Soal Pretes PPG UKG KIMIA KESEHATAN

Soal Pretes PPG UKG KIMIA KESEHATAN

Petunjuk Teknis

» KIMIA KESEHATAN

Mata Pelajaran : KIMIA KESEHATAN
Jenjang : SMK
Soal : Soal Pretes PPG UKG KIMIA KESEHATAN


Soal Pretes PPG UKG KIMIA KESEHATAN KIMIA KESEHATAN
00:00:00
Soal

1. Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:

Tidak ada jawaban
hasil karya
portofolio
kognisi
proyek
Soal

2. Manakah yang tergolong materi fakta ?

Hukum Archimedes
Ciri-ciri makhluk hidup
Tidak ada jawaban
Peristiwa gempa bumi
Prosedur menabung
Soal

3. Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer

Kemudahan penggunaan
Tidak ada jawaban
Akses
Biaya
Kecepatan
Soal

4. Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:

kognitif
Tidak ada jawaban
tertulis
psikomotorik
afektif
Soal

5. Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...

Tidak ada jawaban
Materi
Evaluasi
Tujuan
Strategi
Soal

6. Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:

Tidak ada jawaban
Metode pembelajaran
Pendekatan pembelajaran
Strategi pembelajaran
Teknik pembelajaran
Soal

7. Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:

fisik modul/LKS
Tidak ada jawaban
bahasa
ilustrasi
keakuratan ilmu pengetahuan
Soal

8. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...

guru aktif
Tidak ada jawaban
guru sebagai fasilitator
pertanyaan yang diajukan guru tertutup
pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
Soal

9. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik

Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
Tidak ada jawaban
Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
Soal

10. Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:

interval skor
angka
Tidak ada jawaban
skala nominal
skala ordinal
Soal

11. Prosedur memanfaatkan media kecuali:

Persiapan
Pengumpulan bahan
Tindak lanjut
Tidak ada jawaban
Pelaksanaan
Soal

12. Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:

tes formatif
rangkuman
uraian materi
kunci jawaban
Tidak ada jawaban
Soal

13. Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...

guru menciptakan pembelajaran yang menantang
Tidak ada jawaban
siswa aktif
jawaban siswa harus sama dengan guru
metode pembejaran bervariasi
Soal

14. Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.

mensintesis
menilai
Tidak ada jawaban
mencipta
menganalisis
Soal

15. Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:

produksi
pengembangan
perancangan
evaluasi
Tidak ada jawaban
Soal

16. Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar

mengidentifikasi hasil belajar
menentukan tujuan penilaian
Tidak ada jawaban
menuliskan draft butir instrumen
membuat kisi-kisi
Soal

17. Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:

Eksplorasi
Refleksi
Elaborasi
Tidak ada jawaban
Konfirmasi
Soal

18. Fungsi bahan ajar modul/LKS

untuk meningkatkan hasil belajar siswa
untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
untuk mengisi waktu luang siswa
untuk menambah waktu belajar siswa
Tidak ada jawaban
Soal

19. Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:

Tidak ada jawaban
melakukan percobaan
memasangkan gambar dengan kata
menjawab soal-soal
meringkas buku
Soal

20. Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:

produksi
pengembangan
evaluasi
Tidak ada jawaban
perancangan
Soal

21. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:

Analisis kurikulum
Tidak ada jawaban
Identifikasi kebutuhan
Analisis pembelajaran
Identifikasi masalah pembelajaran
Soal

22. Apa arti guru reflektif?

Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Tidak ada jawaban
Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
Soal

23. Kriteria utama dalam memilih media:

Kemudahan penggunaan
Tidak ada jawaban
Jumlah siswa
Kemampuan media
Tujuan pembelajaran
Soal

24. Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:

Pesan
Sumber
Penerima
Tidak ada jawaban
Saluran
Soal

25. Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:

skala penilaian diri sendiri
skala sikap
daftar pertanyaan
lembar observasi
Tidak ada jawaban
Soal

26. Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?

Tidak ada jawaban
Modul
Video
Buku
Surat kabar
Soal

27. Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:

menguji coba butir instrumen
mengidentifikasi tujuan pembelajaran
membuat kisi-kisi
merumuskan tujuan penilaian
Tidak ada jawaban
Soal

28. Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:

Interaktif
Objek
Penyaji
Tidak ada jawaban
Permainan
Soal

29. Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal

kisi-kisi cetak baru
blue print
kalibrasi
Tidak ada jawaban
kisi-kisi
Soal

30. Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?

Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
Tidak ada jawaban
Kerjasama antara peneliti PTK atasan
Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
Soal

31. Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?

PTK bersifat kontekstual
Tidak ada jawaban
PTK bersifat klasikal
PTK bersifat individual
PTK bersifat profesional
Soal

32. Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?

Tidak ada jawaban
Menyita waktu
Tidak layak
Sulit
Mahal
Soal

33. Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:

persiapan alat dan bahan
penulisan laporan praktek
Tidak ada jawaban
memelihara kebersihan ruang laboratorium
pelaksanaan praktek
Soal

34. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:

Menguasai
Menjawab
Membaca
Tidak ada jawaban
Menyanyi
Soal

35. Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:

Materi
Strategi
Evaluasi
Tidak ada jawaban
Tujuan
Soal

36. Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:

Model
Tidak ada jawaban
Foto
Realita
Gambar
Soal

37. Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...

Teori belajar
Teori analisis peserta didik
Tidak ada jawaban
Teori komunikasi
Teori pembelajaran
Soal

38. Manfaat media pembelajaran kecuali:

Meningkatkan perhatian siswa
Memberikan hiburan kepada siswa
Tidak ada jawaban
Memberikan rangsangan pada indera siswa.
Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
Soal

39. Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..

guru memahami anak secara perorangan
memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
guru tidak memberikan umpan balik
Tidak ada jawaban
menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
Soal

40. Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:

Radio
Tidak ada jawaban
Audio
Video
Film
Soal

41. Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:

berisi kolom untuk menjawab soal
berisi alokasi waktu pengerjaan soal
Tidak ada jawaban
berisi petunjuk pengerjaan soal
berisi pertanyaan terbuka
Soal

42. Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:

lembar soal dan lembar jawaban
kisi-kisi instrumen penilaian
lembar jawaban
Tidak ada jawaban
lembar soal
Soal

43. Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:

Sumber referensi
Tidak ada jawaban
Identitas mata pelajaran
Indikator
Alokasi waktu
Soal

44. Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.

Nomor 14 Tahun 2007
Nomor 14 Tahun 2005
Tidak ada jawaban
Nomor 41 Tahun 2007
Nomor 41 Tahun 2005
Soal

45. Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:

alur penyajian tidak sistematis
Tidak ada jawaban
mudah dipahami siswa
tersedia tipe tugas atau latihan
sesuai dengan silabus dan RPP
Soal

46. Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...

guru menjadi kreatif
pembelajaran bermakna
Tidak ada jawaban
siswa kurang dapat bekerja sama
motivasi belajar anak meningkat
Soal

47. Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...

merupakan alat motivasi belajar
mengulangi isi buku pelajaran
Tidak ada jawaban
memperbanyak halaman LKS
mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
Soal

48. Salah satu ciri PAKEM adalah...

sumber belajar utama adalah buku paket
dominan menggunakan metode ceramah
pembelajaran berpusat pada guru
Tidak ada jawaban
lingkungan sebagai sumber belajar
Soal

49. Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:

Realia
Mock up
Model
Simulator
Tidak ada jawaban
Soal

50. Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:

bagian awal
bagian penutup
bagian inti
Tidak ada jawaban
bagian akhir
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya