Materi UKG GPO Kisi-Kisi Pretest UKG - Kisi Kisi Pretest UKG Tunadaksa

Kisi Kisi Pretest UKG Tunadaksa

Diposting pada: 2017-08-23, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi-Kisi Pretest UKG
Bagikan ke WhatsApp

Berikut Kisi Kisi Pretest UKG Mata PelajaranTunadaksa

No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis
1 Menguasai karakteristik peserta didikdari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa usia sekolah dasar, yang berkaitan dengan aspek fisik, mental, intelektual, emosional dan sosial, moral, dan latar belakang Menentukan prosedur identifikasi anak berkebutuhan khusus. pedagogik
2 Menguasai karakteristik peserta didikdari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Melakukan identifikasi dan asesmen potensi peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa usia sekolah dasar Melakukan identifikasi potensi yang dimiliki anak berkebutuhan khusus. pedagogik
3 Menguasai karakteristik peserta didikdari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Melakukan identifikasi dan asesmen kemampuan awal peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi Melakukan identifikasi kemampuan awal anak anak berkebutuhan khusus pedagogik
4 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dan menyenangkan dalam berbagai mata pelajaran bagi anak berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa. Menggunakan pendekatan saintifik pada pembelajaran bagi anak anak berkebutuhan khusus. pedagogik
5 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dan menyenangkan dalam berbagai mata pelajaran bagi anak berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa. Menyusun program pembelajaran PAIKEM bagi anak anak berkebutuhan khusus. pedagogik
6 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Menerapkan pendekatan pembelajaran tematis Mempraktikkan pembelajaran tematis. pedagogik
7 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menerapkan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum untuk peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa Mendeskripsikan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum bagi anak anak berkebutuhan khusus. pedagogik
8 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menentukan tujuan mata pelajaran program kekhususan pada tingkat sekolah dasar luar biasa Menentukan langkah-langkah prumusan program pengembangan diri. pedagogik
9 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan semua mata pelajaran satuan pendidikan sekolah dasar luar biasa Menetapkan pengalaman belajar bagi anak anak berkebutuhan khusus. pedagogik
10 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Memilih materi/bahan ajar mata pelajaran umum dan program kekhususan sekolah dasar luar biasa yang relevan dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran Mengidentifikasi materi ajar yang sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus. pedagogik
11 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Memilih materi/bahan ajar mata pelajaran umum dan program kekhususan sekolah dasar luar biasa yang relevan dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran Menetapkan materi ajar yang sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus pedagogik
12 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Memilih materi/bahan ajar mata pelajaran umum dan program kekhususan sekolah dasar luar biasa yang relevan dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran Menyusun materi ajar yang sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus. pedagogik
13 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Memilih materi/bahan ajar mata pelajaran umum dan program kekhususan sekolah dasar luar biasa yang relevan dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran Menetapkan program pengembangan diri yang sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus pedagogik
14 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Memilih materi/bahan ajar mata pelajaran umum dan program kekhususan sekolah dasar luar biasa yang relevan dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran Menyusun program pengembangan diri yang sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus. pedagogik
15 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Memilih dan/atau mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, materi dan karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa Mengidentifikasi media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus. pedagogik
16 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Memilih dan/atau mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, materi dan karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa Menetapkan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus pedagogik
17 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Memilih dan/atau mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, materi dan karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa Membuat media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus pedagogik
18 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik usia sekolah dasar Melakukan kegiatan inti pembelajaran pedagogik
19 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik usia sekolah dasar Melakukan evaluasi pembelajaran pedagogik
20 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan Mampu menerapkan/ melaksanakan model pembelajaran individual di kelas yang sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus jenjang SDLB pedagogik
21 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan Mampu melaksanakan/ menerapkan prinsip pembelajaran yang mendidik di lapangan yang sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus jenjang SDLB. pedagogik
22 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Menggunakan prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran Mampu menggunakan instrumen penilaian sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan kemampuan belajar anak anak berkebutuhan khusus jenjang SDLB melalui prinsip-prinsip penilaian pedagogik
23 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Mampu melakukan  penilaian dengan langkah dan prosedur yang benar pedagogik
24 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar Mampu mengevaluasi  ketercapaian  target mutu  yang telah  ditetapkan  dalam KTSP. pedagogik
25 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak. Menjelaskan konsep dasar gerak profesional
26 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak. Menguraikan jenis gerak manusia profesional
27 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak. Menjelaskan tujuan bina gerak profesional
28 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak. Menguraikan ruang lingkup bina gerak profesional
29 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak. Menjelaskan asesmen gerak profesional
30 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak. Menjelaskan ruang lingkup asesmen gerak profesional
31 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak. Menguraikan prosedur asesmen gerak profesional
32 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak. Menjelaskan cara melaksanakan asesmen gerak profesional
33 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak. Menguraikan dampak dari hambatan anak dengan gangguan fisik dan motorik profesional
34 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak. Menjelaskan proses terjadinya gerak profesional
35 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak Menjelaskan prinsip pembelajaran bina gerak profesional
36 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak Menjelaskan teknik pembelajaran bina gerak profesional
37 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak Menjelaskan prosedur pembelajaran bina gerak profesional
38 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak Mempraktekkan teknik permainan gerak pada anak tunadaksa profesional
39 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak Menjelaskan teknik latihan fisik dalam pembelajaran bina gerak pada anak tunadaksa profesional
40 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak Mempraktekkan pembelajaran gerak pindah diri profesional
41 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak Mempraktekkan pembelajaran gerak koordinasi motorik kasar profesional
42 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak Mempraktekkan pembelajaran gerak koordinasi motorik halus profesional
43 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak Menjelaskan evaluasi pembelajaran bina gerak profesional
44 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak Mengidenifikasi jenis permainan yang dapat diterapkan dalam program bina gerak profesional
45 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak Menyebutkan permainan gerak bagi pengembangan motorik profesional
46 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak Mengidentifikasi materi bina diri gerak profesional
47 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak Menjelaskan fungsi pengembangan bina diri gerak profesional
48 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari Menguraikan pengembangan gerak anggota tubuh profesional
49 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari Menguraikan langkah-langkah gerak pernafasan profesional
50 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari Menguraikan langkah-langkah gerak pindah diri profesional
51 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari Menguraikan tentang pengembangan gerak koordinasi profesional
52 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari Menjelaskan berbagai macam alat bantu gerak profesional
53 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari Menjabarkan keterampilan menolong diri profesional
54 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari Menjabarkan keterampilan berkomunikasi dan bersosialisasi langsung profesional
55 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari Mempraktekkan program bina diri gerak profesional
56 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari Menguraikan keterampilan bersosialiasi langsung dan tidak langsung profesional
57 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari Menguraikan keterampilan menyelamatkan diri dari bahaya yang mengancam dirinya profesional
58 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari Menjelaskan sarana prasarana bina diri gerak profesional
59 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari Menjelaskan keterampilan gerak keseimbangan tubuh profesional
60 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari Menjelaskan rambu-rambu pelaksanaan bia diri gerak profesional
61 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari Menjabarkan prinsip-prinsip pembelajaran bina diri gerak profesional
62 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai konsep keterampilan vokasional sederhana. Menjelaskan pengertian keterampilan vokasional sederhana bagi anak tunadaksa profesional
63 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai konsep keterampilan vokasional sederhana. Mengembangkan model-model pembelajaran vokasional bagi anak tunadaksa profesional
64 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menerapkan prinsip-prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran  keterampilan vokasional sederhana. Menggunakan prinsip-prinsip pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak anak berkebutuhan khusus. profesional
65 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menerapkan prinsip-prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran  keterampilan vokasional sederhana. Menggunakan teknik pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak tunadaksa profesional
66 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Mempraktekkan materi sekurang-kurangnya tiga bidang keterampilan vokasional sederhana. Menentukan jenis evaluasi yang cocok dengan bidang pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak berkebutuhan khusus jenjang SDLB. profesional
67 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan Mampu menyusun laporan hasil PTK dalam pembelajaran pengembangan diri profesional
68 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif Mengikuti kemajuan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni dengan belajar dari berbagai sumber Mampu memilih berbagai sumber yang berkaiatan dengan pengembangan ilmu profesional
69 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menerapkan prinsip-prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran  keterampilan vokasional sederhana. Menggunakan prosedur pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak anak berkebutuhan khusus. profesional
70 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Mempraktekkan materi sekurang-kurangnya tiga bidang keterampilan vokasional sederhana. Menentukan strategi pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak berkebutuhan khusus jenjang SDLB. profesional
71 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Menguasai konsep keterampilan vokasional sederhana. Menyusun program pembelajaran vokasional bagi anak tunadaksa profesional
72 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus Mampu merumuskan refleksi tehadap kinerja diri sendiri profesional
73 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka meningkatkan keprofesionalan Mampu merencanakan perbaikan dalam rangka meningkatkan keprofesionalan profesional
74 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka meningkatkan keprofesionalan Mampu melaksanakan perbaikan dalam rangka meningkatkan keprofesionalan profesional
75 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan Mampu menyusun proposal PTK dalam pembelajaran pengembangan diri profesional
76 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi Memanfaatkan media interaktif dalam berkomunikasi (penggunaan sosial media dalam berkomunikasi) profesional
77 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi Mampu mengoperasikan operating system (OS) pada PC. profesional


Print BeritaPrint PDFPDF

Materi Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini