Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA NETRA

Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA NETRA

Petunjuk Teknis

» SLB TUNA NETRA

Mata Pelajaran : SLB TUNA NETRA
Jenjang : SD MI
Soal : Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA NETRA

Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA NETRA SLB TUNA NETRA


KERJAKAN SOAL


1.
Prosedur memanfaatkan media kecuali:
 Pengumpulan bahan
 Persiapan
 Pelaksanaan
 Tindak lanjut
 Tidak ada jawaban
2.
Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:
  membuat kisi-kisi
 menguji coba butir instrumen
 mengidentifikasi tujuan pembelajaran
  merumuskan tujuan penilaian
 Tidak ada jawaban
3.
Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:
 Identitas mata pelajaran
 Tidak ada jawaban
 Sumber referensi
 Alokasi waktu
 Indikator
4.
Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:
 Tidak ada jawaban
 Audio
 Film
 Radio
 Video
5.
Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...
 Teori analisis peserta didik
 Teori belajar
 Tidak ada jawaban
 Teori komunikasi
 Teori pembelajaran
6.
Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:
 bagian inti
 bagian awal
 Tidak ada jawaban
  bagian penutup
 bagian akhir
7.
Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...
 siswa aktif
 guru menciptakan pembelajaran yang menantang
 jawaban siswa harus sama dengan guru
 Tidak ada jawaban
 metode pembejaran bervariasi
8.
Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:
 berisi petunjuk pengerjaan soal
 berisi alokasi waktu pengerjaan soal
 berisi pertanyaan terbuka
 Tidak ada jawaban
 berisi kolom untuk menjawab soal
9.
Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:
 afektif
 tertulis
 Tidak ada jawaban
 psikomotorik
 kognitif
10.
Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...
 pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
 guru sebagai fasilitator
 pertanyaan yang diajukan guru tertutup
 Tidak ada jawaban
 guru aktif
11.
Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..
 Tidak ada jawaban
 memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
 guru tidak memberikan umpan balik
 menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
 guru memahami anak secara perorangan
12.
Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.
 Nomor 14 Tahun 2005
 Tidak ada jawaban
 Nomor 41 Tahun 2005
 Nomor 41 Tahun 2007
 Nomor 14 Tahun 2007
13.
Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:
 Simulator
 Mock up
 Tidak ada jawaban
 Realia
 Model
14.
Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:
 proyek
 Tidak ada jawaban
 portofolio
 kognisi
 hasil karya
15.
Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:
 lembar soal
 lembar soal dan lembar jawaban
 Tidak ada jawaban
 lembar jawaban
 kisi-kisi instrumen penilaian
16.
Manakah yang tergolong materi fakta ?
 Hukum Archimedes
 Tidak ada jawaban
 Peristiwa gempa bumi
 Ciri-ciri makhluk hidup
 Prosedur menabung
17.
Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:
 persiapan alat dan bahan
 pelaksanaan praktek
 memelihara kebersihan ruang laboratorium
 penulisan laporan praktek
 Tidak ada jawaban
18.
Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:
 kunci jawaban
 rangkuman
 uraian materi
 Tidak ada jawaban
 tes formatif
19.
Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...
 siswa kurang dapat bekerja sama
 pembelajaran bermakna
 Tidak ada jawaban
 motivasi belajar anak meningkat
 guru menjadi kreatif
20.
Kriteria utama dalam memilih media:
 Jumlah siswa
 Tidak ada jawaban
 Tujuan pembelajaran
 Kemudahan penggunaan
 Kemampuan media
21.
Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:
 Tidak ada jawaban
 evaluasi
 pengembangan
 perancangan
 produksi
22.
Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik
 Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
 Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
 Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
 Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
 Tidak ada jawaban
23.
Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
 Tidak ada jawaban
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
 Kerjasama antara peneliti PTK atasan
24.
Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.
 mensintesis
 mencipta
 menganalisis
 menilai
 Tidak ada jawaban
25.
Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:
 sesuai dengan silabus dan RPP
  mudah dipahami siswa
 Tidak ada jawaban
 alur penyajian tidak sistematis
 tersedia tipe tugas atau latihan
26.
Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar
 menuliskan draft butir instrumen
 membuat kisi-kisi
 Tidak ada jawaban
 menentukan tujuan penilaian
  mengidentifikasi hasil belajar
27.
Apa arti guru reflektif?
 Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
 Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
 Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
 Tidak ada jawaban
 Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
28.
Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:
 Sumber
 Penerima
 Tidak ada jawaban
 Saluran
 Pesan
29.
Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:
 Identifikasi masalah pembelajaran
 Analisis kurikulum
 Analisis pembelajaran
 Tidak ada jawaban
 Identifikasi kebutuhan
30.
Salah satu ciri PAKEM adalah...
 pembelajaran berpusat pada guru
 sumber belajar utama adalah buku paket
 Tidak ada jawaban
 lingkungan sebagai sumber belajar
 dominan menggunakan metode ceramah
31.
Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:
 Model
 Tidak ada jawaban
 Foto
 Gambar
 Realita
32.
Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer
 Tidak ada jawaban
 Kecepatan
 Kemudahan penggunaan
 Biaya
 Akses
33.
Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal
 Tidak ada jawaban
 kisi-kisi cetak baru
 blue print
 kisi-kisi
 kalibrasi
34.
Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:
 daftar pertanyaan
 skala penilaian diri sendiri
 Tidak ada jawaban
  lembar observasi
 skala sikap
35.
Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?
 Surat kabar
 Video
 Buku
 Modul
 Tidak ada jawaban
36.
Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:
 bahasa
 Tidak ada jawaban
  ilustrasi
 fisik modul/LKS
 keakuratan ilmu pengetahuan
37.
Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:
 Strategi
 Materi
 Tidak ada jawaban
 Tujuan
 Evaluasi
38.
Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:
 Tidak ada jawaban
 Elaborasi
 Eksplorasi
 Refleksi
 Konfirmasi
39.
Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?
 PTK bersifat kontekstual
 PTK bersifat klasikal
 Tidak ada jawaban
 PTK bersifat individual
 PTK bersifat profesional
40.
Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:
 Pendekatan pembelajaran
 Tidak ada jawaban
 Metode pembelajaran
 Teknik pembelajaran
 Strategi pembelajaran
41.
Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:
 pengembangan
 Tidak ada jawaban
 evaluasi
 produksi
 perancangan
42.
Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?
 Tidak ada jawaban
 Mahal
 Tidak layak
 Menyita waktu
 Sulit
43.
Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:
  Penyaji
 Tidak ada jawaban
 Interaktif
 Permainan
 Objek
44.
Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:
  melakukan percobaan
 Tidak ada jawaban
  menjawab soal-soal
 memasangkan gambar dengan kata
 meringkas buku
45.
Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:
 angka
 Tidak ada jawaban
 skala nominal
 skala ordinal
 interval skor
46.
Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...
 Tujuan
 Tidak ada jawaban
 Materi
 Evaluasi
 Strategi
47.
Fungsi bahan ajar modul/LKS
  untuk menambah waktu belajar siswa
 untuk meningkatkan hasil belajar siswa
 Tidak ada jawaban
 untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
 untuk mengisi waktu luang siswa
48.
Manfaat media pembelajaran kecuali:
 Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
 Meningkatkan perhatian siswa
 Memberikan rangsangan pada indera siswa.
 Tidak ada jawaban
 Memberikan hiburan kepada siswa
49.
Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:
 Menyanyi
 Membaca
 Tidak ada jawaban
 Menjawab
 Menguasai
50.
Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...
 mengulangi isi buku pelajaran
 Tidak ada jawaban
  memperbanyak halaman LKS
 merupakan alat motivasi belajar
 mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa

Soal SD MI

Soal Pedagogik PPG Aqidah Akhlak MI

Soal Pedagogik PPG UKG Aqidah Akhlak ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG SKI MI

Soal Pedagogik PPG UKG SKI ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG UKG Penjaskes SD MI

Soal Pedagogik PPG UKG Penjaskes SD MI ...Baca selengkapnya...

Soal PPG UKG Penjaskes SD MI

Latihan Soal PPG UKG Penjaskes SD MI ...Baca selengkapnya...

Soal PPG UKG IPA SD

Latihan Soal PPG UKG IPA SD ...Baca selengkapnya...
a