Soal Pretes PPG UKG FISIKA kesehatan

Soal Pretes PPG UKG FISIKA kesehatan

Petunjuk Teknis

» FISIKA kesehatan

Mata Pelajaran : FISIKA kesehatan
Jenjang : SMK
Soal : Soal Pretes PPG UKG FISIKA kesehatan


Soal Pretes PPG UKG FISIKA kesehatan FISIKA kesehatan
00:00:00
Soal

1. Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...

mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
merupakan alat motivasi belajar
mengulangi isi buku pelajaran
memperbanyak halaman LKS
Tidak ada jawaban
Soal

2. Apa arti guru reflektif?

Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Tidak ada jawaban
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
Soal

3. Fungsi bahan ajar modul/LKS

untuk mengisi waktu luang siswa
untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
untuk meningkatkan hasil belajar siswa
untuk menambah waktu belajar siswa
Tidak ada jawaban
Soal

4. Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:

angka
interval skor
Tidak ada jawaban
skala nominal
skala ordinal
Soal

5. Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?

Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
Kerjasama antara peneliti PTK atasan
Tidak ada jawaban
Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
Soal

6. Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..

guru tidak memberikan umpan balik
memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
guru memahami anak secara perorangan
Tidak ada jawaban
menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
Soal

7. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik

Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
Tidak ada jawaban
Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
Soal

8. Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?

Tidak layak
Tidak ada jawaban
Sulit
Mahal
Menyita waktu
Soal

9. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:

Membaca
Menyanyi
Menjawab
Menguasai
Tidak ada jawaban
Soal

10. Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:

lembar soal
Tidak ada jawaban
kisi-kisi instrumen penilaian
lembar jawaban
lembar soal dan lembar jawaban
Soal

11. Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:

Tidak ada jawaban
bagian inti
bagian akhir
bagian awal
bagian penutup
Soal

12. Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:

kognitif
tertulis
psikomotorik
afektif
Tidak ada jawaban
Soal

13. Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...

metode pembejaran bervariasi
siswa aktif
guru menciptakan pembelajaran yang menantang
jawaban siswa harus sama dengan guru
Tidak ada jawaban
Soal

14. Salah satu ciri PAKEM adalah...

dominan menggunakan metode ceramah
lingkungan sebagai sumber belajar
pembelajaran berpusat pada guru
sumber belajar utama adalah buku paket
Tidak ada jawaban
Soal

15. Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?

Tidak ada jawaban
PTK bersifat profesional
PTK bersifat kontekstual
PTK bersifat klasikal
PTK bersifat individual
Soal

16. Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:

fisik modul/LKS
keakuratan ilmu pengetahuan
bahasa
Tidak ada jawaban
ilustrasi
Soal

17. Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...

motivasi belajar anak meningkat
pembelajaran bermakna
siswa kurang dapat bekerja sama
guru menjadi kreatif
Tidak ada jawaban
Soal

18. Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.

mensintesis
mencipta
menganalisis
Tidak ada jawaban
menilai
Soal

19. Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:

Sumber referensi
Tidak ada jawaban
Identitas mata pelajaran
Indikator
Alokasi waktu
Soal

20. Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar

membuat kisi-kisi
mengidentifikasi hasil belajar
menentukan tujuan penilaian
menuliskan draft butir instrumen
Tidak ada jawaban
Soal

21. Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:

Tidak ada jawaban
Penyaji
Interaktif
Objek
Permainan
Soal

22. Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:

uraian materi
kunci jawaban
tes formatif
rangkuman
Tidak ada jawaban
Soal

23. Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:

kognisi
portofolio
proyek
hasil karya
Tidak ada jawaban
Soal

24. Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal

kalibrasi
blue print
Tidak ada jawaban
kisi-kisi cetak baru
kisi-kisi
Soal

25. Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:

berisi kolom untuk menjawab soal
berisi alokasi waktu pengerjaan soal
berisi petunjuk pengerjaan soal
Tidak ada jawaban
berisi pertanyaan terbuka
Soal

26. Prosedur memanfaatkan media kecuali:

Persiapan
Pengumpulan bahan
Tidak ada jawaban
Tindak lanjut
Pelaksanaan
Soal

27. Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:

skala sikap
daftar pertanyaan
lembar observasi
Tidak ada jawaban
skala penilaian diri sendiri
Soal

28. Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:

produksi
evaluasi
Tidak ada jawaban
pengembangan
perancangan
Soal

29. Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:

meringkas buku
melakukan percobaan
memasangkan gambar dengan kata
Tidak ada jawaban
menjawab soal-soal
Soal

30. Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:

Tidak ada jawaban
Mock up
Simulator
Realia
Model
Soal

31. Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer

Kecepatan
Tidak ada jawaban
Biaya
Akses
Kemudahan penggunaan
Soal

32. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:

Identifikasi masalah pembelajaran
Analisis pembelajaran
Identifikasi kebutuhan
Tidak ada jawaban
Analisis kurikulum
Soal

33. Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:

Tidak ada jawaban
Elaborasi
Eksplorasi
Konfirmasi
Refleksi
Soal

34. Kriteria utama dalam memilih media:

Jumlah siswa
Kemudahan penggunaan
Tidak ada jawaban
Tujuan pembelajaran
Kemampuan media
Soal

35. Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:

Evaluasi
Strategi
Tidak ada jawaban
Tujuan
Materi
Soal

36. Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:

Strategi pembelajaran
Tidak ada jawaban
Metode pembelajaran
Teknik pembelajaran
Pendekatan pembelajaran
Soal

37. Manfaat media pembelajaran kecuali:

Tidak ada jawaban
Memberikan rangsangan pada indera siswa.
Memberikan hiburan kepada siswa
Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
Meningkatkan perhatian siswa
Soal

38. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...

pertanyaan yang diajukan guru tertutup
guru aktif
guru sebagai fasilitator
Tidak ada jawaban
pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
Soal

39. Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?

Tidak ada jawaban
Surat kabar
Buku
Modul
Video
Soal

40. Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:

pengembangan
Tidak ada jawaban
perancangan
produksi
evaluasi
Soal

41. Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:

Model
Tidak ada jawaban
Realita
Gambar
Foto
Soal

42. Manakah yang tergolong materi fakta ?

Tidak ada jawaban
Peristiwa gempa bumi
Prosedur menabung
Ciri-ciri makhluk hidup
Hukum Archimedes
Soal

43. Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.

Tidak ada jawaban
Nomor 14 Tahun 2005
Nomor 41 Tahun 2005
Nomor 41 Tahun 2007
Nomor 14 Tahun 2007
Soal

44. Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:

memelihara kebersihan ruang laboratorium
pelaksanaan praktek
persiapan alat dan bahan
penulisan laporan praktek
Tidak ada jawaban
Soal

45. Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...

Evaluasi
Strategi
Tujuan
Materi
Tidak ada jawaban
Soal

46. Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:

Audio
Video
Radio
Tidak ada jawaban
Film
Soal

47. Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:

Pesan
Tidak ada jawaban
Saluran
Penerima
Sumber
Soal

48. Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...

Tidak ada jawaban
Teori komunikasi
Teori belajar
Teori pembelajaran
Teori analisis peserta didik
Soal

49. Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:

menguji coba butir instrumen
membuat kisi-kisi
merumuskan tujuan penilaian
Tidak ada jawaban
mengidentifikasi tujuan pembelajaran
Soal

50. Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:

mudah dipahami siswa
sesuai dengan silabus dan RPP
Tidak ada jawaban
alur penyajian tidak sistematis
tersedia tipe tugas atau latihan
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya