Soal Pretes PPG UKG SLB AUTIS

Soal Pretes PPG UKG SLB AUTIS

Petunjuk Teknis

» SLB AUTIS

Mata Pelajaran : SLB AUTIS
Jenjang : SD MI
Soal : Soal Pretes PPG UKG SLB AUTIS

Soal Pretes PPG UKG SLB AUTIS SLB AUTIS


KERJAKAN SOAL


1.
Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:
 Tidak ada jawaban
 mengidentifikasi tujuan pembelajaran
  membuat kisi-kisi
  merumuskan tujuan penilaian
 menguji coba butir instrumen
2.
Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:
 proyek
 hasil karya
 portofolio
 Tidak ada jawaban
 kognisi
3.
Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:
 Membaca
 Tidak ada jawaban
 Menyanyi
 Menjawab
 Menguasai
4.
Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal
 kisi-kisi
 kisi-kisi cetak baru
 blue print
 kalibrasi
 Tidak ada jawaban
5.
Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:
 pelaksanaan praktek
 Tidak ada jawaban
 memelihara kebersihan ruang laboratorium
 penulisan laporan praktek
 persiapan alat dan bahan
6.
Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar
 menuliskan draft butir instrumen
 menentukan tujuan penilaian
 Tidak ada jawaban
 membuat kisi-kisi
  mengidentifikasi hasil belajar
7.
Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...
 Tidak ada jawaban
 pertanyaan yang diajukan guru tertutup
 guru aktif
 guru sebagai fasilitator
 pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
8.
Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...
 guru menjadi kreatif
 motivasi belajar anak meningkat
 siswa kurang dapat bekerja sama
 pembelajaran bermakna
 Tidak ada jawaban
9.
Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:
  Penyaji
 Tidak ada jawaban
 Objek
 Interaktif
 Permainan
10.
Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?
 Menyita waktu
 Tidak ada jawaban
 Mahal
 Sulit
 Tidak layak
11.
Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:
 Teknik pembelajaran
 Metode pembelajaran
 Tidak ada jawaban
 Pendekatan pembelajaran
 Strategi pembelajaran
12.
Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:
 Identifikasi kebutuhan
 Identifikasi masalah pembelajaran
 Tidak ada jawaban
 Analisis pembelajaran
 Analisis kurikulum
13.
Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:
 Strategi
 Tidak ada jawaban
 Materi
 Evaluasi
 Tujuan
14.
Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..
 guru tidak memberikan umpan balik
 guru memahami anak secara perorangan
 Tidak ada jawaban
 memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
 menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
15.
Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?
 Tidak ada jawaban
 Video
 Buku
 Modul
 Surat kabar
16.
Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:
 Indikator
 Sumber referensi
 Alokasi waktu
 Tidak ada jawaban
 Identitas mata pelajaran
17.
Manakah yang tergolong materi fakta ?
 Hukum Archimedes
 Ciri-ciri makhluk hidup
 Tidak ada jawaban
 Prosedur menabung
 Peristiwa gempa bumi
18.
Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?
 PTK bersifat profesional
 PTK bersifat kontekstual
 PTK bersifat individual
 PTK bersifat klasikal
 Tidak ada jawaban
19.
Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:
 Realita
 Model
 Gambar
 Tidak ada jawaban
 Foto
20.
Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?
 Kerjasama antara peneliti PTK atasan
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
 Tidak ada jawaban
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
21.
Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:
 pengembangan
 perancangan
 Tidak ada jawaban
 evaluasi
 produksi
22.
Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:
 Tidak ada jawaban
 interval skor
 skala ordinal
 skala nominal
 angka
23.
Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...
  memperbanyak halaman LKS
 mengulangi isi buku pelajaran
 merupakan alat motivasi belajar
 mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
 Tidak ada jawaban
24.
Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:
 Tidak ada jawaban
 Mock up
 Realia
 Model
 Simulator
25.
Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:
 kunci jawaban
 uraian materi
 tes formatif
 rangkuman
 Tidak ada jawaban
26.
Fungsi bahan ajar modul/LKS
 Tidak ada jawaban
 untuk mengisi waktu luang siswa
 untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
 untuk meningkatkan hasil belajar siswa
  untuk menambah waktu belajar siswa
27.
Salah satu ciri PAKEM adalah...
 sumber belajar utama adalah buku paket
 lingkungan sebagai sumber belajar
 dominan menggunakan metode ceramah
 Tidak ada jawaban
 pembelajaran berpusat pada guru
28.
Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:
  mudah dipahami siswa
 tersedia tipe tugas atau latihan
 Tidak ada jawaban
 sesuai dengan silabus dan RPP
 alur penyajian tidak sistematis
29.
Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.
 Nomor 14 Tahun 2005
 Tidak ada jawaban
 Nomor 14 Tahun 2007
 Nomor 41 Tahun 2005
 Nomor 41 Tahun 2007
30.
Manfaat media pembelajaran kecuali:
 Tidak ada jawaban
 Memberikan rangsangan pada indera siswa.
 Memberikan hiburan kepada siswa
 Meningkatkan perhatian siswa
 Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
31.
Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:
 memasangkan gambar dengan kata
 meringkas buku
  menjawab soal-soal
  melakukan percobaan
 Tidak ada jawaban
32.
Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.
 menilai
 mencipta
 mensintesis
 menganalisis
 Tidak ada jawaban
33.
Kriteria utama dalam memilih media:
 Kemampuan media
 Tujuan pembelajaran
 Tidak ada jawaban
 Jumlah siswa
 Kemudahan penggunaan
34.
Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...
 siswa aktif
 metode pembejaran bervariasi
 jawaban siswa harus sama dengan guru
 guru menciptakan pembelajaran yang menantang
 Tidak ada jawaban
35.
Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:
 Saluran
 Penerima
 Tidak ada jawaban
 Sumber
 Pesan
36.
Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:
 Tidak ada jawaban
 keakuratan ilmu pengetahuan
 bahasa
 fisik modul/LKS
  ilustrasi
37.
Apa arti guru reflektif?
 Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
 Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
 Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
 Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
 Tidak ada jawaban
38.
Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...
 Materi
 Strategi
 Evaluasi
 Tidak ada jawaban
 Tujuan
39.
Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:
 Tidak ada jawaban
 afektif
 kognitif
 psikomotorik
 tertulis
40.
Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik
 Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
 Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
 Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
 Tidak ada jawaban
 Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
41.
Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...
 Tidak ada jawaban
 Teori analisis peserta didik
 Teori belajar
 Teori komunikasi
 Teori pembelajaran
42.
Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:
 Tidak ada jawaban
 kisi-kisi instrumen penilaian
 lembar soal dan lembar jawaban
 lembar soal
 lembar jawaban
43.
Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:
 Tidak ada jawaban
 berisi kolom untuk menjawab soal
 berisi petunjuk pengerjaan soal
 berisi alokasi waktu pengerjaan soal
 berisi pertanyaan terbuka
44.
Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:
 Video
 Audio
 Tidak ada jawaban
 Film
 Radio
45.
Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer
 Kecepatan
 Biaya
 Akses
 Kemudahan penggunaan
 Tidak ada jawaban
46.
Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:
 bagian akhir
 Tidak ada jawaban
 bagian awal
 bagian inti
  bagian penutup
47.
Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:
  lembar observasi
 daftar pertanyaan
 Tidak ada jawaban
 skala penilaian diri sendiri
 skala sikap
48.
Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:
 Refleksi
 Konfirmasi
 Tidak ada jawaban
 Eksplorasi
 Elaborasi
49.
Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:
 pengembangan
 perancangan
 evaluasi
 produksi
 Tidak ada jawaban
50.
Prosedur memanfaatkan media kecuali:
 Tindak lanjut
 Persiapan
 Pelaksanaan
 Tidak ada jawaban
 Pengumpulan bahan

Soal SD MI

Soal Pedagogik PPG Aqidah Akhlak MI

Soal Pedagogik PPG UKG Aqidah Akhlak ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG SKI MI

Soal Pedagogik PPG UKG SKI ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG UKG Penjaskes SD MI

Soal Pedagogik PPG UKG Penjaskes SD MI ...Baca selengkapnya...

Soal PPG UKG Penjaskes SD MI

Latihan Soal PPG UKG Penjaskes SD MI ...Baca selengkapnya...

Soal PPG UKG IPA SD

Latihan Soal PPG UKG IPA SD ...Baca selengkapnya...
a