Soal Pretes PPG UKG Mulok Potensi Daerah SMA

Soal Pretes PPG UKG Mulok Potensi Daerah SMA

Petunjuk Teknis

» Mulok Potensi Daerah SMA

Mata Pelajaran : Mulok Potensi Daerah SMA
Jenjang : SMA
Soal : Soal Pretes PPG UKG Mulok Potensi Daerah SMA


Soal Pretes PPG UKG Mulok Potensi Daerah SMA Mulok Potensi Daerah SMA
00:00:00
Soal

1. Manakah yang tergolong materi fakta ?

Hukum Archimedes
Ciri-ciri makhluk hidup
Prosedur menabung
Peristiwa gempa bumi
Tidak ada jawaban
Soal

2. Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:

tertulis
Tidak ada jawaban
kognitif
psikomotorik
afektif
Soal

3. Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?

Tidak ada jawaban
Kerjasama antara peneliti PTK atasan
Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
Soal

4. Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:

Tidak ada jawaban
Teknik pembelajaran
Strategi pembelajaran
Pendekatan pembelajaran
Metode pembelajaran
Soal

5. Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar

membuat kisi-kisi
menuliskan draft butir instrumen
Tidak ada jawaban
menentukan tujuan penilaian
mengidentifikasi hasil belajar
Soal

6. Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:

sesuai dengan silabus dan RPP
tersedia tipe tugas atau latihan
mudah dipahami siswa
alur penyajian tidak sistematis
Tidak ada jawaban
Soal

7. Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...

memperbanyak halaman LKS
mengulangi isi buku pelajaran
mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
merupakan alat motivasi belajar
Tidak ada jawaban
Soal

8. Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:

persiapan alat dan bahan
memelihara kebersihan ruang laboratorium
penulisan laporan praktek
pelaksanaan praktek
Tidak ada jawaban
Soal

9. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik

Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
Tidak ada jawaban
Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
Soal

10. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:

Identifikasi kebutuhan
Identifikasi masalah pembelajaran
Analisis kurikulum
Tidak ada jawaban
Analisis pembelajaran
Soal

11. Apa arti guru reflektif?

Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Tidak ada jawaban
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
Soal

12. Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...

pembelajaran bermakna
siswa kurang dapat bekerja sama
Tidak ada jawaban
guru menjadi kreatif
motivasi belajar anak meningkat
Soal

13. Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:

lembar soal dan lembar jawaban
kisi-kisi instrumen penilaian
lembar soal
lembar jawaban
Tidak ada jawaban
Soal

14. Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:

Refleksi
Eksplorasi
Tidak ada jawaban
Elaborasi
Konfirmasi
Soal

15. Kriteria utama dalam memilih media:

Kemampuan media
Tujuan pembelajaran
Kemudahan penggunaan
Tidak ada jawaban
Jumlah siswa
Soal

16. Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:

Foto
Realita
Tidak ada jawaban
Gambar
Model
Soal

17. Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:

Penerima
Sumber
Saluran
Tidak ada jawaban
Pesan
Soal

18. Prosedur memanfaatkan media kecuali:

Persiapan
Tindak lanjut
Pelaksanaan
Pengumpulan bahan
Tidak ada jawaban
Soal

19. Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:

Tidak ada jawaban
Video
Radio
Film
Audio
Soal

20. Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..

guru tidak memberikan umpan balik
memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
Tidak ada jawaban
menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
guru memahami anak secara perorangan
Soal

21. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:

Menyanyi
Menjawab
Membaca
Menguasai
Tidak ada jawaban
Soal

22. Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:

bahasa
Tidak ada jawaban
ilustrasi
keakuratan ilmu pengetahuan
fisik modul/LKS
Soal

23. Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:

produksi
perancangan
pengembangan
Tidak ada jawaban
evaluasi
Soal

24. Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:

angka
Tidak ada jawaban
skala nominal
interval skor
skala ordinal
Soal

25. Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:

kunci jawaban
uraian materi
rangkuman
Tidak ada jawaban
tes formatif
Soal

26. Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal

kisi-kisi
blue print
kisi-kisi cetak baru
Tidak ada jawaban
kalibrasi
Soal

27. Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?

Surat kabar
Buku
Modul
Tidak ada jawaban
Video
Soal

28. Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:

Tidak ada jawaban
Strategi
Materi
Tujuan
Evaluasi
Soal

29. Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:

menguji coba butir instrumen
mengidentifikasi tujuan pembelajaran
Tidak ada jawaban
membuat kisi-kisi
merumuskan tujuan penilaian
Soal

30. Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:

Tidak ada jawaban
Simulator
Realia
Mock up
Model
Soal

31. Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:

Tidak ada jawaban
pengembangan
perancangan
evaluasi
produksi
Soal

32. Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...

Teori belajar
Teori pembelajaran
Teori analisis peserta didik
Teori komunikasi
Tidak ada jawaban
Soal

33. Salah satu ciri PAKEM adalah...

dominan menggunakan metode ceramah
lingkungan sebagai sumber belajar
sumber belajar utama adalah buku paket
pembelajaran berpusat pada guru
Tidak ada jawaban
Soal

34. Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.

Nomor 41 Tahun 2007
Tidak ada jawaban
Nomor 14 Tahun 2005
Nomor 41 Tahun 2005
Nomor 14 Tahun 2007
Soal

35. Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...

Tujuan
Tidak ada jawaban
Strategi
Materi
Evaluasi
Soal

36. Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer

Kecepatan
Akses
Tidak ada jawaban
Biaya
Kemudahan penggunaan
Soal

37. Fungsi bahan ajar modul/LKS

untuk menambah waktu belajar siswa
Tidak ada jawaban
untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
untuk mengisi waktu luang siswa
untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Soal

38. Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:

lembar observasi
daftar pertanyaan
Tidak ada jawaban
skala sikap
skala penilaian diri sendiri
Soal

39. Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:

Indikator
Tidak ada jawaban
Identitas mata pelajaran
Sumber referensi
Alokasi waktu
Soal

40. Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.

menilai
mensintesis
mencipta
menganalisis
Tidak ada jawaban
Soal

41. Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?

Tidak ada jawaban
Sulit
Mahal
Menyita waktu
Tidak layak
Soal

42. Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:

Tidak ada jawaban
berisi pertanyaan terbuka
berisi petunjuk pengerjaan soal
berisi alokasi waktu pengerjaan soal
berisi kolom untuk menjawab soal
Soal

43. Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:

kognisi
proyek
hasil karya
Tidak ada jawaban
portofolio
Soal

44. Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...

jawaban siswa harus sama dengan guru
metode pembejaran bervariasi
Tidak ada jawaban
siswa aktif
guru menciptakan pembelajaran yang menantang
Soal

45. Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:

Tidak ada jawaban
Interaktif
Permainan
Penyaji
Objek
Soal

46. Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?

PTK bersifat profesional
Tidak ada jawaban
PTK bersifat individual
PTK bersifat klasikal
PTK bersifat kontekstual
Soal

47. Manfaat media pembelajaran kecuali:

Memberikan rangsangan pada indera siswa.
Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
Meningkatkan perhatian siswa
Tidak ada jawaban
Memberikan hiburan kepada siswa
Soal

48. Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:

bagian akhir
bagian inti
bagian awal
bagian penutup
Tidak ada jawaban
Soal

49. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...

guru sebagai fasilitator
Tidak ada jawaban
pertanyaan yang diajukan guru tertutup
guru aktif
pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
Soal

50. Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:

menjawab soal-soal
memasangkan gambar dengan kata
meringkas buku
melakukan percobaan
Tidak ada jawaban
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya