Soal Pretes PPG UKG Mulok Potensi Daerah SMA

Soal Pretes PPG UKG Mulok Potensi Daerah SMA

Petunjuk Teknis

» Mulok Potensi Daerah SMA

Mata Pelajaran : Mulok Potensi Daerah SMA
Jenjang : SMA
Soal : Soal Pretes PPG UKG Mulok Potensi Daerah SMA


Soal Pretes PPG UKG Mulok Potensi Daerah SMA Mulok Potensi Daerah SMA
00:00:00
Soal

1. Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:

bagian awal
bagian akhir
Tidak ada jawaban
bagian penutup
bagian inti
Soal

2. Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:

Realita
Foto
Tidak ada jawaban
Gambar
Model
Soal

3. Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..

memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
guru memahami anak secara perorangan
Tidak ada jawaban
guru tidak memberikan umpan balik
Soal

4. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:

Tidak ada jawaban
Menyanyi
Menguasai
Menjawab
Membaca
Soal

5. Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...

Teori komunikasi
Teori pembelajaran
Teori analisis peserta didik
Teori belajar
Tidak ada jawaban
Soal

6. Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:

Objek
Penyaji
Tidak ada jawaban
Interaktif
Permainan
Soal

7. Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal

kisi-kisi cetak baru
kisi-kisi
blue print
kalibrasi
Tidak ada jawaban
Soal

8. Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:

Simulator
Mock up
Realia
Model
Tidak ada jawaban
Soal

9. Kriteria utama dalam memilih media:

Tidak ada jawaban
Tujuan pembelajaran
Kemudahan penggunaan
Kemampuan media
Jumlah siswa
Soal

10. Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:

psikomotorik
kognitif
afektif
Tidak ada jawaban
tertulis
Soal

11. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:

Analisis pembelajaran
Tidak ada jawaban
Identifikasi kebutuhan
Identifikasi masalah pembelajaran
Analisis kurikulum
Soal

12. Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:

Penerima
Sumber
Pesan
Tidak ada jawaban
Saluran
Soal

13. Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:

Video
Tidak ada jawaban
Radio
Film
Audio
Soal

14. Manfaat media pembelajaran kecuali:

Memberikan rangsangan pada indera siswa.
Meningkatkan perhatian siswa
Memberikan hiburan kepada siswa
Tidak ada jawaban
Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
Soal

15. Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...

Tidak ada jawaban
guru menjadi kreatif
siswa kurang dapat bekerja sama
motivasi belajar anak meningkat
pembelajaran bermakna
Soal

16. Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:

berisi petunjuk pengerjaan soal
Tidak ada jawaban
berisi pertanyaan terbuka
berisi kolom untuk menjawab soal
berisi alokasi waktu pengerjaan soal
Soal

17. Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:

Tidak ada jawaban
Alokasi waktu
Identitas mata pelajaran
Sumber referensi
Indikator
Soal

18. Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?

Modul
Buku
Surat kabar
Video
Tidak ada jawaban
Soal

19. Manakah yang tergolong materi fakta ?

Hukum Archimedes
Ciri-ciri makhluk hidup
Prosedur menabung
Peristiwa gempa bumi
Tidak ada jawaban
Soal

20. Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:

perancangan
produksi
pengembangan
Tidak ada jawaban
evaluasi
Soal

21. Fungsi bahan ajar modul/LKS

Tidak ada jawaban
untuk mengisi waktu luang siswa
untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
untuk menambah waktu belajar siswa
untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Soal

22. Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?

PTK bersifat individual
PTK bersifat kontekstual
PTK bersifat profesional
Tidak ada jawaban
PTK bersifat klasikal
Soal

23. Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:

Tidak ada jawaban
alur penyajian tidak sistematis
mudah dipahami siswa
tersedia tipe tugas atau latihan
sesuai dengan silabus dan RPP
Soal

24. Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?

Tidak layak
Tidak ada jawaban
Menyita waktu
Sulit
Mahal
Soal

25. Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:

skala nominal
skala ordinal
interval skor
Tidak ada jawaban
angka
Soal

26. Salah satu ciri PAKEM adalah...

lingkungan sebagai sumber belajar
dominan menggunakan metode ceramah
pembelajaran berpusat pada guru
Tidak ada jawaban
sumber belajar utama adalah buku paket
Soal

27. Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...

Tujuan
Strategi
Evaluasi
Materi
Tidak ada jawaban
Soal

28. Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar

Tidak ada jawaban
membuat kisi-kisi
mengidentifikasi hasil belajar
menuliskan draft butir instrumen
menentukan tujuan penilaian
Soal

29. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...

pertanyaan yang diajukan guru tertutup
pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
Tidak ada jawaban
guru aktif
guru sebagai fasilitator
Soal

30. Prosedur memanfaatkan media kecuali:

Pengumpulan bahan
Tindak lanjut
Persiapan
Pelaksanaan
Tidak ada jawaban
Soal

31. Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:

tes formatif
uraian materi
Tidak ada jawaban
rangkuman
kunci jawaban
Soal

32. Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:

Tidak ada jawaban
perancangan
evaluasi
produksi
pengembangan
Soal

33. Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:

Metode pembelajaran
Pendekatan pembelajaran
Tidak ada jawaban
Strategi pembelajaran
Teknik pembelajaran
Soal

34. Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...

siswa aktif
metode pembejaran bervariasi
guru menciptakan pembelajaran yang menantang
jawaban siswa harus sama dengan guru
Tidak ada jawaban
Soal

35. Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:

memasangkan gambar dengan kata
Tidak ada jawaban
melakukan percobaan
menjawab soal-soal
meringkas buku
Soal

36. Apa arti guru reflektif?

Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Tidak ada jawaban
Soal

37. Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:

keakuratan ilmu pengetahuan
bahasa
Tidak ada jawaban
fisik modul/LKS
ilustrasi
Soal

38. Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.

menilai
menganalisis
mencipta
Tidak ada jawaban
mensintesis
Soal

39. Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.

Nomor 14 Tahun 2005
Nomor 14 Tahun 2007
Nomor 41 Tahun 2005
Tidak ada jawaban
Nomor 41 Tahun 2007
Soal

40. Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...

memperbanyak halaman LKS
Tidak ada jawaban
mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
mengulangi isi buku pelajaran
merupakan alat motivasi belajar
Soal

41. Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:

penulisan laporan praktek
persiapan alat dan bahan
pelaksanaan praktek
Tidak ada jawaban
memelihara kebersihan ruang laboratorium
Soal

42. Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:

daftar pertanyaan
Tidak ada jawaban
skala penilaian diri sendiri
lembar observasi
skala sikap
Soal

43. Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer

Biaya
Tidak ada jawaban
Kemudahan penggunaan
Kecepatan
Akses
Soal

44. Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:

lembar jawaban
kisi-kisi instrumen penilaian
lembar soal dan lembar jawaban
Tidak ada jawaban
lembar soal
Soal

45. Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?

Tidak ada jawaban
Kerjasama antara peneliti PTK atasan
Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
Soal

46. Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:

Materi
Evaluasi
Tidak ada jawaban
Tujuan
Strategi
Soal

47. Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:

menguji coba butir instrumen
Tidak ada jawaban
membuat kisi-kisi
mengidentifikasi tujuan pembelajaran
merumuskan tujuan penilaian
Soal

48. Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:

Tidak ada jawaban
kognisi
hasil karya
proyek
portofolio
Soal

49. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik

Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
Tidak ada jawaban
Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
Soal

50. Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:

Refleksi
Konfirmasi
Elaborasi
Tidak ada jawaban
Eksplorasi
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya