Soal Pretes PPG UKG TEKNIK OTOTRONIK SMK

Soal Pretes PPG UKG TEKNIK OTOTRONIK SMK

Petunjuk Teknis

» TEKNIK OTOTRONIK SMK

Mata Pelajaran : TEKNIK OTOTRONIK SMK
Jenjang : SMK
Soal : Soal Pretes PPG UKG TEKNIK OTOTRONIK SMK


Soal Pretes PPG UKG TEKNIK OTOTRONIK SMK TEKNIK OTOTRONIK SMK
00:00:00
Soal

1. Manfaat media pembelajaran kecuali:

Meningkatkan perhatian siswa
Memberikan hiburan kepada siswa
Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
Tidak ada jawaban
Memberikan rangsangan pada indera siswa.
Soal

2. Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:

kognisi
Tidak ada jawaban
hasil karya
portofolio
proyek
Soal

3. Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:

Sumber
Saluran
Tidak ada jawaban
Pesan
Penerima
Soal

4. Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:

Mock up
Realia
Model
Simulator
Tidak ada jawaban
Soal

5. Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:

evaluasi
pengembangan
Tidak ada jawaban
produksi
perancangan
Soal

6. Apa arti guru reflektif?

Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
Tidak ada jawaban
Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Soal

7. Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:

kisi-kisi instrumen penilaian
lembar soal
lembar jawaban
Tidak ada jawaban
lembar soal dan lembar jawaban
Soal

8. Kriteria utama dalam memilih media:

Tidak ada jawaban
Kemudahan penggunaan
Kemampuan media
Tujuan pembelajaran
Jumlah siswa
Soal

9. Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:

menguji coba butir instrumen
merumuskan tujuan penilaian
mengidentifikasi tujuan pembelajaran
membuat kisi-kisi
Tidak ada jawaban
Soal

10. Prosedur memanfaatkan media kecuali:

Persiapan
Tidak ada jawaban
Pengumpulan bahan
Tindak lanjut
Pelaksanaan
Soal

11. Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:

Tidak ada jawaban
bahasa
keakuratan ilmu pengetahuan
fisik modul/LKS
ilustrasi
Soal

12. Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:

angka
skala nominal
interval skor
skala ordinal
Tidak ada jawaban
Soal

13. Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...

Teori komunikasi
Teori belajar
Teori pembelajaran
Tidak ada jawaban
Teori analisis peserta didik
Soal

14. Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...

guru menciptakan pembelajaran yang menantang
Tidak ada jawaban
siswa aktif
jawaban siswa harus sama dengan guru
metode pembejaran bervariasi
Soal

15. Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:

Tidak ada jawaban
produksi
perancangan
pengembangan
evaluasi
Soal

16. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...

pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
guru aktif
guru sebagai fasilitator
pertanyaan yang diajukan guru tertutup
Tidak ada jawaban
Soal

17. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik

Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
Tidak ada jawaban
Soal

18. Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.

Nomor 41 Tahun 2005
Nomor 41 Tahun 2007
Nomor 14 Tahun 2007
Nomor 14 Tahun 2005
Tidak ada jawaban
Soal

19. Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...

Strategi
Tujuan
Materi
Evaluasi
Tidak ada jawaban
Soal

20. Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.

menganalisis
mensintesis
menilai
Tidak ada jawaban
mencipta
Soal

21. Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?

Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
Tidak ada jawaban
Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
Kerjasama antara peneliti PTK atasan
Soal

22. Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:

Tujuan
Tidak ada jawaban
Materi
Evaluasi
Strategi
Soal

23. Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..

memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
guru tidak memberikan umpan balik
guru memahami anak secara perorangan
Tidak ada jawaban
menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
Soal

24. Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:

Model
Foto
Gambar
Tidak ada jawaban
Realita
Soal

25. Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer

Akses
Kemudahan penggunaan
Tidak ada jawaban
Biaya
Kecepatan
Soal

26. Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:

berisi kolom untuk menjawab soal
Tidak ada jawaban
berisi pertanyaan terbuka
berisi petunjuk pengerjaan soal
berisi alokasi waktu pengerjaan soal
Soal

27. Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:

penulisan laporan praktek
memelihara kebersihan ruang laboratorium
Tidak ada jawaban
persiapan alat dan bahan
pelaksanaan praktek
Soal

28. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:

Analisis pembelajaran
Identifikasi kebutuhan
Analisis kurikulum
Tidak ada jawaban
Identifikasi masalah pembelajaran
Soal

29. Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:

Penyaji
Interaktif
Tidak ada jawaban
Permainan
Objek
Soal

30. Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal

kalibrasi
Tidak ada jawaban
blue print
kisi-kisi
kisi-kisi cetak baru
Soal

31. Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:

kunci jawaban
uraian materi
rangkuman
tes formatif
Tidak ada jawaban
Soal

32. Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...

Tidak ada jawaban
guru menjadi kreatif
motivasi belajar anak meningkat
siswa kurang dapat bekerja sama
pembelajaran bermakna
Soal

33. Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:

menjawab soal-soal
memasangkan gambar dengan kata
melakukan percobaan
Tidak ada jawaban
meringkas buku
Soal

34. Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:

Tidak ada jawaban
alur penyajian tidak sistematis
mudah dipahami siswa
sesuai dengan silabus dan RPP
tersedia tipe tugas atau latihan
Soal

35. Manakah yang tergolong materi fakta ?

Peristiwa gempa bumi
Hukum Archimedes
Tidak ada jawaban
Ciri-ciri makhluk hidup
Prosedur menabung
Soal

36. Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar

mengidentifikasi hasil belajar
Tidak ada jawaban
menuliskan draft butir instrumen
menentukan tujuan penilaian
membuat kisi-kisi
Soal

37. Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:

Pendekatan pembelajaran
Metode pembelajaran
Strategi pembelajaran
Teknik pembelajaran
Tidak ada jawaban
Soal

38. Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:

Alokasi waktu
Sumber referensi
Indikator
Identitas mata pelajaran
Tidak ada jawaban
Soal

39. Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:

Video
Film
Audio
Tidak ada jawaban
Radio
Soal

40. Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...

merupakan alat motivasi belajar
Tidak ada jawaban
mengulangi isi buku pelajaran
mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
memperbanyak halaman LKS
Soal

41. Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?

Tidak ada jawaban
Tidak layak
Sulit
Menyita waktu
Mahal
Soal

42. Fungsi bahan ajar modul/LKS

untuk mengisi waktu luang siswa
Tidak ada jawaban
untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
untuk menambah waktu belajar siswa
untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Soal

43. Salah satu ciri PAKEM adalah...

pembelajaran berpusat pada guru
Tidak ada jawaban
sumber belajar utama adalah buku paket
lingkungan sebagai sumber belajar
dominan menggunakan metode ceramah
Soal

44. Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:

Refleksi
Tidak ada jawaban
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
Soal

45. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:

Membaca
Menjawab
Menguasai
Tidak ada jawaban
Menyanyi
Soal

46. Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?

PTK bersifat kontekstual
PTK bersifat klasikal
Tidak ada jawaban
PTK bersifat profesional
PTK bersifat individual
Soal

47. Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:

bagian penutup
bagian akhir
bagian inti
Tidak ada jawaban
bagian awal
Soal

48. Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:

Tidak ada jawaban
skala penilaian diri sendiri
daftar pertanyaan
skala sikap
lembar observasi
Soal

49. Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:

psikomotorik
Tidak ada jawaban
afektif
tertulis
kognitif
Soal

50. Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?

Buku
Video
Modul
Surat kabar
Tidak ada jawaban
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya