Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA RUNGU

Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA RUNGU

Petunjuk Teknis

» SLB TUNA RUNGU

Mata Pelajaran : SLB TUNA RUNGU
Jenjang : SD MI
Soal : Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA RUNGU

Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA RUNGU SLB TUNA RUNGU


KERJAKAN SOAL


1.
Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:
 Model
 Tidak ada jawaban
 Mock up
 Simulator
 Realia
2.
Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:
 proyek
 hasil karya
 kognisi
 Tidak ada jawaban
 portofolio
3.
Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer
 Kemudahan penggunaan
 Akses
 Kecepatan
 Biaya
 Tidak ada jawaban
4.
Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..
 guru tidak memberikan umpan balik
 guru memahami anak secara perorangan
 menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
 Tidak ada jawaban
 memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
5.
Fungsi bahan ajar modul/LKS
 untuk meningkatkan hasil belajar siswa
 untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
 Tidak ada jawaban
  untuk menambah waktu belajar siswa
 untuk mengisi waktu luang siswa
6.
Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...
  memperbanyak halaman LKS
 Tidak ada jawaban
 mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
 merupakan alat motivasi belajar
 mengulangi isi buku pelajaran
7.
Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?
 Tidak ada jawaban
 PTK bersifat individual
 PTK bersifat klasikal
 PTK bersifat profesional
 PTK bersifat kontekstual
8.
Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:
 Tidak ada jawaban
 Gambar
 Foto
 Model
 Realita
9.
Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?
 Tidak layak
 Mahal
 Sulit
 Menyita waktu
 Tidak ada jawaban
10.
Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:
  melakukan percobaan
 Tidak ada jawaban
 memasangkan gambar dengan kata
 meringkas buku
  menjawab soal-soal
11.
Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:
 memelihara kebersihan ruang laboratorium
 penulisan laporan praktek
 pelaksanaan praktek
 persiapan alat dan bahan
 Tidak ada jawaban
12.
Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...
 guru menjadi kreatif
 siswa kurang dapat bekerja sama
 pembelajaran bermakna
 Tidak ada jawaban
 motivasi belajar anak meningkat
13.
Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...
 jawaban siswa harus sama dengan guru
 metode pembejaran bervariasi
 siswa aktif
 Tidak ada jawaban
 guru menciptakan pembelajaran yang menantang
14.
Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:
 evaluasi
 pengembangan
 perancangan
 produksi
 Tidak ada jawaban
15.
Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:
 berisi pertanyaan terbuka
 berisi kolom untuk menjawab soal
 berisi petunjuk pengerjaan soal
 Tidak ada jawaban
 berisi alokasi waktu pengerjaan soal
16.
Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.
 mensintesis
 menilai
 menganalisis
 mencipta
 Tidak ada jawaban
17.
Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal
 kisi-kisi
 kisi-kisi cetak baru
 blue print
 Tidak ada jawaban
 kalibrasi
18.
Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:
 Menjawab
 Menyanyi
 Tidak ada jawaban
 Membaca
 Menguasai
19.
Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:
 tersedia tipe tugas atau latihan
  mudah dipahami siswa
 sesuai dengan silabus dan RPP
 alur penyajian tidak sistematis
 Tidak ada jawaban
20.
Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?
 Buku
 Video
 Surat kabar
 Modul
 Tidak ada jawaban
21.
Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:
 Analisis kurikulum
 Identifikasi masalah pembelajaran
 Analisis pembelajaran
 Identifikasi kebutuhan
 Tidak ada jawaban
22.
Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...
 Teori analisis peserta didik
 Teori pembelajaran
 Teori belajar
 Teori komunikasi
 Tidak ada jawaban
23.
Prosedur memanfaatkan media kecuali:
 Tindak lanjut
 Tidak ada jawaban
 Pelaksanaan
 Pengumpulan bahan
 Persiapan
24.
Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:
 psikomotorik
 Tidak ada jawaban
 afektif
 kognitif
 tertulis
25.
Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:
 evaluasi
 Tidak ada jawaban
 perancangan
 pengembangan
 produksi
26.
Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:
 Identitas mata pelajaran
 Alokasi waktu
 Indikator
 Sumber referensi
 Tidak ada jawaban
27.
Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.
 Nomor 41 Tahun 2005
 Tidak ada jawaban
 Nomor 41 Tahun 2007
 Nomor 14 Tahun 2005
 Nomor 14 Tahun 2007
28.
Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:
 Tidak ada jawaban
 kunci jawaban
 uraian materi
 tes formatif
 rangkuman
29.
Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:
 Saluran
 Pesan
 Tidak ada jawaban
 Sumber
 Penerima
30.
Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:
 Strategi pembelajaran
 Metode pembelajaran
 Pendekatan pembelajaran
 Tidak ada jawaban
 Teknik pembelajaran
31.
Apa arti guru reflektif?
 Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
 Tidak ada jawaban
 Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
 Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
 Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
32.
Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:
 lembar soal
 lembar jawaban
 lembar soal dan lembar jawaban
 Tidak ada jawaban
 kisi-kisi instrumen penilaian
33.
Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik
 Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
 Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
 Tidak ada jawaban
 Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
 Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
34.
Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:
 Evaluasi
 Strategi
 Tidak ada jawaban
 Materi
 Tujuan
35.
Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:
 bagian akhir
 Tidak ada jawaban
  bagian penutup
 bagian awal
 bagian inti
36.
Kriteria utama dalam memilih media:
 Tidak ada jawaban
 Kemampuan media
 Kemudahan penggunaan
 Jumlah siswa
 Tujuan pembelajaran
37.
Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:
  merumuskan tujuan penilaian
 menguji coba butir instrumen
  membuat kisi-kisi
 mengidentifikasi tujuan pembelajaran
 Tidak ada jawaban
38.
Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?
 Tidak ada jawaban
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
 Kerjasama antara peneliti PTK atasan
39.
Salah satu ciri PAKEM adalah...
 lingkungan sebagai sumber belajar
 pembelajaran berpusat pada guru
 dominan menggunakan metode ceramah
 sumber belajar utama adalah buku paket
 Tidak ada jawaban
40.
Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...
 Tidak ada jawaban
 Evaluasi
 Tujuan
 Strategi
 Materi
41.
Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...
 guru sebagai fasilitator
 pertanyaan yang diajukan guru tertutup
 guru aktif
 pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
 Tidak ada jawaban
42.
Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:
 Video
 Audio
 Tidak ada jawaban
 Radio
 Film
43.
Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:
 Tidak ada jawaban
 Objek
  Penyaji
 Interaktif
 Permainan
44.
Manakah yang tergolong materi fakta ?
 Peristiwa gempa bumi
 Prosedur menabung
 Tidak ada jawaban
 Ciri-ciri makhluk hidup
 Hukum Archimedes
45.
Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:
 Tidak ada jawaban
 keakuratan ilmu pengetahuan
 fisik modul/LKS
  ilustrasi
 bahasa
46.
Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:
 Refleksi
 Tidak ada jawaban
 Konfirmasi
 Elaborasi
 Eksplorasi
47.
Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:
 skala penilaian diri sendiri
  lembar observasi
 skala sikap
 daftar pertanyaan
 Tidak ada jawaban
48.
Manfaat media pembelajaran kecuali:
 Memberikan hiburan kepada siswa
 Meningkatkan perhatian siswa
 Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
 Tidak ada jawaban
 Memberikan rangsangan pada indera siswa.
49.
Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:
 Tidak ada jawaban
 skala nominal
 skala ordinal
 angka
 interval skor
50.
Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar
 menentukan tujuan penilaian
 menuliskan draft butir instrumen
 membuat kisi-kisi
  mengidentifikasi hasil belajar
 Tidak ada jawaban

Soal SD MI

Soal Pedagogik PPG Aqidah Akhlak MI

Soal Pedagogik PPG UKG Aqidah Akhlak ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG SKI MI

Soal Pedagogik PPG UKG SKI ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG UKG Penjaskes SD MI

Soal Pedagogik PPG UKG Penjaskes SD MI ...Baca selengkapnya...

Soal PPG UKG Penjaskes SD MI

Latihan Soal PPG UKG Penjaskes SD MI ...Baca selengkapnya...

Soal PPG UKG IPA SD

Latihan Soal PPG UKG IPA SD ...Baca selengkapnya...
a