Soal Pretes PPG UKG FISIKA kesehatan

Soal Pretes PPG UKG FISIKA kesehatan

Petunjuk Teknis

» FISIKA kesehatan

Mata Pelajaran : FISIKA kesehatan
Jenjang : SMK
Soal : Soal Pretes PPG UKG FISIKA kesehatan


Soal Pretes PPG UKG FISIKA kesehatan FISIKA kesehatan
00:00:00
Soal

1. Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?

PTK bersifat klasikal
PTK bersifat kontekstual
Tidak ada jawaban
PTK bersifat profesional
PTK bersifat individual
Soal

2. Apa arti guru reflektif?

Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
Tidak ada jawaban
Soal

3. Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:

tes formatif
rangkuman
Tidak ada jawaban
uraian materi
kunci jawaban
Soal

4. Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:

Tidak ada jawaban
lembar jawaban
lembar soal dan lembar jawaban
kisi-kisi instrumen penilaian
lembar soal
Soal

5. Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:

Materi
Strategi
Tujuan
Tidak ada jawaban
Evaluasi
Soal

6. Manakah yang tergolong materi fakta ?

Ciri-ciri makhluk hidup
Peristiwa gempa bumi
Prosedur menabung
Hukum Archimedes
Tidak ada jawaban
Soal

7. Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:

tertulis
psikomotorik
Tidak ada jawaban
afektif
kognitif
Soal

8. Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...

Teori komunikasi
Teori belajar
Teori pembelajaran
Tidak ada jawaban
Teori analisis peserta didik
Soal

9. Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:

Tidak ada jawaban
Saluran
Pesan
Sumber
Penerima
Soal

10. Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:

perancangan
produksi
Tidak ada jawaban
evaluasi
pengembangan
Soal

11. Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...

metode pembejaran bervariasi
guru menciptakan pembelajaran yang menantang
siswa aktif
Tidak ada jawaban
jawaban siswa harus sama dengan guru
Soal

12. Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...

Tidak ada jawaban
Tujuan
Evaluasi
Strategi
Materi
Soal

13. Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:

perancangan
pengembangan
produksi
evaluasi
Tidak ada jawaban
Soal

14. Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:

Indikator
Sumber referensi
Alokasi waktu
Tidak ada jawaban
Identitas mata pelajaran
Soal

15. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:

Identifikasi masalah pembelajaran
Tidak ada jawaban
Analisis kurikulum
Analisis pembelajaran
Identifikasi kebutuhan
Soal

16. Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:

Permainan
Objek
Tidak ada jawaban
Penyaji
Interaktif
Soal

17. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...

Tidak ada jawaban
guru aktif
pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
pertanyaan yang diajukan guru tertutup
guru sebagai fasilitator
Soal

18. Prosedur memanfaatkan media kecuali:

Persiapan
Pengumpulan bahan
Tidak ada jawaban
Tindak lanjut
Pelaksanaan
Soal

19. Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:

pelaksanaan praktek
Tidak ada jawaban
persiapan alat dan bahan
memelihara kebersihan ruang laboratorium
penulisan laporan praktek
Soal

20. Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:

Tidak ada jawaban
bahasa
ilustrasi
fisik modul/LKS
keakuratan ilmu pengetahuan
Soal

21. Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:

kognisi
proyek
hasil karya
portofolio
Tidak ada jawaban
Soal

22. Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:

Foto
Gambar
Model
Realita
Tidak ada jawaban
Soal

23. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:

Tidak ada jawaban
Membaca
Menjawab
Menyanyi
Menguasai
Soal

24. Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:

menjawab soal-soal
memasangkan gambar dengan kata
Tidak ada jawaban
melakukan percobaan
meringkas buku
Soal

25. Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.

Nomor 41 Tahun 2007
Nomor 14 Tahun 2005
Nomor 14 Tahun 2007
Nomor 41 Tahun 2005
Tidak ada jawaban
Soal

26. Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal

kalibrasi
blue print
kisi-kisi
Tidak ada jawaban
kisi-kisi cetak baru
Soal

27. Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar

menuliskan draft butir instrumen
membuat kisi-kisi
mengidentifikasi hasil belajar
menentukan tujuan penilaian
Tidak ada jawaban
Soal

28. Kriteria utama dalam memilih media:

Kemudahan penggunaan
Tidak ada jawaban
Jumlah siswa
Tujuan pembelajaran
Kemampuan media
Soal

29. Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:

Radio
Film
Audio
Tidak ada jawaban
Video
Soal

30. Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:

Tidak ada jawaban
membuat kisi-kisi
mengidentifikasi tujuan pembelajaran
merumuskan tujuan penilaian
menguji coba butir instrumen
Soal

31. Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer

Kecepatan
Kemudahan penggunaan
Biaya
Tidak ada jawaban
Akses
Soal

32. Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:

skala nominal
skala ordinal
interval skor
Tidak ada jawaban
angka
Soal

33. Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:

skala sikap
skala penilaian diri sendiri
lembar observasi
Tidak ada jawaban
daftar pertanyaan
Soal

34. Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:

Metode pembelajaran
Teknik pembelajaran
Strategi pembelajaran
Tidak ada jawaban
Pendekatan pembelajaran
Soal

35. Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...

pembelajaran bermakna
Tidak ada jawaban
siswa kurang dapat bekerja sama
motivasi belajar anak meningkat
guru menjadi kreatif
Soal

36. Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?

Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
Kerjasama antara peneliti PTK atasan
Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
Tidak ada jawaban
Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
Soal

37. Salah satu ciri PAKEM adalah...

sumber belajar utama adalah buku paket
lingkungan sebagai sumber belajar
dominan menggunakan metode ceramah
Tidak ada jawaban
pembelajaran berpusat pada guru
Soal

38. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik

Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
Tidak ada jawaban
Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
Soal

39. Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:

Mock up
Model
Tidak ada jawaban
Simulator
Realia
Soal

40. Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:

berisi petunjuk pengerjaan soal
Tidak ada jawaban
berisi alokasi waktu pengerjaan soal
berisi kolom untuk menjawab soal
berisi pertanyaan terbuka
Soal

41. Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?

Tidak ada jawaban
Buku
Surat kabar
Modul
Video
Soal

42. Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..

menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
guru tidak memberikan umpan balik
guru memahami anak secara perorangan
Tidak ada jawaban
memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
Soal

43. Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:

Elaborasi
Konfirmasi
Eksplorasi
Refleksi
Tidak ada jawaban
Soal

44. Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.

menganalisis
mensintesis
mencipta
Tidak ada jawaban
menilai
Soal

45. Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:

Tidak ada jawaban
sesuai dengan silabus dan RPP
alur penyajian tidak sistematis
mudah dipahami siswa
tersedia tipe tugas atau latihan
Soal

46. Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:

Tidak ada jawaban
bagian akhir
bagian penutup
bagian inti
bagian awal
Soal

47. Fungsi bahan ajar modul/LKS

untuk mengisi waktu luang siswa
untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
Tidak ada jawaban
untuk meningkatkan hasil belajar siswa
untuk menambah waktu belajar siswa
Soal

48. Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?

Sulit
Mahal
Tidak layak
Menyita waktu
Tidak ada jawaban
Soal

49. Manfaat media pembelajaran kecuali:

Memberikan rangsangan pada indera siswa.
Tidak ada jawaban
Meningkatkan perhatian siswa
Memberikan hiburan kepada siswa
Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
Soal

50. Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...

mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
merupakan alat motivasi belajar
Tidak ada jawaban
memperbanyak halaman LKS
mengulangi isi buku pelajaran
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya