Soal Pretes PPG UKG Analis Kesehatan

Soal Pretes PPG UKG Analis Kesehatan

Petunjuk Teknis

» Analis Kesehatan

Mata Pelajaran : Analis Kesehatan
Jenjang : SMK
Soal : Soal Pretes PPG UKG Analis Kesehatan


Soal Pretes PPG UKG Analis Kesehatan Analis Kesehatan
00:00:00
Soal

1. Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:

Realita
Model
Tidak ada jawaban
Gambar
Foto
Soal

2. Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:

tertulis
Tidak ada jawaban
kognitif
afektif
psikomotorik
Soal

3. Manakah yang tergolong materi fakta ?

Prosedur menabung
Hukum Archimedes
Tidak ada jawaban
Ciri-ciri makhluk hidup
Peristiwa gempa bumi
Soal

4. Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar

mengidentifikasi hasil belajar
menentukan tujuan penilaian
menuliskan draft butir instrumen
Tidak ada jawaban
membuat kisi-kisi
Soal

5. Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:

skala nominal
angka
interval skor
Tidak ada jawaban
skala ordinal
Soal

6. Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...

Teori pembelajaran
Tidak ada jawaban
Teori komunikasi
Teori analisis peserta didik
Teori belajar
Soal

7. Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:

Evaluasi
Materi
Tidak ada jawaban
Tujuan
Strategi
Soal

8. Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:

Tidak ada jawaban
lembar jawaban
lembar soal dan lembar jawaban
kisi-kisi instrumen penilaian
lembar soal
Soal

9. Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:

Tidak ada jawaban
Strategi pembelajaran
Metode pembelajaran
Teknik pembelajaran
Pendekatan pembelajaran
Soal

10. Apa arti guru reflektif?

Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
Tidak ada jawaban
Soal

11. Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer

Kemudahan penggunaan
Tidak ada jawaban
Kecepatan
Akses
Biaya
Soal

12. Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:

produksi
perancangan
Tidak ada jawaban
evaluasi
pengembangan
Soal

13. Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...

Tidak ada jawaban
Materi
Tujuan
Strategi
Evaluasi
Soal

14. Kriteria utama dalam memilih media:

Kemampuan media
Tidak ada jawaban
Tujuan pembelajaran
Jumlah siswa
Kemudahan penggunaan
Soal

15. Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:

Penerima
Saluran
Pesan
Tidak ada jawaban
Sumber
Soal

16. Manfaat media pembelajaran kecuali:

Meningkatkan perhatian siswa
Memberikan hiburan kepada siswa
Tidak ada jawaban
Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
Memberikan rangsangan pada indera siswa.
Soal

17. Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:

Identitas mata pelajaran
Sumber referensi
Tidak ada jawaban
Alokasi waktu
Indikator
Soal

18. Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...

metode pembejaran bervariasi
Tidak ada jawaban
siswa aktif
jawaban siswa harus sama dengan guru
guru menciptakan pembelajaran yang menantang
Soal

19. Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:

tersedia tipe tugas atau latihan
mudah dipahami siswa
sesuai dengan silabus dan RPP
alur penyajian tidak sistematis
Tidak ada jawaban
Soal

20. Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...

pembelajaran bermakna
siswa kurang dapat bekerja sama
motivasi belajar anak meningkat
Tidak ada jawaban
guru menjadi kreatif
Soal

21. Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?

Video
Tidak ada jawaban
Surat kabar
Buku
Modul
Soal

22. Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:

Simulator
Mock up
Model
Realia
Tidak ada jawaban
Soal

23. Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:

portofolio
Tidak ada jawaban
hasil karya
proyek
kognisi
Soal

24. Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:

bagian penutup
bagian akhir
bagian awal
bagian inti
Tidak ada jawaban
Soal

25. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:

Analisis pembelajaran
Identifikasi masalah pembelajaran
Tidak ada jawaban
Analisis kurikulum
Identifikasi kebutuhan
Soal

26. Fungsi bahan ajar modul/LKS

Tidak ada jawaban
untuk mengisi waktu luang siswa
untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
untuk meningkatkan hasil belajar siswa
untuk menambah waktu belajar siswa
Soal

27. Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:

penulisan laporan praktek
Tidak ada jawaban
memelihara kebersihan ruang laboratorium
persiapan alat dan bahan
pelaksanaan praktek
Soal

28. Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:

rangkuman
tes formatif
kunci jawaban
uraian materi
Tidak ada jawaban
Soal

29. Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:

Tidak ada jawaban
mengidentifikasi tujuan pembelajaran
merumuskan tujuan penilaian
menguji coba butir instrumen
membuat kisi-kisi
Soal

30. Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:

Elaborasi
Refleksi
Tidak ada jawaban
Konfirmasi
Eksplorasi
Soal

31. Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:

memasangkan gambar dengan kata
melakukan percobaan
Tidak ada jawaban
meringkas buku
menjawab soal-soal
Soal

32. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:

Membaca
Menyanyi
Menguasai
Tidak ada jawaban
Menjawab
Soal

33. Salah satu ciri PAKEM adalah...

dominan menggunakan metode ceramah
pembelajaran berpusat pada guru
lingkungan sebagai sumber belajar
sumber belajar utama adalah buku paket
Tidak ada jawaban
Soal

34. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...

guru aktif
pertanyaan yang diajukan guru tertutup
Tidak ada jawaban
pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
guru sebagai fasilitator
Soal

35. Prosedur memanfaatkan media kecuali:

Tidak ada jawaban
Persiapan
Pengumpulan bahan
Pelaksanaan
Tindak lanjut
Soal

36. Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:

pengembangan
Tidak ada jawaban
produksi
evaluasi
perancangan
Soal

37. Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:

Audio
Video
Film
Radio
Tidak ada jawaban
Soal

38. Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:

skala sikap
lembar observasi
Tidak ada jawaban
daftar pertanyaan
skala penilaian diri sendiri
Soal

39. Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.

Nomor 14 Tahun 2005
Nomor 14 Tahun 2007
Nomor 41 Tahun 2005
Tidak ada jawaban
Nomor 41 Tahun 2007
Soal

40. Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:

berisi kolom untuk menjawab soal
berisi pertanyaan terbuka
Tidak ada jawaban
berisi alokasi waktu pengerjaan soal
berisi petunjuk pengerjaan soal
Soal

41. Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...

mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
merupakan alat motivasi belajar
Tidak ada jawaban
mengulangi isi buku pelajaran
memperbanyak halaman LKS
Soal

42. Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:

Interaktif
Objek
Permainan
Tidak ada jawaban
Penyaji
Soal

43. Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:

ilustrasi
Tidak ada jawaban
fisik modul/LKS
bahasa
keakuratan ilmu pengetahuan
Soal

44. Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?

Menyita waktu
Sulit
Tidak layak
Tidak ada jawaban
Mahal
Soal

45. Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?

PTK bersifat kontekstual
Tidak ada jawaban
PTK bersifat individual
PTK bersifat profesional
PTK bersifat klasikal
Soal

46. Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..

menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
guru tidak memberikan umpan balik
Tidak ada jawaban
memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
guru memahami anak secara perorangan
Soal

47. Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal

blue print
kisi-kisi
kalibrasi
Tidak ada jawaban
kisi-kisi cetak baru
Soal

48. Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?

Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
Tidak ada jawaban
Kerjasama antara peneliti PTK atasan
Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
Soal

49. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik

Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
Tidak ada jawaban
Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
Soal

50. Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.

Tidak ada jawaban
mencipta
mensintesis
menganalisis
menilai
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya