Soal Pretes UKKS SD

Soal Pretes UKKS SD

Petunjuk Teknis

» UKKS Kepala Sekolah SD

Mata Pelajaran : UKKS Kepala Sekolah SD
Jenjang : SD MI
Soal : Soal Pretes UKKS SD

Soal Pretes UKKS SD UKKS Kepala Sekolah SD


KERJAKAN SOAL


1.
Empat tahap yang berkaitan dengan bagaimana pendidik dan peserta didik mempelajari dan menemukan percaya diri mereka dalam menggunakan TIK, yaitu
 Merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, menghasilkan
 Mengenali alat, memprogramkan, mempratikkan alat, mengontrol pelaksanaan.
 Menemukan, mempelajari, memahami, menjadi ahli.
 Mengenali, memahami, mampraktikkan, menghasilkan
2.
Berikut adalah tujuan pemeliharaan sarana dan prasarana di sekolah adalah, kecuali ....
 mengoptimalkan usia pakai peralatan
 pemeliharaan yang baik memberikan hasil pekerjaan yang baik
 menjamin ketersediaan peralatan yang diperlukan melalui pengecekan secara rutin dan teratur
 menjamin kesiapan operasional peralatan untuk mendukung kelancaran pekerjaan sehingga diperoleh hasil yang optimal
3.
Guna pemenuhan Standar Pengelolaan, sekolah mendayagunakan setiap unsur pada sekolah tersebut. Salah satu bentuk pendayagunaan adalah .....
 Menetapkan wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola pada bidangnya,
 Menetapkan wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya,
 Menetapkan wakil kepala Sekolah yang melaksanakan tugas dan bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola pada bidangnya,
 Menetapkan wakil kepala Sekolah yang melaksanakan tugas dan bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya
4.
Sebuah SMP negeri memiliki 12 rombongan belajar. Masing-masing rombongan belajar menampung 30 siswa. Jumlah guru yang ada 12 orang dengan kualifikasi: S1 Matematika 2 orang, S1 Bahasa Inggris 2 orang, D3 IPS 1 orang, D3 Olah Raga 1 orang, S1 Bahasa Indonesia 2 orang, D3 PAI 1 orang, S1 IPA 2 orang, S1 TIK 1 orang. Berdasarkan kondisi di atas masalah yang ditemukan adalah ....
 jumlah siswa per rombongan belajar tidak memenuhi standar
 beberapa pendidik belum memenuhi dan melaksanakan proses pembelajaran sesuai standar proses
 pendidik yang memiliki kualifikasi pendidikan S1 kurang dari 100 %
 terdapat beberapa orang pendidik yang beban mengajarnya kurang dari 24 jam pelajaran
5.
Kepala sekolah yang melakukan supervisi dengan maksud untuk mengawasi kinerja guru dan menganggap guru sebagai bawahannya adalah bukan seorang supervisor yang baik karena ....
 perilaku supervisi yang dilakukan tidak sesuai dengan fakta
 perilaku supervisi yang dilakukan menyalahi ketentuan
 perilaku supervisi yang dilakukan kurang manusiawi
 perilaku supervisi yang dilakukan tidak kooperatif
6.
Visi sekolah sebaiknya dilengkapi dengan indikator dengan tujuan agar.......
 misi dapat dilaksanakan sebaik-baiknya
 semua warga sekolah berpartisipasi aktif dalam pencapaian visi
 tujuan dapat dicapai dengan mudah
 visi tidak ditafsirkan secara berbeda
7.
Supervisi yang dirancang sebagai pendekatan dalam melakukan supervisi pengajaran terhadap calon guru yang sedang berpraktik mengajar untuk membantu calon guru memodifikasi pola-pola pengajaran yang tidak atau kurang efektif adalah ....
 supervisi praktik mengajar
 supervisi pengajaran
 supervisi akademik
 supervisi klinis
8.
Cara menumbuhkan budaya mutu di lingkungan sekolah adalah dengan cara ....
 memberikan reward kepada guru dan siswa yang berprestasi
 memiliki target mutu yang tinggi
 peningkatan kualitas kehidupan beragama
 melakukan rapat evaluasi
9.
Setiap warga sekolah wajib mengetahui dan memahami visi dan misi sekolah dengan tujuan agar ....
 siswa sukses dalam bidang akademik
 status sekolah mencapai taraf internasional
 pencapaian nilai murni dapat dimaksimalkan
 cita-cita sekolah dapat tercapai tepat waktu
10.
Dari hasil evaluasi sekolah diakhir tahun, SMK MAJU akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi bidang keuangan dan pembiayaan. Menyikapi hal tersebut, kepala SMK MAJU melakukan.......
 Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan oleh komite sekolah dan ditetapkan oleh kepala sekolah, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah
 Membentuk TIM untuk menyusun RAPBS yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya, diputuskan oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan mendapat ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah,
 Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, dan RAPBS yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya
 Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan mendapat ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah
11.
Sekolah akan mengembangkan budaya membaca dan menulis bagi setiap siswanya. Untuk menyikapi hal tersebut di atas sekolah melakukan ...
 Setiap proses pembelajaran disepakati menggunakan perpustakaan sebagai sumber belajar,
 Diadakan jam wajib baca dan menulis bagi setiap siswa di sekolah tersebut,
 Setiap proses pembelajaran untuk setiap mata pelajaran disepakati mengembangkan budaya membaca dan menulis melalui tugas-tugas yang relevan,
 Menambah jumlah buku di perpustakaan untuk menunjang kegiatan tersebut
12.
Untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran sekolah akan menerapkan pembelajaran kontekstual untuk semua mata pelajaran. Konsekuensi logis dari kegiatan tersebut ...
 Meningkatkan kegiatan MGMP sekolah untuk semua mata pelajaran.
 Menugasi wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk mengumpulkan Silabus dan RPP semua mata pelajaran dan diperiksa tentang kegiatan pembelajarannya,
 Sekolah mengadakan IHT tentang pembelajaran kontekstual dan ditindaklanjuti pembuatan perangkat pembelajaran, serta dievaluasi tingkat efektifitas dan efisiensinya,
 Membuat surat edaran yang ditandatangani semua guru tentang kesediaan melakukan pembelajaran kontekstual,
13.
Untuk meningkatkan mutu akademik, sekolah berkeinginan untuk mengatur kegiatan akademik, dan hasil rapat dewan pendidik disepakati adanya peraturan akademik di sekolah tersebut. Menyikapi hal tersebut kepala sekolah melakukan......
 Segera membuat SK pembentukan TIM akademis untuk disosialisasikan kepada semua guru maple
 Segera membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera menyusun Peraturan Akademik dan disosialisasikan kepada semua fihak pemangku kepentingan di sekolah tersebut.
 Segera membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera mensosialisasikan kepada seluruh siswa
 Segera memerintahkan kepada wakil kepala bidang akademik untuk segera mengumumkan secara lisan kepada seluruh siswa
14.
Di bawah ini adalah usaha-usaha yang dapat dilakukan oleh kepala sekolah dalam rangka pembinaan tenaga administrasi sekolah, kecuali
 melakukan PHK terhadap tenaga administrasi sekolah
 memberikan reward bagi tenaga administrasi sekolah yang berprestasi
 memberi kesempatan tenaga administrasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
 mengirim tenaga administrasi untuk mengikuti diklat-diklat yang berkaitan dengan bidang pekerjaannya
15.
Kewirausahaan mencakup tiga perilaku utama, yakni ....
 agresif, kompetitif, egoistis
 kreatif, komitmen, berani mengambil resiko dari kegagalan
 sistematis, percaya diri, tegas
 dinamis, inovatif, cerdas.
16.
Tahapan dalam pembangunan tim antara lain ....
 Pembentukan, Benturan, Kesepakatan, Puncak, Kemapanan
 Benturan, Pembentukan, Kesepakatan, Puncak
 Pembentukan, Kesepakatan, Benturan, Kemapanan
 Benturan, Kesepakatan, Puncak, Kemapanan
17.
Dalam supervisi akademik, kemampuan guru yang disasarkan dalam supervisi meliputi ....
 Pengetahuan, keterampilan mengajar, dan komitmen guru.
 Silabus, rencana pembelajaran, penilaian guru.
 Pengetahuan, keterampilan mengajar, sikap guru.
 Penguasaan materi, metode mengajar, pengelolaan kelas guru.
18.
Tugas tim pengembang kurikulum di sekolah ialah sebagai berikut, kecuali ....
 menyusun dasar-dasar hukum, kerangka dasar serta program inti kurikulum
 mengartikulasikan kurikulum dan melakukan koordinasi segala pengalaman belajar
 mengimplementasikan, menilai dan menyempurnakan kurikulum
 memberikan alternatif konsep pendidikan dan model kurikulum yang dipandang paling sesuai dengan perkembangan zaman
19.
Berikut ini adalah faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan rencana unit produksi dan jasa sekolah, kecuali ....
 mempersiapkan rencana organisasi
 membaca peluang bisnis
 meneliti pelaku pasar di masa terkini
 memilih lokasi usaha
20.
Partisipasi sekolah dalam kegiatan masyarakat bertujuan untuk ....
 menumbuhkan kepekaan sosial sekolah terhadap masyarakat.
 pembentukan karakter anak didik
 mencari nilai tambah bagi masyarakat
 mencari bantuan sekolah dari masyarakat.
21.
Penerapan prinsip-prinsip manajemen keuangan di sekolah bertujuan sebagai berikut kecuali ....
 meminimalkan penyalahgunaan anggaran sekolah
 meningkatkan akuntabilitas keuangan sekolah
 meningkatkan transparansi keuangan sekolah
 meminimalkan efisiensi penggunaan keuangan sekolah
22.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, tentang Standar Proses menentukan bahwa pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP. Pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan inti berisi proses interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik dan memuat proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Pada kenyataanya pada sekolah tersebut masih banyak guru yang belum melaksanakan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah melakukan......
 Menugasi wakil kepala bidang kurikulum selalu mengajak semua guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut.
 Selalu mengingatkan semua guru pada setiap rapat dewan guru untuk segera mengubah proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
 Menghimbau kepada semua guru dalam setiap kesempatan untuk melakukan proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
 Melaksanakan workshop pembelajaran dan ditindaklanj uti di MGMPS serta dipantau dan diadakan pembinaan secara intensif,
23.
Hakekat pembangunan tim didasarkan atas ....
 pengambilan keputusan yang aman
 kepemimpinan yang hanya percaya pada data yang benar
 pengambilan keputusan yang diambil secara partisipatif
 kerjasama fungsional dan kerja sama peran
24.
Perabot merupakan salah satu komponen sarana dan prasarana pendidikan yang mempunyai fungsi sebagai berikut, kecuali ...
 fungsi penunjang
 fungsi administrasi
 fungsi konstruktif
 fungsi pendidikan
25.
Tujuan dilaksanakannya kegiatan unit produksi/jasa adalah sebagai berikut, kecuali ....
 wahana untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa wirausaha guru dan siswa
 sarana praktik produksi secara langsung bagi siswa
 sebagai sumber pendanaan utama untuk pemeliharaan, penambahan fasilitas, dan biaya-biaya operasional pendidikan lainnya
 wahana pelatihan berbasis produksi/jasa bagi siswa
26.
Pada ulangan harian pertama kelas X-2 ada 4 siswa dari 40 siswa di kelas itu yang belum tuntas. Guru mata pelajaran tersebut tidak memperhatikan siswa yang belum tuntas tersebut, karena sudah mencapai ketuntasan kelas lebih dari 85%. Menyikapi masalah di atas Kepala Sekolah melakukan ...
 Mengingatkan kepada semua guru pada rapat dewan guru untuk melaksanakan konsep penilaian pada KTSP secara benar dan akuntabel,
 Membiarkan guru tersebut karena sudah sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP,
 Membiarkan guru tersebut karena kegiatan penilaian merupakan otoritas guru meskipun belum sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP
 Menegur guru tersebut pada rapat dewan guru karena melakukan kesalahan penanganan dalam melakukan penilaian,
27.
Dalam Peraturan Daerah disebutkan bahwa sekolah tidak boleh memungut dana dari masyarakat. Usaha Anda selaku kepala sekolah di antaranya ....
 mengajukan sumbangan kepada alumni yang telah sukses maupun perusahaan tertentu
 menghapus kegiatan-kegiatan yang tidak mendapatkan dana dari BOS /pemerintah
 membuka usaha sekolah yang dapat menghasilkan sumber keuangan sekolah
 melakukan koordinasi dengan komite sekolah agar komite sekolah mendapatkan dana dari orang tua siswa
28.
Untuk meningkatkan kualitas pengelolaan, sekolah menyusun pedoman operasional sekolah. Pedoman pengelolaan sekolah meliputi ...
 RAPBS, KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Pembagian Tugas Guru dan Tendik, Daftar Hadir,
 KTSP, Kaldik, Struktur Organlsasi Sekolah, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata Tertib Sekolah, Peraturan Akademik, Kode Etik, dan Beaya Operasional Sekolah,
 KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Jurnal, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata Tertib Sekolah, Peraturan Akademik, Dan Beaya Operasional Sekolah,
 RKAS, KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, RAPBS, Jadwal Mengajar, Jurnal, Daftar Hadir,
29.
SMKN 1 Kotabaru akan meningkatkan kualitas pengelolaan Sistem Informasi Manajemen, sehingga permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah dapat segera diberikan atau diketahui. Menyikapi hal tersebut di atas sekolah melakukan........
 Menugaskan seorang guru atau tenaga kependidikan untuk melayani dan merekam permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah, serta didokumentasikan dengan baik sebagai bahan laporan kepada Dinas Pendidikan Kota,
 Membentuk TIM untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan mudah diakses melayani permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah,
 Memerintahkan wakil kepala untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan mudah diakses, sehingga dapat melayani masyarakat secara optimal,
 Memerintahkan seorang guru atau tenaga kependidikan untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan mudah diakses, sehingga dapat melayani masyarakat secara optimal.
30.
Peraturan menteri nomor 19 mengamanatkan bahwa setiap lembaga pendidikan harus memenuhi standar pengelolaan pendidikan, yang salah satu di antaranya ialah bahwa sekolah harus memiliki visi yang salah satu tujuannya ialah agar sekolah......
 mampu mencapai standar internasional
 mampu mengembangkan kurikulum bertaraf internasional
 mampu meraih cita-cita bersama secara sistematis dan terrencana
 menjadi sekolah yang terkenal di lingkungannya
31.
Dalam penyusunan EDS, pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun oleh BSNP dengan melibatkan beberapa komponen yaitu Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran, Guru BK, Perwakilan Tenaga Kependidikan, dan Komite Sekolah. Tahap pengembangan EDS di atas termasuk tahap ke ...
 Satu
 Empat
 Dua
 Tiga
32.
Pemanfaatan TIK oleh sekolah yang dicirikan dengan adanya penggunaan TIK dalam manajemen sekolah dan dalam pembelajaran, termasuk pendekatan ....
 Infusing
 Emerging
 Transforming
 Applying
33.
Dalam pengalokasian keuangan sekolah terdapat istilah biaya personalia dan nonpersonalia. Di bawah ini adalah alokasi keuangan sekolah yang tergolong biaya personalia
 pajak
 tunjangan
 jasa telekomunikasi
 pemeliharaan sarana dan prasarana
34.
Pada saat rapat dewan pendidik untuk menetapkan kelulusan siswa terdapat 3 siswa lulus Ujian Nasional tetapi tidak lulus ujian sekolah karena satu mata pelajaran ujian sekolah di bawah kriteria kelulusan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
 Meluluskan 3 siswa tersebut sebab ujian nasional memiliki bobot lebih dari pada ujian sekolah,
 Menetapkan 3 siswa tersebut tidak lulus sekolah atas dasar hasil rapat dewan pendidik,
 Memerintahkan guru mata pelajaran yang menyebabkan tidak lulus untuk menambah nilai agar siswa tersebut lulus sekolah.
 Menghimbau pada rapat dewan pendidik untuk meluluskan 3 siswa tersebut, menyangkut prestise sekolah,
35.
Agar penerimaan siswa baru pada SMK WAJAR berjalan lancar dan terkendali, seharusnya sekolah tersebut ...
 Menyusun dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yang merujuk pada POS secara regional, sebelum PSB dilaksanakan.
 Mensosialisasikan kriteria PSB kepada masyarakat melalui media masa atau media elektronika, sebelum PSB di laksanakan
 Menyusun dan menyebarkan edaran tentang PSB kepada masyarakat, sebelum PSB di laksanakan
 Menyusun dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yang merujuk pada POS secara regional, dan diberitakan kepada masyarakat, sebelum PSB di laksanakan,
36.
Dewan guru menghendaki pada SMKS Taruna Bakti pada hari sabtu tidak ada kegiatan pembelajaran tetapi dimanfaatkan untuk kegiatan ekstrakurikuler. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah .....
 Tidak menyetujui karena akan merugikan siswa.
 Menyetujui atas dasar hasil rapat dewan pendidik dan persetujuan Yayasan, serta dilaksanakan dengan baik dan akuntabel,
 Menyetujui tetapi dengan syarat pada hari sabtu bukan hari libur,
 Tidak menyetujui dengan alasan tidak sesuai dengan aturan yang ada,
37.
Visi: Berprestasi, berbudaya, dan ber-IPTEK, serta dilandasi IMTAQ dan salah satu misinya adalah meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu tujuan jangka pendek yang terkait dengan misi tersebut adalah...
 Guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
 Sebagian guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
 Sebagian guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
 Semua guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
38.
Salah satu fungsi misi sekolah ialah sebagai......
 memberi motivasi siswa dalam melakukan tugasnya
 meningkatkan kesejahteraan staff dan guru
 pijakan untuk menentukan program sekolah
 sarana memperoleh dana yang cukup untuk mengembangkan lembaga
39.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah menyebutkan bahwa dimensi kompetensi supervisi meliputi ....
 Mengidentifikasi permasalahan, merencanakan melaksanakan dan melakukan tindak lanjut hasil supervisi
 Mengidentifikasi permasalahan, menyusun alternatif pemecahan, merencanakan, melaksanakan dan melakukan tindak lanjut
 Merencanakan, mengidentifikasi permasalahan, menyusun alternatif pemecahan, melaksanakan supervisi
 Merencanakan, melaksanakan dan melakukan tindak lanjut supervisi
40.
Penentuan prioritas dalam Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) harus disetujui dalam musyawarah bersama antara sekolah dan stakeholder pendidikan. Di bawah ini yang termasuk kriteria keterlaksanaan, yaitu ....
 Dukungan sumber daya manusia, keahlian, energi,untuk mewujudkan.
 Pentingnya pengembangan sekolahdalam kaitannya dengan semua faktor konteks
 Relevansi terhadap misi, visi, dan tujuan strategis sekolah
 Komitmen sekolah saat sekarang untuk mewujudkannya.
41.
Di bawah ini salah satu bentuk tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan tenaga kependidikan adalah ....
 terciptanya perilaku disiplin dalam melaksanakan tugas
 profesi tenaga kependidikan belum mendapat pengakuan dari masyarakat
 produktivitas kerja tenaga kependidikan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan
 iklim kerja yang kondusif dan professional
42.
Definisi TIK menurut UNESCO (2004) adalah teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi, menciptakan, mengelola dan mendistribusikan informasi. Yang tidak termasuk definisi umum TIK tersebut antara lain ....
 Telepon
 Mikroskop
 Televisi
 Computer
43.
Dimensi kepemimpinan mencakup antara lain ....
 memutuskan, melaksanakan, mengevaluasi, dan menindaklanjuti.
 membagi peran, mendelegasikan wewenang, mengatur strategi, dan membuat keputusan
 memprovokasi, mempengaruhi, meningkatkan dan mengembangkan
 mempengaruhi, menggerakkan, mengembangkan dan memberdayakan
44.
Agar orang tua dan guru saling-mengenal merupakan ....
 salah satu bentuk hubungan antara masyarakat dengan sekolah
 cara mendekatkan kebutuhan masyarakat dengan sekolah
 tujuan dilaksanakannya kegiatan pertemuan antara orangtua murid/ masyarakat dengan pihak sekolah
 teknik dalam melakukan hubungan kerjasama sekolah dengan masyarakat
45.
Bentuk LHBS untuk setiap mata pelajaran yg sesuai dengan Permendiknas No 20 tahun 2007 adalah ....
 Satu nilai untuk satu mata pelajaran
 Satu nilai pencapaian kompetensi mata pelajaran, disertai dengan deskripsi kemajuan belajar,
 Satu nilai untuk satu mata pelajaran beserta deskripsi kemajuan belajar
 Satu nilai setiap aspek untuk setiap mata pelajaran
46.
Administrasi keuangan sekolah, administrasi kurikulum, administrasi kesiswaan, dan administrasi humas merupakan kegiatan tenaga administrasi sekolah yang berkaitan dengan kompetensi ketenagaan administrasi sekolah terutama kompetensi ....
 sosial
 teknis
 manajerial
 kepribadian
47.
Hasil Evaluasi Diri Sekolah (EDS) menjadi rujukan bagi tim pengembang sekolah untuk menentukan posisi tahapan pengembangan sekolah. Tahap ketiga dalam tahapan pengembangan sekolah memiliki makna sebagai berikut:
 Memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), tidak memiliki kelemahan dan mempunyai beberapa kekuatan
 Telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan, namun masih perlu peningkatan
 Belum memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), mempunyai banyak kelemahan dan membutuhkan banyak perbaikan
 Telah memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), terdapat beberapa kekuatan dan kelemahan
48.
Pengelolaan tenaga kependidikan merupakan rangkaian aktivitas yang integral, bersangkut-paut dengan masalah ....
 perekrutan, penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
 perencanaan, perekrutan, penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
 perencanaan, perekrutan, penempatan, pembinaan atau pengembangan, penilaian dan pemberhentian tenaga kependidikan
 perekrutan, penempatan, pengembangan dan pemberhentian tenaga kependidikan
49.
Kegiatan pelayanan konseling sangat diperlukan oleh siswa, untuk kepentingan tersebut guru BK meminta mengajar 1 jam tatap muka dan dituliskan dalam jadwal pelajaran. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
 Tidak mengabulkan permintaan tersebut meskipun kegiatan tersebut sangat penting.
 Tidak mengabulkan permintaan tersebut karena akan menambah beban belajar siswa
 Mengabulkan permintaan tersebut meskipun menambah beban balajar siswa,
 Mengabulkan permintaan tersebut atas dasar hasil rapat dewan pendidik, tetapi 1 jam tersebut bukan merupakan beban belajar siswa,
50.
Visi dari suatu sekolah mungkin tidak sama dengan visi sekolah lain sebab......
 Visi yang berbeda akan lebih memacu pengembangan sekolah
 Visi dirumuskan sejalan dengan profil sekolah
 Perbedaan merupakan pendorong tercapainya visi
 Visi harus memiliki keunikan

Soal SD MI

Soal Pedagogik PPG Aqidah Akhlak MI

Soal Pedagogik PPG UKG Aqidah Akhlak ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG SKI MI

Soal Pedagogik PPG UKG SKI ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG UKG Penjaskes SD MI

Soal Pedagogik PPG UKG Penjaskes SD MI ...Baca selengkapnya...

Soal PPG UKG Penjaskes SD MI

Latihan Soal PPG UKG Penjaskes SD MI ...Baca selengkapnya...

Soal PPG UKG IPA SD

Latihan Soal PPG UKG IPA SD ...Baca selengkapnya...
a