Soal Pretes PPG UKG Bahasa Inggris SD

Soal Pretes PPG UKG Bahasa Inggris SD

Petunjuk Teknis

» Bahasa Inggris

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Jenjang : SD MI
Soal : Soal Pretes PPG UKG Bahasa Inggris SD

Soal Pretes PPG UKG Bahasa Inggris SD Bahasa Inggris


KERJAKAN SOAL


1.
Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...
 Tidak ada jawaban
 pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
 pertanyaan yang diajukan guru tertutup
 guru sebagai fasilitator
 guru aktif
2.
Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...
 siswa kurang dapat bekerja sama
 pembelajaran bermakna
 guru menjadi kreatif
 motivasi belajar anak meningkat
 Tidak ada jawaban
3.
Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?
 Video
 Surat kabar
 Buku
 Modul
 Tidak ada jawaban
4.
Fungsi bahan ajar modul/LKS
 untuk mengisi waktu luang siswa
  untuk menambah waktu belajar siswa
 untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
 Tidak ada jawaban
 untuk meningkatkan hasil belajar siswa
5.
Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?
 PTK bersifat profesional
 PTK bersifat klasikal
 PTK bersifat individual
 Tidak ada jawaban
 PTK bersifat kontekstual
6.
Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?
 Kerjasama antara peneliti PTK atasan
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
 Tidak ada jawaban
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
7.
Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:
 Materi
 Evaluasi
 Tujuan
 Strategi
 Tidak ada jawaban
8.
Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:
 Konfirmasi
 Refleksi
 Eksplorasi
 Tidak ada jawaban
 Elaborasi
9.
Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:
 psikomotorik
 tertulis
 Tidak ada jawaban
 kognitif
 afektif
10.
Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:
 Tidak ada jawaban
 skala sikap
 skala penilaian diri sendiri
 daftar pertanyaan
  lembar observasi
11.
Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:
 portofolio
 proyek
 hasil karya
 kognisi
 Tidak ada jawaban
12.
Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:
 lembar soal dan lembar jawaban
 lembar soal
 kisi-kisi instrumen penilaian
 lembar jawaban
 Tidak ada jawaban
13.
Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:
 Analisis pembelajaran
 Tidak ada jawaban
 Analisis kurikulum
 Identifikasi masalah pembelajaran
 Identifikasi kebutuhan
14.
Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.
 Nomor 14 Tahun 2007
 Nomor 41 Tahun 2005
 Nomor 14 Tahun 2005
 Nomor 41 Tahun 2007
 Tidak ada jawaban
15.
Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:
 Saluran
 Penerima
 Pesan
 Sumber
 Tidak ada jawaban
16.
Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:
 Pendekatan pembelajaran
 Tidak ada jawaban
 Strategi pembelajaran
 Teknik pembelajaran
 Metode pembelajaran
17.
Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:
 keakuratan ilmu pengetahuan
 Tidak ada jawaban
  ilustrasi
 bahasa
 fisik modul/LKS
18.
Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...
 siswa aktif
 jawaban siswa harus sama dengan guru
 Tidak ada jawaban
 guru menciptakan pembelajaran yang menantang
 metode pembejaran bervariasi
19.
Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:
 menguji coba butir instrumen
 mengidentifikasi tujuan pembelajaran
  membuat kisi-kisi
  merumuskan tujuan penilaian
 Tidak ada jawaban
20.
Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:
 bagian inti
 bagian akhir
 bagian awal
 Tidak ada jawaban
  bagian penutup
21.
Manakah yang tergolong materi fakta ?
 Ciri-ciri makhluk hidup
 Hukum Archimedes
 Prosedur menabung
 Peristiwa gempa bumi
 Tidak ada jawaban
22.
Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:
 evaluasi
 pengembangan
 Tidak ada jawaban
 perancangan
 produksi
23.
Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal
 kalibrasi
 Tidak ada jawaban
 kisi-kisi
 kisi-kisi cetak baru
 blue print
24.
Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:
  mudah dipahami siswa
 tersedia tipe tugas atau latihan
 Tidak ada jawaban
 sesuai dengan silabus dan RPP
 alur penyajian tidak sistematis
25.
Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:
 Membaca
 Tidak ada jawaban
 Menyanyi
 Menguasai
 Menjawab
26.
Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:
 pengembangan
 Tidak ada jawaban
 perancangan
 evaluasi
 produksi
27.
Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:
 Indikator
 Tidak ada jawaban
 Sumber referensi
 Identitas mata pelajaran
 Alokasi waktu
28.
Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:
 Permainan
 Objek
  Penyaji
 Tidak ada jawaban
 Interaktif
29.
Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:
 skala ordinal
 Tidak ada jawaban
 angka
 skala nominal
 interval skor
30.
Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:
 pelaksanaan praktek
 memelihara kebersihan ruang laboratorium
 persiapan alat dan bahan
 Tidak ada jawaban
 penulisan laporan praktek
31.
Prosedur memanfaatkan media kecuali:
 Tindak lanjut
 Pelaksanaan
 Pengumpulan bahan
 Persiapan
 Tidak ada jawaban
32.
Apa arti guru reflektif?
 Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
 Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
 Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
 Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
 Tidak ada jawaban
33.
Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..
 guru memahami anak secara perorangan
 Tidak ada jawaban
 menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
 memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
 guru tidak memberikan umpan balik
34.
Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:
 Model
 Tidak ada jawaban
 Realia
 Mock up
 Simulator
35.
Kriteria utama dalam memilih media:
 Jumlah siswa
 Kemudahan penggunaan
 Kemampuan media
 Tujuan pembelajaran
 Tidak ada jawaban
36.
Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...
 Tidak ada jawaban
 mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
  memperbanyak halaman LKS
 mengulangi isi buku pelajaran
 merupakan alat motivasi belajar
37.
Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.
 menganalisis
 Tidak ada jawaban
 mensintesis
 mencipta
 menilai
38.
Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...
 Evaluasi
 Tujuan
 Tidak ada jawaban
 Materi
 Strategi
39.
Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:
 rangkuman
 tes formatif
 Tidak ada jawaban
 uraian materi
 kunci jawaban
40.
Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:
 Radio
 Audio
 Film
 Video
 Tidak ada jawaban
41.
Salah satu ciri PAKEM adalah...
 pembelajaran berpusat pada guru
 sumber belajar utama adalah buku paket
 Tidak ada jawaban
 lingkungan sebagai sumber belajar
 dominan menggunakan metode ceramah
42.
Manfaat media pembelajaran kecuali:
 Memberikan rangsangan pada indera siswa.
 Tidak ada jawaban
 Meningkatkan perhatian siswa
 Memberikan hiburan kepada siswa
 Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
43.
Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:
 berisi petunjuk pengerjaan soal
 berisi kolom untuk menjawab soal
 berisi alokasi waktu pengerjaan soal
 berisi pertanyaan terbuka
 Tidak ada jawaban
44.
Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:
 Realita
 Tidak ada jawaban
 Model
 Gambar
 Foto
45.
Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik
 Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
 Tidak ada jawaban
 Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
 Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
 Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
46.
Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar
 menuliskan draft butir instrumen
 menentukan tujuan penilaian
  mengidentifikasi hasil belajar
 Tidak ada jawaban
 membuat kisi-kisi
47.
Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?
 Menyita waktu
 Mahal
 Tidak layak
 Sulit
 Tidak ada jawaban
48.
Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:
 Tidak ada jawaban
  menjawab soal-soal
  melakukan percobaan
 meringkas buku
 memasangkan gambar dengan kata
49.
Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...
 Teori pembelajaran
 Teori belajar
 Teori komunikasi
 Tidak ada jawaban
 Teori analisis peserta didik
50.
Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer
 Tidak ada jawaban
 Kemudahan penggunaan
 Biaya
 Akses
 Kecepatan

Soal SD MI

Soal Pedagogik PPG Aqidah Akhlak MI

Soal Pedagogik PPG UKG Aqidah Akhlak ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG SKI MI

Soal Pedagogik PPG UKG SKI ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG UKG Penjaskes SD MI

Soal Pedagogik PPG UKG Penjaskes SD MI ...Baca selengkapnya...

Soal PPG UKG Penjaskes SD MI

Latihan Soal PPG UKG Penjaskes SD MI ...Baca selengkapnya...

Soal PPG UKG IPA SD

Latihan Soal PPG UKG IPA SD ...Baca selengkapnya...
a