Soal PPG Quran Hadist MTs

Soal PPG Quran Hadist MTs

Petunjuk Teknis

» Quran Hadist MTs

Mata Pelajaran : Quran Hadist MTs
Jenjang : SMP MTs
Soal : Soal PPG Quran Hadist MTs

Soal PPG Quran Hadist MTs Quran Hadist MTs


KERJAKAN SOAL


1.
Dalam sebuah proses pembelajaran, perhatian sangatlah berperan penting sebagai awalan dalam memicu kegiatan belajar. Perhatian terhadap pelajaran akan timbul pada siswa apabila ....
 metode yang menggunakan multimedia
 bahan pelajaran dirasakan sesuatu yang dibutuhkan oleh siswa
 bahan pelajaran merupakan materi yang mutakhir
 model yang dmenggunakan model-model terkini
2.
Kegunaan RPP adalah sebagai pedoman bagi guru untuk ....
 melakukan penilaian hasil belajar siswa
 mengelola interaksi pembelajaran
 memberdayakan sumber belajar
 melaksanakan pembelajaran di kelas
3.
Implikasi dari eksperimen Pavlov pada pembelajaran adalah ....
 Anak akan belajar jika selalu diperintah
 Anak akan belajar jika dibiasakan
 Anak akan belajar lebih giat jika mendapat nilai baik
 Anak akan belajar jika diberikan motivasi
4.
Kurikulum harus mampu mengembangkan sesuatu yang baru sesuai dengan perkembangan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat pada masa sekarang dan akan datang. Pernyataan tersebut dalam kurikulum termasuk dalam peranan ...
 Tunjukkan akibat atau dampak kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajar
 Berikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional
 Ciptakan iklim sosial yang sehat antara guru dengan siswa dan antar siswa didalam kelas
 Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar meskipun prestasinya minimal
 Susun aturan dan batasan-batasan dalam proses pembelajaran
5.
Pembelajaran remedial dilakukan guru untuk membantu peserta didik dalam beberapa hal, kecuali ....
 memperbaiki sikap belajar yang dapat mendorong tercapainya hasil belajar yang optimal
 memahami kesulitan belajar yang dihadapi
 memperluas wawasan tentang konsep yang telah dipelajari
 mengatasi kesulitan dengan memperbaiki cara belajar
6.
Menurut Teori humanistik, tujuan belajar adalah untuk memanusiakan manusia, sehingga tujuan utama para pendidik adalah ....
 membantu siswa belajar bagaimana menghargai manusia lain
 menjadikan dirinya menjadi manusia yang berguna bagi orang lain
 membantu siswa mengenal diri mereka sendiri sebagai manusia yang unik
 membantu siswa belajar menjadi manusia dewasa
7.
Buku paket, video, film, bola dunia, grafik, CD interaktif termasuk jenis sumber belajar ....
 lingkungan (setting)
 peralatan (device)
 bahan (material)
 pesan (message)
8.
Seorang guru tidak hanya menyampaikan ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya. Ia harus mampu mengelola kelas dan memotivasi peserta didik untuk semangat belajar. Penampilan guru juga harus menarik dan bersikap empatik terhadap peserta didik. Begitu juga dalam bertutur kata, seorang guru harus memberi contoh bahasa yang santun. Saat di kelas, guru dapat melakukan tindakan untuk menarik perhatian. Misalnya, dengan memberikan pujian atau tanda tertentu, seperti tepuk tangan atau menghentakkan papan tulis, berkeliling ruangan atau berbicara dengan irama. Bisa juga guru memulai pelajaran dengan mengajukan pertanyaan yang membangkitkan minat peserta didik terhadap topik yang dibicarakan. Di akhir pembelajaran guru mengajak peserta didiknya menyimpulkan pembelajaran yang baru saja dialami peserta didik. Mereka bisa menuliskan dalam secarik kertas, kemudian membacakannya.
Manakah kegiatan peserta didik dalam refleksi pembelajaran ....
 Siswa berbahasa yang santun saat interaksi kepada guru
 Siswa bertanya kepada guru perihal pelajaran yang lalu
 Siswa mengikuti instruksi guru pada saat guru memberikan tugas
 Siswa menyimpulkan pembelajaran yang baru saja dialami.
9.
Salah satu manfaat media dalam pembelajaranadalah ....
 pembelajaran dapat bermakna ganda
 guru lebih santai karena terbantu
 dapat membuat materi pelajaran yang abstrak menjadi lebih konkret
 dapat menjadikan pelajaran menjadi lebih luas
10.
Pernyataan berikut yang bukan merupakan bagian dari kegiatan penyusunan butir instrumen hasil belajar adalah ....
 mempertimbangkan komposisi aspek-aspek kognitif
 membuat indikator soal
 diprediksi dapat dikerjakan oleh sebagian besar siswa
 menentukan kompetensi atau indikator yang hendak diukur
11.
Pembelajaran klasikal cenderung mengabaikan perbedaan-perbedaan yang ada diantara para siswa. Untuk itu jika guru menggunakan pembelajaran klasikal hendaknya ....
 Picture and Picture
 Role Playing
 Inquiry
 Kontektual
 Problem Solving
12.
Istilah "perlu bimbingan" pada deskripsi rapor pengetahuan, diberikan apabila siswa ....
 nilainya rata-rata baik pada semua kompetensi
 tidak ada yang menonjol pada kompetensi dasar yang diujikan
 mendapatkan nilai di bawah ketuntasan belajar
 merupakan nilai terendah diantara beberapa nilai ulangan
13.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah ....
 jawaban a, b, dan c benar
 menunjukkan kegiatan siswa dan materi
 memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan peserta didik secara berurutan
 sesuai dengan herarki konsep materi pembelajaran
14.
Metode Penelitian memuat ...
 prosedur penelitian, setting penelitian, perhitungan siklus, teknik pengolahan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
 prosedur penelitian, setting penelitian, prosedur siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
 prosedur penelitian, setting penelitian, perhitungan siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
 prosedur penelitian, setting penelitian, prosedur siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
15.
Pak Joko memberikan pujian kepada Asmawi, peserta didiknya yang mampu menjawab dengan tepat pertanyaan yang diberikan kepada Asmawi. Pujian yang diberikan Pak Joko kepada Asmawi adalah dengan cara Pak Joko mengacungkan jempol.
Pujian seperti yang dilakukan Pak Joko kepada Asmawi merupakan jenis komunikasi...
 personal
 verbal
 satu arah
 nonverbal
16.
Dalam pembelajaran yang menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, guru dituntut untuk berperan sebagai pengamat artinya guru hendaknya ...
 memberi kebebasan yang bertanggung jawab kepada siswa dalam belajar
 mengembangkan dan memelihara suasana belajar yang kondusif
 menggunakan berbagai media pembelajaran yang inovatif
 memberikan arah dan membimbing siswa untuk menguasai kompetensi
17.
 Saat pembelajaran diskusi kelompok. Peserta didik diminta untuk menyampaikan gagasan dan komentar dengan kalimat yang runtun dan lafal yang jelas. Tugas guru adalah menilai peserta didik dengan teknik pengamatan terhadap gagasan dan komentar peserta didik. Rancangan evaluasi yang dibuat guru adalah rambu-rambu penilaan proses pembelajaran dengan aspek-aspek ....
 Kelancaran kalimat, kualitas gagasan, ejaan dan tanda baca
 Intonasi, tempo, kalmat efektif dan ejaan yang benar
 Isi gagasan, kesesuaian gagasan, keruntutan kalimat, kejelasan lafal
 Isi gagasan, kesesuaian gagasan, kalimat efektif dan tanda baca
18.
Kelumpuhan organ bicara dapat menimbulkan kelainan-kelainan bunyi yang yang dihasilkan karena pada rahang, bibir, dan gigi mengalami masalah, baik dibawa sejak lahir atau kecelakaan. Hal tersebut dapat memengaruhi kelancaran komunikasi yang disebut faktor .......
 kepribadian
 Intelengensi
 pengetahuan
 biologis
19.
Ibu Prapti menjelaskan materi pelajaran kepada peserta didiknya di kelas satu dengan jelas. Sehingga materi pelajaran yang disampaikan Bu Prapti dapat dimengerti dengan baik oleh peserta didik. Berdasarkan ilustrasi di atas, berarti Bu Prapti sudah menerapkan strategi komunikasi dalam pembelajaran, yaitu ....
 audible
 respect
 clarity
 humble
20.
Rumusan tujuan pembelajaran menggambarkan ....
 indikator pencapaian peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
 hasil proses belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
 proses dan hasil belajar belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
 proses belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
21.
Untuk memangkas tepi gambar yang telah kita sisipkan, langkah awal yang harus kita lakukan adalah ...
 klik gambar
 klik ikon Picture
 klik ikon Crop
 klik tab Format
22.
Seorang guru akan menunjukkan bangun ruang balok dengan memperjelas atau menekankan bagian-bagian balok seperti: sisi, rusuk, diagonal ruang, diagonal sisi, bidang diagonal dengan animasi. Sofware yang dapat digunakan adalah ...
 Microsoft Word
 Microsoft Excel
 Microsoft Acces
 Microsoft PowerPoint
23.
Kemampuan komunikasi yang efektif yang sesuai kondisi psikologi peserta didik adalah sebagai berikut, kecuali ....
 sebut nama mereka dengan cara yang menyenangkan mereka
 berikan kesan bahwa Anda berada dalam tim yang sama
 dengarkan dengan penuh perhatian semua yang mereka katakan
 tidak menawarkan hadiah bila mereka berbuat baik atau benar
24.
Langkah untuk mengatur lebar kolom pada lembar kerja Excel adalah ....
 sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format as Table -> Column Width
 sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format -> Column Width
 sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format -> Row Height
 sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format as Table -> Row Width
25.
Ibu Lolita ingin menerapkan strategi pembelajaran "berpusat pada siswa" (student-centered oriented) dengan pendekatan saintifik. Deskriptor dari kompetensi yang hendak dicapai ialah mampu menuliskan teks prosedur.Di antara kegiatan-kegiatan di bawah ini, manakah yang mencerminkan kegiatan langkah mengomunikasikan dari materi di atas ....
 Siswa secara kelompok menampilkan hasil kerja analisis ciri, struktur, dan kaidah teks prosedur "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" di majalah dinding (atau dipapan pajang) Siswa saling menanggapi hasil karya teman. Siswa saling menilai hasil karya teman,
 Siswa secara mandiri menyusun pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan teks prosedur kompeks yang dibacanya. Siswa membentuk pasangan. Setelah itu, secara bergiliran menyampaikan pertanyan kepada pasangannya.Bila pasangannya tidak mampu menjawab, siswa menyampaikan pertanyaan kepada guru.
 Siswa bertanya jawab dan berdiskusi merumuskan struktur dan kaidah teks prosedur kompleks "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" Siswa secara kelompok merumuskan dan menuliskan simpulan ciri, struktur, dan kaidah teks prosedur kompleks "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?"
 Siswa membaca dan mengamati model teks prosedur yang berjudul "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" dengan teliti dan bertanggung jawab. Siswa memperhatikan ciri, struktur,dan kaidah teks prosedur yang terdiri atas tujuan dan langkah-langkah.
26.
Tujuan PTK adalah ...
 mendiagnosis kesulitan belajar siswa
 mendiskripsikan upaya memperbaiki proses belajar mengajar
 mengetahui efektivitas suatu metode pembelajaran
 melakukan perbaikan proses pembelajaran di kelas
27.
Banyak variasi dalam mendefinisikan media tetapi ada persamaan pengertian, yaitu ....
 pengantar guru dan peserta didik
 pengantar proses pembelajaran
 penyalur pesan
 perantara guru
28.
Fungsi utama indikator adalah untuk ....
 merumuskan bentuk dan jenis penilaian
 merumuskan tujuan pembelajaran
 menentukan media dan sumber belajar
 menentukan materi pokok
29.
Fungsi dari efek animasi Emphasis adalah ....
 untuk menampilkan objek
 untuk memberi penekanan pada objek
 untuk menggerakkan objek
 untuk keluarnya objek
30.
Isi kurikulum harus memenuhi kriteria kegunaan, artinya bahwa isi kurikulum harus ...
 Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
 Motivasi belajar siswa
 Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
 Ruang yang tersedia
 Rumusan masalah yang harus didiskusikan
31.
Para siswa kelas 2 SD belajar di dalam kelas. Mereka menerima materi pelajaran dengan tema "Keluargaku" yang disampaikan oleh guru. Pesan yang diterima oleh para siswa tersebut dalam proses komunikasi merupakan unsur....
 message
 noise
 decoding
 media
32.
Berikut ini merupakan prinsip refleksi pembelajaran, kecuali ...
 terintegrasi
  sistematis
 berkelanjutan
 logis
33.
Salah satu prinsip yang harus diterapkan dalam pemilihan isi pendidikan adalah materi pelajaran harus ....
 bervariasi sesuai kegiatan pembelajaran
 disusun secara logis dan sistematis
 sesuai dengan persepsi orang tua dan masyarakat tentang kebutuhan
 sesuai dengan perbedaan individual siswa
34.
Salah satu tujuan guru atau pendidik mempelajari teori belajar adalah ....
 Terampil mengajarkan teori belajar kepada siswanya
 Untuk mengusai kompetensi sosial
 Untuk menguasai kompetensi pedagogis
 Untuk menguasai kompetensi professional
35.
Berikut merupakan manfaat refleksi pembelajaran bagi guru, kecuali …
 mendukung guru dalam merancang hasil belajar optimal dari siswa
 membantu guru menguji efektifitas praktik pembelajaran yang dilaksanakannya
 mengembangkan kepekaan profesional guru terhadap belajar siswa sekaligus pengembangan profesinya
 mengembangkan kesadaran guru tentang perpektif, keyakinan, dan nilainilai yang dapat mendorong siswa belajar lebih baik
36.
Berikut ini merupakan komponen hardware dari komputer, kecuali ...
 Procesor Pentium Intel
 DOS
 RAM
 Hard disk
37.
Kajian Pustaka memuat ...
 landasan teori, penelitian yang relevan, kerangka pikir, hipotesis
 landasan pikir, penelitian yang relevan, kerangka teori, hipotesis
 landasan teori, kajian pustaka, penelitian yang relevan, hipotesis
 landasan teori, peneilitian yang relevan, hipotesis, kerangka teori
38.
Fungsi dari Winamp adalah ...
 untuk mendengarkan musik
 untuk memutar film yang termuat dalam CD
 untuk mengolah gambar
 untuk membuat film
39.
Kegiatan-kegiatan berikut yang sesuai dalam pelaksanaan refleksi guru yang ingin memperoleh gambaran keberhasilan mengajarnya adalah ...
 mengidentifikasi kelemahan RPP yang telah dibuat
 menanyakan pandangan guru lain terhadap kualitas instrumen penilaian yang akan digunakan
 mereview tugas-tugas yang telah diberikan kepada siswa
 mencermati kembali kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ia berikan di kelas
40.
Dibawah ini merupakan pernyataan hipotesis yang sesuai dengan PTK ...
 Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI mengalami peningkatan hasil bealajar siswa kelas V SD Jayabangsa dibandingkan pembelajaran konvesional
 Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Jayabangsa
 Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Jayabangsa
 Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI lebih efektif dibandingkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa kelas V SD Jayabangsa
41.
Aliran dari teori belajar yang memandang belajar adalah perubahan persepsi dan pemahaman adalah ....
 Konstruktivisme
 Humanisme
 Kognitivisme
 Behaviorisme
42.
Fasilitas yang dipilih untuk mendapatkan template yang diperlukan ketika bekerja menggunakan Equation adalah ....
 Operator
 Tools
 Symbols
 Structures
43.
Ibu Guru menegur siswa yang tidak memperhatikan saat ia mengajar dengan cara menatap langsung siswa tersebut.
Komunikasi yang diberikan ibu Guru kepada siswa tersebut merupakan komunikasi....
 verbal
 kelompok
 Massa
 nonverbal
44.
Kurikulum bagi guru berfungsi sebagai pedoman dalam ....
 Meningkatkan motivasi
 Melaksanakan tes awal
 Memberikan acuan
 Membuat kaitan
 Memberikan bimbingan
45.
Di Microsoft Powerpoint pada kotak dialog Record Sound digunakan untuk ....
 menghentikan rekaman
 menjalankan hasil rekaman
 menyimpan hasil rekaman
 memulai rekaman
46.
Komunikasi yang disampaikan melalui media televisi disebut komunikasi ....
 Kelompok
 Massa
 Verbal
 Nonverbal
47.
Bagian Pendahuluan Laporan PTK secara urut terdiri dari ...
 latar belakang masalah, rumusan masalah, seting penilitian, definisi operasional
 latar belakang masalh, rumusan masalah, manfaat, pembiayaan
 latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, manfaat, definisi operasional
 latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, kerangka pikir
48.
Berikut yang bukan termasuk pertimbangan dalam memilih jenis TIK/program komputer yang akan digunakan dalam pembelajaran adalah ...
 keterbatasan sarana dan prasarana dalam kelas
 keselarasan dengan karakteristik sasaran atau siswa
 keselarasan dengan karakteristik materi pembelajaran
 ketepatan dengan tujuan pembelajaran

Soal SMP MTs

Soal Pedagogik PPG UKG Bahasa Indonesia

Latihan Soal Pedagogik PPG Bahasa Indonesia ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG UKG Prakarya SMP

Simulasi Soal Pedagogik PPG UKG Prakarya ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG UKG Seni Budaya

Soal Pedagogik PPG UKG Seni Budaya ...Baca selengkapnya...
a