Soal PPG UKG Budidaya Rumput Laut

Soal PPG UKG Budidaya Rumput Laut

Petunjuk Teknis

» Budidaya Rumput Laut

Mata Pelajaran : Budidaya Rumput Laut
Jenjang : SMK MAK
Soal : Soal PPG UKG Budidaya Rumput Laut

Soal PPG UKG Budidaya Rumput Laut Budidaya Rumput Laut


KERJAKAN SOAL


1.
Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?
 Video
 Tidak ada jawaban
 Surat kabar
 Buku
 Modul
2.
Fungsi bahan ajar modul/LKS
 untuk meningkatkan hasil belajar siswa
  untuk menambah waktu belajar siswa
 untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
 untuk mengisi waktu luang siswa
 Tidak ada jawaban
3.
Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:
 bagian awal
 bagian akhir
 bagian inti
  bagian penutup
 Tidak ada jawaban
4.
Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:
 Tidak ada jawaban
 kunci jawaban
 tes formatif
 uraian materi
 rangkuman
5.
Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:
 interval skor
 angka
 Tidak ada jawaban
 skala nominal
 skala ordinal
6.
Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:
 Tidak ada jawaban
 Menyanyi
 Membaca
 Menguasai
 Menjawab
7.
Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:
 Metode pembelajaran
 Strategi pembelajaran
 Teknik pembelajaran
 Tidak ada jawaban
 Pendekatan pembelajaran
8.
Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:
 Tidak ada jawaban
 Pesan
 Saluran
 Penerima
 Sumber
9.
Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:
 Film
 Video
 Audio
 Radio
 Tidak ada jawaban
10.
Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal
 blue print
 kisi-kisi
 kisi-kisi cetak baru
 Tidak ada jawaban
 kalibrasi
11.
Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...
 Tidak ada jawaban
 Evaluasi
 Tujuan
 Materi
 Strategi
12.
Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:
 Analisis pembelajaran
 Identifikasi masalah pembelajaran
 Identifikasi kebutuhan
 Analisis kurikulum
 Tidak ada jawaban
13.
Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:
  ilustrasi
 keakuratan ilmu pengetahuan
 Tidak ada jawaban
 bahasa
 fisik modul/LKS
14.
Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:
 perancangan
 produksi
 Tidak ada jawaban
 pengembangan
 evaluasi
15.
Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik
 Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
 Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
 Tidak ada jawaban
 Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
 Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
16.
Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:
 Tidak ada jawaban
 afektif
 psikomotorik
 kognitif
 tertulis
17.
Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...
 pembelajaran bermakna
 siswa kurang dapat bekerja sama
 guru menjadi kreatif
 motivasi belajar anak meningkat
 Tidak ada jawaban
18.
Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...
 Tidak ada jawaban
 Teori komunikasi
 Teori analisis peserta didik
 Teori pembelajaran
 Teori belajar
19.
Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:
 alur penyajian tidak sistematis
 Tidak ada jawaban
 sesuai dengan silabus dan RPP
 tersedia tipe tugas atau latihan
  mudah dipahami siswa
20.
Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer
 Akses
 Kecepatan
 Tidak ada jawaban
 Biaya
 Kemudahan penggunaan
21.
Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...
 merupakan alat motivasi belajar
  memperbanyak halaman LKS
 mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
 mengulangi isi buku pelajaran
 Tidak ada jawaban
22.
Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
 Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
 Tidak ada jawaban
 Kerjasama antara peneliti PTK atasan
23.
Salah satu ciri PAKEM adalah...
 lingkungan sebagai sumber belajar
 sumber belajar utama adalah buku paket
 Tidak ada jawaban
 dominan menggunakan metode ceramah
 pembelajaran berpusat pada guru
24.
Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:
 Materi
 Tujuan
 Evaluasi
 Tidak ada jawaban
 Strategi
25.
Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?
 Tidak ada jawaban
 PTK bersifat kontekstual
 PTK bersifat individual
 PTK bersifat profesional
 PTK bersifat klasikal
26.
Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:
  membuat kisi-kisi
 Tidak ada jawaban
 menguji coba butir instrumen
 mengidentifikasi tujuan pembelajaran
  merumuskan tujuan penilaian
27.
Manfaat media pembelajaran kecuali:
 Tidak ada jawaban
 Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
 Memberikan rangsangan pada indera siswa.
 Memberikan hiburan kepada siswa
 Meningkatkan perhatian siswa
28.
Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...
 guru sebagai fasilitator
 pertanyaan yang diajukan guru tertutup
 guru aktif
 pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
 Tidak ada jawaban
29.
Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...
 guru menciptakan pembelajaran yang menantang
 siswa aktif
 Tidak ada jawaban
 metode pembejaran bervariasi
 jawaban siswa harus sama dengan guru
30.
Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:
 Objek
 Permainan
 Tidak ada jawaban
  Penyaji
 Interaktif
31.
Kriteria utama dalam memilih media:
 Kemampuan media
 Tidak ada jawaban
 Tujuan pembelajaran
 Kemudahan penggunaan
 Jumlah siswa
32.
Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?
 Menyita waktu
 Mahal
 Tidak layak
 Sulit
 Tidak ada jawaban
33.
Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.
 Nomor 41 Tahun 2007
 Nomor 14 Tahun 2007
 Nomor 41 Tahun 2005
 Tidak ada jawaban
 Nomor 14 Tahun 2005
34.
Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:
 produksi
 Tidak ada jawaban
 perancangan
 evaluasi
 pengembangan
35.
Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar
  mengidentifikasi hasil belajar
 membuat kisi-kisi
 Tidak ada jawaban
 menuliskan draft butir instrumen
 menentukan tujuan penilaian
36.
Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.
 mensintesis
 Tidak ada jawaban
 mencipta
 menganalisis
 menilai
37.
Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:
 Konfirmasi
 Tidak ada jawaban
 Eksplorasi
 Refleksi
 Elaborasi
38.
Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..
 guru tidak memberikan umpan balik
 menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
 guru memahami anak secara perorangan
 memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
 Tidak ada jawaban
39.
Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:
 Mock up
 Tidak ada jawaban
 Realia
 Model
 Simulator
40.
Manakah yang tergolong materi fakta ?
 Prosedur menabung
 Hukum Archimedes
 Peristiwa gempa bumi
 Tidak ada jawaban
 Ciri-ciri makhluk hidup
41.
Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:
 kisi-kisi instrumen penilaian
 lembar soal
 Tidak ada jawaban
 lembar soal dan lembar jawaban
 lembar jawaban
42.
Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:
 hasil karya
 Tidak ada jawaban
 kognisi
 portofolio
 proyek
43.
Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:
 skala sikap
 Tidak ada jawaban
 skala penilaian diri sendiri
  lembar observasi
 daftar pertanyaan
44.
Prosedur memanfaatkan media kecuali:
 Tindak lanjut
 Pengumpulan bahan
 Tidak ada jawaban
 Persiapan
 Pelaksanaan
45.
Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:
 penulisan laporan praktek
 Tidak ada jawaban
 pelaksanaan praktek
 memelihara kebersihan ruang laboratorium
 persiapan alat dan bahan
46.
Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:
 berisi petunjuk pengerjaan soal
 berisi kolom untuk menjawab soal
 Tidak ada jawaban
 berisi alokasi waktu pengerjaan soal
 berisi pertanyaan terbuka
47.
Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:
  menjawab soal-soal
 meringkas buku
  melakukan percobaan
 memasangkan gambar dengan kata
 Tidak ada jawaban
48.
Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:
 Identitas mata pelajaran
 Indikator
 Alokasi waktu
 Sumber referensi
 Tidak ada jawaban
49.
Apa arti guru reflektif?
 Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
 Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
 Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
 Tidak ada jawaban
 Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
50.
Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:
 Tidak ada jawaban
 Realita
 Foto
 Gambar
 Model

Soal SMK MAK

Soal Pretes Penguatan KS SMK

Soal Pretes Penguatan KS SMK ...Baca selengkapnya...

Soal Pretes PPG UKG Teknologi Tekstil

Latihan Soal PPG UKG Teknologi TekstilSMK MAK ...Baca selengkapnya...

Soal Pretes PPG UKG Teknologi Penangkapan Ikan

Latihan Soal PPG UKG Teknologi Penangkapan IkanSMK MAK ...Baca selengkapnya...

Soal Pretes PPG UKG Teknologi dan Produksi Perikanan Budidaya

Latihan Soal PPG UKG Teknologi dan Produksi Perikanan BudidayaSMK MAK ...Baca selengkapnya...

Soal Pretes PPG UKG Teknik Telekomunikasi

Latihan Soal PPG UKG Teknik TelekomunikasiSMK MAK ...Baca selengkapnya...
a