Soal Pretes PPG UKG Mulok Potensi Daerah SMA

Soal Pretes PPG UKG Mulok Potensi Daerah SMA

Petunjuk Teknis

» Mulok Potensi Daerah SMA

Mata Pelajaran : Mulok Potensi Daerah SMA
Jenjang : SMA
Soal : Soal Pretes PPG UKG Mulok Potensi Daerah SMA


Soal Pretes PPG UKG Mulok Potensi Daerah SMA Mulok Potensi Daerah SMA
00:00:00
Soal

1. Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:

berisi petunjuk pengerjaan soal
berisi pertanyaan terbuka
berisi kolom untuk menjawab soal
Tidak ada jawaban
berisi alokasi waktu pengerjaan soal
Soal

2. Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...

Tidak ada jawaban
mengulangi isi buku pelajaran
merupakan alat motivasi belajar
memperbanyak halaman LKS
mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
Soal

3. Manfaat media pembelajaran kecuali:

Memberikan hiburan kepada siswa
Tidak ada jawaban
Meningkatkan perhatian siswa
Memberikan rangsangan pada indera siswa.
Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
Soal

4. Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer

Kecepatan
Tidak ada jawaban
Kemudahan penggunaan
Akses
Biaya
Soal

5. Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?

PTK bersifat individual
Tidak ada jawaban
PTK bersifat profesional
PTK bersifat klasikal
PTK bersifat kontekstual
Soal

6. Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?

Surat kabar
Buku
Tidak ada jawaban
Modul
Video
Soal

7. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik

Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
Tidak ada jawaban
Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
Soal

8. Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:

pengembangan
produksi
evaluasi
perancangan
Tidak ada jawaban
Soal

9. Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:

kisi-kisi instrumen penilaian
Tidak ada jawaban
lembar jawaban
lembar soal
lembar soal dan lembar jawaban
Soal

10. Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...

Tidak ada jawaban
Teori pembelajaran
Teori analisis peserta didik
Teori belajar
Teori komunikasi
Soal

11. Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:

Indikator
Alokasi waktu
Identitas mata pelajaran
Sumber referensi
Tidak ada jawaban
Soal

12. Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:

Tidak ada jawaban
persiapan alat dan bahan
penulisan laporan praktek
memelihara kebersihan ruang laboratorium
pelaksanaan praktek
Soal

13. Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:

bagian inti
bagian awal
bagian penutup
Tidak ada jawaban
bagian akhir
Soal

14. Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:

Evaluasi
Tujuan
Materi
Strategi
Tidak ada jawaban
Soal

15. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:

Tidak ada jawaban
Analisis kurikulum
Identifikasi kebutuhan
Identifikasi masalah pembelajaran
Analisis pembelajaran
Soal

16. Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?

Tidak layak
Menyita waktu
Tidak ada jawaban
Mahal
Sulit
Soal

17. Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:

menguji coba butir instrumen
Tidak ada jawaban
mengidentifikasi tujuan pembelajaran
membuat kisi-kisi
merumuskan tujuan penilaian
Soal

18. Manakah yang tergolong materi fakta ?

Tidak ada jawaban
Peristiwa gempa bumi
Ciri-ciri makhluk hidup
Prosedur menabung
Hukum Archimedes
Soal

19. Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:

bahasa
Tidak ada jawaban
fisik modul/LKS
ilustrasi
keakuratan ilmu pengetahuan
Soal

20. Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal

kalibrasi
blue print
Tidak ada jawaban
kisi-kisi
kisi-kisi cetak baru
Soal

21. Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:

melakukan percobaan
memasangkan gambar dengan kata
meringkas buku
menjawab soal-soal
Tidak ada jawaban
Soal

22. Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...

Tidak ada jawaban
motivasi belajar anak meningkat
pembelajaran bermakna
guru menjadi kreatif
siswa kurang dapat bekerja sama
Soal

23. Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:

Tidak ada jawaban
skala sikap
lembar observasi
skala penilaian diri sendiri
daftar pertanyaan
Soal

24. Kriteria utama dalam memilih media:

Tujuan pembelajaran
Tidak ada jawaban
Kemampuan media
Jumlah siswa
Kemudahan penggunaan
Soal

25. Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:

Eksplorasi
Refleksi
Konfirmasi
Elaborasi
Tidak ada jawaban
Soal

26. Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:

Gambar
Model
Realita
Foto
Tidak ada jawaban
Soal

27. Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..

Tidak ada jawaban
guru memahami anak secara perorangan
menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
guru tidak memberikan umpan balik
Soal

28. Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...

siswa aktif
jawaban siswa harus sama dengan guru
guru menciptakan pembelajaran yang menantang
Tidak ada jawaban
metode pembejaran bervariasi
Soal

29. Apa arti guru reflektif?

Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Tidak ada jawaban
Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
Soal

30. Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:

Penyaji
Interaktif
Tidak ada jawaban
Objek
Permainan
Soal

31. Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:

Tidak ada jawaban
Mock up
Realia
Model
Simulator
Soal

32. Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:

tersedia tipe tugas atau latihan
alur penyajian tidak sistematis
Tidak ada jawaban
sesuai dengan silabus dan RPP
mudah dipahami siswa
Soal

33. Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:

afektif
kognitif
Tidak ada jawaban
tertulis
psikomotorik
Soal

34. Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?

Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
Kerjasama antara peneliti PTK atasan
Tidak ada jawaban
Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
Soal

35. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:

Tidak ada jawaban
Menyanyi
Membaca
Menjawab
Menguasai
Soal

36. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...

Tidak ada jawaban
pertanyaan yang diajukan guru tertutup
guru sebagai fasilitator
pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
guru aktif
Soal

37. Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.

Nomor 14 Tahun 2005
Nomor 41 Tahun 2007
Nomor 14 Tahun 2007
Tidak ada jawaban
Nomor 41 Tahun 2005
Soal

38. Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar

Tidak ada jawaban
menentukan tujuan penilaian
menuliskan draft butir instrumen
mengidentifikasi hasil belajar
membuat kisi-kisi
Soal

39. Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:

Video
Tidak ada jawaban
Radio
Film
Audio
Soal

40. Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.

menilai
Tidak ada jawaban
mensintesis
mencipta
menganalisis
Soal

41. Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:

interval skor
skala nominal
Tidak ada jawaban
skala ordinal
angka
Soal

42. Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...

Evaluasi
Strategi
Tujuan
Materi
Tidak ada jawaban
Soal

43. Prosedur memanfaatkan media kecuali:

Persiapan
Tidak ada jawaban
Pelaksanaan
Pengumpulan bahan
Tindak lanjut
Soal

44. Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:

perancangan
Tidak ada jawaban
evaluasi
produksi
pengembangan
Soal

45. Fungsi bahan ajar modul/LKS

untuk mengisi waktu luang siswa
untuk menambah waktu belajar siswa
untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
Tidak ada jawaban
untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Soal

46. Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:

uraian materi
kunci jawaban
rangkuman
Tidak ada jawaban
tes formatif
Soal

47. Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:

hasil karya
portofolio
proyek
Tidak ada jawaban
kognisi
Soal

48. Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:

Metode pembelajaran
Tidak ada jawaban
Pendekatan pembelajaran
Strategi pembelajaran
Teknik pembelajaran
Soal

49. Salah satu ciri PAKEM adalah...

sumber belajar utama adalah buku paket
pembelajaran berpusat pada guru
Tidak ada jawaban
lingkungan sebagai sumber belajar
dominan menggunakan metode ceramah
Soal

50. Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:

Pesan
Tidak ada jawaban
Sumber
Penerima
Saluran
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya