Soal Pretes PPG UKG Mulok Potensi Daerah SMA

Soal Pretes PPG UKG Mulok Potensi Daerah SMA

Petunjuk Teknis

» Mulok Potensi Daerah SMA

Mata Pelajaran : Mulok Potensi Daerah SMA
Jenjang : SMA
Soal : Soal Pretes PPG UKG Mulok Potensi Daerah SMA


Soal Pretes PPG UKG Mulok Potensi Daerah SMA Mulok Potensi Daerah SMA
00:00:00
Soal

1. Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.

Nomor 41 Tahun 2007
Nomor 14 Tahun 2007
Tidak ada jawaban
Nomor 41 Tahun 2005
Nomor 14 Tahun 2005
Soal

2. Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:

bagian inti
bagian akhir
Tidak ada jawaban
bagian penutup
bagian awal
Soal

3. Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:

Tidak ada jawaban
hasil karya
proyek
portofolio
kognisi
Soal

4. Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:

perancangan
Tidak ada jawaban
evaluasi
pengembangan
produksi
Soal

5. Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...

Teori analisis peserta didik
Teori belajar
Teori pembelajaran
Tidak ada jawaban
Teori komunikasi
Soal

6. Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...

guru menciptakan pembelajaran yang menantang
Tidak ada jawaban
jawaban siswa harus sama dengan guru
metode pembejaran bervariasi
siswa aktif
Soal

7. Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:

perancangan
Tidak ada jawaban
evaluasi
pengembangan
produksi
Soal

8. Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:

memelihara kebersihan ruang laboratorium
penulisan laporan praktek
pelaksanaan praktek
Tidak ada jawaban
persiapan alat dan bahan
Soal

9. Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.

menilai
menganalisis
mencipta
mensintesis
Tidak ada jawaban
Soal

10. Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:

mengidentifikasi tujuan pembelajaran
merumuskan tujuan penilaian
menguji coba butir instrumen
Tidak ada jawaban
membuat kisi-kisi
Soal

11. Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:

Identitas mata pelajaran
Sumber referensi
Alokasi waktu
Indikator
Tidak ada jawaban
Soal

12. Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..

Tidak ada jawaban
menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
guru memahami anak secara perorangan
memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
guru tidak memberikan umpan balik
Soal

13. Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?

Tidak ada jawaban
Menyita waktu
Sulit
Tidak layak
Mahal
Soal

14. Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?

Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
Tidak ada jawaban
Kerjasama antara peneliti PTK atasan
Soal

15. Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:

sesuai dengan silabus dan RPP
Tidak ada jawaban
tersedia tipe tugas atau latihan
mudah dipahami siswa
alur penyajian tidak sistematis
Soal

16. Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?

PTK bersifat individual
PTK bersifat klasikal
Tidak ada jawaban
PTK bersifat kontekstual
PTK bersifat profesional
Soal

17. Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:

lembar soal dan lembar jawaban
lembar jawaban
Tidak ada jawaban
kisi-kisi instrumen penilaian
lembar soal
Soal

18. Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:

angka
skala ordinal
skala nominal
interval skor
Tidak ada jawaban
Soal

19. Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer

Biaya
Kemudahan penggunaan
Kecepatan
Tidak ada jawaban
Akses
Soal

20. Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:

Tidak ada jawaban
Eksplorasi
Elaborasi
Refleksi
Konfirmasi
Soal

21. Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?

Video
Buku
Tidak ada jawaban
Surat kabar
Modul
Soal

22. Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:

Tidak ada jawaban
Saluran
Pesan
Penerima
Sumber
Soal

23. Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:

kunci jawaban
rangkuman
uraian materi
Tidak ada jawaban
tes formatif
Soal

24. Prosedur memanfaatkan media kecuali:

Pelaksanaan
Tindak lanjut
Tidak ada jawaban
Persiapan
Pengumpulan bahan
Soal

25. Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:

Film
Radio
Audio
Tidak ada jawaban
Video
Soal

26. Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar

menuliskan draft butir instrumen
membuat kisi-kisi
mengidentifikasi hasil belajar
menentukan tujuan penilaian
Tidak ada jawaban
Soal

27. Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:

Strategi
Evaluasi
Tujuan
Tidak ada jawaban
Materi
Soal

28. Fungsi bahan ajar modul/LKS

untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
untuk menambah waktu belajar siswa
untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Tidak ada jawaban
untuk mengisi waktu luang siswa
Soal

29. Kriteria utama dalam memilih media:

Tujuan pembelajaran
Jumlah siswa
Kemampuan media
Kemudahan penggunaan
Tidak ada jawaban
Soal

30. Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:

tertulis
kognitif
Tidak ada jawaban
psikomotorik
afektif
Soal

31. Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:

Gambar
Tidak ada jawaban
Foto
Realita
Model
Soal

32. Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:

Model
Realia
Tidak ada jawaban
Mock up
Simulator
Soal

33. Manfaat media pembelajaran kecuali:

Memberikan hiburan kepada siswa
Meningkatkan perhatian siswa
Tidak ada jawaban
Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
Memberikan rangsangan pada indera siswa.
Soal

34. Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...

motivasi belajar anak meningkat
Tidak ada jawaban
guru menjadi kreatif
pembelajaran bermakna
siswa kurang dapat bekerja sama
Soal

35. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik

Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
Tidak ada jawaban
Soal

36. Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...

Tidak ada jawaban
mengulangi isi buku pelajaran
merupakan alat motivasi belajar
mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
memperbanyak halaman LKS
Soal

37. Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:

Interaktif
Tidak ada jawaban
Penyaji
Objek
Permainan
Soal

38. Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:

menjawab soal-soal
meringkas buku
Tidak ada jawaban
melakukan percobaan
memasangkan gambar dengan kata
Soal

39. Apa arti guru reflektif?

Tidak ada jawaban
Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Soal

40. Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:

skala sikap
daftar pertanyaan
skala penilaian diri sendiri
lembar observasi
Tidak ada jawaban
Soal

41. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:

Identifikasi kebutuhan
Identifikasi masalah pembelajaran
Tidak ada jawaban
Analisis pembelajaran
Analisis kurikulum
Soal

42. Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...

Tidak ada jawaban
Evaluasi
Strategi
Tujuan
Materi
Soal

43. Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:

Metode pembelajaran
Teknik pembelajaran
Strategi pembelajaran
Pendekatan pembelajaran
Tidak ada jawaban
Soal

44. Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:

Tidak ada jawaban
bahasa
fisik modul/LKS
keakuratan ilmu pengetahuan
ilustrasi
Soal

45. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...

pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
guru sebagai fasilitator
Tidak ada jawaban
guru aktif
pertanyaan yang diajukan guru tertutup
Soal

46. Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal

kisi-kisi
kalibrasi
kisi-kisi cetak baru
blue print
Tidak ada jawaban
Soal

47. Manakah yang tergolong materi fakta ?

Tidak ada jawaban
Hukum Archimedes
Ciri-ciri makhluk hidup
Peristiwa gempa bumi
Prosedur menabung
Soal

48. Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:

berisi petunjuk pengerjaan soal
berisi alokasi waktu pengerjaan soal
berisi kolom untuk menjawab soal
Tidak ada jawaban
berisi pertanyaan terbuka
Soal

49. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:

Menyanyi
Membaca
Menjawab
Tidak ada jawaban
Menguasai
Soal

50. Salah satu ciri PAKEM adalah...

lingkungan sebagai sumber belajar
pembelajaran berpusat pada guru
sumber belajar utama adalah buku paket
dominan menggunakan metode ceramah
Tidak ada jawaban
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya