Materi UKG GPO Kisi Kisi UP UKM PPG - KISI-KISI UP UKM PPG PLB

KISI-KISI UP UKM PPG PLB

Diposting pada: 2019-05-19, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi UP UKM PPG
Bagikan ke WhatsApp

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG)

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN LUAR BIASA

CAPAIAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR ESENSIAL

Menguasai asemen akademik dan non akademik untuk mengetahui potensi dan hambatan PDBK

Peserta dapat memilih dan menerapkan alat asesmen akademis dan non akademis yang sesuai dalam proses pembelajaran

Menguasai asemen akademik dan non akademik untuk mengetahui potensi dan hambatan PDBK

Peserta dapat memanfaatkan hasil asesmen untuk pembuatan program pembelajaran individual

Menguasai asemen akademik dan non akademik untuk mengetahui potensi dan hambatan PDBK

Peserta dapat menggambarkan hambatan belajar peserta didik berkebutuhan khusus

Menguasai karakteristik PDBK dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosi dan intelektual

Peserta dapat menunjukkan karakteristik intelektual dan fisik peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK)

Menguasai karakteristik PDBK dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosi dan intelektual

Peserta dapat menunjukkan karakteristik perilaku, emosi, sosial dan moral peseta didik berkebutuhan khusus

Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran khusus yang mendidik sesuai kebutuhan PDBK

Peserta dapat mengaplikasikan Prinsip-prinsip pembelajaran sesuai dengan hambatan perkembangan dan hambatan belajar peserta didik berkebutuhan khusus dalam menyusun rpp/ppi

Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran khusus yang mendidik sesuai kebutuhan PDBK

Peserta dapat mengaplikasikan pembelajaran sesuai kebutuhan fungsional peserta didik berkebutuhan khusus

Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran khusus yang mendidik sesuai kebutuhan PDBK

Peserta dapat mengaplikasikan pembelajaran bermakna sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari

Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan sesuai karakteristik dan kebutuhan PDBK dalam setting pendidikan khusus dan pendidikan inklusif

Peserta dapat melakukan adaptasi kurikulum sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus dalam seting pendidikan khusus dan inklusi

Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan sesuai karakteristik dan kebutuhan PDBK dalam setting pendidikan khusus dan pendidikan inklusif

Peserta dapat menetapkan tujuan fungsional mata pelajaran program kekhususan sesuai jenis dan karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus dalam seting pendidikan khusus dan inklusif

Memfasilitasi pengembangan potensi PDBK melalui pengalaman, bahan yang relevan, metode, dan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristiknya

Peserta dapat memfasilitasi pengembangan potensi PDBK melalui pengalaman, bahan yang relevan, metode, dan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristiknya

Menguasai penilaian pembelajaran bagi PDBK

Peserta dapat menetapkan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan semua mata pelajaran program kekhususan

Menguasai penilaian pembelajaran bagi PDBK

Peserta dapat menetapkan bahan ajar mata pelajaran umum dan program kekhususan yang relevan dengan tujuan pembelajar peserta didik berkebutuhan khusus

Menguasai penilaian pembelajaran bagi PDBK

Peserta dapat menyajikan materi pembelajaran secara runtut sesuai dengan prinsip pembelajaran dan karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus

Menguasai penilaian pembelajaran bagi PDBK

Peserta dapat menerapkan prinsip penggunaan media pembelajaran sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus

Menguasai penilaian pembelajaran bagi PDBK

Peserta dapat menerapkan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran yang mendidik bagi peserta didik berkebutuhan khusus

Menguasai penilaian pembelajaran bagi PDBK

Peserta dapat menetapkan rencana pembelajaran yang relevan dengan tujuan dan setting pembelajaran sekolah khusus dan sekolah inklusif

Menguasai penilaian pembelajaran bagi PDBK

Peserta dapat menerapkan prinsip pembelajaran yang memfasilitasi kemudahan dan keberhasilan belajar peserta didik berkebutuhan khusus

Menguasai penilaian pembelajaran bagi PDBK

Peserta dapat meaksanakan prinsip penilaian proses dan hasil belajar nelalui penilaian autentik

Menguasai penilaian pembelajaran bagi PDBK

Peserta dapat menetapkan instrumen yang sesuai dengan tujuan penilaian autentik

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunanetra

Peserta dapat memahami konsep, prinsip, dan metode OM dalam melakukan aktivitas fungsional

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunanetra

Peserta dapat menguasai penggunaan teknik pra tongkat di lingkungan rumah dan sekolah

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunanetra

Peserta dapat menguasai teknik tongkat dalam pembelajaran orientasi dan mobilitas

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunanetra

Peserta dapat menggunakan prinsip kekonkretan OM dalam melakukan aktivitas fungsional

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunanetra

Peserta dapat menguasai penggunaan strategi layanan terpadu

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunanetra

Peserta dapat menggunakan analisis tugas dalam keterampilan OM

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunanetra

Peserta dapat menerapkan teknik pendampinan dalam bepergian

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunanetra

Peserta dapat mengevaluasi pembelajaran keterampilan orientasi dan mobilitas pada peserta didik tunanetra

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunarungu

Peserta dapat menerapkan konsep dan prinsip dalam pembelajaran PKPBI bagi peserta didik tunarungu

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunarungu

Peserta dapat menerapkan teknik dan prosedur khusus Pembelajaran PKPBI pada peserta didik tunarungu

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunarungu

Peserta dapat menggunakan teknik komprehensi bunyi dan irama

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunarungu

Peserta dapat menggunakan prosedur Pembelajaran PKPBI pada peserta didik tunarungu

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunarungu

Peserta dapat menyusun materi dan mengaplikasikan analisis tugas dalam pembelajaran PKPBI.

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunarungu

Peserta dapat mengaplikasikan metode multisensory dalam pembelajaran PKPBI

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunarungu

Peserta dapat menerapkan pembelajaran inovasi dalam pembelajaran PKPBI dengan pendekatan saintifik

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunarungu

Peserta dapat menerapkan pendekatan MMR dalam pengembangan PKPBI

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunagrahita

Peserta dapat merumuskan Konsep, tujuan fungsional, ruang lingkup pembelajaran pengembangan diri bagi peserta didik tunagrahita

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunagrahita

Peserta dapat menggunakan prinsip- prinsip pembelajaran pengembangan diri pada peserta didik tunagrahita

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunagrahita

Peserta dapat menggunakan tehnik pembelajaran pengembangan diri pada peserta didik tunagrahita

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunagrahita

Peserta dapat menggunakan prosedur pembelajaran pengembangan bina diri pada peserta didik tunagrahita

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunagrahita

Peserta dapat merancang dan menerapkan pembelajaran keterampilan hdup seari-sehari diri dengan tepat pada peserta didik tunagrahita dengan pendekatan saintifik

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunagrahita

Peserta dapat menerapkan model pembelajaran yang berbasis analisis tugas dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran kehidupan sehari-hari

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunagrahita

Peserta dapat menentukan materi pengembangan bina diri yang fungsional sesuai kebutuhan peserta didik tunagrahita

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunagrahita

Peserta dapat mengaplikasikan prinsip pembelajaran adaptif yang sesuai bagi peserta didik tunagrahita

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunadaksa

Peserta dapat menganalisis ruang lingkup, tujuan fungsional pembelajaran pengembangan diri dan gerak bagi peserta didik tunadaksa

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunadaksa

Peserta dapat Menggunakan prinsip-prinsip pembelajaran pengembangan diri dan gerak pada peserta didik tunadaksa

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunadaksa

Peserta dapat menggunakan prosedur pengembangan diri dan gerak pada peserta didik tunadaksa

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunadaksa

Peserta dapat menggunakan teknik pembelajaran pengembangan diri dan gerak pada peserta didik tunadaksa

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunadaksa

Peserta dapat menggunakan prosedur pembelajaran pengembangan diri dan gerak pada peserta didik tunadaksa

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunadaksa

Peserta dapat membedakan pola dan koreksi gerak dalam pembelajaran pengembangan bina diri dan gerak pada peserta didik tunadaksa

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunadaksa

Peserta dapat membedakan fungsi pola gerak dalam pengembangan pembelajaran bina gerak pada peserta didik tunadaksa

Menguasai pengembangan pembelajaran bagi PDBK tunadaksa

Peserta dapat merancang penilaian pengembangan diri dan gerak pada peserta didik tunadaksa

Menguasai pembelajaran bagi PDBK Tunalaras

Peserta dapat menggunakan prinsip-prinsip pembelajaran pengembangan pribadi dan sosial pada peserta didik tunalaras dengan pendekatan sainstifik

Menguasai pembelajaran bagi PDBK Tunalaras

Peserta dapat menggunakan prosedur pembelajaran pengembangan pribadi dan sosial pada peserta didik tunalaras

Menguasai pembelajaran bagi PDBK Tunalaras

Peserta dapat merancang dan menerapkan materi pembelajaran untuk membina kehendak pada peserta didik tunalaras

Menguasai pembelajaran bagi PDBK Tunalaras

Peserta dapat mengembangkan model pembelajaran pengembangan bina pribadi dan social pada peserta didik tunalaras

Menguasai pembelajaran bagi PDBK Tunalaras

Peserta dapat menerapkan asesmen prilaku fungsional (FBA) dalam rangka modifikasi prilaku peserta didik tunalaras

Menguasai pembelajaran bagi PDBK Tunalaras

Peserta dapat menetapkan ruang lingkup prilaku menyimpang peserta didik tunalaras berdasar fungsi prilakunya

Menguasai pembelajaran bagi PDBK Tunalaras

Peserta dapat memilih teknik yang tepat dalam modifikasi prilaku peserta didik tunalaras

Menguasai pembelajaran bagi PDBK Tunalaras

Peserta dapat menerapkan teknik-teknik modifikasi prilaku peseerta didik tunalaras sesuai dengan hasil asesmen

Menguasai pembelajaran bagi PDBK Autis

Peserta dapat menjelaskan konsep dan karaktersitik autisme dalam perspektif pendidikan

Menguasai pembelajaran bagi PDBK Autis

Peserta dapat menentapkan tehnis asesmen akademis dan non akademis pada peserta didik autis

Menguasai pembelajaran bagi PDBK Autis

Peserta dapat merumuskan profil kebutuhan belajar khusus bagi peserta didik autis dengan menggunakan hasil asesmen

Menguasai pembelajaran bagi PDBK Autis

Peserta dapat menggunakan prinsip pembelajaran yang relevan dengan karakteristik peserta didik autis dalam menyusun program pembelajaran dengan pendekatan saintifik

Menguasai pembelajaran bagi PDBK Autis

Peserta dapat menggunakan prosedur pembelajaran yang relevan dengan karakteristik peserta didik autis

Menguasai pembelajaran bagi PDBK Autis

Peserta dapat menentukan model pembelajaran yang tepat untuk memodifikasi perilaku peserta didik autis

Menguasai pembelajaran bagi PDBK Autis

Peserta dapat mengembangkan media pembelajaran yang relevan dengan karakteristik peserta didik autis

Menguasai pembelajaran bagi PDBK Autis

Peserta dapat mengembangkan tata ruang belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik autis

Menguasai PTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi PDBK

Peserta dapat menjelaskan makna penelitian tindakan dalam setting praktek pembelajaran dikelas

Menguasai PTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi PDBK

Peserta dapat menjabarkan tujuan dan manfaat PTK daalam konteks perbaikan praktek pembelajaran dikelas

Menguasai PTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi PDBK

Peserta dapat menerapkan prinsip-prinsip PTK untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran

Menguasai PTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi PDBK

Peserta dapat memformulasi masalah esensial dalam konteks efektivitas pemecahan masalah

Menguasai PTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi PDBK

Peserta dapat memilih solusi pemecahan masalah yang tepat untuk efektifvitas tindakan

Menguasai pembelajaran bagi PDBK Berkesulitan Belajar Spesifik (ABBs)

Peserta dapat menggunakan prinsip pembelajaran yang relevan dengan karakteristik peserta didik Berkesulitan Belajar dalam menyusun program pembelajaran

Menguasai pembelajaran bagi PDBK Gangguan Perhatian dan Hiperaktif (GPH)

Peserta dapat menggunakan prinsip pembelajaran yang relevan dengan karakteristik peserta didik Gangguan Perhatian dan Hiperaktif (GPH) dalam menyusun program pembelajaran

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Tulisan Terkait

Kisi Kisi Pretest UKG Kewirausahaan SMA

Kisi Kisi Pretest UKG Kewirausahaan SMA

Kisi Kisi Pretest UKG Kewirausahaan SMA No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis 1 ...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG TEKNIK KIMIA

KISI-KISI UP UKM PPG TEKNIK KIMIA

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG TEKNIK KIMIA CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL ...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG SOSIO ANTROPOLOGI

KISI-KISI UP UKM PPG SOSIO ANTROPOLOGI

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG SOSIO ANTROPOLOGI CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL ...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Pretest UKG Bahasa Inggris SMP

Kisi Kisi Pretest UKG Bahasa Inggris SMP

Kisi Kisi Pretest UKG Bahasa Inggris SMP No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis 1 ...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi PPG Guru Kelas SD

Kisi Kisi PPG Guru Kelas SD

KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) Mapel / Keahlian : Guru Kelas SD No. Kompetensi Inti Kompetensi Mapel / Keahlian ...Baca selengkapnya...



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini

Soal Terbaru

Soal Pretes Penguatan KS SMK

Soal Pretes Penguatan KS SMK

Soal Pretes Penguatan KS SMK ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes Penguatan KS SMA

Soal Pretes Penguatan KS SMA

Soal Pretes Penguatan KS SMA ...Baca selengkapnya...