Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA GRAHITA

Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA GRAHITA

Petunjuk Teknis

» SLB TUNA GRAHITA

Mata Pelajaran : SLB TUNA GRAHITA
Jenjang : SD MI
Soal : Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA GRAHITA

Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA GRAHITA SLB TUNA GRAHITA


KERJAKAN SOAL


1.
Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:
 Gambar
 Tidak ada jawaban
 Realita
 Model
 Foto
2.
Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..
 guru tidak memberikan umpan balik
 guru memahami anak secara perorangan
 Tidak ada jawaban
 memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
 menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
3.
Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:
 Tidak ada jawaban
 Permainan
 Objek
  Penyaji
 Interaktif
4.
Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:
 alur penyajian tidak sistematis
 sesuai dengan silabus dan RPP
 tersedia tipe tugas atau latihan
  mudah dipahami siswa
 Tidak ada jawaban
5.
Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal
 kisi-kisi
 kisi-kisi cetak baru
 Tidak ada jawaban
 kalibrasi
 blue print
6.
Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:
 interval skor
 skala ordinal
 angka
 Tidak ada jawaban
 skala nominal
7.
Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:
 menguji coba butir instrumen
 mengidentifikasi tujuan pembelajaran
  merumuskan tujuan penilaian
  membuat kisi-kisi
 Tidak ada jawaban
8.
Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?
 Kerjasama antara peneliti PTK atasan
 Tidak ada jawaban
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
9.
Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...
 Tidak ada jawaban
 Teori analisis peserta didik
 Teori belajar
 Teori komunikasi
 Teori pembelajaran
10.
Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:
 Identitas mata pelajaran
 Indikator
 Alokasi waktu
 Tidak ada jawaban
 Sumber referensi
11.
Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:
 berisi kolom untuk menjawab soal
 Tidak ada jawaban
 berisi alokasi waktu pengerjaan soal
 berisi petunjuk pengerjaan soal
 berisi pertanyaan terbuka
12.
Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar
  mengidentifikasi hasil belajar
 menentukan tujuan penilaian
 Tidak ada jawaban
 membuat kisi-kisi
 menuliskan draft butir instrumen
13.
Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:
 kognisi
 portofolio
 proyek
 hasil karya
 Tidak ada jawaban
14.
Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:
 Tidak ada jawaban
 penulisan laporan praktek
 memelihara kebersihan ruang laboratorium
 persiapan alat dan bahan
 pelaksanaan praktek
15.
Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:
 meringkas buku
 memasangkan gambar dengan kata
  menjawab soal-soal
  melakukan percobaan
 Tidak ada jawaban
16.
Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:
 Menyanyi
 Tidak ada jawaban
 Membaca
 Menguasai
 Menjawab
17.
Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:
 fisik modul/LKS
 bahasa
 Tidak ada jawaban
  ilustrasi
 keakuratan ilmu pengetahuan
18.
Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:
 rangkuman
 kunci jawaban
 uraian materi
 Tidak ada jawaban
 tes formatif
19.
Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?
 Mahal
 Sulit
 Tidak ada jawaban
 Tidak layak
 Menyita waktu
20.
Apa arti guru reflektif?
 Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
 Tidak ada jawaban
 Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
 Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
 Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
21.
Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:
 Tidak ada jawaban
 produksi
 pengembangan
 evaluasi
 perancangan
22.
Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.
 Tidak ada jawaban
 menilai
 menganalisis
 mencipta
 mensintesis
23.
Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...
 jawaban siswa harus sama dengan guru
 guru menciptakan pembelajaran yang menantang
 siswa aktif
 Tidak ada jawaban
 metode pembejaran bervariasi
24.
Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...
 mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
 mengulangi isi buku pelajaran
 merupakan alat motivasi belajar
 Tidak ada jawaban
  memperbanyak halaman LKS
25.
Salah satu ciri PAKEM adalah...
 lingkungan sebagai sumber belajar
 dominan menggunakan metode ceramah
 Tidak ada jawaban
 pembelajaran berpusat pada guru
 sumber belajar utama adalah buku paket
26.
Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:
 bagian awal
 Tidak ada jawaban
 bagian akhir
  bagian penutup
 bagian inti
27.
Kriteria utama dalam memilih media:
 Kemudahan penggunaan
 Kemampuan media
 Jumlah siswa
 Tujuan pembelajaran
 Tidak ada jawaban
28.
Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:
 Audio
 Video
 Tidak ada jawaban
 Film
 Radio
29.
Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:
 evaluasi
 perancangan
 pengembangan
 Tidak ada jawaban
 produksi
30.
Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...
 guru sebagai fasilitator
 Tidak ada jawaban
 pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
 pertanyaan yang diajukan guru tertutup
 guru aktif
31.
Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:
 psikomotorik
 kognitif
 Tidak ada jawaban
 tertulis
 afektif
32.
Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:
 Tidak ada jawaban
 Refleksi
 Konfirmasi
 Eksplorasi
 Elaborasi
33.
Fungsi bahan ajar modul/LKS
 Tidak ada jawaban
 untuk meningkatkan hasil belajar siswa
 untuk mengisi waktu luang siswa
  untuk menambah waktu belajar siswa
 untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
34.
Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:
 Model
 Mock up
 Realia
 Tidak ada jawaban
 Simulator
35.
Manfaat media pembelajaran kecuali:
 Memberikan hiburan kepada siswa
 Meningkatkan perhatian siswa
 Memberikan rangsangan pada indera siswa.
 Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
 Tidak ada jawaban
36.
Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?
 Buku
 Video
 Modul
 Tidak ada jawaban
 Surat kabar
37.
Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik
 Tidak ada jawaban
 Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
 Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
 Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
 Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
38.
Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...
 Strategi
 Tidak ada jawaban
 Tujuan
 Materi
 Evaluasi
39.
Prosedur memanfaatkan media kecuali:
 Pengumpulan bahan
 Tindak lanjut
 Persiapan
 Pelaksanaan
 Tidak ada jawaban
40.
Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:
 Tidak ada jawaban
 lembar soal dan lembar jawaban
 lembar jawaban
 kisi-kisi instrumen penilaian
 lembar soal
41.
Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?
 PTK bersifat profesional
 Tidak ada jawaban
 PTK bersifat individual
 PTK bersifat kontekstual
 PTK bersifat klasikal
42.
Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.
 Nomor 41 Tahun 2005
 Nomor 14 Tahun 2007
 Tidak ada jawaban
 Nomor 14 Tahun 2005
 Nomor 41 Tahun 2007
43.
Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...
 Tidak ada jawaban
 motivasi belajar anak meningkat
 guru menjadi kreatif
 pembelajaran bermakna
 siswa kurang dapat bekerja sama
44.
Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:
 Pesan
 Tidak ada jawaban
 Sumber
 Saluran
 Penerima
45.
Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:
 Tidak ada jawaban
 Identifikasi kebutuhan
 Analisis pembelajaran
 Identifikasi masalah pembelajaran
 Analisis kurikulum
46.
Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:
 Tidak ada jawaban
 Metode pembelajaran
 Teknik pembelajaran
 Strategi pembelajaran
 Pendekatan pembelajaran
47.
Manakah yang tergolong materi fakta ?
 Ciri-ciri makhluk hidup
 Prosedur menabung
 Hukum Archimedes
 Tidak ada jawaban
 Peristiwa gempa bumi
48.
Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:
 Materi
 Evaluasi
 Tujuan
 Strategi
 Tidak ada jawaban
49.
Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer
 Kecepatan
 Kemudahan penggunaan
 Akses
 Tidak ada jawaban
 Biaya
50.
Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:
 skala penilaian diri sendiri
 skala sikap
 daftar pertanyaan
  lembar observasi
 Tidak ada jawaban

Soal SD MI

Soal Pedagogik PPG Aqidah Akhlak MI

Soal Pedagogik PPG UKG Aqidah Akhlak ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG SKI MI

Soal Pedagogik PPG UKG SKI ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG UKG Penjaskes SD MI

Soal Pedagogik PPG UKG Penjaskes SD MI ...Baca selengkapnya...

Soal PPG UKG Penjaskes SD MI

Latihan Soal PPG UKG Penjaskes SD MI ...Baca selengkapnya...

Soal PPG UKG IPA SD

Latihan Soal PPG UKG IPA SD ...Baca selengkapnya...
a