Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA NETRA

Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA NETRA

Petunjuk Teknis

» SLB TUNA NETRA

Mata Pelajaran : SLB TUNA NETRA
Jenjang : SD MI
Soal : Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA NETRA

Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA NETRA SLB TUNA NETRA


KERJAKAN SOAL


1.
Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...
 Teori analisis peserta didik
 Teori pembelajaran
 Tidak ada jawaban
 Teori komunikasi
 Teori belajar
2.
Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:
 Analisis kurikulum
 Identifikasi kebutuhan
 Identifikasi masalah pembelajaran
 Analisis pembelajaran
 Tidak ada jawaban
3.
Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:
 fisik modul/LKS
 bahasa
 keakuratan ilmu pengetahuan
  ilustrasi
 Tidak ada jawaban
4.
Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:
 Alokasi waktu
 Sumber referensi
 Tidak ada jawaban
 Indikator
 Identitas mata pelajaran
5.
Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal
 blue print
 kisi-kisi
 kisi-kisi cetak baru
 kalibrasi
 Tidak ada jawaban
6.
Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...
 Tidak ada jawaban
 merupakan alat motivasi belajar
 mengulangi isi buku pelajaran
  memperbanyak halaman LKS
 mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
7.
Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..
 Tidak ada jawaban
 guru memahami anak secara perorangan
 guru tidak memberikan umpan balik
 menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
 memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
8.
Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:
 produksi
 evaluasi
 Tidak ada jawaban
 pengembangan
 perancangan
9.
Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
 Tidak ada jawaban
 Kerjasama antara peneliti PTK atasan
10.
Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:
 kisi-kisi instrumen penilaian
 lembar jawaban
 lembar soal dan lembar jawaban
 Tidak ada jawaban
 lembar soal
11.
Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:
 perancangan
 evaluasi
 produksi
 pengembangan
 Tidak ada jawaban
12.
Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:
 Menyanyi
 Tidak ada jawaban
 Menguasai
 Membaca
 Menjawab
13.
Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:
 Konfirmasi
 Refleksi
 Tidak ada jawaban
 Elaborasi
 Eksplorasi
14.
Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:
 Strategi pembelajaran
 Teknik pembelajaran
 Tidak ada jawaban
 Pendekatan pembelajaran
 Metode pembelajaran
15.
Apa arti guru reflektif?
 Tidak ada jawaban
 Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
 Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
 Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
 Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
16.
Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...
 metode pembejaran bervariasi
 jawaban siswa harus sama dengan guru
 siswa aktif
 Tidak ada jawaban
 guru menciptakan pembelajaran yang menantang
17.
Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:
 berisi petunjuk pengerjaan soal
 berisi kolom untuk menjawab soal
 berisi alokasi waktu pengerjaan soal
 berisi pertanyaan terbuka
 Tidak ada jawaban
18.
Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...
 Tidak ada jawaban
 pembelajaran bermakna
 guru menjadi kreatif
 siswa kurang dapat bekerja sama
 motivasi belajar anak meningkat
19.
Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:
 Tidak ada jawaban
 Interaktif
  Penyaji
 Objek
 Permainan
20.
Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik
 Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
 Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
 Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
 Tidak ada jawaban
 Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
21.
Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?
 Modul
 Video
 Buku
 Surat kabar
 Tidak ada jawaban
22.
Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:
 interval skor
 skala nominal
 Tidak ada jawaban
 angka
 skala ordinal
23.
Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?
 Tidak ada jawaban
 PTK bersifat profesional
 PTK bersifat klasikal
 PTK bersifat individual
 PTK bersifat kontekstual
24.
Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:
 Tidak ada jawaban
 Foto
 Realita
 Gambar
 Model
25.
Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...
 guru aktif
 guru sebagai fasilitator
 Tidak ada jawaban
 pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
 pertanyaan yang diajukan guru tertutup
26.
Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.
 Nomor 41 Tahun 2005
 Tidak ada jawaban
 Nomor 14 Tahun 2005
 Nomor 14 Tahun 2007
 Nomor 41 Tahun 2007
27.
Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:
 Simulator
 Tidak ada jawaban
 Mock up
 Model
 Realia
28.
Manfaat media pembelajaran kecuali:
 Tidak ada jawaban
 Memberikan hiburan kepada siswa
 Memberikan rangsangan pada indera siswa.
 Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
 Meningkatkan perhatian siswa
29.
Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:
 Audio
 Video
 Radio
 Film
 Tidak ada jawaban
30.
Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:
 daftar pertanyaan
 skala penilaian diri sendiri
 skala sikap
  lembar observasi
 Tidak ada jawaban
31.
Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...
 Tidak ada jawaban
 Materi
 Evaluasi
 Strategi
 Tujuan
32.
Prosedur memanfaatkan media kecuali:
 Tindak lanjut
 Pelaksanaan
 Persiapan
 Pengumpulan bahan
 Tidak ada jawaban
33.
Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:
 Tidak ada jawaban
 kognitif
 psikomotorik
 tertulis
 afektif
34.
Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?
 Tidak ada jawaban
 Tidak layak
 Sulit
 Mahal
 Menyita waktu
35.
Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer
 Kemudahan penggunaan
 Biaya
 Kecepatan
 Akses
 Tidak ada jawaban
36.
Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:
 alur penyajian tidak sistematis
  mudah dipahami siswa
 tersedia tipe tugas atau latihan
 Tidak ada jawaban
 sesuai dengan silabus dan RPP
37.
Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:
 Strategi
 Evaluasi
 Tujuan
 Materi
 Tidak ada jawaban
38.
Manakah yang tergolong materi fakta ?
 Hukum Archimedes
 Prosedur menabung
 Ciri-ciri makhluk hidup
 Tidak ada jawaban
 Peristiwa gempa bumi
39.
Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:
 Tidak ada jawaban
  bagian penutup
 bagian akhir
 bagian inti
 bagian awal
40.
Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:
 portofolio
 proyek
 Tidak ada jawaban
 hasil karya
 kognisi
41.
Salah satu ciri PAKEM adalah...
 sumber belajar utama adalah buku paket
 Tidak ada jawaban
 pembelajaran berpusat pada guru
 lingkungan sebagai sumber belajar
 dominan menggunakan metode ceramah
42.
Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:
 penulisan laporan praktek
 Tidak ada jawaban
 memelihara kebersihan ruang laboratorium
 pelaksanaan praktek
 persiapan alat dan bahan
43.
Kriteria utama dalam memilih media:
 Jumlah siswa
 Tujuan pembelajaran
 Kemudahan penggunaan
 Tidak ada jawaban
 Kemampuan media
44.
Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:
 meringkas buku
  menjawab soal-soal
 memasangkan gambar dengan kata
  melakukan percobaan
 Tidak ada jawaban
45.
Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:
 rangkuman
 Tidak ada jawaban
 uraian materi
 tes formatif
 kunci jawaban
46.
Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.
 menganalisis
 Tidak ada jawaban
 menilai
 mencipta
 mensintesis
47.
Fungsi bahan ajar modul/LKS
 untuk mengisi waktu luang siswa
 untuk meningkatkan hasil belajar siswa
 Tidak ada jawaban
  untuk menambah waktu belajar siswa
 untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
48.
Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:
 Pesan
 Sumber
 Tidak ada jawaban
 Penerima
 Saluran
49.
Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar
 menuliskan draft butir instrumen
  mengidentifikasi hasil belajar
 Tidak ada jawaban
 membuat kisi-kisi
 menentukan tujuan penilaian
50.
Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:
 menguji coba butir instrumen
 Tidak ada jawaban
  membuat kisi-kisi
  merumuskan tujuan penilaian
 mengidentifikasi tujuan pembelajaran

Soal SD MI

Soal Pedagogik PPG Aqidah Akhlak MI

Soal Pedagogik PPG UKG Aqidah Akhlak ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG SKI MI

Soal Pedagogik PPG UKG SKI ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG UKG Penjaskes SD MI

Soal Pedagogik PPG UKG Penjaskes SD MI ...Baca selengkapnya...

Soal PPG UKG Penjaskes SD MI

Latihan Soal PPG UKG Penjaskes SD MI ...Baca selengkapnya...

Soal PPG UKG IPA SD

Latihan Soal PPG UKG IPA SD ...Baca selengkapnya...
a