Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA GRAHITA

Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA GRAHITA

Petunjuk Teknis

» SLB TUNA GRAHITA

Mata Pelajaran : SLB TUNA GRAHITA
Jenjang : SD MI
Soal : Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA GRAHITA

Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA GRAHITA SLB TUNA GRAHITA


KERJAKAN SOAL


1.
Manfaat media pembelajaran kecuali:
 Memberikan rangsangan pada indera siswa.
 Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
 Memberikan hiburan kepada siswa
 Tidak ada jawaban
 Meningkatkan perhatian siswa
2.
Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal
 kisi-kisi
 Tidak ada jawaban
 kisi-kisi cetak baru
 blue print
 kalibrasi
3.
Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:
 Tidak ada jawaban
 Sumber
 Penerima
 Saluran
 Pesan
4.
Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:
 alur penyajian tidak sistematis
 Tidak ada jawaban
 sesuai dengan silabus dan RPP
 tersedia tipe tugas atau latihan
  mudah dipahami siswa
5.
Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:
 Audio
 Tidak ada jawaban
 Video
 Radio
 Film
6.
Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:
 meringkas buku
 memasangkan gambar dengan kata
  menjawab soal-soal
  melakukan percobaan
 Tidak ada jawaban
7.
Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:
 Gambar
 Model
 Tidak ada jawaban
 Foto
 Realita
8.
Kriteria utama dalam memilih media:
 Kemampuan media
 Tujuan pembelajaran
 Tidak ada jawaban
 Jumlah siswa
 Kemudahan penggunaan
9.
Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:
 hasil karya
 portofolio
 Tidak ada jawaban
 proyek
 kognisi
10.
Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:
  membuat kisi-kisi
 menguji coba butir instrumen
 mengidentifikasi tujuan pembelajaran
  merumuskan tujuan penilaian
 Tidak ada jawaban
11.
Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar
 menentukan tujuan penilaian
  mengidentifikasi hasil belajar
 membuat kisi-kisi
 menuliskan draft butir instrumen
 Tidak ada jawaban
12.
Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:
 rangkuman
 Tidak ada jawaban
 tes formatif
 uraian materi
 kunci jawaban
13.
Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...
 mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
  memperbanyak halaman LKS
 mengulangi isi buku pelajaran
 Tidak ada jawaban
 merupakan alat motivasi belajar
14.
Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
 Kerjasama antara peneliti PTK atasan
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
 Tidak ada jawaban
15.
Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:
 perancangan
 pengembangan
 produksi
 evaluasi
 Tidak ada jawaban
16.
Fungsi bahan ajar modul/LKS
  untuk menambah waktu belajar siswa
 untuk mengisi waktu luang siswa
 untuk meningkatkan hasil belajar siswa
 untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
 Tidak ada jawaban
17.
Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...
 Tujuan
 Evaluasi
 Strategi
 Materi
 Tidak ada jawaban
18.
Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...
 Teori belajar
 Teori pembelajaran
 Tidak ada jawaban
 Teori analisis peserta didik
 Teori komunikasi
19.
Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:
 Tidak ada jawaban
 pelaksanaan praktek
 penulisan laporan praktek
 memelihara kebersihan ruang laboratorium
 persiapan alat dan bahan
20.
Apa arti guru reflektif?
 Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
 Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
 Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
 Tidak ada jawaban
 Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
21.
Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:
 bagian akhir
 bagian awal
 Tidak ada jawaban
 bagian inti
  bagian penutup
22.
Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?
 Sulit
 Menyita waktu
 Tidak layak
 Mahal
 Tidak ada jawaban
23.
Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:
 skala ordinal
 Tidak ada jawaban
 skala nominal
 interval skor
 angka
24.
Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:
 Tidak ada jawaban
 berisi pertanyaan terbuka
 berisi kolom untuk menjawab soal
 berisi alokasi waktu pengerjaan soal
 berisi petunjuk pengerjaan soal
25.
Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.
 Nomor 14 Tahun 2005
 Nomor 41 Tahun 2005
 Nomor 14 Tahun 2007
 Nomor 41 Tahun 2007
 Tidak ada jawaban
26.
Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:
 Simulator
 Tidak ada jawaban
 Mock up
 Model
 Realia
27.
Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:
 pengembangan
 evaluasi
 Tidak ada jawaban
 produksi
 perancangan
28.
Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:
 kisi-kisi instrumen penilaian
 Tidak ada jawaban
 lembar soal
 lembar soal dan lembar jawaban
 lembar jawaban
29.
Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...
 pertanyaan yang diajukan guru tertutup
 Tidak ada jawaban
 guru sebagai fasilitator
 pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
 guru aktif
30.
Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?
 Tidak ada jawaban
 Modul
 Buku
 Surat kabar
 Video
31.
Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:
 Indikator
 Identitas mata pelajaran
 Tidak ada jawaban
 Alokasi waktu
 Sumber referensi
32.
Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...
 motivasi belajar anak meningkat
 pembelajaran bermakna
 Tidak ada jawaban
 guru menjadi kreatif
 siswa kurang dapat bekerja sama
33.
Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:
 psikomotorik
 Tidak ada jawaban
 tertulis
 kognitif
 afektif
34.
Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:
 Analisis kurikulum
 Identifikasi masalah pembelajaran
 Tidak ada jawaban
 Identifikasi kebutuhan
 Analisis pembelajaran
35.
Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:
 keakuratan ilmu pengetahuan
 fisik modul/LKS
  ilustrasi
 bahasa
 Tidak ada jawaban
36.
Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:
 Strategi pembelajaran
 Metode pembelajaran
 Teknik pembelajaran
 Pendekatan pembelajaran
 Tidak ada jawaban
37.
Manakah yang tergolong materi fakta ?
 Prosedur menabung
 Hukum Archimedes
 Ciri-ciri makhluk hidup
 Tidak ada jawaban
 Peristiwa gempa bumi
38.
Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.
 Tidak ada jawaban
 menganalisis
 mensintesis
 menilai
 mencipta
39.
Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?
 Tidak ada jawaban
 PTK bersifat kontekstual
 PTK bersifat profesional
 PTK bersifat klasikal
 PTK bersifat individual
40.
Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...
 Tidak ada jawaban
 metode pembejaran bervariasi
 jawaban siswa harus sama dengan guru
 guru menciptakan pembelajaran yang menantang
 siswa aktif
41.
Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:
 skala penilaian diri sendiri
 Tidak ada jawaban
 daftar pertanyaan
  lembar observasi
 skala sikap
42.
Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:
 Menguasai
 Menjawab
 Tidak ada jawaban
 Menyanyi
 Membaca
43.
Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik
 Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
 Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
 Tidak ada jawaban
 Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
 Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
44.
Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer
 Akses
 Kemudahan penggunaan
 Tidak ada jawaban
 Kecepatan
 Biaya
45.
Prosedur memanfaatkan media kecuali:
 Tindak lanjut
 Pengumpulan bahan
 Pelaksanaan
 Tidak ada jawaban
 Persiapan
46.
Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:
 Strategi
 Tujuan
 Tidak ada jawaban
 Materi
 Evaluasi
47.
Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:
 Tidak ada jawaban
 Eksplorasi
 Elaborasi
 Refleksi
 Konfirmasi
48.
Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:
 Interaktif
 Objek
 Tidak ada jawaban
  Penyaji
 Permainan
49.
Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..
 guru tidak memberikan umpan balik
 memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
 menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
 guru memahami anak secara perorangan
 Tidak ada jawaban
50.
Salah satu ciri PAKEM adalah...
 dominan menggunakan metode ceramah
 Tidak ada jawaban
 lingkungan sebagai sumber belajar
 pembelajaran berpusat pada guru
 sumber belajar utama adalah buku paket

Soal SD MI

Soal Pedagogik PPG Aqidah Akhlak MI

Soal Pedagogik PPG UKG Aqidah Akhlak ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG SKI MI

Soal Pedagogik PPG UKG SKI ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG UKG Penjaskes SD MI

Soal Pedagogik PPG UKG Penjaskes SD MI ...Baca selengkapnya...

Soal PPG UKG Penjaskes SD MI

Latihan Soal PPG UKG Penjaskes SD MI ...Baca selengkapnya...

Soal PPG UKG IPA SD

Latihan Soal PPG UKG IPA SD ...Baca selengkapnya...
a