Soal Pretes UKKS SMA

Soal Pretes UKKS SMA

Petunjuk Teknis

» UKKS Kepala Sekolah SMA

Mata Pelajaran : UKKS Kepala Sekolah SMA
Jenjang : SMA
Soal : Soal Pretes UKKS SMA


Soal Pretes UKKS SMA UKKS Kepala Sekolah SMA
00:00:00
Soal

1.

Pemanfaatan TIK oleh sekolah yang dicirikan dengan adanya penggunaan TIK dalam manajemen sekolah dan dalam pembelajaran, termasuk pendekatan ....

Applying
Emerging
Transforming
Infusing
Soal

2.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah menyebutkan bahwa dimensi kompetensi supervisi meliputi ....

Merencanakan, melaksanakan dan melakukan tindak lanjut supervisi
Merencanakan, mengidentifikasi permasalahan, menyusun alternatif pemecahan, melaksanakan supervisi
Mengidentifikasi permasalahan, merencanakan melaksanakan dan melakukan tindak lanjut hasil supervisi
Mengidentifikasi permasalahan, menyusun alternatif pemecahan, merencanakan, melaksanakan dan melakukan tindak lanjut
Soal

3.

Visi sekolah sebaiknya dilengkapi dengan indikator dengan tujuan agar.......

misi dapat dilaksanakan sebaik-baiknya
visi tidak ditafsirkan secara berbeda
tujuan dapat dicapai dengan mudah
semua warga sekolah berpartisipasi aktif dalam pencapaian visi
Soal

4.

Salah satu fungsi misi sekolah ialah sebagai......

sarana memperoleh dana yang cukup untuk mengembangkan lembaga
meningkatkan kesejahteraan staff dan guru
pijakan untuk menentukan program sekolah
memberi motivasi siswa dalam melakukan tugasnya
Soal

5.

Berikut ini adalah faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan rencana unit produksi dan jasa sekolah, kecuali ....

membaca peluang bisnis
meneliti pelaku pasar di masa terkini
memilih lokasi usaha
mempersiapkan rencana organisasi
Soal

6.

Cara menumbuhkan budaya mutu di lingkungan sekolah adalah dengan cara ....

melakukan rapat evaluasi
memiliki target mutu yang tinggi
peningkatan kualitas kehidupan beragama
memberikan reward kepada guru dan siswa yang berprestasi
Soal

7.

Definisi TIK menurut UNESCO (2004) adalah teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi, menciptakan, mengelola dan mendistribusikan informasi. Yang tidak termasuk definisi umum TIK tersebut antara lain ....

Televisi
Computer
Mikroskop
Telepon
Soal

8.

Sebuah SMP negeri memiliki 12 rombongan belajar. Masing-masing rombongan belajar menampung 30 siswa. Jumlah guru yang ada 12 orang dengan kualifikasi: S1 Matematika 2 orang, S1 Bahasa Inggris 2 orang, D3 IPS 1 orang, D3 Olah Raga 1 orang, S1 Bahasa Indonesia 2 orang, D3 PAI 1 orang, S1 IPA 2 orang, S1 TIK 1 orang. Berdasarkan kondisi di atas masalah yang ditemukan adalah ....

jumlah siswa per rombongan belajar tidak memenuhi standar
beberapa pendidik belum memenuhi dan melaksanakan proses pembelajaran sesuai standar proses
terdapat beberapa orang pendidik yang beban mengajarnya kurang dari 24 jam pelajaran
pendidik yang memiliki kualifikasi pendidikan S1 kurang dari 100 %
Soal

9.

Hasil Evaluasi Diri Sekolah (EDS) menjadi rujukan bagi tim pengembang sekolah untuk menentukan posisi tahapan pengembangan sekolah. Tahap ketiga dalam tahapan pengembangan sekolah memiliki makna sebagai berikut:

Belum memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), mempunyai banyak kelemahan dan membutuhkan banyak perbaikan
Memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), tidak memiliki kelemahan dan mempunyai beberapa kekuatan
Telah memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), terdapat beberapa kekuatan dan kelemahan
Telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan, namun masih perlu peningkatan
Soal

10.

Agar penerimaan siswa baru pada SMK WAJAR berjalan lancar dan terkendali, seharusnya sekolah tersebut ...

Mensosialisasikan kriteria PSB kepada masyarakat melalui media masa atau media elektronika, sebelum PSB di laksanakan
Menyusun dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yang merujuk pada POS secara regional, dan diberitakan kepada masyarakat, sebelum PSB di laksanakan,
Menyusun dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yang merujuk pada POS secara regional, sebelum PSB dilaksanakan.
Menyusun dan menyebarkan edaran tentang PSB kepada masyarakat, sebelum PSB di laksanakan
Soal

11.

SMKN 1 Kotabaru akan meningkatkan kualitas pengelolaan Sistem Informasi Manajemen, sehingga permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah dapat segera diberikan atau diketahui. Menyikapi hal tersebut di atas sekolah melakukan........

Menugaskan seorang guru atau tenaga kependidikan untuk melayani dan merekam permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah, serta didokumentasikan dengan baik sebagai bahan laporan kepada Dinas Pendidikan Kota,
Memerintahkan wakil kepala untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan mudah diakses, sehingga dapat melayani masyarakat secara optimal,
Membentuk TIM untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan mudah diakses melayani permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah,
Memerintahkan seorang guru atau tenaga kependidikan untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan mudah diakses, sehingga dapat melayani masyarakat secara optimal.
Soal

12.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan unit produksi/jasa adalah sebagai berikut, kecuali ....

wahana untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa wirausaha guru dan siswa
wahana pelatihan berbasis produksi/jasa bagi siswa
sebagai sumber pendanaan utama untuk pemeliharaan, penambahan fasilitas, dan biaya-biaya operasional pendidikan lainnya
sarana praktik produksi secara langsung bagi siswa
Soal

13.

Tahapan dalam pembangunan tim antara lain ....

Pembentukan, Benturan, Kesepakatan, Puncak, Kemapanan
Pembentukan, Kesepakatan, Benturan, Kemapanan
Benturan, Pembentukan, Kesepakatan, Puncak
Benturan, Kesepakatan, Puncak, Kemapanan
Soal

14.

Dewan guru menghendaki pada SMKS Taruna Bakti pada hari sabtu tidak ada kegiatan pembelajaran tetapi dimanfaatkan untuk kegiatan ekstrakurikuler. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah .....

Tidak menyetujui karena akan merugikan siswa.
Menyetujui tetapi dengan syarat pada hari sabtu bukan hari libur,
Menyetujui atas dasar hasil rapat dewan pendidik dan persetujuan Yayasan, serta dilaksanakan dengan baik dan akuntabel,
Tidak menyetujui dengan alasan tidak sesuai dengan aturan yang ada,
Soal

15.

Dalam penyusunan EDS, pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun oleh BSNP dengan melibatkan beberapa komponen yaitu Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran, Guru BK, Perwakilan Tenaga Kependidikan, dan Komite Sekolah. Tahap pengembangan EDS di atas termasuk tahap ke ...

Dua
Empat
Tiga
Satu
Soal

16.

Untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran sekolah akan menerapkan pembelajaran kontekstual untuk semua mata pelajaran. Konsekuensi logis dari kegiatan tersebutů

Meningkatkan kegiatan MGMP sekolah untuk semua mata pelajaran.
Menugasi wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk mengumpulkan Silabus dan RPP semua mata pelajaran dan diperiksa tentang kegiatan pembelajarannya,
Sekolah mengadakan IHT tentang pembelajaran kontekstual dan ditindaklanjuti pembuatan perangkat pembelajaran, serta dievaluasi tingkat efektifitas dan efisiensinya,
Membuat surat edaran yang ditandatangani semua guru tentang kesediaan melakukan pembelajaran kontekstual,
Soal

17.

Dalam supervisi akademik, kemampuan guru yang disasarkan dalam supervisi meliputi ....

Penguasaan materi, metode mengajar, pengelolaan kelas guru.
Pengetahuan, keterampilan mengajar, sikap guru.
Silabus, rencana pembelajaran, penilaian guru.
Pengetahuan, keterampilan mengajar, dan komitmen guru.
Soal

18.

Untuk meningkatkan kualitas pengelolaan, sekolah menyusun pedoman operasional sekolah. Pedoman pengelolaan sekolah meliputi ...

RAPBS, KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Pembagian Tugas Guru dan Tendik, Daftar Hadir,
KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Jurnal, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata Tertib Sekolah, Peraturan Akademik, Dan Beaya Operasional Sekolah,
RKAS, KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, RAPBS, Jadwal Mengajar, Jurnal, Daftar Hadir,
KTSP, Kaldik, Struktur Organlsasi Sekolah, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata Tertib Sekolah, Peraturan Akademik, Kode Etik, dan Beaya Operasional Sekolah,
Soal

19.

Pada ulangan harian pertama kelas X-2 ada 4 siswa dari 40 siswa di kelas itu yang belum tuntas. Guru mata pelajaran tersebut tidak memperhatikan siswa yang belum tuntas tersebut, karena sudah mencapai ketuntasan kelas lebih dari 85%. Menyikapi masalah di atas Kepala Sekolah melakukanů..

Membiarkan guru tersebut karena sudah sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP,
Menegur guru tersebut pada rapat dewan guru karena melakukan kesalahan penanganan dalam melakukan penilaian,
Mengingatkan kepada semua guru pada rapat dewan guru untuk melaksanakan konsep penilaian pada KTSP secara benar dan akuntabel,
Membiarkan guru tersebut karena kegiatan penilaian merupakan otoritas guru meskipun belum sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP
Soal

20.

Hakekat pembangunan tim didasarkan atas ....

pengambilan keputusan yang aman
kerjasama fungsional dan kerja sama peran
kepemimpinan yang hanya percaya pada data yang benar
pengambilan keputusan yang diambil secara partisipatif
Soal

21.

Visi: "Berprestasi, berbudaya, dan ber-IPTEK, serta dilandasi IMTAQ" dan salah satu misinya adalah meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu tujuan jangka pendek yang terkait dengan misi tersebut adalah...

Semua guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
Sebagian guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
Sebagian guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
Guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
Soal

22.

Bentuk LHBS untuk setiap mata pelajaran yg sesuai dengan Permendiknas No 20 tahun 2007 adalah ....

Satu nilai untuk satu mata pelajaran beserta deskripsi kemajuan belajar
Satu nilai setiap aspek untuk setiap mata pelajaran
Satu nilai pencapaian kompetensi mata pelajaran, disertai dengan deskripsi kemajuan belajar,
Satu nilai untuk satu mata pelajaran
Soal

23.

Partisipasi sekolah dalam kegiatan masyarakat bertujuan untuk ....

mencari nilai tambah bagi masyarakat
mencari bantuan sekolah dari masyarakat.
menumbuhkan kepekaan sosial sekolah terhadap masyarakat.
pembentukan karakter anak didik
Soal

24.

Supervisi yang dirancang sebagai pendekatan dalam melakukan supervisi pengajaran terhadap calon guru yang sedang berpraktik mengajar untuk membantu calon guru memodifikasi pola-pola pengajaran yang tidak atau kurang efektif adalah ....

supervisi akademik
supervisi klinis
supervisi praktik mengajar
supervisi pengajaran
Soal

25.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, tentang Standar Proses menentukan bahwa pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP. Pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan inti berisi proses interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik dan memuat proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Pada kenyataanya pada sekolah tersebut masih banyak guru yang belum melaksanakan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah melakukan......

Selalu mengingatkan semua guru pada setiap rapat dewan guru untuk segera mengubah proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
Menghimbau kepada semua guru dalam setiap kesempatan untuk melakukan proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
Melaksanakan workshop pembelajaran dan ditindaklanj uti di MGMPS serta dipantau dan diadakan pembinaan secara intensif,
Menugasi wakil kepala bidang kurikulum selalu mengajak semua guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut.
Soal

26.

Visi dari suatu sekolah mungkin tidak sama dengan visi sekolah lain sebab......

Visi dirumuskan sejalan dengan profil sekolah
Visi yang berbeda akan lebih memacu pengembangan sekolah
Perbedaan merupakan pendorong tercapainya visi
Visi harus memiliki keunikan
Soal

27.

Pengelolaan tenaga kependidikan merupakan rangkaian aktivitas yang integral, bersangkut-paut dengan masalah ....

perekrutan, penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
perencanaan, perekrutan, penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
perencanaan, perekrutan, penempatan, pembinaan atau pengembangan, penilaian dan pemberhentian tenaga kependidikan
perekrutan, penempatan, pengembangan dan pemberhentian tenaga kependidikan
Soal

28.

Kepala sekolah yang melakukan supervisi dengan maksud untuk mengawasi kinerja guru dan menganggap guru sebagai bawahannya adalah bukan seorang supervisor yang baik karena ....

perilaku supervisi yang dilakukan menyalahi ketentuan
perilaku supervisi yang dilakukan tidak sesuai dengan fakta
perilaku supervisi yang dilakukan kurang manusiawi
perilaku supervisi yang dilakukan tidak kooperatif
Soal

29.

Sekolah akan mengembangkan budaya membaca dan menulis bagi setiap siswanya. Untuk menyikapi hal tersebut di atas sekolah melakukan:...

Setiap proses pembelajaran untuk setiap mata pelajaran disepakati mengembangkan budaya membaca dan menulis melalui tugas-tugas yang relevan,
Diadakan jam wajib baca dan menulis bagi setiap siswa di sekolah tersebut,
Setiap proses pembelajaran disepakati menggunakan perpustakaan sebagai sumber belajar,
Menambah jumlah buku di perpustakaan untuk menunjang kegiatan tersebut
Soal

30.

Di bawah ini salah satu bentuk tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan tenaga kependidikan adalah ....

produktivitas kerja tenaga kependidikan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan
profesi tenaga kependidikan belum mendapat pengakuan dari masyarakat
iklim kerja yang kondusif dan professional
terciptanya perilaku disiplin dalam melaksanakan tugas
Soal

31.

Dari hasil evaluasi sekolah diakhir tahun, SMK MAJU akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi bidang keuangan dan pembiayaan. Menyikapi hal tersebut, kepala SMK MAJU melakukan.......

Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan mendapat ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah
Membentuk TIM untuk menyusun RAPBS yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya, diputuskan oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan mendapat ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah,
Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, dan RAPBS yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya
Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan oleh komite sekolah dan ditetapkan oleh kepala sekolah, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah
Soal

32.

Untuk meningkatkan mutu akademik, sekolah berkeinginan untuk mengatur kegiatan akademik, dan hasil rapat dewan pendidik disepakati adanya peraturan akademik di sekolah tersebut. Menyikapi hal tersebut kepala sekolah melakukan... ...

Segera memerintahkan kepada wakil kepala bidang akademik untuk segera mengumumkan secara lisan kepada seluruh siswa
Segera membuat SK pembentukan TIM akademis untuk disosialisasikan kepada semua guru maple
Segera membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera menyusun Peraturan Akademik dan disosialisasikan kepada semua fihak pemangku kepentingan di sekolah tersebut.
Segera membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera mensosialisasikan kepada seluruh siswa
Soal

33.

Agar orang tua dan guru saling-mengenal merupakan ....

cara mendekatkan kebutuhan masyarakat dengan sekolah
tujuan dilaksanakannya kegiatan pertemuan antara orangtua murid/ masyarakat dengan pihak sekolah
teknik dalam melakukan hubungan kerjasama sekolah dengan masyarakat
salah satu bentuk hubungan antara masyarakat dengan sekolah
Soal

34.

Dimensi kepemimpinan mencakup antara lain ....

memutuskan, melaksanakan, mengevaluasi, dan menindaklanjuti.
mempengaruhi, menggerakkan, mengembangkan dan memberdayakan
membagi peran, mendelegasikan wewenang, mengatur strategi, dan membuat keputusan
memprovokasi, mempengaruhi, meningkatkan dan mengembangkan
Soal

35.

Berikut adalah tujuan pemeliharaan sarana dan prasarana di sekolah adalah, kecuali ....

pemeliharaan yang baik memberikan hasil pekerjaan yang baik
mengoptimalkan usia pakai peralatan
menjamin ketersediaan peralatan yang diperlukan melalui pengecekan secara rutin dan teratur
menjamin kesiapan operasional peralatan untuk mendukung kelancaran pekerjaan sehingga diperoleh hasil yang optimal
Soal

36.

Perabot merupakan salah satu komponen sarana dan prasarana pendidikan yang mempunyai fungsi sebagai berikut, kecuali ...:

fungsi penunjang
fungsi pendidikan
fungsi administrasi
fungsi konstruktif
Soal

37.

Penerapan prinsip-prinsip manajemen keuangan di sekolah bertujuan sebagai berikut kecuali ....

meminimalkan efisiensi penggunaan keuangan sekolah
meningkatkan akuntabilitas keuangan sekolah
meminimalkan penyalahgunaan anggaran sekolah
meningkatkan transparansi keuangan sekolah
Soal

38.

Setiap warga sekolah wajib mengetahui dan memahami visi dan misi sekolah dengan tujuan agar ....

siswa sukses dalam bidang akademik
cita-cita sekolah dapat tercapai tepat waktu
status sekolah mencapai taraf internasional
pencapaian nilai murni dapat dimaksimalkan
Soal

39.

Tugas tim pengembang kurikulum di sekolah ialah sebagai berikut, kecuali ....

mengartikulasikan kurikulum dan melakukan koordinasi segala pengalaman belajar
menyusun dasar-dasar hukum, kerangka dasar serta program inti kurikulum
mengimplementasikan, menilai dan menyempurnakan kurikulum
memberikan alternatif konsep pendidikan dan model kurikulum yang dipandang paling sesuai dengan perkembangan zaman
Soal

40.

Dalam Peraturan Daerah disebutkan bahwa sekolah tidak boleh memungut dana dari masyarakat. Usaha Anda selaku kepala sekolah di antaranya ....

menghapus kegiatan-kegiatan yang tidak mendapatkan dana dari BOS /pemerintah
membuka usaha sekolah yang dapat menghasilkan sumber keuangan sekolah
mengajukan sumbangan kepada alumni yang telah sukses maupun perusahaan tertentu
melakukan koordinasi dengan komite sekolah agar komite sekolah mendapatkan dana dari orang tua siswa
Soal

41.

Administrasi keuangan sekolah, administrasi kurikulum, administrasi kesiswaan, dan administrasi humas merupakan kegiatan tenaga administrasi sekolah yang berkaitan dengan kompetensi ketenagaan administrasi sekolah terutama kompetensi ....

sosial
kepribadian
manajerial
teknis
Soal

42.

Di bawah ini adalah usaha-usaha yang dapat dilakukan oleh kepala sekolah dalam rangka pembinaan tenaga administrasi sekolah, kecuali

mengirim tenaga administrasi untuk mengikuti diklat-diklat yang berkaitan dengan bidang pekerjaannya
memberi kesempatan tenaga administrasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
memberikan reward bagi tenaga administrasi sekolah yang berprestasi
melakukan PHK terhadap tenaga administrasi sekolah
Soal

43.

Pada saat rapat dewan pendidik untuk menetapkan kelulusan siswa terdapat 3 siswa lulus Ujian Nasional tetapi tidak lulus ujian sekolah karena satu mata pelajaran ujian sekolah di bawah kriteria kelulusan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...

Memerintahkan guru mata pelajaran yang menyebabkan tidak lulus untuk menambah nilai agar siswa tersebut lulus sekolah.
Menetapkan 3 siswa tersebut tidak lulus sekolah atas dasar hasil rapat dewan pendidik,
Menghimbau pada rapat dewan pendidik untuk meluluskan 3 siswa tersebut, menyangkut prestise sekolah,
Meluluskan 3 siswa tersebut sebab ujian nasional memiliki bobot lebih dari pada ujian sekolah,
Soal

44.

Guna pemenuhan Standar Pengelolaan, sekolah mendayagunakan setiap unsur pada sekolah tersebut. Salah satu bentuk pendayagunaan adalah .....

Menetapkan wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola pada bidangnya,
Menetapkan wakil kepala Sekolah yang melaksanakan tugas dan bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya
Menetapkan wakil kepala Sekolah yang melaksanakan tugas dan bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola pada bidangnya,
Menetapkan wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya,
Soal

45.

Peraturan menteri nomor 19 mengamanatkan bahwa setiap lembaga pendidikan harus memenuhi standar pengelolaan pendidikan, yang salah satu di antaranya ialah bahwa sekolah harus memiliki visi yang salah satu tujuannya ialah agar sekolah......

mampu meraih cita-cita bersama secara sistematis dan terrencana
mampu mengembangkan kurikulum bertaraf internasional
mampu mencapai standar internasional
menjadi sekolah yang terkenal di lingkungannya
Soal

46.

Kewirausahaan mencakup tiga perilaku utama, yakni ....

sistematis, percaya diri, tegas
agresif, kompetitif, egoistis
dinamis, inovatif, cerdas.
kreatif, komitmen, berani mengambil resiko dari kegagalan
Soal

47.

Kegiatan pelayanan konseling sangat diperlukan oleh siswa, untuk kepentingan tersebut guru BK meminta mengajar 1 jam tatap muka dan dituliskan dalam jadwal pelajaran. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...

Tidak mengabulkan permintaan tersebut meskipun kegiatan tersebut sangat penting.
Tidak mengabulkan permintaan tersebut karena akan menambah beban belajar siswa
Mengabulkan permintaan tersebut meskipun menambah beban balajar siswa,
Mengabulkan permintaan tersebut atas dasar hasil rapat dewan pendidik, tetapi 1 jam tersebut bukan merupakan beban belajar siswa,
Soal

48.

Penentuan prioritas dalam Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) harus disetujui dalam musyawarah bersama antara sekolah dan stakeholder pendidikan. Di bawah ini yang termasuk kriteria keterlaksanaan, yaitu ....

Komitmen sekolah saat sekarang untuk mewujudkannya.
Pentingnya pengembangan sekolahdalam kaitannya dengan semua faktor konteks
Relevansi terhadap misi, visi, dan tujuan strategis sekolah
Dukungan sumber daya manusia, keahlian, energi,untuk mewujudkan.
Soal

49.

Dalam pengalokasian keuangan sekolah terdapat istilah biaya personalia dan nonpersonalia. Di bawah ini adalah alokasi keuangan sekolah yang tergolong biaya personalia:

pajak
pemeliharaan sarana dan prasarana
jasa telekomunikasi
tunjangan
Soal

50.

Empat tahap yang berkaitan dengan bagaimana pendidik dan peserta didik mempelajari dan menemukan percaya diri mereka dalam menggunakan TIK, yaitu:

Mengenali, memahami, mampraktikkan, menghasilkan
Mengenali alat, memprogramkan, mempratikkan alat, mengontrol pelaksanaan.
Menemukan, mempelajari, memahami, menjadi ahli.
Merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, menghasilkan
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya