Soal Pretes PPG UKG Budidaya Rumput Laut

Soal Pretes PPG UKG Budidaya Rumput Laut

Petunjuk Teknis

» Budidaya Rumput Laut

Mata Pelajaran : Budidaya Rumput Laut
Jenjang : SMK
Soal : Soal Pretes PPG UKG Budidaya Rumput Laut


Soal Pretes PPG UKG Budidaya Rumput Laut Budidaya Rumput Laut
00:00:00
Soal

1. Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal

kisi-kisi cetak baru
Tidak ada jawaban
kalibrasi
blue print
kisi-kisi
Soal

2. Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:

psikomotorik
kognitif
Tidak ada jawaban
tertulis
afektif
Soal

3. Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:

Simulator
Realia
Mock up
Tidak ada jawaban
Model
Soal

4. Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...

Teori komunikasi
Teori belajar
Tidak ada jawaban
Teori analisis peserta didik
Teori pembelajaran
Soal

5. Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:

keakuratan ilmu pengetahuan
fisik modul/LKS
ilustrasi
bahasa
Tidak ada jawaban
Soal

6. Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:

berisi alokasi waktu pengerjaan soal
berisi pertanyaan terbuka
berisi kolom untuk menjawab soal
Tidak ada jawaban
berisi petunjuk pengerjaan soal
Soal

7. Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:

pelaksanaan praktek
Tidak ada jawaban
memelihara kebersihan ruang laboratorium
persiapan alat dan bahan
penulisan laporan praktek
Soal

8. Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?

Sulit
Tidak layak
Menyita waktu
Tidak ada jawaban
Mahal
Soal

9. Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...

guru menciptakan pembelajaran yang menantang
Tidak ada jawaban
metode pembejaran bervariasi
jawaban siswa harus sama dengan guru
siswa aktif
Soal

10. Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:

Strategi pembelajaran
Pendekatan pembelajaran
Tidak ada jawaban
Metode pembelajaran
Teknik pembelajaran
Soal

11. Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.

Nomor 14 Tahun 2005
Nomor 41 Tahun 2007
Tidak ada jawaban
Nomor 14 Tahun 2007
Nomor 41 Tahun 2005
Soal

12. Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:

bagian inti
Tidak ada jawaban
bagian akhir
bagian penutup
bagian awal
Soal

13. Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:

Tidak ada jawaban
mudah dipahami siswa
sesuai dengan silabus dan RPP
tersedia tipe tugas atau latihan
alur penyajian tidak sistematis
Soal

14. Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...

Evaluasi
Materi
Tidak ada jawaban
Strategi
Tujuan
Soal

15. Kriteria utama dalam memilih media:

Jumlah siswa
Tujuan pembelajaran
Tidak ada jawaban
Kemudahan penggunaan
Kemampuan media
Soal

16. Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?

PTK bersifat individual
PTK bersifat kontekstual
Tidak ada jawaban
PTK bersifat klasikal
PTK bersifat profesional
Soal

17. Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:

Tidak ada jawaban
Objek
Permainan
Penyaji
Interaktif
Soal

18. Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:

skala ordinal
skala nominal
Tidak ada jawaban
angka
interval skor
Soal

19. Manfaat media pembelajaran kecuali:

Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
Memberikan rangsangan pada indera siswa.
Memberikan hiburan kepada siswa
Meningkatkan perhatian siswa
Tidak ada jawaban
Soal

20. Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:

Elaborasi
Eksplorasi
Refleksi
Tidak ada jawaban
Konfirmasi
Soal

21. Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?

Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
Kerjasama antara peneliti PTK atasan
Tidak ada jawaban
Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
Soal

22. Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:

Tidak ada jawaban
Realita
Model
Foto
Gambar
Soal

23. Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:

Strategi
Materi
Tujuan
Tidak ada jawaban
Evaluasi
Soal

24. Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:

Tidak ada jawaban
Identitas mata pelajaran
Alokasi waktu
Sumber referensi
Indikator
Soal

25. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:

Identifikasi masalah pembelajaran
Analisis pembelajaran
Identifikasi kebutuhan
Tidak ada jawaban
Analisis kurikulum
Soal

26. Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..

guru memahami anak secara perorangan
Tidak ada jawaban
guru tidak memberikan umpan balik
menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
Soal

27. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...

guru aktif
Tidak ada jawaban
pertanyaan yang diajukan guru tertutup
guru sebagai fasilitator
pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
Soal

28. Salah satu ciri PAKEM adalah...

pembelajaran berpusat pada guru
lingkungan sebagai sumber belajar
sumber belajar utama adalah buku paket
dominan menggunakan metode ceramah
Tidak ada jawaban
Soal

29. Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?

Tidak ada jawaban
Surat kabar
Video
Buku
Modul
Soal

30. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik

Tidak ada jawaban
Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
Soal

31. Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:

Tidak ada jawaban
Video
Radio
Film
Audio
Soal

32. Prosedur memanfaatkan media kecuali:

Tidak ada jawaban
Persiapan
Pelaksanaan
Pengumpulan bahan
Tindak lanjut
Soal

33. Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar

membuat kisi-kisi
menuliskan draft butir instrumen
Tidak ada jawaban
menentukan tujuan penilaian
mengidentifikasi hasil belajar
Soal

34. Apa arti guru reflektif?

Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Tidak ada jawaban
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
Soal

35. Manakah yang tergolong materi fakta ?

Ciri-ciri makhluk hidup
Peristiwa gempa bumi
Prosedur menabung
Tidak ada jawaban
Hukum Archimedes
Soal

36. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:

Membaca
Menyanyi
Tidak ada jawaban
Menjawab
Menguasai
Soal

37. Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:

menjawab soal-soal
memasangkan gambar dengan kata
meringkas buku
melakukan percobaan
Tidak ada jawaban
Soal

38. Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:

Tidak ada jawaban
uraian materi
rangkuman
kunci jawaban
tes formatif
Soal

39. Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...

motivasi belajar anak meningkat
guru menjadi kreatif
siswa kurang dapat bekerja sama
Tidak ada jawaban
pembelajaran bermakna
Soal

40. Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:

Tidak ada jawaban
portofolio
proyek
kognisi
hasil karya
Soal

41. Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:

skala sikap
Tidak ada jawaban
daftar pertanyaan
skala penilaian diri sendiri
lembar observasi
Soal

42. Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:

lembar jawaban
lembar soal dan lembar jawaban
Tidak ada jawaban
lembar soal
kisi-kisi instrumen penilaian
Soal

43. Fungsi bahan ajar modul/LKS

Tidak ada jawaban
untuk mengisi waktu luang siswa
untuk meningkatkan hasil belajar siswa
untuk menambah waktu belajar siswa
untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
Soal

44. Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:

Tidak ada jawaban
membuat kisi-kisi
mengidentifikasi tujuan pembelajaran
merumuskan tujuan penilaian
menguji coba butir instrumen
Soal

45. Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...

memperbanyak halaman LKS
Tidak ada jawaban
mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
merupakan alat motivasi belajar
mengulangi isi buku pelajaran
Soal

46. Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:

Penerima
Saluran
Sumber
Tidak ada jawaban
Pesan
Soal

47. Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.

menganalisis
mensintesis
Tidak ada jawaban
menilai
mencipta
Soal

48. Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:

produksi
Tidak ada jawaban
pengembangan
perancangan
evaluasi
Soal

49. Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:

Tidak ada jawaban
pengembangan
perancangan
produksi
evaluasi
Soal

50. Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer

Akses
Tidak ada jawaban
Kemudahan penggunaan
Kecepatan
Biaya
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya