Soal Pretes PPG UKG TEKNIK OTOTRONIK SMK

Soal Pretes PPG UKG TEKNIK OTOTRONIK SMK

Petunjuk Teknis

» TEKNIK OTOTRONIK SMK

Mata Pelajaran : TEKNIK OTOTRONIK SMK
Jenjang : SMK
Soal : Soal Pretes PPG UKG TEKNIK OTOTRONIK SMK


Soal Pretes PPG UKG TEKNIK OTOTRONIK SMK TEKNIK OTOTRONIK SMK
00:00:00
Soal

1. Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:

Simulator
Tidak ada jawaban
Model
Mock up
Realia
Soal

2. Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:

pengembangan
produksi
perancangan
Tidak ada jawaban
evaluasi
Soal

3. Prosedur memanfaatkan media kecuali:

Tidak ada jawaban
Persiapan
Pengumpulan bahan
Pelaksanaan
Tindak lanjut
Soal

4. Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:

skala ordinal
Tidak ada jawaban
interval skor
angka
skala nominal
Soal

5. Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:

hasil karya
Tidak ada jawaban
portofolio
proyek
kognisi
Soal

6. Manakah yang tergolong materi fakta ?

Ciri-ciri makhluk hidup
Peristiwa gempa bumi
Prosedur menabung
Hukum Archimedes
Tidak ada jawaban
Soal

7. Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:

Tujuan
Strategi
Materi
Evaluasi
Tidak ada jawaban
Soal

8. Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:

perancangan
Tidak ada jawaban
evaluasi
pengembangan
produksi
Soal

9. Manfaat media pembelajaran kecuali:

Tidak ada jawaban
Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
Memberikan hiburan kepada siswa
Memberikan rangsangan pada indera siswa.
Meningkatkan perhatian siswa
Soal

10. Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:

melakukan percobaan
meringkas buku
menjawab soal-soal
Tidak ada jawaban
memasangkan gambar dengan kata
Soal

11. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik

Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
Tidak ada jawaban
Soal

12. Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...

Teori pembelajaran
Teori belajar
Teori komunikasi
Tidak ada jawaban
Teori analisis peserta didik
Soal

13. Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:

bagian penutup
Tidak ada jawaban
bagian inti
bagian awal
bagian akhir
Soal

14. Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...

siswa kurang dapat bekerja sama
pembelajaran bermakna
motivasi belajar anak meningkat
Tidak ada jawaban
guru menjadi kreatif
Soal

15. Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.

Nomor 41 Tahun 2007
Nomor 14 Tahun 2005
Nomor 14 Tahun 2007
Nomor 41 Tahun 2005
Tidak ada jawaban
Soal

16. Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:

sesuai dengan silabus dan RPP
Tidak ada jawaban
tersedia tipe tugas atau latihan
alur penyajian tidak sistematis
mudah dipahami siswa
Soal

17. Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...

Tidak ada jawaban
jawaban siswa harus sama dengan guru
guru menciptakan pembelajaran yang menantang
siswa aktif
metode pembejaran bervariasi
Soal

18. Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:

rangkuman
uraian materi
Tidak ada jawaban
tes formatif
kunci jawaban
Soal

19. Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:

Audio
Video
Tidak ada jawaban
Radio
Film
Soal

20. Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...

memperbanyak halaman LKS
mengulangi isi buku pelajaran
mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
Tidak ada jawaban
merupakan alat motivasi belajar
Soal

21. Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:

persiapan alat dan bahan
pelaksanaan praktek
memelihara kebersihan ruang laboratorium
penulisan laporan praktek
Tidak ada jawaban
Soal

22. Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?

Kerjasama antara peneliti PTK atasan
Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
Tidak ada jawaban
Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
Soal

23. Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?

Sulit
Tidak ada jawaban
Menyita waktu
Tidak layak
Mahal
Soal

24. Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?

Surat kabar
Video
Modul
Tidak ada jawaban
Buku
Soal

25. Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..

guru memahami anak secara perorangan
guru tidak memberikan umpan balik
menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
Tidak ada jawaban
Soal

26. Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:

Model
Foto
Gambar
Tidak ada jawaban
Realita
Soal

27. Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar

membuat kisi-kisi
menuliskan draft butir instrumen
mengidentifikasi hasil belajar
Tidak ada jawaban
menentukan tujuan penilaian
Soal

28. Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:

psikomotorik
tertulis
kognitif
Tidak ada jawaban
afektif
Soal

29. Apa arti guru reflektif?

Tidak ada jawaban
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
Soal

30. Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:

Alokasi waktu
Indikator
Tidak ada jawaban
Sumber referensi
Identitas mata pelajaran
Soal

31. Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:

bahasa
ilustrasi
Tidak ada jawaban
keakuratan ilmu pengetahuan
fisik modul/LKS
Soal

32. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:

Analisis kurikulum
Identifikasi kebutuhan
Tidak ada jawaban
Identifikasi masalah pembelajaran
Analisis pembelajaran
Soal

33. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...

pertanyaan yang diajukan guru tertutup
pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
guru sebagai fasilitator
guru aktif
Tidak ada jawaban
Soal

34. Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:

Permainan
Objek
Tidak ada jawaban
Penyaji
Interaktif
Soal

35. Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...

Strategi
Materi
Tujuan
Tidak ada jawaban
Evaluasi
Soal

36. Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:

Elaborasi
Eksplorasi
Refleksi
Tidak ada jawaban
Konfirmasi
Soal

37. Kriteria utama dalam memilih media:

Kemampuan media
Tujuan pembelajaran
Jumlah siswa
Tidak ada jawaban
Kemudahan penggunaan
Soal

38. Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal

kisi-kisi cetak baru
kalibrasi
kisi-kisi
Tidak ada jawaban
blue print
Soal

39. Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:

lembar soal dan lembar jawaban
kisi-kisi instrumen penilaian
lembar soal
Tidak ada jawaban
lembar jawaban
Soal

40. Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?

PTK bersifat kontekstual
PTK bersifat individual
PTK bersifat klasikal
Tidak ada jawaban
PTK bersifat profesional
Soal

41. Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:

Sumber
Penerima
Pesan
Saluran
Tidak ada jawaban
Soal

42. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:

Tidak ada jawaban
Membaca
Menjawab
Menyanyi
Menguasai
Soal

43. Fungsi bahan ajar modul/LKS

Tidak ada jawaban
untuk meningkatkan hasil belajar siswa
untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
untuk mengisi waktu luang siswa
untuk menambah waktu belajar siswa
Soal

44. Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer

Tidak ada jawaban
Kecepatan
Kemudahan penggunaan
Biaya
Akses
Soal

45. Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:

Teknik pembelajaran
Tidak ada jawaban
Metode pembelajaran
Pendekatan pembelajaran
Strategi pembelajaran
Soal

46. Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.

mencipta
menilai
mensintesis
Tidak ada jawaban
menganalisis
Soal

47. Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:

berisi petunjuk pengerjaan soal
Tidak ada jawaban
berisi kolom untuk menjawab soal
berisi alokasi waktu pengerjaan soal
berisi pertanyaan terbuka
Soal

48. Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:

membuat kisi-kisi
Tidak ada jawaban
merumuskan tujuan penilaian
mengidentifikasi tujuan pembelajaran
menguji coba butir instrumen
Soal

49. Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:

skala penilaian diri sendiri
Tidak ada jawaban
skala sikap
lembar observasi
daftar pertanyaan
Soal

50. Salah satu ciri PAKEM adalah...

lingkungan sebagai sumber belajar
dominan menggunakan metode ceramah
sumber belajar utama adalah buku paket
pembelajaran berpusat pada guru
Tidak ada jawaban
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya