Soal Pretes PPG UKG Desain dan Produksi Kriya

Soal Pretes PPG UKG Desain dan Produksi Kriya

Petunjuk Teknis

» Desain dan Produksi Kriya

Mata Pelajaran : Desain dan Produksi Kriya
Jenjang : SMK MAK
Soal : Soal Pretes PPG UKG Desain dan Produksi Kriya

Soal Pretes PPG UKG Desain dan Produksi Kriya Desain dan Produksi Kriya


KERJAKAN SOAL


1.
Pernyataan berikut yang bukan merupakan bagian dari kegiatan penyusunan butir instrumen hasil belajar adalah ....
 mempertimbangkan komposisi aspek-aspek kognitif
 menentukan kompetensi atau indikator yang hendak diukur
 membuat indikator soal
 diprediksi dapat dikerjakan oleh sebagian besar siswa
2.
Guru ingin menerapkan strategi pembelajaran "berpusat pada siswa" (student-centered oriented) dengan pendekatan saintifik. Deskriptor dari kompetensi yang hendak dicapai ialah mampu menuliskan teks prosedur.Di antara kegiatan-kegiatan di bawah ini, manakah yang mencerminkan kegiatan langkah mengomunikasikan dari materi di atas ....
 Siswa secara mandiri menyusun pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan teks prosedur kompeks yang dibacanya. Siswa membentuk pasangan. Setelah itu, secara bergiliran menyampaikan pertanyan kepada pasangannya.Bila pasangannya tidak mampu menjawab, siswa menyampaikan pertanyaan kepada guru.
 Siswa secara kelompok menampilkan hasil kerja analisis ciri, struktur, dan kaidah teks prosedur "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" di majalah dinding (atau dipapan pajang) Siswa saling menanggapi hasil karya teman. Siswa saling menilai hasil karya teman,
 Siswa bertanya jawab dan berdiskusi merumuskan struktur dan kaidah teks prosedur kompleks "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" Siswa secara kelompok merumuskan dan menuliskan simpulan ciri, struktur, dan kaidah teks prosedur kompleks "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?"
 Siswa membaca dan mengamati model teks prosedur yang berjudul "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" dengan teliti dan bertanggung jawab. Siswa memperhatikan ciri, struktur,dan kaidah teks prosedur yang terdiri atas tujuan dan langkah-langkah.
3.
Kajian Pustaka memuat ...
 landasan pikir, penelitian yang relevan, kerangka teori, hipotesis
 landasan teori, peneilitian yang relevan, hipotesis, kerangka teori
 landasan teori, penelitian yang relevan, kerangka pikir, hipotesis
 landasan teori, kajian pustaka, penelitian yang relevan, hipotesis
4.
Ibu Prapti menjelaskan materi pelajaran kepada peserta didiknya di kelas satu dengan jelas. Sehingga materi pelajaran yang disampaikan Bu Prapti dapat dimengerti dengan baik oleh peserta didik. Berdasarkan ilustrasi di atas, berarti Bu Prapti sudah menerapkan strategi komunikasi dalam pembelajaran, yaitu ....
 humble
 clarity
 audible
 respect
5.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah ....
 menunjukkan kegiatan siswa dan materi
 memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan peserta didik secara berurutan
 jawaban a, b, dan c benar
 sesuai dengan herarki konsep materi pembelajaran
6.
Fungsi dari efek animasi Emphasis adalah ....
 untuk menampilkan objek
 untuk menggerakkan objek
 untuk memberi penekanan pada objek
 untuk keluarnya objek
7.
Salah satu tujuan guru atau pendidik mempelajari teori belajar adalah ....
 Untuk menguasai kompetensi professional
 Terampil mengajarkan teori belajar kepada siswanya
 Untuk menguasai kompetensi pedagogis
 Untuk mengusai kompetensi sosial
8.
Berikut merupakan manfaat refleksi pembelajaran bagi guru, kecuali …
 mendukung guru dalam merancang hasil belajar optimal dari siswa
 membantu guru menguji efektifitas praktik pembelajaran yang dilaksanakannya
 mengembangkan kesadaran guru tentang perpektif, keyakinan, dan nilainilai yang dapat mendorong siswa belajar lebih baik
 mengembangkan kepekaan profesional guru terhadap belajar siswa sekaligus pengembangan profesinya
9.
Fungsi utama indikator adalah untuk ....
 menentukan materi pokok
 merumuskan tujuan pembelajaran
 menentukan media dan sumber belajar
 merumuskan bentuk dan jenis penilaian
10.
Para siswa belajar di dalam kelas. Mereka menerima materi pelajaran dengan tema "Keluargaku" yang disampaikan oleh guru. Pesan yang diterima oleh para siswa tersebut dalam proses komunikasi merupakan unsur....
 decoding
 message
 noise
 media
11.
Metode Penelitian memuat ...
 prosedur penelitian, setting penelitian, prosedur siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
 prosedur penelitian, setting penelitian, perhitungan siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
 prosedur penelitian, setting penelitian, perhitungan siklus, teknik pengolahan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
 prosedur penelitian, setting penelitian, prosedur siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
12.
Buku paket, video, film, bola dunia, grafik, CD interaktif termasuk jenis sumber belajar ....
 peralatan (device)
 bahan (material)
 pesan (message)
 lingkungan (setting)
13.
Saat pembelajaran diskusi kelompok. Peserta didik diminta untuk menyampaikan gagasan dan komentar dengan kalimat yang runtun dan lafal yang jelas. Tugas guru adalah menilai peserta didik dengan teknik pengamatan terhadap gagasan dan komentar peserta didik. Rancangan evaluasi yang dibuat guru adalah rambu-rambu penilaan proses pembelajaran dengan aspek-aspek ....
 Kelancaran kalimat, kualitas gagasan, ejaan dan tanda baca
 Isi gagasan, kesesuaian gagasan, keruntutan kalimat, kejelasan lafal
 Intonasi, tempo, kalmat efektif dan ejaan yang benar
 Isi gagasan, kesesuaian gagasan, kalimat efektif dan tanda baca
14.
Tujuan PTK adalah ...
 mengetahui efektivitas suatu metode pembelajaran
 mendiagnosis kesulitan belajar siswa
 mendiskripsikan upaya memperbaiki proses belajar mengajar
 melakukan perbaikan proses pembelajaran di kelas
15.
Langkah untuk mengatur lebar kolom pada lembar kerja Excel adalah ....
 sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format -> Row Height
 sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format as Table -> Row Width
 sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format -> Column Width
 sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format as Table -> Column Width
16.
Banyak variasi dalam mendefinisikan media tetapi ada persamaan pengertian, yaitu ....
 penyalur pesan
 pengantar guru dan peserta didik
 perantara guru
 pengantar proses pembelajaran
17.
Menurut Teori humanistik, tujuan belajar adalah untuk memanusiakan manusia, sehingga tujuan utama para pendidik adalah ....
 membantu siswa belajar menjadi manusia dewasa
 menjadikan dirinya menjadi manusia yang berguna bagi orang lain
 membantu siswa belajar bagaimana menghargai manusia lain
 membantu siswa mengenal diri mereka sendiri sebagai manusia yang unik
18.
Berikut yang bukan termasuk pertimbangan dalam memilih jenis TIK/program komputer yang akan digunakan dalam pembelajaran adalah ...
 keterbatasan sarana dan prasarana dalam kelas
 keselarasan dengan karakteristik sasaran atau siswa
 keselarasan dengan karakteristik materi pembelajaran
 ketepatan dengan tujuan pembelajaran
19.
Seorang guru tidak hanya menyampaikan ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya. Ia harus mampu mengelola kelas dan memotivasi peserta didik untuk semangat belajar. Penampilan guru juga harus menarik dan bersikap empatik terhadap peserta didik. Begitu juga dalam bertutur kata, seorang guru harus memberi contoh bahasa yang santun. Saat di kelas, guru dapat melakukan tindakan untuk menarik perhatian. Misalnya, dengan memberikan pujian atau tanda tertentu, seperti tepuk tangan atau menghentakkan papan tulis, berkeliling ruangan atau berbicara dengan irama. Bisa juga guru memulai pelajaran dengan mengajukan pertanyaan yang membangkitkan minat peserta didik terhadap topik yang dibicarakan. Di akhir pembelajaran guru mengajak peserta didiknya menyimpulkan pembelajaran yang baru saja dialami peserta didik. Mereka bisa menuliskan dalam secarik kertas, kemudian membacakannya.
Manakah kegiatan peserta didik dalam refleksi pembelajaran ....
 Siswa mengikuti instruksi guru pada saat guru memberikan tugas
 Siswa bertanya kepada guru perihal pelajaran yang lalu
 Siswa menyimpulkan pembelajaran yang baru saja dialami.
 Siswa berbahasa yang santun saat interaksi kepada guru
20.
Berikut ini merupakan prinsip refleksi pembelajaran, kecuali ...
  sistematis
 berkelanjutan
 logis
 terintegrasi
21.
Fungsi dari Winamp adalah ...
 untuk mengolah gambar
 untuk memutar film yang termuat dalam CD
 untuk mendengarkan musik
 untuk membuat film
22.
Pak Joko memberikan pujian kepada Asmawi, peserta didiknya yang mampu menjawab dengan tepat pertanyaan yang diberikan kepada Asmawi. Pujian yang diberikan Pak Joko kepada Asmawi adalah dengan cara Pak Joko mengacungkan jempol.
Pujian seperti yang dilakukan Pak Joko kepada Asmawi merupakan jenis komunikasi...
 satu arah
 personal
 nonverbal
 verbal
23.
Dalam pembelajaran yang menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, guru dituntut untuk berperan sebagai pengamat artinya guru hendaknya ...
 menggunakan berbagai media pembelajaran yang inovatif
 mengembangkan dan memelihara suasana belajar yang kondusif
 memberi kebebasan yang bertanggung jawab kepada siswa dalam belajar
 memberikan arah dan membimbing siswa untuk menguasai kompetensi
24.
Di Microsoft Powerpoint pada kotak dialog Record Sound digunakan untuk ....
 menjalankan hasil rekaman
 menyimpan hasil rekaman
 menghentikan rekaman
 memulai rekaman
25.
Dalam sebuah proses pembelajaran, perhatian sangatlah berperan penting sebagai awalan dalam memicu kegiatan belajar. Perhatian terhadap pelajaran akan timbul pada siswa apabila ....
 model yang dmenggunakan model-model terkini
 bahan pelajaran dirasakan sesuatu yang dibutuhkan oleh siswa
 bahan pelajaran merupakan materi yang mutakhir
 metode yang menggunakan multimedia
26.
Dibawah ini merupakan pernyataan hipotesis yang sesuai dengan PTK ...
 Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Jayabangsa
 Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Jayabangsa
 Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI mengalami peningkatan hasil bealajar siswa kelas V SD Jayabangsa dibandingkan pembelajaran konvesional
 Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI lebih efektif dibandingkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa kelas V SD Jayabangsa
27.
Salah satu prinsip yang harus diterapkan dalam pemilihan isi pendidikan adalah materi pelajaran harus ....
 disusun secara logis dan sistematis
 sesuai dengan persepsi orang tua dan masyarakat tentang kebutuhan
 sesuai dengan perbedaan individual siswa
 bervariasi sesuai kegiatan pembelajaran
28.
Kegunaan RPP adalah sebagai pedoman bagi guru untuk ....
 melaksanakan pembelajaran di kelas
 memberdayakan sumber belajar
 mengelola interaksi pembelajaran
 melakukan penilaian hasil belajar siswa
29.
Seorang guru meminta para peserta didiknya untuk mengamati suatu lingkungan, merumuskan pertanyaan yang ingin diketahui, mengumpulkan informasi terkait dengan lingkungan yang dipilih, menyusun laporan, dan mempresentasikan hasil laporan baik idividu maupun kelompok. Pendekatan yang dipakai dalam pembelajaran tersebut adalah pendekatan ....
 Discovery
 Saintifik
 Berbasis masalah
 Berbasis proyek
 Inquiry
30.
Salah satu manfaat media dalam pembelajaranadalah ....
 guru lebih santai karena terbantu
 pembelajaran dapat bermakna ganda
 dapat membuat materi pelajaran yang abstrak menjadi lebih konkret
 dapat menjadikan pelajaran menjadi lebih luas
31.
Komunikasi yang disampaikan melalui media televisi disebut komunikasi ....
 Nonverbal
 Massa
 Verbal
 Kelompok
32.
Istilah "perlu bimbingan" pada deskripsi rapor pengetahuan, diberikan apabila siswa ....
 tidak ada yang menonjol pada kompetensi dasar yang diujikan
 merupakan nilai terendah diantara beberapa nilai ulangan
 mendapatkan nilai di bawah ketuntasan belajar
 nilainya rata-rata baik pada semua kompetensi
33.
Bagian Pendahuluan Laporan PTK secara urut terdiri dari ...
 latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, manfaat, definisi operasional
 latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, kerangka pikir
 latar belakang masalh, rumusan masalah, manfaat, pembiayaan
 latar belakang masalah, rumusan masalah, seting penilitian, definisi operasional
34.
Seorang guru akan menunjukkan bangun ruang balok dengan memperjelas atau menekankan bagian-bagian balok seperti: sisi, rusuk, diagonal ruang, diagonal sisi, bidang diagonal dengan animasi. Sofware yang dapat digunakan adalah ...
 Microsoft Excel
 Microsoft Acces
 Microsoft Word
 Microsoft PowerPoint
35.
Kurikulum bagi guru berfungsi sebagai pedoman dalam ....
 Meningkatkan motivasi
 Melaksanakan tes awal
 Memberikan acuan
 Memberikan bimbingan
 Membuat kaitan
36.
Kemampuan komunikasi yang efektif yang sesuai kondisi psikologi peserta didik adalah sebagai berikut, kecuali ....
 berikan kesan bahwa Anda berada dalam tim yang sama
 sebut nama mereka dengan cara yang menyenangkan mereka
 dengarkan dengan penuh perhatian semua yang mereka katakan
 tidak menawarkan hadiah bila mereka berbuat baik atau benar
37.
Berikut ini merupakan komponen hardware dari komputer, kecuali ...
 Procesor Pentium Intel
 RAM
 DOS
 Hard disk
38.
Bacaan takbir pada rakaat pertama sholat idul fitri sebanyak ...  kali
 5
 9
 6
 7
39.
Kegiatan-kegiatan berikut yang sesuai dalam pelaksanaan refleksi guru yang ingin memperoleh gambaran keberhasilan mengajarnya adalah ...
 mengidentifikasi kelemahan RPP yang telah dibuat
 mencermati kembali kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ia berikan di kelas
 menanyakan pandangan guru lain terhadap kualitas instrumen penilaian yang akan digunakan
 mereview tugas-tugas yang telah diberikan kepada siswa
40.
Pembelajaran klasikal cenderung mengabaikan perbedaan-perbedaan yang ada diantara para siswa. Untuk itu jika guru menggunakan pembelajaran klasikal hendaknya ....
 Inquiry
 Problem Solving
 Picture and Picture
 Kontektual
 Role Playing
41.
Ibu Guru menegur siswa yang tidak memperhatikan saat ia mengajar dengan cara menatap langsung siswa tersebut.
Komunikasi yang diberikan ibu Guru kepada siswa tersebut merupakan komunikasi....
 nonverbal
 verbal
 Massa
 kelompok
42.
Pembelajaran remedial dilakukan guru untuk membantu peserta didik dalam beberapa hal, kecuali ....
 memperluas wawasan tentang konsep yang telah dipelajari
 memahami kesulitan belajar yang dihadapi
 memperbaiki sikap belajar yang dapat mendorong tercapainya hasil belajar yang optimal
 mengatasi kesulitan dengan memperbaiki cara belajar
43.
Untuk memangkas tepi gambar yang telah kita sisipkan, langkah awal yang harus kita lakukan adalah ...
 klik tab Format
 klik gambar
 klik ikon Crop
 klik ikon Picture
44.
Implikasi dari eksperimen Pavlov pada pembelajaran adalah ....
 Anak akan belajar jika dibiasakan
 Anak akan belajar jika selalu diperintah
 Anak akan belajar lebih giat jika mendapat nilai baik
 Anak akan belajar jika diberikan motivasi
45.
Rumusan tujuan pembelajaran menggambarkan ....
 proses dan hasil belajar belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
 proses belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
 hasil proses belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
 indikator pencapaian peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
46.
Kelumpuhan organ bicara dapat menimbulkan kelainan-kelainan bunyi yang yang dihasilkan karena pada rahang, bibir, dan gigi mengalami masalah, baik dibawa sejak lahir atau kecelakaan. Hal tersebut dapat memengaruhi kelancaran komunikasi yang disebut faktor .......
 pengetahuan
 kepribadian
 biologis
 Intelengensi
47.
Isi kurikulum harus memenuhi kriteria kegunaan, artinya bahwa isi kurikulum harus ...
 Ruang yang tersedia
 Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
 Motivasi belajar siswa
 Rumusan masalah yang harus didiskusikan
 Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
48.
Fasilitas yang dipilih untuk mendapatkan template yang diperlukan ketika bekerja menggunakan Equation adalah ....
 Operator
 Structures
 Symbols
 Tools
49.
Kurikulum harus mampu mengembangkan sesuatu yang baru sesuai dengan perkembangan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat pada masa sekarang dan akan datang. Pernyataan tersebut dalam kurikulum termasuk dalam peranan ...
 Susun aturan dan batasan-batasan dalam proses pembelajaran
 Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar meskipun prestasinya minimal
 Tunjukkan akibat atau dampak kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajar
 Berikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional
 Ciptakan iklim sosial yang sehat antara guru dengan siswa dan antar siswa didalam kelas
50.
Aliran dari teori belajar yang memandang belajar adalah perubahan persepsi dan pemahaman adalah ....
 Humanisme
 Konstruktivisme
 Kognitivisme
 Behaviorisme

Soal SMK MAK

Soal Pretes Penguatan KS SMK

Soal Pretes Penguatan KS SMK ...Baca selengkapnya...

Soal Pretes PPG UKG Teknologi Tekstil

Latihan Soal PPG UKG Teknologi TekstilSMK MAK ...Baca selengkapnya...

Soal Pretes PPG UKG Teknologi Penangkapan Ikan

Latihan Soal PPG UKG Teknologi Penangkapan IkanSMK MAK ...Baca selengkapnya...

Soal Pretes PPG UKG Teknologi dan Produksi Perikanan Budidaya

Latihan Soal PPG UKG Teknologi dan Produksi Perikanan BudidayaSMK MAK ...Baca selengkapnya...

Soal Pretes PPG UKG Teknik Telekomunikasi

Latihan Soal PPG UKG Teknik TelekomunikasiSMK MAK ...Baca selengkapnya...
a