Soal Pretes PPG UKG SLB AUTIS

Soal Pretes PPG UKG SLB AUTIS

Petunjuk Teknis

» SLB AUTIS

Mata Pelajaran : SLB AUTIS
Jenjang : SD MI
Soal : Soal Pretes PPG UKG SLB AUTIS

Soal Pretes PPG UKG SLB AUTIS SLB AUTIS


KERJAKAN SOAL


1.
Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?
 PTK bersifat klasikal
 PTK bersifat kontekstual
 PTK bersifat profesional
 Tidak ada jawaban
 PTK bersifat individual
2.
Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?
 Surat kabar
 Video
 Tidak ada jawaban
 Buku
 Modul
3.
Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer
 Kemudahan penggunaan
 Biaya
 Akses
 Tidak ada jawaban
 Kecepatan
4.
Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal
 kisi-kisi
 Tidak ada jawaban
 blue print
 kisi-kisi cetak baru
 kalibrasi
5.
Fungsi bahan ajar modul/LKS
 untuk mengisi waktu luang siswa
 untuk meningkatkan hasil belajar siswa
 Tidak ada jawaban
 untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
  untuk menambah waktu belajar siswa
6.
Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.
 menilai
 Tidak ada jawaban
 mensintesis
 menganalisis
 mencipta
7.
Salah satu ciri PAKEM adalah...
 lingkungan sebagai sumber belajar
 dominan menggunakan metode ceramah
 sumber belajar utama adalah buku paket
 pembelajaran berpusat pada guru
 Tidak ada jawaban
8.
Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:
 Foto
 Realita
 Model
 Gambar
 Tidak ada jawaban
9.
Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:
 angka
 skala nominal
 interval skor
 skala ordinal
 Tidak ada jawaban
10.
Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:
 Identifikasi masalah pembelajaran
 Identifikasi kebutuhan
 Tidak ada jawaban
 Analisis kurikulum
 Analisis pembelajaran
11.
Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:
 hasil karya
 proyek
 kognisi
 portofolio
 Tidak ada jawaban
12.
Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...
 siswa kurang dapat bekerja sama
 guru menjadi kreatif
 Tidak ada jawaban
 pembelajaran bermakna
 motivasi belajar anak meningkat
13.
Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:
 Tidak ada jawaban
 Indikator
 Identitas mata pelajaran
 Alokasi waktu
 Sumber referensi
14.
Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.
 Nomor 41 Tahun 2005
 Nomor 14 Tahun 2007
 Tidak ada jawaban
 Nomor 41 Tahun 2007
 Nomor 14 Tahun 2005
15.
Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:
 berisi kolom untuk menjawab soal
 berisi petunjuk pengerjaan soal
 berisi alokasi waktu pengerjaan soal
 berisi pertanyaan terbuka
 Tidak ada jawaban
16.
Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...
 Tidak ada jawaban
 pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
 guru sebagai fasilitator
 pertanyaan yang diajukan guru tertutup
 guru aktif
17.
Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:
 Tidak ada jawaban
 mengidentifikasi tujuan pembelajaran
  merumuskan tujuan penilaian
  membuat kisi-kisi
 menguji coba butir instrumen
18.
Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...
 Tidak ada jawaban
 metode pembejaran bervariasi
 jawaban siswa harus sama dengan guru
 guru menciptakan pembelajaran yang menantang
 siswa aktif
19.
Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:
 Menguasai
 Menyanyi
 Menjawab
 Tidak ada jawaban
 Membaca
20.
Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:
 Refleksi
 Eksplorasi
 Konfirmasi
 Elaborasi
 Tidak ada jawaban
21.
Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...
 Teori belajar
 Tidak ada jawaban
 Teori analisis peserta didik
 Teori pembelajaran
 Teori komunikasi
22.
Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:
  mudah dipahami siswa
 tersedia tipe tugas atau latihan
 alur penyajian tidak sistematis
 Tidak ada jawaban
 sesuai dengan silabus dan RPP
23.
Manakah yang tergolong materi fakta ?
 Peristiwa gempa bumi
 Hukum Archimedes
 Tidak ada jawaban
 Ciri-ciri makhluk hidup
 Prosedur menabung
24.
Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:
 afektif
 Tidak ada jawaban
 tertulis
 psikomotorik
 kognitif
25.
Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..
 guru memahami anak secara perorangan
 Tidak ada jawaban
 menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
 guru tidak memberikan umpan balik
 memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
26.
Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...
 Tidak ada jawaban
 Evaluasi
 Tujuan
 Strategi
 Materi
27.
Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?
 Tidak ada jawaban
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
 Kerjasama antara peneliti PTK atasan
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
28.
Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:
 Mock up
 Simulator
 Tidak ada jawaban
 Model
 Realia
29.
Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:
 Tidak ada jawaban
 daftar pertanyaan
  lembar observasi
 skala sikap
 skala penilaian diri sendiri
30.
Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:
 pelaksanaan praktek
 penulisan laporan praktek
 Tidak ada jawaban
 memelihara kebersihan ruang laboratorium
 persiapan alat dan bahan
31.
Kriteria utama dalam memilih media:
 Tujuan pembelajaran
 Jumlah siswa
 Tidak ada jawaban
 Kemampuan media
 Kemudahan penggunaan
32.
Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:
 keakuratan ilmu pengetahuan
 bahasa
 Tidak ada jawaban
 fisik modul/LKS
  ilustrasi
33.
Apa arti guru reflektif?
 Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
 Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
 Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
 Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
 Tidak ada jawaban
34.
Prosedur memanfaatkan media kecuali:
 Persiapan
 Tindak lanjut
 Tidak ada jawaban
 Pengumpulan bahan
 Pelaksanaan
35.
Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...
 merupakan alat motivasi belajar
 Tidak ada jawaban
  memperbanyak halaman LKS
 mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
 mengulangi isi buku pelajaran
36.
Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:
  Penyaji
 Interaktif
 Objek
 Permainan
 Tidak ada jawaban
37.
Manfaat media pembelajaran kecuali:
 Memberikan rangsangan pada indera siswa.
 Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
 Tidak ada jawaban
 Memberikan hiburan kepada siswa
 Meningkatkan perhatian siswa
38.
Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:
 pengembangan
 produksi
 evaluasi
 Tidak ada jawaban
 perancangan
39.
Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:
 Audio
 Film
 Radio
 Video
 Tidak ada jawaban
40.
Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik
 Tidak ada jawaban
 Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
 Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
 Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
 Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
41.
Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:
 bagian awal
 bagian akhir
 bagian inti
 Tidak ada jawaban
  bagian penutup
42.
Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar
  mengidentifikasi hasil belajar
 menuliskan draft butir instrumen
 membuat kisi-kisi
 Tidak ada jawaban
 menentukan tujuan penilaian
43.
Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:
 Strategi
 Materi
 Tidak ada jawaban
 Tujuan
 Evaluasi
44.
Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:
 Penerima
 Pesan
 Tidak ada jawaban
 Sumber
 Saluran
45.
Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:
 Tidak ada jawaban
 kisi-kisi instrumen penilaian
 lembar soal
 lembar soal dan lembar jawaban
 lembar jawaban
46.
Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:
 perancangan
 produksi
 pengembangan
 Tidak ada jawaban
 evaluasi
47.
Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:
  menjawab soal-soal
 Tidak ada jawaban
  melakukan percobaan
 memasangkan gambar dengan kata
 meringkas buku
48.
Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:
 Metode pembelajaran
 Strategi pembelajaran
 Tidak ada jawaban
 Teknik pembelajaran
 Pendekatan pembelajaran
49.
Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?
 Menyita waktu
 Tidak layak
 Tidak ada jawaban
 Sulit
 Mahal
50.
Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:
 kunci jawaban
 rangkuman
 tes formatif
 Tidak ada jawaban
 uraian materi
a