Soal Pretes PPG UKG Biologi Kesehatan

Soal Pretes PPG UKG Biologi Kesehatan

Petunjuk Teknis

» Biologi Kesehatan

Mata Pelajaran : Biologi Kesehatan
Jenjang : SMK
Soal : Soal Pretes PPG UKG Biologi Kesehatan


Soal Pretes PPG UKG Biologi Kesehatan Biologi Kesehatan
00:00:00
Soal

1. Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?

Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
Kerjasama antara peneliti PTK atasan
Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
Tidak ada jawaban
Soal

2. Salah satu ciri PAKEM adalah...

Tidak ada jawaban
dominan menggunakan metode ceramah
pembelajaran berpusat pada guru
lingkungan sebagai sumber belajar
sumber belajar utama adalah buku paket
Soal

3. Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:

Sumber
Pesan
Penerima
Saluran
Tidak ada jawaban
Soal

4. Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.

menilai
menganalisis
Tidak ada jawaban
mensintesis
mencipta
Soal

5. Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:

afektif
kognitif
Tidak ada jawaban
psikomotorik
tertulis
Soal

6. Manakah yang tergolong materi fakta ?

Prosedur menabung
Tidak ada jawaban
Hukum Archimedes
Peristiwa gempa bumi
Ciri-ciri makhluk hidup
Soal

7. Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:

Tidak ada jawaban
Eksplorasi
Refleksi
Elaborasi
Konfirmasi
Soal

8. Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:

skala sikap
lembar observasi
Tidak ada jawaban
daftar pertanyaan
skala penilaian diri sendiri
Soal

9. Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:

evaluasi
Tidak ada jawaban
pengembangan
produksi
perancangan
Soal

10. Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:

Indikator
Sumber referensi
Alokasi waktu
Tidak ada jawaban
Identitas mata pelajaran
Soal

11. Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:

berisi kolom untuk menjawab soal
berisi alokasi waktu pengerjaan soal
Tidak ada jawaban
berisi pertanyaan terbuka
berisi petunjuk pengerjaan soal
Soal

12. Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...

Tidak ada jawaban
motivasi belajar anak meningkat
guru menjadi kreatif
pembelajaran bermakna
siswa kurang dapat bekerja sama
Soal

13. Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:

Gambar
Foto
Model
Realita
Tidak ada jawaban
Soal

14. Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...

metode pembejaran bervariasi
Tidak ada jawaban
jawaban siswa harus sama dengan guru
guru menciptakan pembelajaran yang menantang
siswa aktif
Soal

15. Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..

menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
guru memahami anak secara perorangan
memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
Tidak ada jawaban
guru tidak memberikan umpan balik
Soal

16. Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:

Permainan
Penyaji
Objek
Tidak ada jawaban
Interaktif
Soal

17. Apa arti guru reflektif?

Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
Tidak ada jawaban
Soal

18. Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:

Tidak ada jawaban
pelaksanaan praktek
penulisan laporan praktek
memelihara kebersihan ruang laboratorium
persiapan alat dan bahan
Soal

19. Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?

PTK bersifat individual
PTK bersifat kontekstual
PTK bersifat klasikal
Tidak ada jawaban
PTK bersifat profesional
Soal

20. Fungsi bahan ajar modul/LKS

untuk meningkatkan hasil belajar siswa
untuk menambah waktu belajar siswa
untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
untuk mengisi waktu luang siswa
Tidak ada jawaban
Soal

21. Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:

evaluasi
perancangan
pengembangan
produksi
Tidak ada jawaban
Soal

22. Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:

alur penyajian tidak sistematis
sesuai dengan silabus dan RPP
mudah dipahami siswa
tersedia tipe tugas atau latihan
Tidak ada jawaban
Soal

23. Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar

membuat kisi-kisi
menuliskan draft butir instrumen
Tidak ada jawaban
menentukan tujuan penilaian
mengidentifikasi hasil belajar
Soal

24. Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:

Tidak ada jawaban
bagian akhir
bagian inti
bagian penutup
bagian awal
Soal

25. Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.

Nomor 14 Tahun 2005
Tidak ada jawaban
Nomor 41 Tahun 2005
Nomor 41 Tahun 2007
Nomor 14 Tahun 2007
Soal

26. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:

Membaca
Menyanyi
Menguasai
Tidak ada jawaban
Menjawab
Soal

27. Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer

Biaya
Kemudahan penggunaan
Tidak ada jawaban
Akses
Kecepatan
Soal

28. Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:

membuat kisi-kisi
merumuskan tujuan penilaian
Tidak ada jawaban
mengidentifikasi tujuan pembelajaran
menguji coba butir instrumen
Soal

29. Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:

Realia
Simulator
Tidak ada jawaban
Mock up
Model
Soal

30. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:

Identifikasi kebutuhan
Analisis pembelajaran
Tidak ada jawaban
Identifikasi masalah pembelajaran
Analisis kurikulum
Soal

31. Kriteria utama dalam memilih media:

Jumlah siswa
Tujuan pembelajaran
Kemudahan penggunaan
Kemampuan media
Tidak ada jawaban
Soal

32. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik

Tidak ada jawaban
Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
Soal

33. Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...

mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
merupakan alat motivasi belajar
mengulangi isi buku pelajaran
Tidak ada jawaban
memperbanyak halaman LKS
Soal

34. Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?

Tidak ada jawaban
Buku
Surat kabar
Modul
Video
Soal

35. Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:

Pendekatan pembelajaran
Strategi pembelajaran
Tidak ada jawaban
Metode pembelajaran
Teknik pembelajaran
Soal

36. Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:

Tidak ada jawaban
fisik modul/LKS
keakuratan ilmu pengetahuan
bahasa
ilustrasi
Soal

37. Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:

lembar soal dan lembar jawaban
lembar soal
Tidak ada jawaban
kisi-kisi instrumen penilaian
lembar jawaban
Soal

38. Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:

Tidak ada jawaban
kunci jawaban
rangkuman
uraian materi
tes formatif
Soal

39. Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...

Tidak ada jawaban
Teori komunikasi
Teori pembelajaran
Teori analisis peserta didik
Teori belajar
Soal

40. Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:

interval skor
angka
Tidak ada jawaban
skala nominal
skala ordinal
Soal

41. Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:

menjawab soal-soal
melakukan percobaan
memasangkan gambar dengan kata
Tidak ada jawaban
meringkas buku
Soal

42. Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:

Tidak ada jawaban
Audio
Video
Radio
Film
Soal

43. Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal

Tidak ada jawaban
kisi-kisi
kisi-kisi cetak baru
kalibrasi
blue print
Soal

44. Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:

Evaluasi
Tujuan
Tidak ada jawaban
Strategi
Materi
Soal

45. Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?

Mahal
Tidak layak
Tidak ada jawaban
Menyita waktu
Sulit
Soal

46. Manfaat media pembelajaran kecuali:

Meningkatkan perhatian siswa
Tidak ada jawaban
Memberikan hiburan kepada siswa
Memberikan rangsangan pada indera siswa.
Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
Soal

47. Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...

Evaluasi
Tidak ada jawaban
Materi
Tujuan
Strategi
Soal

48. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...

guru sebagai fasilitator
guru aktif
Tidak ada jawaban
pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
pertanyaan yang diajukan guru tertutup
Soal

49. Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:

Tidak ada jawaban
hasil karya
proyek
portofolio
kognisi
Soal

50. Prosedur memanfaatkan media kecuali:

Persiapan
Pengumpulan bahan
Tindak lanjut
Pelaksanaan
Tidak ada jawaban
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya