Soal Pretes PPG UKG Analis Kesehatan

Soal Pretes PPG UKG Analis Kesehatan

Petunjuk Teknis

» Analis Kesehatan

Mata Pelajaran : Analis Kesehatan
Jenjang : SMK
Soal : Soal Pretes PPG UKG Analis Kesehatan


Soal Pretes PPG UKG Analis Kesehatan Analis Kesehatan
00:00:00
Soal

1. Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...

merupakan alat motivasi belajar
memperbanyak halaman LKS
mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
mengulangi isi buku pelajaran
Tidak ada jawaban
Soal

2. Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:

pengembangan
Tidak ada jawaban
evaluasi
produksi
perancangan
Soal

3. Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:

Audio
Tidak ada jawaban
Video
Film
Radio
Soal

4. Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.

Tidak ada jawaban
menganalisis
menilai
mensintesis
mencipta
Soal

5. Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:

meringkas buku
menjawab soal-soal
melakukan percobaan
memasangkan gambar dengan kata
Tidak ada jawaban
Soal

6. Manakah yang tergolong materi fakta ?

Prosedur menabung
Ciri-ciri makhluk hidup
Tidak ada jawaban
Hukum Archimedes
Peristiwa gempa bumi
Soal

7. Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...

guru menciptakan pembelajaran yang menantang
metode pembejaran bervariasi
Tidak ada jawaban
jawaban siswa harus sama dengan guru
siswa aktif
Soal

8. Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?

Mahal
Sulit
Tidak ada jawaban
Menyita waktu
Tidak layak
Soal

9. Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...

Teori pembelajaran
Teori komunikasi
Tidak ada jawaban
Teori analisis peserta didik
Teori belajar
Soal

10. Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...

Strategi
Materi
Evaluasi
Tujuan
Tidak ada jawaban
Soal

11. Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:

kognitif
tertulis
afektif
psikomotorik
Tidak ada jawaban
Soal

12. Manfaat media pembelajaran kecuali:

Meningkatkan perhatian siswa
Memberikan rangsangan pada indera siswa.
Memberikan hiburan kepada siswa
Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
Tidak ada jawaban
Soal

13. Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:

interval skor
skala ordinal
angka
skala nominal
Tidak ada jawaban
Soal

14. Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:

Tidak ada jawaban
persiapan alat dan bahan
penulisan laporan praktek
memelihara kebersihan ruang laboratorium
pelaksanaan praktek
Soal

15. Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?

PTK bersifat individual
PTK bersifat kontekstual
PTK bersifat klasikal
Tidak ada jawaban
PTK bersifat profesional
Soal

16. Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:

Saluran
Pesan
Tidak ada jawaban
Sumber
Penerima
Soal

17. Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?

Tidak ada jawaban
Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
Kerjasama antara peneliti PTK atasan
Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
Soal

18. Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal

kisi-kisi cetak baru
blue print
Tidak ada jawaban
kisi-kisi
kalibrasi
Soal

19. Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:

ilustrasi
bahasa
fisik modul/LKS
keakuratan ilmu pengetahuan
Tidak ada jawaban
Soal

20. Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:

alur penyajian tidak sistematis
tersedia tipe tugas atau latihan
mudah dipahami siswa
sesuai dengan silabus dan RPP
Tidak ada jawaban
Soal

21. Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:

lembar soal
kisi-kisi instrumen penilaian
lembar jawaban
Tidak ada jawaban
lembar soal dan lembar jawaban
Soal

22. Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:

berisi kolom untuk menjawab soal
Tidak ada jawaban
berisi alokasi waktu pengerjaan soal
berisi pertanyaan terbuka
berisi petunjuk pengerjaan soal
Soal

23. Salah satu ciri PAKEM adalah...

sumber belajar utama adalah buku paket
Tidak ada jawaban
lingkungan sebagai sumber belajar
pembelajaran berpusat pada guru
dominan menggunakan metode ceramah
Soal

24. Fungsi bahan ajar modul/LKS

untuk mengisi waktu luang siswa
untuk meningkatkan hasil belajar siswa
untuk menambah waktu belajar siswa
Tidak ada jawaban
untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
Soal

25. Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:

produksi
evaluasi
Tidak ada jawaban
perancangan
pengembangan
Soal

26. Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:

Tidak ada jawaban
portofolio
proyek
kognisi
hasil karya
Soal

27. Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:

Tidak ada jawaban
daftar pertanyaan
lembar observasi
skala sikap
skala penilaian diri sendiri
Soal

28. Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:

Sumber referensi
Alokasi waktu
Identitas mata pelajaran
Indikator
Tidak ada jawaban
Soal

29. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik

Tidak ada jawaban
Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
Soal

30. Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar

mengidentifikasi hasil belajar
Tidak ada jawaban
menentukan tujuan penilaian
membuat kisi-kisi
menuliskan draft butir instrumen
Soal

31. Kriteria utama dalam memilih media:

Kemudahan penggunaan
Tidak ada jawaban
Jumlah siswa
Tujuan pembelajaran
Kemampuan media
Soal

32. Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:

Foto
Tidak ada jawaban
Realita
Gambar
Model
Soal

33. Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:

membuat kisi-kisi
mengidentifikasi tujuan pembelajaran
merumuskan tujuan penilaian
menguji coba butir instrumen
Tidak ada jawaban
Soal

34. Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:

Elaborasi
Tidak ada jawaban
Konfirmasi
Refleksi
Eksplorasi
Soal

35. Prosedur memanfaatkan media kecuali:

Pengumpulan bahan
Persiapan
Pelaksanaan
Tindak lanjut
Tidak ada jawaban
Soal

36. Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..

Tidak ada jawaban
guru tidak memberikan umpan balik
guru memahami anak secara perorangan
memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
Soal

37. Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.

Nomor 41 Tahun 2005
Nomor 14 Tahun 2005
Tidak ada jawaban
Nomor 14 Tahun 2007
Nomor 41 Tahun 2007
Soal

38. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:

Membaca
Menyanyi
Tidak ada jawaban
Menguasai
Menjawab
Soal

39. Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:

Realia
Mock up
Model
Simulator
Tidak ada jawaban
Soal

40. Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:

Tidak ada jawaban
rangkuman
kunci jawaban
uraian materi
tes formatif
Soal

41. Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?

Buku
Modul
Surat kabar
Video
Tidak ada jawaban
Soal

42. Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer

Kemudahan penggunaan
Akses
Biaya
Kecepatan
Tidak ada jawaban
Soal

43. Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:

Tidak ada jawaban
Evaluasi
Materi
Strategi
Tujuan
Soal

44. Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...

siswa kurang dapat bekerja sama
motivasi belajar anak meningkat
guru menjadi kreatif
Tidak ada jawaban
pembelajaran bermakna
Soal

45. Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:

Teknik pembelajaran
Metode pembelajaran
Strategi pembelajaran
Tidak ada jawaban
Pendekatan pembelajaran
Soal

46. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...

guru aktif
pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
guru sebagai fasilitator
pertanyaan yang diajukan guru tertutup
Tidak ada jawaban
Soal

47. Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:

bagian penutup
bagian inti
Tidak ada jawaban
bagian akhir
bagian awal
Soal

48. Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:

Tidak ada jawaban
Interaktif
Penyaji
Objek
Permainan
Soal

49. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:

Identifikasi masalah pembelajaran
Analisis kurikulum
Analisis pembelajaran
Identifikasi kebutuhan
Tidak ada jawaban
Soal

50. Apa arti guru reflektif?

Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Tidak ada jawaban
Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya