Soal Pretes PPG UKG KIMIA KESEHATAN

Soal Pretes PPG UKG KIMIA KESEHATAN

Petunjuk Teknis

» KIMIA KESEHATAN

Mata Pelajaran : KIMIA KESEHATAN
Jenjang : SMK
Soal : Soal Pretes PPG UKG KIMIA KESEHATAN


Soal Pretes PPG UKG KIMIA KESEHATAN KIMIA KESEHATAN
00:00:00
Soal

1. Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?

PTK bersifat klasikal
PTK bersifat profesional
PTK bersifat kontekstual
Tidak ada jawaban
PTK bersifat individual
Soal

2. Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:

lembar soal
lembar soal dan lembar jawaban
Tidak ada jawaban
lembar jawaban
kisi-kisi instrumen penilaian
Soal

3. Manakah yang tergolong materi fakta ?

Prosedur menabung
Hukum Archimedes
Peristiwa gempa bumi
Ciri-ciri makhluk hidup
Tidak ada jawaban
Soal

4. Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?

Sulit
Tidak layak
Menyita waktu
Tidak ada jawaban
Mahal
Soal

5. Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:

berisi alokasi waktu pengerjaan soal
Tidak ada jawaban
berisi pertanyaan terbuka
berisi kolom untuk menjawab soal
berisi petunjuk pengerjaan soal
Soal

6. Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:

lembar observasi
daftar pertanyaan
Tidak ada jawaban
skala sikap
skala penilaian diri sendiri
Soal

7. Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:

Tidak ada jawaban
afektif
tertulis
psikomotorik
kognitif
Soal

8. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:

Menjawab
Tidak ada jawaban
Menguasai
Menyanyi
Membaca
Soal

9. Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:

produksi
Tidak ada jawaban
perancangan
evaluasi
pengembangan
Soal

10. Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:

menjawab soal-soal
meringkas buku
Tidak ada jawaban
melakukan percobaan
memasangkan gambar dengan kata
Soal

11. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik

Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
Tidak ada jawaban
Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
Soal

12. Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar

membuat kisi-kisi
menuliskan draft butir instrumen
Tidak ada jawaban
menentukan tujuan penilaian
mengidentifikasi hasil belajar
Soal

13. Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?

Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
Tidak ada jawaban
Kerjasama antara peneliti PTK atasan
Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
Soal

14. Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:

bagian awal
Tidak ada jawaban
bagian akhir
bagian penutup
bagian inti
Soal

15. Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:

Indikator
Identitas mata pelajaran
Sumber referensi
Alokasi waktu
Tidak ada jawaban
Soal

16. Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer

Tidak ada jawaban
Kecepatan
Akses
Kemudahan penggunaan
Biaya
Soal

17. Prosedur memanfaatkan media kecuali:

Pengumpulan bahan
Persiapan
Tidak ada jawaban
Pelaksanaan
Tindak lanjut
Soal

18. Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:

Strategi pembelajaran
Tidak ada jawaban
Metode pembelajaran
Teknik pembelajaran
Pendekatan pembelajaran
Soal

19. Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:

pengembangan
produksi
Tidak ada jawaban
perancangan
evaluasi
Soal

20. Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:

Saluran
Tidak ada jawaban
Sumber
Pesan
Penerima
Soal

21. Apa arti guru reflektif?

Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Tidak ada jawaban
Soal

22. Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal

kisi-kisi cetak baru
kalibrasi
kisi-kisi
Tidak ada jawaban
blue print
Soal

23. Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:

Refleksi
Eksplorasi
Konfirmasi
Tidak ada jawaban
Elaborasi
Soal

24. Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...

Teori pembelajaran
Tidak ada jawaban
Teori belajar
Teori komunikasi
Teori analisis peserta didik
Soal

25. Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...

Tidak ada jawaban
pembelajaran bermakna
guru menjadi kreatif
motivasi belajar anak meningkat
siswa kurang dapat bekerja sama
Soal

26. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:

Identifikasi kebutuhan
Analisis kurikulum
Tidak ada jawaban
Analisis pembelajaran
Identifikasi masalah pembelajaran
Soal

27. Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:

Mock up
Tidak ada jawaban
Realia
Simulator
Model
Soal

28. Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:

skala nominal
Tidak ada jawaban
interval skor
skala ordinal
angka
Soal

29. Fungsi bahan ajar modul/LKS

untuk mengisi waktu luang siswa
untuk menambah waktu belajar siswa
Tidak ada jawaban
untuk meningkatkan hasil belajar siswa
untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
Soal

30. Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:

Tidak ada jawaban
keakuratan ilmu pengetahuan
fisik modul/LKS
bahasa
ilustrasi
Soal

31. Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:

sesuai dengan silabus dan RPP
tersedia tipe tugas atau latihan
mudah dipahami siswa
alur penyajian tidak sistematis
Tidak ada jawaban
Soal

32. Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:

Objek
Interaktif
Tidak ada jawaban
Permainan
Penyaji
Soal

33. Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:

kognisi
proyek
hasil karya
Tidak ada jawaban
portofolio
Soal

34. Salah satu ciri PAKEM adalah...

dominan menggunakan metode ceramah
pembelajaran berpusat pada guru
Tidak ada jawaban
lingkungan sebagai sumber belajar
sumber belajar utama adalah buku paket
Soal

35. Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...

Materi
Tujuan
Strategi
Evaluasi
Tidak ada jawaban
Soal

36. Kriteria utama dalam memilih media:

Jumlah siswa
Kemampuan media
Kemudahan penggunaan
Tujuan pembelajaran
Tidak ada jawaban
Soal

37. Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.

mensintesis
Tidak ada jawaban
menilai
mencipta
menganalisis
Soal

38. Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:

Audio
Radio
Tidak ada jawaban
Film
Video
Soal

39. Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?

Modul
Video
Buku
Surat kabar
Tidak ada jawaban
Soal

40. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...

Tidak ada jawaban
guru sebagai fasilitator
pertanyaan yang diajukan guru tertutup
guru aktif
pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
Soal

41. Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..

guru memahami anak secara perorangan
menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
guru tidak memberikan umpan balik
Tidak ada jawaban
memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
Soal

42. Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.

Nomor 41 Tahun 2007
Nomor 14 Tahun 2005
Tidak ada jawaban
Nomor 41 Tahun 2005
Nomor 14 Tahun 2007
Soal

43. Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...

Tidak ada jawaban
memperbanyak halaman LKS
merupakan alat motivasi belajar
mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
mengulangi isi buku pelajaran
Soal

44. Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:

membuat kisi-kisi
Tidak ada jawaban
merumuskan tujuan penilaian
menguji coba butir instrumen
mengidentifikasi tujuan pembelajaran
Soal

45. Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:

persiapan alat dan bahan
penulisan laporan praktek
memelihara kebersihan ruang laboratorium
pelaksanaan praktek
Tidak ada jawaban
Soal

46. Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:

Realita
Tidak ada jawaban
Model
Foto
Gambar
Soal

47. Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:

uraian materi
rangkuman
Tidak ada jawaban
tes formatif
kunci jawaban
Soal

48. Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...

Tidak ada jawaban
guru menciptakan pembelajaran yang menantang
siswa aktif
metode pembejaran bervariasi
jawaban siswa harus sama dengan guru
Soal

49. Manfaat media pembelajaran kecuali:

Meningkatkan perhatian siswa
Memberikan hiburan kepada siswa
Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
Tidak ada jawaban
Memberikan rangsangan pada indera siswa.
Soal

50. Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:

Evaluasi
Tujuan
Materi
Tidak ada jawaban
Strategi
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya