Soal Pretes PPG UKG Pekerjaan Sosial SMK

Soal Pretes PPG UKG Pekerjaan Sosial SMK

Petunjuk Teknis

» Pekerjaan Sosial SMK

Mata Pelajaran : Pekerjaan Sosial SMK
Jenjang : SMK
Soal : Soal Pretes PPG UKG Pekerjaan Sosial SMK


Soal Pretes PPG UKG Pekerjaan Sosial SMK Pekerjaan Sosial SMK
00:00:00
Soal

1. Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:

proyek
Tidak ada jawaban
kognisi
portofolio
hasil karya
Soal

2. Salah satu ciri PAKEM adalah...

Tidak ada jawaban
pembelajaran berpusat pada guru
sumber belajar utama adalah buku paket
dominan menggunakan metode ceramah
lingkungan sebagai sumber belajar
Soal

3. Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:

uraian materi
kunci jawaban
tes formatif
rangkuman
Tidak ada jawaban
Soal

4. Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.

Nomor 41 Tahun 2007
Nomor 14 Tahun 2005
Nomor 14 Tahun 2007
Nomor 41 Tahun 2005
Tidak ada jawaban
Soal

5. Manakah yang tergolong materi fakta ?

Ciri-ciri makhluk hidup
Tidak ada jawaban
Prosedur menabung
Hukum Archimedes
Peristiwa gempa bumi
Soal

6. Prosedur memanfaatkan media kecuali:

Pengumpulan bahan
Tidak ada jawaban
Tindak lanjut
Pelaksanaan
Persiapan
Soal

7. Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:

Tidak ada jawaban
Metode pembelajaran
Teknik pembelajaran
Pendekatan pembelajaran
Strategi pembelajaran
Soal

8. Apa arti guru reflektif?

Tidak ada jawaban
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Soal

9. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:

Identifikasi masalah pembelajaran
Analisis pembelajaran
Tidak ada jawaban
Analisis kurikulum
Identifikasi kebutuhan
Soal

10. Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...

jawaban siswa harus sama dengan guru
metode pembejaran bervariasi
Tidak ada jawaban
siswa aktif
guru menciptakan pembelajaran yang menantang
Soal

11. Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:

Simulator
Tidak ada jawaban
Realia
Model
Mock up
Soal

12. Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:

bagian awal
bagian penutup
Tidak ada jawaban
bagian inti
bagian akhir
Soal

13. Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal

blue print
kisi-kisi cetak baru
kalibrasi
Tidak ada jawaban
kisi-kisi
Soal

14. Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:

Konfirmasi
Tidak ada jawaban
Elaborasi
Refleksi
Eksplorasi
Soal

15. Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:

Pesan
Penerima
Tidak ada jawaban
Saluran
Sumber
Soal

16. Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:

memelihara kebersihan ruang laboratorium
pelaksanaan praktek
persiapan alat dan bahan
Tidak ada jawaban
penulisan laporan praktek
Soal

17. Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:

interval skor
skala nominal
Tidak ada jawaban
angka
skala ordinal
Soal

18. Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?

Video
Buku
Modul
Tidak ada jawaban
Surat kabar
Soal

19. Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:

lembar observasi
Tidak ada jawaban
skala sikap
daftar pertanyaan
skala penilaian diri sendiri
Soal

20. Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...

Tidak ada jawaban
merupakan alat motivasi belajar
mengulangi isi buku pelajaran
mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
memperbanyak halaman LKS
Soal

21. Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:

perancangan
pengembangan
produksi
Tidak ada jawaban
evaluasi
Soal

22. Kriteria utama dalam memilih media:

Kemudahan penggunaan
Tidak ada jawaban
Jumlah siswa
Kemampuan media
Tujuan pembelajaran
Soal

23. Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:

berisi petunjuk pengerjaan soal
berisi pertanyaan terbuka
Tidak ada jawaban
berisi alokasi waktu pengerjaan soal
berisi kolom untuk menjawab soal
Soal

24. Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:

kognitif
Tidak ada jawaban
tertulis
psikomotorik
afektif
Soal

25. Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.

Tidak ada jawaban
menganalisis
mensintesis
menilai
mencipta
Soal

26. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...

Tidak ada jawaban
pertanyaan yang diajukan guru tertutup
pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
guru aktif
guru sebagai fasilitator
Soal

27. Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:

lembar soal
lembar jawaban
Tidak ada jawaban
lembar soal dan lembar jawaban
kisi-kisi instrumen penilaian
Soal

28. Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:

Permainan
Interaktif
Tidak ada jawaban
Penyaji
Objek
Soal

29. Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...

Teori analisis peserta didik
Teori belajar
Teori komunikasi
Tidak ada jawaban
Teori pembelajaran
Soal

30. Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...

Tidak ada jawaban
Evaluasi
Tujuan
Strategi
Materi
Soal

31. Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer

Tidak ada jawaban
Biaya
Kemudahan penggunaan
Akses
Kecepatan
Soal

32. Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:

Alokasi waktu
Sumber referensi
Tidak ada jawaban
Identitas mata pelajaran
Indikator
Soal

33. Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:

bahasa
fisik modul/LKS
keakuratan ilmu pengetahuan
Tidak ada jawaban
ilustrasi
Soal

34. Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:

Tidak ada jawaban
menguji coba butir instrumen
mengidentifikasi tujuan pembelajaran
membuat kisi-kisi
merumuskan tujuan penilaian
Soal

35. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:

Menyanyi
Membaca
Tidak ada jawaban
Menguasai
Menjawab
Soal

36. Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:

meringkas buku
menjawab soal-soal
melakukan percobaan
memasangkan gambar dengan kata
Tidak ada jawaban
Soal

37. Fungsi bahan ajar modul/LKS

untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
untuk meningkatkan hasil belajar siswa
untuk menambah waktu belajar siswa
untuk mengisi waktu luang siswa
Tidak ada jawaban
Soal

38. Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:

Tujuan
Strategi
Materi
Evaluasi
Tidak ada jawaban
Soal

39. Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:

Tidak ada jawaban
Radio
Video
Film
Audio
Soal

40. Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar

membuat kisi-kisi
menentukan tujuan penilaian
menuliskan draft butir instrumen
Tidak ada jawaban
mengidentifikasi hasil belajar
Soal

41. Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:

alur penyajian tidak sistematis
sesuai dengan silabus dan RPP
tersedia tipe tugas atau latihan
mudah dipahami siswa
Tidak ada jawaban
Soal

42. Manfaat media pembelajaran kecuali:

Memberikan rangsangan pada indera siswa.
Memberikan hiburan kepada siswa
Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
Tidak ada jawaban
Meningkatkan perhatian siswa
Soal

43. Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:

Tidak ada jawaban
produksi
evaluasi
pengembangan
perancangan
Soal

44. Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?

Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
Tidak ada jawaban
Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
Kerjasama antara peneliti PTK atasan
Soal

45. Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...

siswa kurang dapat bekerja sama
pembelajaran bermakna
motivasi belajar anak meningkat
guru menjadi kreatif
Tidak ada jawaban
Soal

46. Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..

Tidak ada jawaban
memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
guru tidak memberikan umpan balik
guru memahami anak secara perorangan
menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
Soal

47. Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?

PTK bersifat klasikal
Tidak ada jawaban
PTK bersifat individual
PTK bersifat profesional
PTK bersifat kontekstual
Soal

48. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik

Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
Tidak ada jawaban
Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
Soal

49. Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?

Mahal
Sulit
Tidak layak
Tidak ada jawaban
Menyita waktu
Soal

50. Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:

Realita
Model
Foto
Tidak ada jawaban
Gambar
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya