Soal Pretes PPG UKG Pekerjaan Sosial SMK

Soal Pretes PPG UKG Pekerjaan Sosial SMK

Petunjuk Teknis

» Pekerjaan Sosial SMK

Mata Pelajaran : Pekerjaan Sosial SMK
Jenjang : SMK
Soal : Soal Pretes PPG UKG Pekerjaan Sosial SMK


Soal Pretes PPG UKG Pekerjaan Sosial SMK Pekerjaan Sosial SMK
00:00:00
Soal

1. Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:

Radio
Audio
Film
Video
Tidak ada jawaban
Soal

2. Kriteria utama dalam memilih media:

Tujuan pembelajaran
Kemampuan media
Kemudahan penggunaan
Tidak ada jawaban
Jumlah siswa
Soal

3. Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:

merumuskan tujuan penilaian
menguji coba butir instrumen
mengidentifikasi tujuan pembelajaran
membuat kisi-kisi
Tidak ada jawaban
Soal

4. Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:

lembar soal dan lembar jawaban
kisi-kisi instrumen penilaian
Tidak ada jawaban
lembar soal
lembar jawaban
Soal

5. Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...

guru menciptakan pembelajaran yang menantang
metode pembejaran bervariasi
jawaban siswa harus sama dengan guru
siswa aktif
Tidak ada jawaban
Soal

6. Manfaat media pembelajaran kecuali:

Memberikan rangsangan pada indera siswa.
Meningkatkan perhatian siswa
Memberikan hiburan kepada siswa
Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
Tidak ada jawaban
Soal

7. Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?

Tidak ada jawaban
PTK bersifat klasikal
PTK bersifat profesional
PTK bersifat kontekstual
PTK bersifat individual
Soal

8. Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?

Tidak ada jawaban
Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
Kerjasama antara peneliti PTK atasan
Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
Soal

9. Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?

Surat kabar
Modul
Buku
Tidak ada jawaban
Video
Soal

10. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...

Tidak ada jawaban
pertanyaan yang diajukan guru tertutup
guru aktif
guru sebagai fasilitator
pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
Soal

11. Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...

motivasi belajar anak meningkat
siswa kurang dapat bekerja sama
guru menjadi kreatif
Tidak ada jawaban
pembelajaran bermakna
Soal

12. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:

Menyanyi
Membaca
Tidak ada jawaban
Menguasai
Menjawab
Soal

13. Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:

Tidak ada jawaban
Teknik pembelajaran
Pendekatan pembelajaran
Strategi pembelajaran
Metode pembelajaran
Soal

14. Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...

Teori belajar
Teori pembelajaran
Teori komunikasi
Tidak ada jawaban
Teori analisis peserta didik
Soal

15. Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:

meringkas buku
memasangkan gambar dengan kata
melakukan percobaan
Tidak ada jawaban
menjawab soal-soal
Soal

16. Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:

ilustrasi
bahasa
fisik modul/LKS
Tidak ada jawaban
keakuratan ilmu pengetahuan
Soal

17. Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:

interval skor
angka
Tidak ada jawaban
skala nominal
skala ordinal
Soal

18. Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:

berisi kolom untuk menjawab soal
berisi petunjuk pengerjaan soal
berisi pertanyaan terbuka
Tidak ada jawaban
berisi alokasi waktu pengerjaan soal
Soal

19. Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...

mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
mengulangi isi buku pelajaran
Tidak ada jawaban
memperbanyak halaman LKS
merupakan alat motivasi belajar
Soal

20. Fungsi bahan ajar modul/LKS

untuk mengisi waktu luang siswa
Tidak ada jawaban
untuk meningkatkan hasil belajar siswa
untuk menambah waktu belajar siswa
untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
Soal

21. Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.

mensintesis
Tidak ada jawaban
menganalisis
mencipta
menilai
Soal

22. Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:

proyek
hasil karya
Tidak ada jawaban
kognisi
portofolio
Soal

23. Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:

Realia
Simulator
Mock up
Tidak ada jawaban
Model
Soal

24. Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:

memelihara kebersihan ruang laboratorium
pelaksanaan praktek
persiapan alat dan bahan
penulisan laporan praktek
Tidak ada jawaban
Soal

25. Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:

perancangan
Tidak ada jawaban
evaluasi
produksi
pengembangan
Soal

26. Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:

bagian inti
bagian akhir
bagian awal
bagian penutup
Tidak ada jawaban
Soal

27. Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:

Penyaji
Interaktif
Permainan
Objek
Tidak ada jawaban
Soal

28. Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..

menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
guru memahami anak secara perorangan
guru tidak memberikan umpan balik
Tidak ada jawaban
Soal

29. Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:

uraian materi
rangkuman
kunci jawaban
tes formatif
Tidak ada jawaban
Soal

30. Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:

Foto
Realita
Tidak ada jawaban
Gambar
Model
Soal

31. Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar

membuat kisi-kisi
menuliskan draft butir instrumen
Tidak ada jawaban
menentukan tujuan penilaian
mengidentifikasi hasil belajar
Soal

32. Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:

kognitif
Tidak ada jawaban
afektif
psikomotorik
tertulis
Soal

33. Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:

evaluasi
Tidak ada jawaban
produksi
perancangan
pengembangan
Soal

34. Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?

Tidak ada jawaban
Tidak layak
Mahal
Menyita waktu
Sulit
Soal

35. Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.

Nomor 41 Tahun 2007
Nomor 14 Tahun 2005
Nomor 41 Tahun 2005
Nomor 14 Tahun 2007
Tidak ada jawaban
Soal

36. Salah satu ciri PAKEM adalah...

dominan menggunakan metode ceramah
pembelajaran berpusat pada guru
lingkungan sebagai sumber belajar
sumber belajar utama adalah buku paket
Tidak ada jawaban
Soal

37. Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal

kisi-kisi
blue print
Tidak ada jawaban
kisi-kisi cetak baru
kalibrasi
Soal

38. Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:

Refleksi
Eksplorasi
Elaborasi
Tidak ada jawaban
Konfirmasi
Soal

39. Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:

Sumber
Penerima
Saluran
Pesan
Tidak ada jawaban
Soal

40. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:

Identifikasi masalah pembelajaran
Analisis kurikulum
Analisis pembelajaran
Tidak ada jawaban
Identifikasi kebutuhan
Soal

41. Apa arti guru reflektif?

Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
Tidak ada jawaban
Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
Soal

42. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik

Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
Tidak ada jawaban
Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
Soal

43. Prosedur memanfaatkan media kecuali:

Tidak ada jawaban
Tindak lanjut
Pelaksanaan
Pengumpulan bahan
Persiapan
Soal

44. Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:

Sumber referensi
Indikator
Identitas mata pelajaran
Alokasi waktu
Tidak ada jawaban
Soal

45. Manakah yang tergolong materi fakta ?

Tidak ada jawaban
Ciri-ciri makhluk hidup
Prosedur menabung
Hukum Archimedes
Peristiwa gempa bumi
Soal

46. Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer

Tidak ada jawaban
Biaya
Kemudahan penggunaan
Kecepatan
Akses
Soal

47. Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...

Materi
Strategi
Evaluasi
Tujuan
Tidak ada jawaban
Soal

48. Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:

alur penyajian tidak sistematis
tersedia tipe tugas atau latihan
sesuai dengan silabus dan RPP
mudah dipahami siswa
Tidak ada jawaban
Soal

49. Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:

skala penilaian diri sendiri
Tidak ada jawaban
skala sikap
lembar observasi
daftar pertanyaan
Soal

50. Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:

Evaluasi
Tidak ada jawaban
Materi
Strategi
Tujuan
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya