Materi UKG GPO Kisi Kisi UP UKM PPG - KISI-KISI UP UKM PPG KEPERAWATAN

KISI-KISI UP UKM PPG KEPERAWATAN

Diposting pada: 2019-05-19, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi UP UKM PPG
Bagikan ke WhatsApp

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG)

KISI-KISI UP UKM PPG KEPERAWATAN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR ESENSIAL

Mampu menguasai Kebutuhan Dasar pelayanan keperawatan untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi

Disajikan narasi kasus tentang data kebutuhan nutrisi, peserta didik mampu mengidentifikasi kebutuhan dan manfaat kebutuhan nutrisi

Mampu menguasai Kebutuhan Dasar pelayanan keperawatan untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi

Disajikan data atau fakta tentang gangguan nutrisi, peserta didik mampu menganalisis problem dengan memberikan penatalaksanaan yang tepat

Mampu menguasai Kebutuhan Dasar keperawatan untuk pemenuhan kebutuhan istirahat tidur

Disajikan data tentang kasus yang mendiskriksikan data kebutuhan tidur, peserta mampu merumuskan masalah dengan kebutuhan tidur

Mampu menguasai Kebutuhan Dasar keperawatan untuk pemenuhan kebutuhan istirahat tidur

Disajikan kasus dengan gangguan tidur dengan faktor penyebab gangguan tidur, peserta mampu memutuskan penatalaksanaan pemenuhan kebutuhan tidur

Mampu menguasai Kebutuhan Dasar keperawatan untuk pemenuhan kebutuhan eliminasi

disajikan kasus Kebutuhan eliminasi pada klien dengan gangguan eliminasi (konstipasi , diare), peserta didik dapat mengidentifikasi gangguan kebutuhan eliminasi

Mampu menguasai Kebutuhan Dasar keperawatan untuk pemenuhan kebutuhan eliminasi

Disajikan salah satu permasalahangangguan eliminasi dan peserta didik mampu memutuskan penatalaksanaan pada gangguan eliminasi

Mampu menguasai teori, prinsip untuk keselamatan dan keamanan pasien (patient safety)

Disajikan kasus tentang keselamatan, pasien, peserta dapat menjelaskan prosedur yang tepat dan sistematis untuk menjaga keselamatan dan keamanan pasien

Mampu menguasai teori, prinsip untuk keselamatan dan keamanan pasien (patient safety)

Disajikan kasus tentang keselamatan, pasien, peserta dapat menjelaskan prosedur yang tepat dan sistematis untuk menjaga kesehatan dan keselamatan pasien

Mampu menguasai pencegahan penyakit infeksi

Disajikan kasus tentang pasien dengan infeksi, peserta didik mampu merumuskan permasalahan klien dengan penyakit infeksi

Mampu menguasai pencegahan penyakit infeksi

Disajikan salah satu kasus tentang penyakit infeksi (typus, diare, TBC), peserta didik mampu menganalisis penatalaksanaan penyakit infeksi.

mampu menguasai prinsip dan konsep dasar komunikasi terapetik

Disajikan narasi komponen komunikasi terapeutik, peserta mampu mengidentifikasi tujuan komunikasi terapeutik dalam interaksi perawat dan klien

mampu menguasai prinsip dan konsep dasar komunikasi terapetik

Dinarasikan materi tentang prinsip-prinsip komunikasi, peserta mampu menganalisis prinsip komunikasi yang tepat

mampu menguasai prinsip dan konsep dasar komunikasi terapetik

Disajikan kasus tentang permasalahan yang berkaitan dengan komunikasi di lingkup keperawatan , peserta menyusun strategi teknik komunikasi pada kasus di lingkup keperawatan

Mampu menguasai pertolongan pertama pada kecelakaan

Disajikan kasus kecelakaan dengan data kebutuhan pertolongan, peserta melakukan identifikasi kebutuhan pertolongan prioritas kecelakaan

Mampu menguasai bantuan hidup dasar

Disajikan data kasus kegawatan gangguan pernafasan yang mengancam nyawa, peserta didik mampu menganalisis untuk memberikan prioritas pertolongan bantuan hidup dasar

Mampu menguasai bantuan hidup dasar

Disajikan data kegawatan gangguan kasus trauma (fraktur , perdarahan, penurunan kesadaran), Peserta didik mampu Menguasai pengetahuaan penatalaksanaan bantuan dasar pada trauma dengan tepat

Mampu menguasai penatalaksaan kecekakaan non trauma (hipoglikemi, kejang, Akut miokard/syok, keracunan)

Disajikan data narasi tentang kecelakaan non trauma (hipoglikemi, kejang, Akut miokard/syok, keracunan), mengidentifikasi prioritas masalah pada kasus tersebut

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan Keperawatan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang keperawatan;

Disajikan narasi potensi dan sarana yang dimiliki sekolah dan karakteristik materi ajar peserta dapat menjelaskan model pembelajaran dan asesmen yang sesuai

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan Keperawatan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang keperawatan;

Peserta dapat menganalisis kesesuaian materi ajar berupa objek anatomi manusia dengan tingkat an perkembangan siswa

Mampu menguasai penatalaksaan kecekakaan non trauma (hipoglikemi, kejang, Akut miokard/syok, keracunan)

Disajikan data tentang kecelakaan non trauma ((hipoglikemi, kejang, Akut miokard/syok, keracunan)), peserta didik mampu menganalisis bantuan dasar yang diberikan sesuai kasus yang ada

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan Keperawatan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang keperawatan;

Disajikan narasi tentang kompetensi inti mata pelajaran Fisiologi, peserta dapat menentukan kompetensi dasar yang sesuai dengan kompetensi inti

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan Keperawatan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang keperawatan;

Disajikan narasi tentang kompetensi dasar pembelajaran Kebutuhan dasar manusia, peserta dapat menganalisis jenis kebutuhan manusia yang tepat digunakan untuk membantu peserta didik menguasai kompetensi dasar tersebut.

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan Keperawatan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang keperawatan;

Disajikan kompetensi dasar tentang Etika keperawatan sesuai penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan Keperawatan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang keperawatan;

Disajikan narasi tentang tujuan pembelajaran etika keperawatan yang di berikan dalam pelayanan kesehatan

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan Keperawatan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang keperawatan;

Di sajikan materi tentang evaluasi pembelajaran kebutuhan dasar manusia eliminasi urine

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan Keperawatan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang keperawatan;

Disajikan materi tentang evaluasi pembelajaran mobilisasi bagi klien

Menguasai metode dan teknik penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran sains, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran

Disajikan narasi permasalahan pembelajaran keragaman anatomi dan fisiologi manusia peserta dapat menentukan cara pemecahan proses pembelajaran

Mampu menguasai tindakan dan cara kerja Keselamatan dan keamanan Pasien

Disajikan kasus pasien infeksi (TBC, Typhoid, ISPA), peserta mampu menganalisis data untuk cara kerja sesuai dengan kebutuhan kasusyang ada

Menguasai teori aplikasi prosedur kerja, pengelolaan, pelaksanaan keselamatan kerja, dan kesehatan lingkungan (K3L) di laboratorium pendidikan sains

Disajikan kasus tentang berbagai macam prosedur pembelajaran kebutuhan dasar manusia, peserta dapat menjelaskan prosedur yang tepat dan sistematis untuk mengatasi permasalahan pada kasus tersebut.

Menguasai pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural tentang peraturan perundangan pendidikan dan keguruan yang berlaku

Disajikan kasus tentang gangguan teknik pembelajaran komunikasi secara sistematis untuk mengatasi permasalahan pada kasus tersebut.

Mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran mata pelajaran Keperawatan, meliputi:

1) merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan mata pelajaran Keperawatan.

2)  menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran keperawatan; dan

3)  menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku.

Disajikan rumusan kompetensi lulusan mata pelajaran keperawatan, peserta dapat membuat rumusan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran yang tepat untuk rumusan tersebut

Mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran mata pelajaran Keperawatan, meliputi:

1) merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan mata pelajaran Keperawatan.

2)  menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran keperawatan; dan

3)  menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku.

Disajikan rumusan kompetensi dasar mata pelajaran keperawatan, peserta dapat menentukan jenis media atau sumber belajar yang tepat untuk rumusan tersebut.

Mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran mata pelajaran Keperawatan, meliputi:

1) merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan mata pelajaran Keperawatan.

2)  menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran keperawatan; dan

3)  menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku.

Disajikan rumusan kompetensi dasar mata pelajaran keperawatan, peserta dapat menentukan jenis penilaian, indikator penilaian, atau teknik evaluasi yang tepat untuk rumusan tersebut

Mampu melaksanakan pembelajaran keperawatan yang mendidik dengan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri peserta didik menjadi pembelajar mandiri (self-regulated learner) di dalam kelas, laboratorium, dan luar ruang

Disajikan narasi hasil identifikasi potensi diri peserta didik, peserta dapat menentukan strategi, pendekatan, media atau penilaian memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik menjadi pembelajar mandiri (self-regulated learner) di dalam kelas, laboratorium, dan luar ruang

Mampu melaksanakan pembelajaran Keperawatan secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

Peserta dapat menerapkan contoh kreatif sajian materi ajar kesehatan reproduksi menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang tepat.

Mampu menilai proses dan hasil belajar siswa menggunakan penilaian otentik pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, dan menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Disajikan rumusan indikator kompetensi mata pelajaran keperawatan, peserta dapat menentukan rumusan item/task yang tepat untuk penilaian otentik terhadap proses/hasil belajar pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Mampu menilai proses dan hasil belajar siswa menggunakan penilaian otentik pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, dan menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Disajikan rumusan item/task mata pelajaran keperawatan, peserta dapat menentukan rumusan indikator kompetensi yang tepat untuk penilaian otentik terhadap proses/hasil belajar pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Mampu menilai proses dan hasil belajar siswa menggunakan penilaian otentik pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, dan menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Disajikan data hasil evaluasi pembelajaran teknologi laboratorium keperawatan, peserta dapat menentukan rancangan tindakan yang akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran

Mampu menilai proses dan hasil belajar siswa menggunakan penilaian otentik pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, dan menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Disajikan kasus tentang permasalahan yang berkaitan dengan pembelajaran, peserta dapat menentukan rancangan prosedur komunikasi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif dan produktif.

Pelayanan kesehatan masyarakat

Peserta dapat menentukan kualitas Pelayanan kesehatan puskesmas

Pelayanan kesehatan masyarakat

Peserta dapat: upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitative di tingkat puskesmas

Pelayanan kesehatan masyarakat

Peserta dapat mengkategorikan perawatan lansia yang mengalami kehilangan pasangan hidup

Pelayanan kesehatan masyarakat

Peserta dapat menentukan perawatan pada lansia dengan penyakit degenaratif

Pelayanan kesehatan masyarakat

Disajikan kasus: peseta dapat merencanakan pengelolaan perawatan pasien dengan gangguan mobilisasi karena penyakit stroke

Pelayanan kesehatan masyarakat

Disajikan kasus: peserta dapat memutuskan pengelolaan perawatan luka pada penderita DM

Pelayanan kesehatan masyarakat

Peserta dapat mengkarakteristikan penanganan isolasi pada pasien menular dengan HIV/AIDS

Pelayanan kesehatan masyarakat

Di sajikan kasus : peserta mampu menganalisis Penatalaksanaan pasien dengan diare akut

Mampu memberikan Asuhan Keperawatan Tentang Kesehatan Ibu dan anak

Peserta dapat : Mengkategorikan tentang konsep pertumbuhan organ reproduksi pada wanita

Mampu memberikan Asuhan Keperawatan Tentang Kesehatan Ibu dan anak

Peserta dapat: Mengkategorikan pembelajaran tentang pertumbuhan organ reproduksi remaja laki-laki

Mampu memberikan Asuhan Keperawatan Tentang Kesehatan Ibu dan anak

Disajikan kasus:

Peseta dapat mengidentifikasi pelaksanaan pemeriksaan kehamilan yang terdiri dari 3 trimester mulai dari K1-K4

Mampu memberikan Asuhan Keperawatan Tentang Kesehatan Ibu dan anak

Disajikan kasus:

Peserta mampu menganalisis tentang suplemen yang dibutuhkan oleh ibu selama kehamilan

Mampu memberikan Asuhan Keperawatan Tentang Kesehatan Ibu dan anak

Peserta dapat:

Mengakategorikan tentang fase pertumbuhan dan perkembangan pada anak

Mampu memberikan Asuhan Keperawatan Tentang Kesehatan Ibu dan anak

Disajikan kasus: menganalisis tentang faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan sesuai dengan tingkatan usia anak

Mampu memberikan Asuhan Keperawatan Tentang Kesehatan Ibu dan anak

Peserta dapat: Mendeteksi resiko gangguan kehamilan

Mampu memberikan Asuhan Keperawatan Tentang Kesehatan Ibu dan anak

Disajikan kasus: Mendeteksi tanda-tanda gangguan kesehatan anak dengan diare

Mampu melakukan prosedur tindakan Keperawatan

Disajikan kasus: identifikasi kelainan tekanan darah

Mampu melakukan prosedur tindakan Keperawatan

Disajikan kasus: Mengkategorikan pasien dengan observasi kegawatan di ICU

Mampu melakukan prosedur tindakan Keperawatan

Disajikan kasus: Mengidentifikasi masalah klien dengan gangguan kesehatan yang umum terjadi di masyarakat

Mampu melakukan prosedur tindakan Keperawatan

Peserta dapa: Mengkatagorikan prinsip pemberian obat dengan 6 B

Mampu melakukan prosedur tindakan Keperawatan

Disajikan kasus: Memahami prosedur pemberian berbagai jenis obat

Mampu melakukan prosedur tindakan Keperawatan

Peserta dapat: Mengidentifikasi gejala dan tanda sesuai konsep sehat sakit

Mampu melakukan prosedur tindakan Keperawatan

Peserta dapat: Mengenali tentang patofisiologi dari hasil pengkajian pasien/klien

Mampu melakukan prosedur tindakan Keperawatan

Peserta dapat: menganalisis tindakan pertolongan pertama pada penderita henti jantung

Mampu melakukan prosedur tindakan Keperawatan

Peserta dapat: Memerinci tanda dan gejala pada pasien/klien suspek tuberculosis paru

Mampu menguasai tindakan dan cara kerja Keselamatan dan keamanan Pasien

Disajikan data tentang jenisa€“jenis alat perlindungan diri , peserta didik mampu mengidentifikasi cara pengunaan alat perlindungan diri

Mampu menguasai penatalaksanaan keperawatan pada penyakit infeksi

Disajikan kasus dengan tanda dan gejala klien yang mengalami infeksi, peserta didik mampu menganalisis masalah pasien

Mampu menguasai penatalaksanaan keperawatan pada penyakit infeksi

Disajikan salah satu kasus tentang penyakit infeksi (typus, diare, TBC), peserta didik mampu menganalisis penatalaksanaan penyakit infeksi.

Mampu menguasai konsep secara umum prinsip dan konsep umum tentang Keselamatan dan keamanan Pasien

Disajikan narasi hasil identifikasi potensi diri peserta didik, peserta dapat menentukan strategi, keselamatan dan keamanan kerja.

mampu menguasai prinsip , konsep teknik berkomunikasi yang dapat menjadi dasar komunikasi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kesehatan lain dan keluarga

Disajikan kasus tentang permasalahan yang berkaitan dengan pembelajaran, peserta memberikan teknik komunikasi

mampu menguasai prinsip , konsep teknik berkomunikasi yang dapat menjadi dasar komunikasi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kesehatan lain dan keluarga

Disajikan narasi data tentang kePeserta menganalisis Kendala teknik komunikasi

mampu menguasai prinsip , konsep teknik berkomunikasi yang dapat menjadi dasar komunikasi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kesehatan lain dan keluarga

Disajikan data untuk kebutuhan media komunikasi, peserta didik mampu memutuskan media yang dapat digunakan pada kegiatan pendidikan kesehatan

Mampu menguasasi prinsip, konsep bantuan dasar pada trauma (fraktur, perdarahan)

Disajikan data kegawatan gangguan kasus trauma (fraktur), Peserta didik mampu Menguasai pengetahuaan penatalaksanaan bantuan dasar pada trauma dengan tepat

Mampu menguasasi prinsip, konsep bantuan dasar pada trauma (fraktur, perdarahan)

Disajikan data kegawatan gangguan kasus trauma (fraktur), Peserta didik mampu Menguasai pengetahuaan penatalaksanaan bantuan dasar pada trauma dengan tepat

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Tulisan Terkait

Kisi Kisi PPG Bahasa Jawa

Kisi Kisi PPG Bahasa Jawa

KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) Mapel / Keahlian : Bahasa Jawa No. Kompetensi Inti Kompetensi Mapel / Keahlian ...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG TEKNOLOGI PENANGKAPAN IKAN

KISI-KISI UP UKM PPG TEKNOLOGI PENANGKAPAN IKAN

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG TEKNOLOGI PENANGKAPAN IKAN CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESE...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG AGRIBISNIS PERIKANAN

KISI-KISI UP UKM PPG AGRIBISNIS PERIKANAN

Berikut KISI-KISI UP UKM PPG AGRIBISNIS PERIKANAN CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL Mengkreasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Pretest UKG Guru Kelas TK

Kisi Kisi Pretest UKG Guru Kelas TK

Kisi Kisi Pretest UKG Guru Kelas TK No. deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis 1 M...Baca selengkapnya...

Modul PPG PLB TUNARUNGU

Modul PPG PLB TUNARUNGU

Berikut Modul/Materi PPG untuk Pendidikan Luar Biasa Tunarungu 1. Konsep dan karakteristik Anak Tunarungu, download 2. Identifikasi dan Asesmen Anak Tunarungu, download 3. Pembelajaran Anak T...Baca selengkapnya...



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini

Soal Terbaru

Soal Pretes Penguatan KS SMK

Soal Pretes Penguatan KS SMK

Soal Pretes Penguatan KS SMK ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes Penguatan KS SMA

Soal Pretes Penguatan KS SMA

Soal Pretes Penguatan KS SMA ...Baca selengkapnya...