi dan sosial peserta didik tunalaras

menggunakan prinsip-prinsip pembelajaran pengembangan pribadi dan sosial pada peserta didik tunalaras dengan pendekatan sainstifik

42.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai prinsip, teknik dan prosedural pembelajaran pengembangan pribadi dan sosial peserta didik tunalaras

2.menggunakan prosedur pembelajaran pengembangan pribadi dan sosial pada peserta didik tunalaras

 

No.

Kompetensi Inti

Kompetensi Mapel / Keahlian

Indikator Esensial

43.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai materi bina pribadi dan sosial untuk pengembangan diri

merancang dan menerapkan materi pembelajaran untuk membina rasa ke-Tuhanan dan budi pekerti pada peserta didik tunalaras

44.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai materi bina pribadi dan sosial untuk pengembangan diri

merancang da menerapkan materi pembelajaran untuk membina konsep diri dan pengenalan diri pada pada peserta didik tunalaras

45.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai materi bina pribadi dan sosial untuk pengembangan diri

merancang dan menerapkan materi pembelajaran untuk membina kehendak pada peserta didik tunalaras

46.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai materi bina pribadi dan sosial untuk pengembangan diri

menguasai materi bina pribadi ocial dan pengembangan diri

47.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai materi bina pribadi dan sosial untuk pengembangan diri

menerapkan asesmen prilaku fungsional (FBA) dalam rangka modifikasi prilaku peserta didik tunalaras

48.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai materi bina pribadi dan sosial untuk pengembangan diri

menetapkan ruang lingkup prilaku menyimpang peserta didik tunalaras berdasar fungsi prilakunya

49.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai materi bina pribadi dan sosial untuk pengembangan diri

memilih teknik yang tepat dalam modifikasi prilaku peserta didik tunalaras

50.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai materi bina pribadi dan sosial untuk pengembangan diri

menerapkan teknik-teknik modifikasi prilaku peseerta didik tunalaras sesuai dengan hasil asesmen

51.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai konsep autisme

menjelaskan konsep dan karaktersitik autisme dalam perspektif pendidikan

52.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

identifikasi dan Asesmen

menentapkan tehnis asesmen akademis dan non akademis pada peserta didik autis

53.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

merancang Assesmen pada peserta didik autis

merumuskan profil kebutuhan belajar khusus bagi peserta didik autis dengan menggunakan hasil asesmen

54.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pembelajaran pada peserta didik autis

menggunakan prinsip pembelajaran yang relevan dengan karakteristik peserta didik autis dalam menyusun program pembelajaran dengan pendekatan saintifik

55.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pembelajaran pada peserta didik autis

.menggunakan prosedur pembelajaran yang relevan dengan karakteristik peserta didik autis

56.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

merancang layanan pendidikan bagi peserta didik autis

menentukan model pembelajaran yang tepat untuk memodifikasi perilaku peserta didik autis

57.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

merancang layanan pendidikan bagi peserta didik autis

mengembangkan model pembelajaran untuk memodifikasi perilaku peserta didik autis

58.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

merancang layanan pendidikan bagi peserta didik autis

mengembangkan media pembelajaran yang relevan dengan karakteristik peserta didik autis

59.

Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

merancang layanan pendidikan bagi peserta didik autis

mengembangkan tata ruang belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik autis

60.

mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif

penelitian Tindakan Kelas (PTK): Menguasai pengertian PTK

Menjelaskan makna penelitian tindakan dalam setting praktek pembelajaran dikelas

61.

mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif

menguasai tujuan dan manfaat PTK

menjabarkan tujuan dan manfaat PTK daalam konteks perbaikan praktek pembelajaran dikelas

62.

mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif

menguasai karakteristik PTK

menjelaskan ciri esensial PTK yang membedakandengan penelitian lain

63.

mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif

menguasai prinsip PTK

menerapkan prinsip-prinsip PTK untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

64.

mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif

menguasai penetapan fokus masalah PTK

memformulasi masalah esensial dalam konteks efektivitas pemecahan masalah

65.

mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif

menguasai perencanaan tindakan

memilih solusi pemecahan masalah yang tepat untuk efektifvitas tindakan

66.

mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif

menguasai pelaksanaan tindakan

menerapkan solusi pemecahan masalah melalui prosedur yang tepat

 

No.

Kompetensi Inti

Kompetensi Mapel / Keahlian

Indikator Esensial

67.

mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif

menguasai pengamatan dan pengumpulan data

melakukan pengamatan dan pengumpulan data melalui kaidah penelitian yang absah

68.

mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif

menguasai refleksi data

melakukan refleksi dari hasil penelitian yang dilakukannya untuk kepentingan perbaikan pembelajaran

69.

mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif

menguasai refleksi data

mewujudkan diri sebagai guru yang reflektif

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Materi Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini