Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA DAKSA

Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA DAKSA

Petunjuk Teknis

» SLB TUNA DAKSA

Mata Pelajaran : SLB TUNA DAKSA
Jenjang : SD MI
Soal : Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA DAKSA

Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA DAKSA SLB TUNA DAKSA


KERJAKAN SOAL


1.
Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:
 Konfirmasi
 Tidak ada jawaban
 Elaborasi
 Eksplorasi
 Refleksi
2.
Salah satu ciri PAKEM adalah...
 lingkungan sebagai sumber belajar
 Tidak ada jawaban
 sumber belajar utama adalah buku paket
 dominan menggunakan metode ceramah
 pembelajaran berpusat pada guru
3.
Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:
 kognisi
 proyek
 portofolio
 Tidak ada jawaban
 hasil karya
4.
Manfaat media pembelajaran kecuali:
 Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
 Memberikan rangsangan pada indera siswa.
 Memberikan hiburan kepada siswa
 Meningkatkan perhatian siswa
 Tidak ada jawaban
5.
Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?
 Menyita waktu
 Tidak layak
 Sulit
 Tidak ada jawaban
 Mahal
6.
Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...
 merupakan alat motivasi belajar
 Tidak ada jawaban
 mengulangi isi buku pelajaran
  memperbanyak halaman LKS
 mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
7.
Fungsi bahan ajar modul/LKS
  untuk menambah waktu belajar siswa
 untuk meningkatkan hasil belajar siswa
 untuk mengisi waktu luang siswa
 Tidak ada jawaban
 untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
8.
Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...
 guru menciptakan pembelajaran yang menantang
 jawaban siswa harus sama dengan guru
 siswa aktif
 metode pembejaran bervariasi
 Tidak ada jawaban
9.
Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:
 Tidak ada jawaban
 berisi kolom untuk menjawab soal
 berisi pertanyaan terbuka
 berisi petunjuk pengerjaan soal
 berisi alokasi waktu pengerjaan soal
10.
Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...
 pembelajaran bermakna
 Tidak ada jawaban
 siswa kurang dapat bekerja sama
 motivasi belajar anak meningkat
 guru menjadi kreatif
11.
Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...
 pertanyaan yang diajukan guru tertutup
 pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
 Tidak ada jawaban
 guru aktif
 guru sebagai fasilitator
12.
Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:
 Tidak ada jawaban
  membuat kisi-kisi
 menguji coba butir instrumen
  merumuskan tujuan penilaian
 mengidentifikasi tujuan pembelajaran
13.
Apa arti guru reflektif?
 Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
 Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
 Tidak ada jawaban
 Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
 Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
14.
Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:
 penulisan laporan praktek
 memelihara kebersihan ruang laboratorium
 Tidak ada jawaban
 persiapan alat dan bahan
 pelaksanaan praktek
15.
Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:
 Tidak ada jawaban
 Identifikasi masalah pembelajaran
 Analisis pembelajaran
 Identifikasi kebutuhan
 Analisis kurikulum
16.
Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal
 kisi-kisi cetak baru
 Tidak ada jawaban
 kisi-kisi
 kalibrasi
 blue print
17.
Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:
 Tidak ada jawaban
 skala penilaian diri sendiri
 skala sikap
  lembar observasi
 daftar pertanyaan
18.
Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:
 Tidak ada jawaban
 Strategi
 Evaluasi
 Materi
 Tujuan
19.
Manakah yang tergolong materi fakta ?
 Tidak ada jawaban
 Peristiwa gempa bumi
 Hukum Archimedes
 Prosedur menabung
 Ciri-ciri makhluk hidup
20.
Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:
 Pendekatan pembelajaran
 Metode pembelajaran
 Tidak ada jawaban
 Strategi pembelajaran
 Teknik pembelajaran
21.
Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:
  ilustrasi
 keakuratan ilmu pengetahuan
 fisik modul/LKS
 bahasa
 Tidak ada jawaban
22.
Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:
  melakukan percobaan
 Tidak ada jawaban
 meringkas buku
  menjawab soal-soal
 memasangkan gambar dengan kata
23.
Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:
 uraian materi
 kunci jawaban
 tes formatif
 Tidak ada jawaban
 rangkuman
24.
Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:
 sesuai dengan silabus dan RPP
 Tidak ada jawaban
  mudah dipahami siswa
 tersedia tipe tugas atau latihan
 alur penyajian tidak sistematis
25.
Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...
 Tidak ada jawaban
 Strategi
 Materi
 Evaluasi
 Tujuan
26.
Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:
 Saluran
 Sumber
 Pesan
 Penerima
 Tidak ada jawaban
27.
Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?
 Modul
 Video
 Buku
 Surat kabar
 Tidak ada jawaban
28.
Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer
 Kemudahan penggunaan
 Kecepatan
 Biaya
 Tidak ada jawaban
 Akses
29.
Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..
 guru tidak memberikan umpan balik
 menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
 guru memahami anak secara perorangan
 memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
 Tidak ada jawaban
30.
Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:
 skala ordinal
 interval skor
 Tidak ada jawaban
 angka
 skala nominal
31.
Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:
 Menguasai
 Tidak ada jawaban
 Menjawab
 Membaca
 Menyanyi
32.
Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:
 Permainan
 Objek
 Interaktif
 Tidak ada jawaban
  Penyaji
33.
Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:
 psikomotorik
 tertulis
 kognitif
 Tidak ada jawaban
 afektif
34.
Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:
 lembar soal
 lembar jawaban
 kisi-kisi instrumen penilaian
 lembar soal dan lembar jawaban
 Tidak ada jawaban
35.
Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:
 Video
 Radio
 Film
 Audio
 Tidak ada jawaban
36.
Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...
 Tidak ada jawaban
 Teori analisis peserta didik
 Teori pembelajaran
 Teori komunikasi
 Teori belajar
37.
Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.
 menilai
 menganalisis
 mencipta
 mensintesis
 Tidak ada jawaban
38.
Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar
 menentukan tujuan penilaian
 membuat kisi-kisi
  mengidentifikasi hasil belajar
 menuliskan draft butir instrumen
 Tidak ada jawaban
39.
Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:
 Tidak ada jawaban
 bagian inti
 bagian akhir
 bagian awal
  bagian penutup
40.
Kriteria utama dalam memilih media:
 Kemampuan media
 Jumlah siswa
 Tujuan pembelajaran
 Tidak ada jawaban
 Kemudahan penggunaan
41.
Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:
 produksi
 evaluasi
 pengembangan
 perancangan
 Tidak ada jawaban
42.
Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:
 pengembangan
 Tidak ada jawaban
 produksi
 evaluasi
 perancangan
43.
Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?
 PTK bersifat profesional
 PTK bersifat kontekstual
 PTK bersifat individual
 PTK bersifat klasikal
 Tidak ada jawaban
44.
Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:
 Realia
 Tidak ada jawaban
 Mock up
 Simulator
 Model
45.
Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.
 Nomor 14 Tahun 2007
 Nomor 14 Tahun 2005
 Nomor 41 Tahun 2007
 Tidak ada jawaban
 Nomor 41 Tahun 2005
46.
Prosedur memanfaatkan media kecuali:
 Tindak lanjut
 Tidak ada jawaban
 Pengumpulan bahan
 Persiapan
 Pelaksanaan
47.
Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
 Kerjasama antara peneliti PTK atasan
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
 Tidak ada jawaban
48.
Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:
 Indikator
 Tidak ada jawaban
 Identitas mata pelajaran
 Sumber referensi
 Alokasi waktu
49.
Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik
 Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
 Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
 Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
 Tidak ada jawaban
 Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
50.
Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:
 Tidak ada jawaban
 Model
 Foto
 Realita
 Gambar

Soal SD MI

Soal Pedagogik PPG Aqidah Akhlak MI

Soal Pedagogik PPG UKG Aqidah Akhlak ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG SKI MI

Soal Pedagogik PPG UKG SKI ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG UKG Penjaskes SD MI

Soal Pedagogik PPG UKG Penjaskes SD MI ...Baca selengkapnya...

Soal PPG UKG Penjaskes SD MI

Latihan Soal PPG UKG Penjaskes SD MI ...Baca selengkapnya...

Soal PPG UKG IPA SD

Latihan Soal PPG UKG IPA SD ...Baca selengkapnya...
a