Soal Pretes PPG UKG Biologi Kesehatan

Soal Pretes PPG UKG Biologi Kesehatan

Petunjuk Teknis

» Biologi Kesehatan

Mata Pelajaran : Biologi Kesehatan
Jenjang : SMK
Soal : Soal Pretes PPG UKG Biologi Kesehatan


Soal Pretes PPG UKG Biologi Kesehatan Biologi Kesehatan
00:00:00
Soal

1. Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:

evaluasi
produksi
perancangan
pengembangan
Tidak ada jawaban
Soal

2. Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:

bagian akhir
bagian penutup
bagian inti
Tidak ada jawaban
bagian awal
Soal

3. Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:

memasangkan gambar dengan kata
Tidak ada jawaban
melakukan percobaan
meringkas buku
menjawab soal-soal
Soal

4. Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:

Tidak ada jawaban
sesuai dengan silabus dan RPP
mudah dipahami siswa
tersedia tipe tugas atau latihan
alur penyajian tidak sistematis
Soal

5. Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:

memelihara kebersihan ruang laboratorium
pelaksanaan praktek
penulisan laporan praktek
persiapan alat dan bahan
Tidak ada jawaban
Soal

6. Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal

kisi-kisi cetak baru
Tidak ada jawaban
blue print
kalibrasi
kisi-kisi
Soal

7. Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...

mengulangi isi buku pelajaran
memperbanyak halaman LKS
mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
merupakan alat motivasi belajar
Tidak ada jawaban
Soal

8. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:

Identifikasi kebutuhan
Analisis pembelajaran
Tidak ada jawaban
Analisis kurikulum
Identifikasi masalah pembelajaran
Soal

9. Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:

Tidak ada jawaban
Film
Radio
Audio
Video
Soal

10. Manakah yang tergolong materi fakta ?

Hukum Archimedes
Tidak ada jawaban
Ciri-ciri makhluk hidup
Peristiwa gempa bumi
Prosedur menabung
Soal

11. Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:

Tidak ada jawaban
Realia
Model
Mock up
Simulator
Soal

12. Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:

Pendekatan pembelajaran
Teknik pembelajaran
Strategi pembelajaran
Metode pembelajaran
Tidak ada jawaban
Soal

13. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...

guru sebagai fasilitator
guru aktif
pertanyaan yang diajukan guru tertutup
Tidak ada jawaban
pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
Soal

14. Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.

Tidak ada jawaban
Nomor 14 Tahun 2007
Nomor 41 Tahun 2005
Nomor 41 Tahun 2007
Nomor 14 Tahun 2005
Soal

15. Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:

Alokasi waktu
Tidak ada jawaban
Identitas mata pelajaran
Sumber referensi
Indikator
Soal

16. Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...

metode pembejaran bervariasi
guru menciptakan pembelajaran yang menantang
Tidak ada jawaban
jawaban siswa harus sama dengan guru
siswa aktif
Soal

17. Fungsi bahan ajar modul/LKS

untuk mengisi waktu luang siswa
untuk menambah waktu belajar siswa
untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Tidak ada jawaban
Soal

18. Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:

afektif
Tidak ada jawaban
kognitif
tertulis
psikomotorik
Soal

19. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:

Menyanyi
Membaca
Menjawab
Menguasai
Tidak ada jawaban
Soal

20. Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?

Tidak ada jawaban
Mahal
Sulit
Menyita waktu
Tidak layak
Soal

21. Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...

pembelajaran bermakna
Tidak ada jawaban
guru menjadi kreatif
motivasi belajar anak meningkat
siswa kurang dapat bekerja sama
Soal

22. Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...

Tidak ada jawaban
Strategi
Evaluasi
Materi
Tujuan
Soal

23. Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:

fisik modul/LKS
bahasa
keakuratan ilmu pengetahuan
ilustrasi
Tidak ada jawaban
Soal

24. Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:

perancangan
produksi
evaluasi
pengembangan
Tidak ada jawaban
Soal

25. Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:

Tidak ada jawaban
berisi kolom untuk menjawab soal
berisi petunjuk pengerjaan soal
berisi pertanyaan terbuka
berisi alokasi waktu pengerjaan soal
Soal

26. Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:

Tidak ada jawaban
Elaborasi
Eksplorasi
Konfirmasi
Refleksi
Soal

27. Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:

angka
skala nominal
skala ordinal
Tidak ada jawaban
interval skor
Soal

28. Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.

mensintesis
Tidak ada jawaban
menganalisis
mencipta
menilai
Soal

29. Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:

Materi
Tidak ada jawaban
Tujuan
Strategi
Evaluasi
Soal

30. Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:

mengidentifikasi tujuan pembelajaran
Tidak ada jawaban
menguji coba butir instrumen
merumuskan tujuan penilaian
membuat kisi-kisi
Soal

31. Kriteria utama dalam memilih media:

Tujuan pembelajaran
Kemampuan media
Kemudahan penggunaan
Tidak ada jawaban
Jumlah siswa
Soal

32. Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:

lembar soal
lembar jawaban
lembar soal dan lembar jawaban
Tidak ada jawaban
kisi-kisi instrumen penilaian
Soal

33. Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:

Sumber
Penerima
Tidak ada jawaban
Saluran
Pesan
Soal

34. Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:

portofolio
kognisi
proyek
hasil karya
Tidak ada jawaban
Soal

35. Apa arti guru reflektif?

Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
Tidak ada jawaban
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
Soal

36. Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...

Tidak ada jawaban
Teori komunikasi
Teori analisis peserta didik
Teori belajar
Teori pembelajaran
Soal

37. Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:

tes formatif
rangkuman
kunci jawaban
uraian materi
Tidak ada jawaban
Soal

38. Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?

Tidak ada jawaban
Modul
Surat kabar
Buku
Video
Soal

39. Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer

Akses
Biaya
Tidak ada jawaban
Kemudahan penggunaan
Kecepatan
Soal

40. Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?

Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
Kerjasama antara peneliti PTK atasan
Tidak ada jawaban
Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
Soal

41. Salah satu ciri PAKEM adalah...

lingkungan sebagai sumber belajar
sumber belajar utama adalah buku paket
Tidak ada jawaban
pembelajaran berpusat pada guru
dominan menggunakan metode ceramah
Soal

42. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik

Tidak ada jawaban
Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
Soal

43. Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?

Tidak ada jawaban
PTK bersifat individual
PTK bersifat profesional
PTK bersifat kontekstual
PTK bersifat klasikal
Soal

44. Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..

menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
guru memahami anak secara perorangan
guru tidak memberikan umpan balik
memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
Tidak ada jawaban
Soal

45. Prosedur memanfaatkan media kecuali:

Tindak lanjut
Pengumpulan bahan
Tidak ada jawaban
Pelaksanaan
Persiapan
Soal

46. Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:

Tidak ada jawaban
Interaktif
Penyaji
Permainan
Objek
Soal

47. Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar

Tidak ada jawaban
menentukan tujuan penilaian
membuat kisi-kisi
mengidentifikasi hasil belajar
menuliskan draft butir instrumen
Soal

48. Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:

Model
Tidak ada jawaban
Foto
Gambar
Realita
Soal

49. Manfaat media pembelajaran kecuali:

Tidak ada jawaban
Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
Memberikan hiburan kepada siswa
Memberikan rangsangan pada indera siswa.
Meningkatkan perhatian siswa
Soal

50. Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:

skala sikap
lembar observasi
daftar pertanyaan
Tidak ada jawaban
skala penilaian diri sendiri
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya