Soal Pretes PPG UKG Bahasa Inggris SD

Soal Pretes PPG UKG Bahasa Inggris SD

Petunjuk Teknis

» Bahasa Inggris

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Jenjang : SD MI
Soal : Soal Pretes PPG UKG Bahasa Inggris SD

Soal Pretes PPG UKG Bahasa Inggris SD Bahasa Inggris


KERJAKAN SOAL


1.
Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:
 Tidak ada jawaban
 Sumber
 Pesan
 Penerima
 Saluran
2.
Salah satu ciri PAKEM adalah...
 sumber belajar utama adalah buku paket
 dominan menggunakan metode ceramah
 pembelajaran berpusat pada guru
 lingkungan sebagai sumber belajar
 Tidak ada jawaban
3.
Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.
 menilai
 Tidak ada jawaban
 menganalisis
 mensintesis
 mencipta
4.
Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:
 Foto
 Model
 Tidak ada jawaban
 Gambar
 Realita
5.
Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:
 alur penyajian tidak sistematis
  mudah dipahami siswa
 tersedia tipe tugas atau latihan
 sesuai dengan silabus dan RPP
 Tidak ada jawaban
6.
Manfaat media pembelajaran kecuali:
 Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
 Memberikan hiburan kepada siswa
 Memberikan rangsangan pada indera siswa.
 Meningkatkan perhatian siswa
 Tidak ada jawaban
7.
Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:
 Tidak ada jawaban
 kognitif
 tertulis
 psikomotorik
 afektif
8.
Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?
 Tidak layak
 Menyita waktu
 Sulit
 Tidak ada jawaban
 Mahal
9.
Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...
 Evaluasi
 Materi
 Tujuan
 Tidak ada jawaban
 Strategi
10.
Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik
 Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
 Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
 Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
 Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
 Tidak ada jawaban
11.
Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:
 Sumber referensi
 Identitas mata pelajaran
 Alokasi waktu
 Tidak ada jawaban
 Indikator
12.
Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...
 motivasi belajar anak meningkat
 pembelajaran bermakna
 siswa kurang dapat bekerja sama
 Tidak ada jawaban
 guru menjadi kreatif
13.
Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:
 Film
 Audio
 Video
 Tidak ada jawaban
 Radio
14.
Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:
 hasil karya
 portofolio
 kognisi
 Tidak ada jawaban
 proyek
15.
Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:
 skala nominal
 interval skor
 skala ordinal
 angka
 Tidak ada jawaban
16.
Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...
  memperbanyak halaman LKS
 mengulangi isi buku pelajaran
 mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
 merupakan alat motivasi belajar
 Tidak ada jawaban
17.
Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:
 produksi
 pengembangan
 Tidak ada jawaban
 evaluasi
 perancangan
18.
Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:
 Tidak ada jawaban
 Objek
  Penyaji
 Interaktif
 Permainan
19.
Apa arti guru reflektif?
 Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
 Tidak ada jawaban
 Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
 Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
 Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
20.
Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
 Kerjasama antara peneliti PTK atasan
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
 Tidak ada jawaban
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
21.
Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:
 lembar soal
 Tidak ada jawaban
 lembar jawaban
 kisi-kisi instrumen penilaian
 lembar soal dan lembar jawaban
22.
Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:
 Strategi pembelajaran
 Metode pembelajaran
 Tidak ada jawaban
 Teknik pembelajaran
 Pendekatan pembelajaran
23.
Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:
 Tidak ada jawaban
 Materi
 Tujuan
 Strategi
 Evaluasi
24.
Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:
 tes formatif
 uraian materi
 kunci jawaban
 Tidak ada jawaban
 rangkuman
25.
Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...
 metode pembejaran bervariasi
 Tidak ada jawaban
 siswa aktif
 guru menciptakan pembelajaran yang menantang
 jawaban siswa harus sama dengan guru
26.
Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:
 pengembangan
 evaluasi
 produksi
 Tidak ada jawaban
 perancangan
27.
Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...
 guru aktif
 pertanyaan yang diajukan guru tertutup
 guru sebagai fasilitator
 pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
 Tidak ada jawaban
28.
Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:
 memelihara kebersihan ruang laboratorium
 Tidak ada jawaban
 penulisan laporan praktek
 persiapan alat dan bahan
 pelaksanaan praktek
29.
Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer
 Tidak ada jawaban
 Akses
 Biaya
 Kemudahan penggunaan
 Kecepatan
30.
Kriteria utama dalam memilih media:
 Jumlah siswa
 Kemudahan penggunaan
 Tidak ada jawaban
 Kemampuan media
 Tujuan pembelajaran
31.
Prosedur memanfaatkan media kecuali:
 Tidak ada jawaban
 Tindak lanjut
 Pengumpulan bahan
 Pelaksanaan
 Persiapan
32.
Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:
 Tidak ada jawaban
 Refleksi
 Elaborasi
 Konfirmasi
 Eksplorasi
33.
Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:
  melakukan percobaan
 Tidak ada jawaban
  menjawab soal-soal
 memasangkan gambar dengan kata
 meringkas buku
34.
Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:
 Tidak ada jawaban
 Analisis pembelajaran
 Analisis kurikulum
 Identifikasi masalah pembelajaran
 Identifikasi kebutuhan
35.
Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:
 keakuratan ilmu pengetahuan
 fisik modul/LKS
 bahasa
 Tidak ada jawaban
  ilustrasi
36.
Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?
 Tidak ada jawaban
 Video
 Buku
 Surat kabar
 Modul
37.
Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal
 kisi-kisi cetak baru
 Tidak ada jawaban
 kisi-kisi
 blue print
 kalibrasi
38.
Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:
 bagian akhir
 bagian awal
 bagian inti
  bagian penutup
 Tidak ada jawaban
39.
Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:
 Tidak ada jawaban
 menguji coba butir instrumen
  merumuskan tujuan penilaian
  membuat kisi-kisi
 mengidentifikasi tujuan pembelajaran
40.
Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:
 Membaca
 Tidak ada jawaban
 Menguasai
 Menyanyi
 Menjawab
41.
Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar
  mengidentifikasi hasil belajar
 membuat kisi-kisi
 menentukan tujuan penilaian
 Tidak ada jawaban
 menuliskan draft butir instrumen
42.
Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?
 PTK bersifat klasikal
 Tidak ada jawaban
 PTK bersifat profesional
 PTK bersifat individual
 PTK bersifat kontekstual
43.
Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..
 guru tidak memberikan umpan balik
 menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
 memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
 Tidak ada jawaban
 guru memahami anak secara perorangan
44.
Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.
 Nomor 14 Tahun 2005
 Nomor 41 Tahun 2005
 Nomor 41 Tahun 2007
 Tidak ada jawaban
 Nomor 14 Tahun 2007
45.
Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:
 Realia
 Mock up
 Model
 Tidak ada jawaban
 Simulator
46.
Fungsi bahan ajar modul/LKS
  untuk menambah waktu belajar siswa
 untuk meningkatkan hasil belajar siswa
 Tidak ada jawaban
 untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
 untuk mengisi waktu luang siswa
47.
Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...
 Tidak ada jawaban
 Teori analisis peserta didik
 Teori komunikasi
 Teori belajar
 Teori pembelajaran
48.
Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:
 berisi pertanyaan terbuka
 berisi petunjuk pengerjaan soal
 berisi kolom untuk menjawab soal
 berisi alokasi waktu pengerjaan soal
 Tidak ada jawaban
49.
Manakah yang tergolong materi fakta ?
 Prosedur menabung
 Peristiwa gempa bumi
 Ciri-ciri makhluk hidup
 Hukum Archimedes
 Tidak ada jawaban
50.
Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:
  lembar observasi
 daftar pertanyaan
 skala penilaian diri sendiri
 skala sikap
 Tidak ada jawaban
a