Soal Pretes PPG UKG SLB AUTIS

Soal Pretes PPG UKG SLB AUTIS

Petunjuk Teknis

» SLB AUTIS

Mata Pelajaran : SLB AUTIS
Jenjang : SD MI
Soal : Soal Pretes PPG UKG SLB AUTIS

Soal Pretes PPG UKG SLB AUTIS SLB AUTIS


KERJAKAN SOAL


1.
Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:
 proyek
 hasil karya
 portofolio
 Tidak ada jawaban
 kognisi
2.
Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer
 Kecepatan
 Biaya
 Tidak ada jawaban
 Akses
 Kemudahan penggunaan
3.
Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:
 Tidak ada jawaban
 Evaluasi
 Strategi
 Tujuan
 Materi
4.
Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:
 Tidak ada jawaban
 Film
 Video
 Radio
 Audio
5.
Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:
 bagian inti
 bagian akhir
  bagian penutup
 Tidak ada jawaban
 bagian awal
6.
Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:
 Sumber
 Saluran
 Tidak ada jawaban
 Penerima
 Pesan
7.
Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..
 Tidak ada jawaban
 guru memahami anak secara perorangan
 menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
 memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
 guru tidak memberikan umpan balik
8.
Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:
 tersedia tipe tugas atau latihan
 sesuai dengan silabus dan RPP
 alur penyajian tidak sistematis
  mudah dipahami siswa
 Tidak ada jawaban
9.
Kriteria utama dalam memilih media:
 Tujuan pembelajaran
 Kemudahan penggunaan
 Kemampuan media
 Jumlah siswa
 Tidak ada jawaban
10.
Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:
 Tidak ada jawaban
 Menguasai
 Menjawab
 Menyanyi
 Membaca
11.
Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik
 Tidak ada jawaban
 Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
 Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
 Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
 Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
12.
Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:
 Alokasi waktu
 Sumber referensi
 Tidak ada jawaban
 Indikator
 Identitas mata pelajaran
13.
Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:
 berisi pertanyaan terbuka
 berisi alokasi waktu pengerjaan soal
 berisi petunjuk pengerjaan soal
 berisi kolom untuk menjawab soal
 Tidak ada jawaban
14.
Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...
 Teori komunikasi
 Teori analisis peserta didik
 Tidak ada jawaban
 Teori pembelajaran
 Teori belajar
15.
Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:
 Simulator
 Mock up
 Model
 Realia
 Tidak ada jawaban
16.
Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...
 motivasi belajar anak meningkat
 pembelajaran bermakna
 Tidak ada jawaban
 siswa kurang dapat bekerja sama
 guru menjadi kreatif
17.
Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:
 skala ordinal
 Tidak ada jawaban
 skala nominal
 interval skor
 angka
18.
Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.
 Tidak ada jawaban
 mensintesis
 menganalisis
 mencipta
 menilai
19.
Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar
  mengidentifikasi hasil belajar
 membuat kisi-kisi
 menuliskan draft butir instrumen
 Tidak ada jawaban
 menentukan tujuan penilaian
20.
Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:
 penulisan laporan praktek
 persiapan alat dan bahan
 memelihara kebersihan ruang laboratorium
 pelaksanaan praktek
 Tidak ada jawaban
21.
Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?
 Mahal
 Sulit
 Menyita waktu
 Tidak ada jawaban
 Tidak layak
22.
Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:
 Tidak ada jawaban
 lembar soal
 lembar soal dan lembar jawaban
 kisi-kisi instrumen penilaian
 lembar jawaban
23.
Prosedur memanfaatkan media kecuali:
 Tidak ada jawaban
 Pelaksanaan
 Tindak lanjut
 Pengumpulan bahan
 Persiapan
24.
Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...
 Tidak ada jawaban
 guru sebagai fasilitator
 pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
 pertanyaan yang diajukan guru tertutup
 guru aktif
25.
Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:
 Konfirmasi
 Eksplorasi
 Refleksi
 Tidak ada jawaban
 Elaborasi
26.
Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:
 Tidak ada jawaban
 bahasa
  ilustrasi
 keakuratan ilmu pengetahuan
 fisik modul/LKS
27.
Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.
 Nomor 14 Tahun 2005
 Nomor 41 Tahun 2007
 Nomor 14 Tahun 2007
 Tidak ada jawaban
 Nomor 41 Tahun 2005
28.
Manakah yang tergolong materi fakta ?
 Prosedur menabung
 Hukum Archimedes
 Tidak ada jawaban
 Peristiwa gempa bumi
 Ciri-ciri makhluk hidup
29.
Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...
 guru menciptakan pembelajaran yang menantang
 metode pembejaran bervariasi
 siswa aktif
 jawaban siswa harus sama dengan guru
 Tidak ada jawaban
30.
Salah satu ciri PAKEM adalah...
 lingkungan sebagai sumber belajar
 Tidak ada jawaban
 pembelajaran berpusat pada guru
 sumber belajar utama adalah buku paket
 dominan menggunakan metode ceramah
31.
Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...
 merupakan alat motivasi belajar
 Tidak ada jawaban
 mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
 mengulangi isi buku pelajaran
  memperbanyak halaman LKS
32.
Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:
 Identifikasi masalah pembelajaran
 Identifikasi kebutuhan
 Analisis pembelajaran
 Analisis kurikulum
 Tidak ada jawaban
33.
Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:
 Gambar
 Model
 Realita
 Tidak ada jawaban
 Foto
34.
Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal
 blue print
 Tidak ada jawaban
 kalibrasi
 kisi-kisi cetak baru
 kisi-kisi
35.
Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:
 menguji coba butir instrumen
  merumuskan tujuan penilaian
 Tidak ada jawaban
  membuat kisi-kisi
 mengidentifikasi tujuan pembelajaran
36.
Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...
 Evaluasi
 Materi
 Strategi
 Tidak ada jawaban
 Tujuan
37.
Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:
 uraian materi
 tes formatif
 kunci jawaban
 Tidak ada jawaban
 rangkuman
38.
Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?
 PTK bersifat kontekstual
 PTK bersifat individual
 PTK bersifat profesional
 PTK bersifat klasikal
 Tidak ada jawaban
39.
Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:
 skala penilaian diri sendiri
  lembar observasi
 skala sikap
 Tidak ada jawaban
 daftar pertanyaan
40.
Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:
 produksi
 evaluasi
 Tidak ada jawaban
 pengembangan
 perancangan
41.
Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?
 Video
 Surat kabar
 Tidak ada jawaban
 Buku
 Modul
42.
Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:
 tertulis
 psikomotorik
 kognitif
 afektif
 Tidak ada jawaban
43.
Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:
 Tidak ada jawaban
 evaluasi
 pengembangan
 perancangan
 produksi
44.
Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:
 Pendekatan pembelajaran
 Metode pembelajaran
 Strategi pembelajaran
 Teknik pembelajaran
 Tidak ada jawaban
45.
Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:
 Tidak ada jawaban
 Permainan
 Interaktif
 Objek
  Penyaji
46.
Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?
 Kerjasama antara peneliti PTK atasan
 Tidak ada jawaban
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
47.
Manfaat media pembelajaran kecuali:
 Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
 Memberikan rangsangan pada indera siswa.
 Memberikan hiburan kepada siswa
 Tidak ada jawaban
 Meningkatkan perhatian siswa
48.
Apa arti guru reflektif?
 Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
 Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
 Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
 Tidak ada jawaban
 Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
49.
Fungsi bahan ajar modul/LKS
  untuk menambah waktu belajar siswa
 untuk mengisi waktu luang siswa
 untuk meningkatkan hasil belajar siswa
 untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
 Tidak ada jawaban
50.
Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:
 memasangkan gambar dengan kata
 meringkas buku
 Tidak ada jawaban
  melakukan percobaan
  menjawab soal-soal

Soal SD MI

Soal Pedagogik PPG Aqidah Akhlak MI

Soal Pedagogik PPG UKG Aqidah Akhlak ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG SKI MI

Soal Pedagogik PPG UKG SKI ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG UKG Penjaskes SD MI

Soal Pedagogik PPG UKG Penjaskes SD MI ...Baca selengkapnya...

Soal PPG UKG Penjaskes SD MI

Latihan Soal PPG UKG Penjaskes SD MI ...Baca selengkapnya...

Soal PPG UKG IPA SD

Latihan Soal PPG UKG IPA SD ...Baca selengkapnya...
a