Materi UKG GPO Kisi Kisi UP UKM PPG - KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN IPS

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN IPS

Diposting pada: 2019-05-19, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi UP UKM PPG
Bagikan ke WhatsApp

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG)

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN IPS

CAPAIAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR ESENSIAL

Menguasai teori dan terapan pedagogik (techno- pedagogical content knowledge (TPACK) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran bidang IPS yangbersifatmendidik;

menganalisis prinsip-prinsipdasar pembelajaranIPS

Menguasai teori dan terapan pedagogik (techno- pedagogical content knowledge (TPACK) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran bidang IPS yangbersifatmendidik;

mengalisis teori-teori belajar yang sesuai untuk pembelajaran IPS

Menguasai teori dan terapan pedagogik (techno- pedagogical content knowledge (TPACK) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran bidang IPS yangbersifatmendidik;

mengorganisasikan materi pembelajaran IPS sesuai kurikulum2013

Menguasai teori dan terapan pedagogik (techno- pedagogical content knowledge (TPACK) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran bidang IPS yangbersifatmendidik;

mengorganisasikan materi pembelajaran IPS sesuai kurikulum2013

Menguasai prinsip dan teknik penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaranIPS;

menentukan media pembelajaran berbasisTI yang sesuai dalam pembelajaranIPS

Menguasai prinsip dan teknik penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaranIPS;

menjelaskan teknik dan prosedur dalam pemanfaatan TI dalam pembelajaranIPS

Menguasai pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural tentang peraturan perundangan pendidikan dan keguruan yang berlaku.

menganalisis esensi isi Permendikbud No.20 tahun 2016 dalam pembelajaranIPS

Menguasai pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural tentang peraturan perundangan pendidikan dan keguruan yang berlaku.

menganalisis kaitan Permendikbud No. 20 tahun 2016 dengan Permendikbud No. 22tahun 2016 dalam pembelajaran IPS

mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran IPS

merumuskan indikator pencapaian kompetensi pembelajaraan IPS sesuai permendikbud No. 22 dan 24 tahun 2016 dalam pembelajaran IPS

mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran IPS

menganalisis kaitan antara materi, proses, media dan penilaian dalam pembelajaran IPS

mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran IPS

menganalisis kegiatan inti pada strukturRPP pembelajaranIPS

mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri siswa sebagai pembelajar mandiri (self- regulated learner) pada mata pelajaran IPS;

menentukan media yang sesuai untuk pembelajaran IPS

mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri siswa sebagai pembelajar mandiri (self- regulated learner) pada mata pelajaran IPS;

Mampu melaksanakan pembelajaran IPS yang menyenangkan

mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri siswa sebagai pembelajar mandiri (self- regulated learner) pada mata pelajaran IPS;

Mampu menghubungkan materi belajar IPS dengan pengembangankarakter

mampu menilai dan mengevaluasi pembelajaran IPS

Mampu menilai pembelajaranIPS

mampu menilai dan mengevaluasi pembelajaran IPS

Mampu merancang penilaian pembelajaranIPS

mampu menilai dan mengevaluasi pembelajaran IPS

Mampu menggunakan hasil penilaian IPS

mampu mengadaptasi dan menggunakan teknologi informasi

dan komunikasi dalam melaksanakan tugas profesionalnya

Mampu memadukan teknologi informasi dengan pembelajaran IPS

mampu mengadaptasi dan menggunakan teknologi informasi

dan komunikasi dalam melaksanakan tugas profesionalnya

Mampu mengkreasikan teknologi informasi untuk pembelajaran IPS

mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif, dan produktif.

Mampu menjalin komunikasi yang baik dengan peserta didik

mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif, dan produktif.

Mampu membangun interaksi lisan dan tulisan dengan peserta didik secara santun, efektif, dan produktif

Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan, dalam substansi bidang kependidikan

Menganalisis konsep lokasi geografis Indonesia dalam kaitannya dengan potensi sumberdaya alam

Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan, dalam substansi bidang kependidikan

Menganalisis konsep kondisi geologis Indonesia dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia, flora dan fauna

Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan, dalam substansi bidang kependidikan

Menganalisis interaksi antarwilayah dan pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi

Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan, dalam substansi bidang kependidikan

Menganalisis interaksi antarruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial dan budaya

Memahami interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan kebudayaan dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya.

Menganalisis interaksi sosial dalam kaitan dengan perubahan nilai dan norma dalam masyarakat

Memahami interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan kebudayaan dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya.

Menganalisis peran lembaga sosial dalam kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya

Memahami interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan kebudayaan dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya.

Menganalisis fenomena mobilitas sosial dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya

Memahami konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi

Menganalisis hubungan antara permintaan- penawaran dalam kehidupan manusia

Memahami konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi

Menganalisis konektivitas antardesa dan kota dalam kehidupan ekonomi

Memahami konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi

Menganalisis kegiatan masyarakat desa dan kota dalam kehidupan ekonomi

Memahami kronologi perubahan dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.

Menganalisis kehidupan politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan masyarakat pada masa praaksara

Memahami kronologi perubahan dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.

Menganalisis kehidupan politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan masyarakat Hindu-Budha

Memahami kronologi perubahan dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.

Menganalisis kehidupan politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan masyarakat pada masa Islam

Memahami perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keber-langsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik

Menganalisis kerjasama antarnegara anggota ASEAN

Memahami perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keber-langsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik

Menganalisis pengaruh kerjasama antaranggota Asean dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik

Memahami perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keber-langsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik

Menganalisis peran Indonesia dalam organisasi internasional

Memahami pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan

Menganalisis hubungan antar wilayah dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, budaya

Memahami pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan

Membandingkan perubahan antarruang di Indonesia dan negara- negara ASEAN

Memahami pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan

Menganalisis interaksi antarnegara ASEAN dan keberlanjutan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik

Memahami pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan

Menganalisis interaksi sosial dalam kaitan dengan keragaman kehidupan bangsa Indonesia

Memahami pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan

Menganalisis bentuk-bentuk interaksi sosial dan pengaruhnya terhadap kehidupan kebangsaan

Memahami pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan

Menganalisis keunggulan potensi wilayah dalam kaitannya kegiatan ekonomi

Memahami pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan

Mengidentifikasi jenis-jenis konflik sosial

Memahami pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan

Menganalisis faktor-faktor terjadinya konflik social

Memahami keunggulan dan keterbatasan ruang dalam permintaan dan penawaran serta teknologi, dan pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, dan budaya di Indonesia dan negara- negara ASEAN

Menganalisis hubungan keterbatasan ruang dengan permintaan dan penawaran

Memahami keunggulan dan keterbatasan ruang dalam permintaan dan penawaran serta teknologi, dan pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, dan budaya di Indonesia dan negara- negara ASEAN

Mengidentifikasi kerjasama(ekonomi/sosial/budaya) Indonesia dan negara-negara ASEAN

Memahami keunggulan dan keterbatasan ruang dalam permintaan dan penawaran serta teknologi, dan pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, dan budaya di Indonesia dan negara- negara ASEAN

Menjelaskan terbentuknya ASEAN

Memahami kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan.

Mengidentifikasi perubahan-perubahan di Eropa yang mendorong terjadinya penjajahan di Indonesia

Memahami kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan.

Menganalisis keadaan geografis dan ekonomi di Indonesia dengan penjajahan bangsa Barat

Memahami kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan.

Menganalisis keadaan social, budaya, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Barat

Memahami kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan.

Menganalisis lahirnya pergerakan nasional sebagai upaya mencapai kemerdekaan

Memahami perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara- negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik.

Menganalisis perubahan keruangan akibat faktor alam

Memahami perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara- negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik.

Menganalisis perubahan keruangan akibat faktor manusia

Memahami perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara- negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik.

Mengidentifikasikan pengaruh perubahan keruangan terhadap keberlangsungan kehidupan sosial/ekonomi

Memahami perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara- negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik.

Mengidentifikasi pengaruh perubahan keruangan terhadap keberlangsungan kehidupan politik/pendidikan.

Memahami perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan

Mengidentifikasi faktor pendorong perubahan sosial dan budaya

Memahami perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan

Mengidentifikasi faktor penghambat terjadinya perubahan sosial budaya

Memahami perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan

Menganalisis terjadinya globalisasi

Memahami perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan

Mengidentifikasi dampak globalisasi terhadap kehidupan kebangsaan

Memahami perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan

Menganalisis upaya-upaya menghadapi dampak globalisasi dalam kehidupan kebangsaan

Memahami ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan Masyarakat.

Menganalisis terjadinya harga

Memahami ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan Masyarakat.

Mengidentifikasi jenis pasar

Memahami ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan Masyarakat.

Mengidentifikasi faktor pendorong terjadinya mobilitas sosial/migrasi penduduk

Memahami ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan Masyarakat.

Menganalisis pengaruh mobilitas sosial/migrasi penduduk terhadap kehidupan masyarakat

Memahami kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi.

Menganalisis pengaruh kerusakan lingkungan alam Indonesia terhadap fenomena global

Memahami kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi.

Menganalisis kehidupan (sosial, ekonomi) pada masa kemerdekaan

Memahami kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi.

Menganalisis kehidupan (pendidikan, budaya) pada masa kemerdekaan

Memahami kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi.

Menjelaskan latar belakang gerakan reformasi di Indonesia

Memahami kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi.

Menganalisis kehidupan (sosial, ekonomi) pada masa reformasi

Memahami kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi.

Menganalisis kehidupan (politik, pendidikan, budaya) pada masa reformasi

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Tulisan Terkait

KISI-KISI UP UKM PPG TEKNIK KIMIA

KISI-KISI UP UKM PPG TEKNIK KIMIA

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG TEKNIK KIMIA CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL ...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN KIMIA

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN KIMIA

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN KIMIA CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL ...Baca selengkapnya...

Soal dan Materi Pengayaan PPKN

Soal dan Materi Pengayaan PPKN

Berikut Soal dan Materi Pengayaan PPKN, 1. Kurikulum mata pelajaran PPKn memuat tentang pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge), keterampilan kewarganegaraan (civic skills), dan karakter kewa...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESE...Baca selengkapnya...

Syarat Peserta PPG Dalam Jabatan tahun 2018

Syarat Peserta PPG Dalam Jabatan tahun 2018

Persyaratan Peserta PPG Dalam Jabatan tahun 2018 A. Persyaratan peserta 1.    Guru di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang belum memiliki sertifikat pendidik. 2.&nbs...Baca selengkapnya...



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini

Soal Terbaru

Soal Pretes Penguatan KS SMK

Soal Pretes Penguatan KS SMK

Soal Pretes Penguatan KS SMK ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes Penguatan KS SMA

Soal Pretes Penguatan KS SMA

Soal Pretes Penguatan KS SMA ...Baca selengkapnya...