Soal PPG Fiqih MI

Soal PPG Fiqih MI

Petunjuk Teknis

» Fiqih MI

Mata Pelajaran : Fiqih MI
Jenjang : SD MI
Soal : Soal PPG Fiqih MI

Soal PPG Fiqih MI Fiqih MI


KERJAKAN SOAL


1.
Hasil penilaian akhir yang dilakukan oleh guru diketahui beberapa siswa telah memenuhi ketuntasan belajar dan ada juga siswa yang belum memenuhi kreteria ketuntasan belajar. Mendasarkan pada kasus tersebut guru dapat melakukan tindak lanjut hasil penilaian yang dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal. Berikut merupakan pemanfaatan hasil penilaian oleh Guru, kecuali ...
 Memperbaiki program pembelajaran
 Mengadministrasikan hasil penilaian
 Menyusun laporan hasil penilaian
 Menyelenggarakan program remedial bagi siswa yang hasilnya rendah
 Menyelenggarakan program pengayaan bagi siswa yang hasilnya tinggi
2.
Para siswa kelas 2 SD belajar di dalam kelas. Mereka menerima materi pelajaran dengan tema "Keluargaku" yang disampaikan oleh guru. Pesan yang diterima oleh para siswa tersebut dalam proses komunikasi merupakan unsur....
 decoding
 noise
 media
 message
3.
Ibu Lolita ingin menerapkan strategi pembelajaran "berpusat pada siswa" (student-centered oriented) dengan pendekatan saintifik. Deskriptor dari kompetensi yang hendak dicapai ialah mampu menuliskan teks prosedur.Di antara kegiatan-kegiatan di bawah ini, manakah yang mencerminkan kegiatan langkah mengomunikasikan dari materi di atas ....
 Siswa secara kelompok menampilkan hasil kerja analisis ciri, struktur, dan kaidah teks prosedur "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" di majalah dinding (atau dipapan pajang) Siswa saling menanggapi hasil karya teman. Siswa saling menilai hasil karya teman,
 Siswa membaca dan mengamati model teks prosedur yang berjudul "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" dengan teliti dan bertanggung jawab. Siswa memperhatikan ciri, struktur,dan kaidah teks prosedur yang terdiri atas tujuan dan langkah-langkah.
 Siswa secara mandiri menyusun pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan teks prosedur kompeks yang dibacanya. Siswa membentuk pasangan. Setelah itu, secara bergiliran menyampaikan pertanyan kepada pasangannya.Bila pasangannya tidak mampu menjawab, siswa menyampaikan pertanyaan kepada guru.
 Siswa bertanya jawab dan berdiskusi merumuskan struktur dan kaidah teks prosedur kompleks "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" Siswa secara kelompok merumuskan dan menuliskan simpulan ciri, struktur, dan kaidah teks prosedur kompleks "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?"
4.
Salah satu tujuan guru atau pendidik mempelajari teori belajar adalah ....
 Terampil mengajarkan teori belajar kepada siswanya
 Untuk menguasai kompetensi professional
 Untuk mengusai kompetensi sosial
 Untuk menguasai kompetensi pedagogis
5.
Setiap aspirasi yang masuk akan ditampung yang kemudian dimusyawarahkan sebelum diputuskan, merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan ....
 Kesatuan
 Persatuan
 Kerukunan rakyat
 Kedaulatan rakyat
6.
Isi kurikulum harus memenuhi kriteria kegunaan, artinya bahwa isi kurikulum harus ...
 Motivasi belajar siswa
 Rumusan masalah yang harus didiskusikan
 Ruang yang tersedia
 Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
 Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
7.
Dalam pembelajaran yang menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, guru dituntut untuk berperan sebagai pengamat artinya guru hendaknya ...
 memberikan arah dan membimbing siswa untuk menguasai kompetensi
 memberi kebebasan yang bertanggung jawab kepada siswa dalam belajar
 mengembangkan dan memelihara suasana belajar yang kondusif
 menggunakan berbagai media pembelajaran yang inovatif
8.
Dalam sebuah proses pembelajaran, perhatian sangatlah berperan penting sebagai awalan dalam memicu kegiatan belajar. Perhatian terhadap pelajaran akan timbul pada siswa apabila ....
 metode yang menggunakan multimedia
 model yang dmenggunakan model-model terkini
 bahan pelajaran dirasakan sesuatu yang dibutuhkan oleh siswa
 bahan pelajaran merupakan materi yang mutakhir
9.
Kegiatan-kegiatan berikut yang sesuai dalam pelaksanaan refleksi guru yang ingin memperoleh gambaran keberhasilan mengajarnya adalah ...
 menanyakan pandangan guru lain terhadap kualitas instrumen penilaian yang akan digunakan
 mereview tugas-tugas yang telah diberikan kepada siswa
 mengidentifikasi kelemahan RPP yang telah dibuat
 mencermati kembali kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ia berikan di kelas
10.
Istilah "perlu bimbingan" pada deskripsi rapor pengetahuan, diberikan apabila siswa ....
 mendapatkan nilai di bawah ketuntasan belajar
 tidak ada yang menonjol pada kompetensi dasar yang diujikan
 merupakan nilai terendah diantara beberapa nilai ulangan
 nilainya rata-rata baik pada semua kompetensi
11.
Kemampuan komunikasi yang efektif yang sesuai kondisi psikologi peserta didik adalah sebagai berikut, kecuali ....
 tidak menawarkan hadiah bila mereka berbuat baik atau benar
 berikan kesan bahwa Anda berada dalam tim yang sama
 dengarkan dengan penuh perhatian semua yang mereka katakan
 sebut nama mereka dengan cara yang menyenangkan mereka
12.
Berikut yang bukan termasuk pertimbangan dalam memilih jenis TIK/program komputer yang akan digunakan dalam pembelajaran adalah ...
 keselarasan dengan karakteristik sasaran atau siswa
 keterbatasan sarana dan prasarana dalam kelas
 ketepatan dengan tujuan pembelajaran
 keselarasan dengan karakteristik materi pembelajaran
13.
Sebagian siswa mengalami kesulitan menjawab soal tes pilihan ganda yang disusun oleh guru hal tersebut disebabkan materi dalam soal sebagian belum dipelajari oleh siswa, karena materi tersebut seharusnya diberikan pada pertemuan berikutnya. Hal yang seharusnya dilakukan guru dalam menyusun soal tes pilihan ganda pada aspek materi yaitu .....
 
 Pokok soal harus dirumuskan secara jelas
 Pilihan jawaban harus homogen dan logis
 Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama
 Butir tes tidak tergantung pada jawaban sebelumnya
 Soal harus sesuai dengan indikator
14.
Bagian Pendahuluan Laporan PTK secara urut terdiri dari ...
 latar belakang masalh, rumusan masalah, manfaat, pembiayaan
 latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, kerangka pikir
 latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, manfaat, definisi operasional
 latar belakang masalah, rumusan masalah, seting penilitian, definisi operasional
15.
Pembelajaran remedial dilakukan guru untuk membantu peserta didik dalam beberapa hal, kecuali ....
 mengatasi kesulitan dengan memperbaiki cara belajar
 memperbaiki sikap belajar yang dapat mendorong tercapainya hasil belajar yang optimal
 memahami kesulitan belajar yang dihadapi
 memperluas wawasan tentang konsep yang telah dipelajari
16.
Tujuan PTK adalah ...
 mendiskripsikan upaya memperbaiki proses belajar mengajar
 mengetahui efektivitas suatu metode pembelajaran
 melakukan perbaikan proses pembelajaran di kelas
 mendiagnosis kesulitan belajar siswa
17.
Salah satu manfaat media dalam pembelajaranadalah ....
 pembelajaran dapat bermakna ganda
 dapat membuat materi pelajaran yang abstrak menjadi lebih konkret
 dapat menjadikan pelajaran menjadi lebih luas
 guru lebih santai karena terbantu
18.
Berikut ini merupakan prinsip refleksi pembelajaran, kecuali ...
 logis
 berkelanjutan
 terintegrasi
 sistematis
19.
Berikut ini merupakan komponen hardware dari komputer, kecuali ...
 Hard disk
 Procesor Pentium Intel
 DOS
 RAM
20.
Ketika mencari ketetapan dan tidak ditemukan pada Al Qur'an dan Hadis maka ketetapan boleh diambil dari .....
 Kesepakatan keluarga
 Kesepakatan mujtahid
 Kesepakatan saudara
 Kesepakatan teman
21.
Upaya menghindari riba bisa dilakukan dengan jalan ...
 Kredit
 Meraup bunga
 Mudharabah
 Musyabahah
22.
Implikasi dari eksperimen Pavlov pada pembelajaran adalah ....
 Anak akan belajar lebih giat jika mendapat nilai baik
 Anak akan belajar jika selalu diperintah
 Anak akan belajar jika diberikan motivasi
 Anak akan belajar jika dibiasakan
23.
Komunikasi yang disampaikan melalui media televisi disebut komunikasi ....
 Massa
 Verbal
 Nonverbal
 Kelompok
24.
Di Microsoft Powerpoint pada kotak dialog Record Sound digunakan untuk ....
 menjalankan hasil rekaman
 menghentikan rekaman
 menyimpan hasil rekaman
 memulai rekaman
25.
Pernyataan berikut yang bukan merupakan bagian dari kegiatan penyusunan butir instrumen hasil belajar adalah ....
 membuat indikator soal
 diprediksi dapat dikerjakan oleh sebagian besar siswa
 menentukan kompetensi atau indikator yang hendak diukur
 mempertimbangkan komposisi aspek-aspek kognitif
26.
Pak amir pemilik modal memberikan modal pada Udin untuk dikelola dan hasilnya akan dibagi sesuai dengan kesepakatan bersama. ini adalah contoh ......
 Mudharabah
 Mubahalah
 Musallamah
 Muhasabah
27.
Menurut Teori humanistik, tujuan belajar adalah untuk memanusiakan manusia, sehingga tujuan utama para pendidik adalah ....
 menjadikan dirinya menjadi manusia yang berguna bagi orang lain
 membantu siswa belajar menjadi manusia dewasa
 membantu siswa mengenal diri mereka sendiri sebagai manusia yang unik
 membantu siswa belajar bagaimana menghargai manusia lain
28.
Ibu Guru menegur siswa yang tidak memperhatikan saat ia mengajar dengan cara menatap langsung siswa tersebut.
Komunikasi yang diberikan ibu Guru kepada siswa tersebut merupakan komunikasi....
 verbal
 nonverbal
 Massa
 kelompok
29.
Banyak variasi dalam mendefinisikan media tetapi ada persamaan pengertian, yaitu ....
 penyalur pesan
 pengantar guru dan peserta didik
 perantara guru
 pengantar proses pembelajaran
30.
 Saat pembelajaran diskusi kelompok. Peserta didik diminta untuk menyampaikan gagasan dan komentar dengan kalimat yang runtun dan lafal yang jelas. Tugas guru adalah menilai peserta didik dengan teknik pengamatan terhadap gagasan dan komentar peserta didik. Rancangan evaluasi yang dibuat guru adalah rambu-rambu penilaan proses pembelajaran dengan aspek-aspek ....
 Isi gagasan, kesesuaian gagasan, kalimat efektif dan tanda baca
 Isi gagasan, kesesuaian gagasan, keruntutan kalimat, kejelasan lafal
 Kelancaran kalimat, kualitas gagasan, ejaan dan tanda baca
 Intonasi, tempo, kalmat efektif dan ejaan yang benar
31.
Fasilitas yang dipilih untuk mendapatkan template yang diperlukan ketika bekerja menggunakan Equation adalah ....
 Structures
 Tools
 Symbols
 Operator
32.
Dalam penetapannya mujtahid tidak dapat menetapkan hukum seorang diri, karena ijma' dianggap sah jika hasil disepakati oleh ......
 Mujtahid masa kini
 Mujtahid dunia Islam
 Mujtahid zaman dulu
 Mujtahid dunia modern
33.
Khilafah sebagai salah satu cara untuk menata kehidupan di dunia, tidak benar jika khilafah dimanfaatkan sebagai cara untuk  .....
 Membentuk suatu masyarakat yang makmur
 Menjaga stabilitas negara dan kehormatan agama
 Mendirikan negara baru di atas negara yang sah
 Mencapai kebahagiaan lahir dan batin
34.
Ibu Prapti menjelaskan materi pelajaran kepada peserta didiknya di kelas satu dengan jelas. Sehingga materi pelajaran yang disampaikan Bu Prapti dapat dimengerti dengan baik oleh peserta didik. Berdasarkan ilustrasi di atas, berarti Bu Prapti sudah menerapkan strategi komunikasi dalam pembelajaran, yaitu ....
 audible
 respect
 humble
 clarity
35.
Berikut merupakan manfaat refleksi pembelajaran bagi guru, kecuali …
 mendukung guru dalam merancang hasil belajar optimal dari siswa
 membantu guru menguji efektifitas praktik pembelajaran yang dilaksanakannya
 mengembangkan kepekaan profesional guru terhadap belajar siswa sekaligus pengembangan profesinya
 mengembangkan kesadaran guru tentang perpektif, keyakinan, dan nilainilai yang dapat mendorong siswa belajar lebih baik
36.
Kurikulum harus mampu mengembangkan sesuatu yang baru sesuai dengan perkembangan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat pada masa sekarang dan akan datang. Pernyataan tersebut dalam kurikulum termasuk dalam peranan ...
 Ciptakan iklim sosial yang sehat antara guru dengan siswa dan antar siswa didalam kelas
 Berikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional
 Susun aturan dan batasan-batasan dalam proses pembelajaran
 Tunjukkan akibat atau dampak kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajar
 Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar meskipun prestasinya minimal
37.
Seorang guru akan menunjukkan bangun ruang balok dengan memperjelas atau menekankan bagian-bagian balok seperti: sisi, rusuk, diagonal ruang, diagonal sisi, bidang diagonal dengan animasi. Sofware yang dapat digunakan adalah ...
 Microsoft Excel
 Microsoft Word
 Microsoft Acces
 Microsoft PowerPoint
38.
Kurikulum bagi guru berfungsi sebagai pedoman dalam ....
 Memberikan acuan
 Melaksanakan tes awal
 Memberikan bimbingan
 Meningkatkan motivasi
 Membuat kaitan
39.
Rumusan tujuan pembelajaran menggambarkan ....
 hasil proses belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
 proses dan hasil belajar belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
 indikator pencapaian peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
 proses belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
40.
Fungsi dari efek animasi Emphasis adalah ....
 untuk menggerakkan objek
 untuk memberi penekanan pada objek
 untuk menampilkan objek
 untuk keluarnya objek
41.
Fungsi dari Winamp adalah ...
 untuk memutar film yang termuat dalam CD
 untuk membuat film
 untuk mendengarkan musik
 untuk mengolah gambar
42.
Untuk memangkas tepi gambar yang telah kita sisipkan, langkah awal yang harus kita lakukan adalah ...
 klik ikon Picture
 klik ikon Crop
 klik gambar
 klik tab Format
43.
Semua atau sebagian mujtahid tidak menyatakan pendapat dengan jelas dan tegas, tetapi mereka berdiam diri saja atau tidak memberikan reaksi terhadap suatu ketentuan hukum yang telah dikemukakan mujtahid lain yang hidup di masanya, merupakan macam ijma' ...
 Sukuti
 Dzanni
 Sharih
 Qath'i
44.
Kelumpuhan organ bicara dapat menimbulkan kelainan-kelainan bunyi yang yang dihasilkan karena pada rahang, bibir, dan gigi mengalami masalah, baik dibawa sejak lahir atau kecelakaan. Hal tersebut dapat memengaruhi kelancaran komunikasi yang disebut faktor .......
 biologis
 kepribadian
 pengetahuan
 Intelengensi
45.
Langkah untuk mengatur lebar kolom pada lembar kerja Excel adalah ....
 sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format as Table -> Row Width
 sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format -> Column Width
 sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format -> Row Height
 sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format as Table -> Column Width
46.
Buku paket, video, film, bola dunia, grafik, CD interaktif termasuk jenis sumber belajar ....
 pesan (message)
 peralatan (device)
 bahan (material)
 lingkungan (setting)
47.
Pak Joko memberikan pujian kepada Asmawi, peserta didiknya yang mampu menjawab dengan tepat pertanyaan yang diberikan kepada Asmawi. Pujian yang diberikan Pak Joko kepada Asmawi adalah dengan cara Pak Joko mengacungkan jempol.
Pujian seperti yang dilakukan Pak Joko kepada Asmawi merupakan jenis komunikasi...
 satu arah
 personal
 verbal
 nonverbal
48.
Dibawah ini merupakan pernyataan hipotesis yang sesuai dengan PTK ...
 Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Jayabangsa
 Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI mengalami peningkatan hasil bealajar siswa kelas V SD Jayabangsa dibandingkan pembelajaran konvesional
 Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Jayabangsa
 Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI lebih efektif dibandingkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa kelas V SD Jayabangsa
49.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah ....
 memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan peserta didik secara berurutan
 sesuai dengan herarki konsep materi pembelajaran
 jawaban a, b, dan c benar
 menunjukkan kegiatan siswa dan materi
50.
Fungsi utama indikator adalah untuk ....
 menentukan materi pokok
 merumuskan bentuk dan jenis penilaian
 merumuskan tujuan pembelajaran
 menentukan media dan sumber belajar
51.
Mengqiyaskan budak perempuan dengan budak laki-laki dalam menerima separuh hukuman, merupakan contoh qiyas ....
 Musawi
 Khafi
 Adna
 Aulawi
52.
Aliran dari teori belajar yang memandang belajar adalah perubahan persepsi dan pemahaman adalah ....
 Kognitivisme
 Konstruktivisme
 Behaviorisme
 Humanisme
53.
Berikut ini yang tidak termasuk fungsi hadis terhadap Al Qur'an adalah ....
 Menjelaskan
 Menguatkan
 Menetapkan
 Menyamarkan
54.
Kegunaan RPP adalah sebagai pedoman bagi guru untuk ....
 memberdayakan sumber belajar
 mengelola interaksi pembelajaran
 melaksanakan pembelajaran di kelas
 melakukan penilaian hasil belajar siswa
55.
Pembelajaran klasikal cenderung mengabaikan perbedaan-perbedaan yang ada diantara para siswa. Untuk itu jika guru menggunakan pembelajaran klasikal hendaknya ....
 Role Playing
 Picture and Picture
 Kontektual
 Inquiry
 Problem Solving
56.
Metode Penelitian memuat ...
 prosedur penelitian, setting penelitian, perhitungan siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
 prosedur penelitian, setting penelitian, prosedur siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
 prosedur penelitian, setting penelitian, prosedur siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
 prosedur penelitian, setting penelitian, perhitungan siklus, teknik pengolahan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
57.
Salah satu prinsip yang harus diterapkan dalam pemilihan isi pendidikan adalah materi pelajaran harus ....
 sesuai dengan persepsi orang tua dan masyarakat tentang kebutuhan
 disusun secara logis dan sistematis
 sesuai dengan perbedaan individual siswa
 bervariasi sesuai kegiatan pembelajaran
58.
Seorang guru tidak hanya menyampaikan ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya. Ia harus mampu mengelola kelas dan memotivasi peserta didik untuk semangat belajar. Penampilan guru juga harus menarik dan bersikap empatik terhadap peserta didik. Begitu juga dalam bertutur kata, seorang guru harus memberi contoh bahasa yang santun. Saat di kelas, guru dapat melakukan tindakan untuk menarik perhatian. Misalnya, dengan memberikan pujian atau tanda tertentu, seperti tepuk tangan atau menghentakkan papan tulis, berkeliling ruangan atau berbicara dengan irama. Bisa juga guru memulai pelajaran dengan mengajukan pertanyaan yang membangkitkan minat peserta didik terhadap topik yang dibicarakan. Di akhir pembelajaran guru mengajak peserta didiknya menyimpulkan pembelajaran yang baru saja dialami peserta didik. Mereka bisa menuliskan dalam secarik kertas, kemudian membacakannya.
Manakah kegiatan peserta didik dalam refleksi pembelajaran ....
 Siswa mengikuti instruksi guru pada saat guru memberikan tugas
 Siswa berbahasa yang santun saat interaksi kepada guru
 Siswa menyimpulkan pembelajaran yang baru saja dialami.
 Siswa bertanya kepada guru perihal pelajaran yang lalu
59.
Jihad melawan hawa nafsu dapat dilakukan dengan, kecuali ....
 Mengamalkan ilmu
 Belajar
 Bersabar
 Bekerja tanpa istirahat
60.
Kajian Pustaka memuat ...
 landasan teori, peneilitian yang relevan, hipotesis, kerangka teori
 landasan pikir, penelitian yang relevan, kerangka teori, hipotesis
 landasan teori, penelitian yang relevan, kerangka pikir, hipotesis
 landasan teori, kajian pustaka, penelitian yang relevan, hipotesis
a