Soal Pretes PPG UKG Pekerjaan Sosial SMK

Soal Pretes PPG UKG Pekerjaan Sosial SMK

Petunjuk Teknis

» Pekerjaan Sosial SMK

Mata Pelajaran : Pekerjaan Sosial SMK
Jenjang : SMK
Soal : Soal Pretes PPG UKG Pekerjaan Sosial SMK


Soal Pretes PPG UKG Pekerjaan Sosial SMK Pekerjaan Sosial SMK
00:00:00
Soal

1. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:

Menjawab
Menguasai
Menyanyi
Tidak ada jawaban
Membaca
Soal

2. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...

pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
Tidak ada jawaban
guru sebagai fasilitator
pertanyaan yang diajukan guru tertutup
guru aktif
Soal

3. Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:

Model
Mock up
Simulator
Realia
Tidak ada jawaban
Soal

4. Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:

Audio
Radio
Film
Tidak ada jawaban
Video
Soal

5. Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:

Tujuan
Tidak ada jawaban
Materi
Strategi
Evaluasi
Soal

6. Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...

Tidak ada jawaban
Materi
Strategi
Evaluasi
Tujuan
Soal

7. Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:

kognisi
portofolio
hasil karya
proyek
Tidak ada jawaban
Soal

8. Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?

Tidak ada jawaban
PTK bersifat klasikal
PTK bersifat profesional
PTK bersifat kontekstual
PTK bersifat individual
Soal

9. Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:

evaluasi
Tidak ada jawaban
perancangan
produksi
pengembangan
Soal

10. Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...

metode pembejaran bervariasi
Tidak ada jawaban
guru menciptakan pembelajaran yang menantang
siswa aktif
jawaban siswa harus sama dengan guru
Soal

11. Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:

Interaktif
Tidak ada jawaban
Permainan
Penyaji
Objek
Soal

12. Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:

skala nominal
angka
interval skor
Tidak ada jawaban
skala ordinal
Soal

13. Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer

Tidak ada jawaban
Akses
Kemudahan penggunaan
Kecepatan
Biaya
Soal

14. Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:

lembar observasi
skala penilaian diri sendiri
daftar pertanyaan
skala sikap
Tidak ada jawaban
Soal

15. Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:

evaluasi
perancangan
produksi
pengembangan
Tidak ada jawaban
Soal

16. Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:

sesuai dengan silabus dan RPP
mudah dipahami siswa
alur penyajian tidak sistematis
tersedia tipe tugas atau latihan
Tidak ada jawaban
Soal

17. Prosedur memanfaatkan media kecuali:

Tidak ada jawaban
Persiapan
Pengumpulan bahan
Pelaksanaan
Tindak lanjut
Soal

18. Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:

Saluran
Penerima
Tidak ada jawaban
Pesan
Sumber
Soal

19. Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.

Nomor 14 Tahun 2005
Nomor 14 Tahun 2007
Tidak ada jawaban
Nomor 41 Tahun 2005
Nomor 41 Tahun 2007
Soal

20. Manakah yang tergolong materi fakta ?

Prosedur menabung
Ciri-ciri makhluk hidup
Peristiwa gempa bumi
Hukum Archimedes
Tidak ada jawaban
Soal

21. Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar

mengidentifikasi hasil belajar
Tidak ada jawaban
menentukan tujuan penilaian
membuat kisi-kisi
menuliskan draft butir instrumen
Soal

22. Manfaat media pembelajaran kecuali:

Memberikan rangsangan pada indera siswa.
Meningkatkan perhatian siswa
Tidak ada jawaban
Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
Memberikan hiburan kepada siswa
Soal

23. Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal

kisi-kisi
kisi-kisi cetak baru
kalibrasi
blue print
Tidak ada jawaban
Soal

24. Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:

Tidak ada jawaban
afektif
psikomotorik
tertulis
kognitif
Soal

25. Salah satu ciri PAKEM adalah...

lingkungan sebagai sumber belajar
sumber belajar utama adalah buku paket
dominan menggunakan metode ceramah
Tidak ada jawaban
pembelajaran berpusat pada guru
Soal

26. Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?

Menyita waktu
Sulit
Tidak layak
Tidak ada jawaban
Mahal
Soal

27. Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:

Tidak ada jawaban
fisik modul/LKS
ilustrasi
bahasa
keakuratan ilmu pengetahuan
Soal

28. Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.

menilai
mensintesis
mencipta
Tidak ada jawaban
menganalisis
Soal

29. Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:

rangkuman
Tidak ada jawaban
tes formatif
uraian materi
kunci jawaban
Soal

30. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:

Identifikasi masalah pembelajaran
Identifikasi kebutuhan
Tidak ada jawaban
Analisis kurikulum
Analisis pembelajaran
Soal

31. Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:

meringkas buku
menjawab soal-soal
melakukan percobaan
Tidak ada jawaban
memasangkan gambar dengan kata
Soal

32. Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:

Sumber referensi
Identitas mata pelajaran
Indikator
Alokasi waktu
Tidak ada jawaban
Soal

33. Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..

guru tidak memberikan umpan balik
guru memahami anak secara perorangan
memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
Tidak ada jawaban
menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
Soal

34. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik

Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
Tidak ada jawaban
Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
Soal

35. Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:

berisi alokasi waktu pengerjaan soal
berisi kolom untuk menjawab soal
Tidak ada jawaban
berisi pertanyaan terbuka
berisi petunjuk pengerjaan soal
Soal

36. Fungsi bahan ajar modul/LKS

untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
untuk menambah waktu belajar siswa
untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Tidak ada jawaban
untuk mengisi waktu luang siswa
Soal

37. Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...

Teori pembelajaran
Teori belajar
Tidak ada jawaban
Teori komunikasi
Teori analisis peserta didik
Soal

38. Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?

Buku
Modul
Video
Surat kabar
Tidak ada jawaban
Soal

39. Kriteria utama dalam memilih media:

Kemampuan media
Jumlah siswa
Kemudahan penggunaan
Tujuan pembelajaran
Tidak ada jawaban
Soal

40. Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:

bagian inti
Tidak ada jawaban
bagian akhir
bagian awal
bagian penutup
Soal

41. Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:

Pendekatan pembelajaran
Strategi pembelajaran
Metode pembelajaran
Teknik pembelajaran
Tidak ada jawaban
Soal

42. Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?

Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
Tidak ada jawaban
Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
Kerjasama antara peneliti PTK atasan
Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
Soal

43. Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:

persiapan alat dan bahan
Tidak ada jawaban
penulisan laporan praktek
pelaksanaan praktek
memelihara kebersihan ruang laboratorium
Soal

44. Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:

Model
Gambar
Realita
Tidak ada jawaban
Foto
Soal

45. Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...

mengulangi isi buku pelajaran
memperbanyak halaman LKS
Tidak ada jawaban
merupakan alat motivasi belajar
mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
Soal

46. Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:

lembar jawaban
Tidak ada jawaban
lembar soal
kisi-kisi instrumen penilaian
lembar soal dan lembar jawaban
Soal

47. Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:

membuat kisi-kisi
menguji coba butir instrumen
mengidentifikasi tujuan pembelajaran
Tidak ada jawaban
merumuskan tujuan penilaian
Soal

48. Apa arti guru reflektif?

Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
Tidak ada jawaban
Soal

49. Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:

Konfirmasi
Tidak ada jawaban
Elaborasi
Refleksi
Eksplorasi
Soal

50. Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...

Tidak ada jawaban
motivasi belajar anak meningkat
guru menjadi kreatif
siswa kurang dapat bekerja sama
pembelajaran bermakna
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya